Minggu, 24 Jan 2021
SMSI
  • Home
  • Pilkada
  • Adu Argumen di Debat Publik Paslon Pilkada Kepulauan Meranti
  • Home
  • Pilkada
  • Adu Argumen di Debat Publik Paslon Pilkada Kepulauan Meranti

Pilkada Meranti

Adu Argumen di Debat Publik Paslon Pilkada Kepulauan Meranti

Admin
Selasa, 24 Nov 2020 09:31
pekanbaru.tribunnews.com

MERANTI - Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti resmi digelar pada Senin ,(23/11/2020) malam.

Debat disiarkan di TVRI Riau, media daring Facebook KPU Kabupaten Kepulauan Meranti dan Tribun Pekanbaru serta YouTube KPU Kepulauan dari Ballroom Grand Meranti Hotel, Selatpanjang. 

Pelaksanaan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan membatasi orang yang masuk ke dalam ruangan debat.

Mulai dari pintu masuk, mereka yang hadir diperiksa suhu tubuh, dan diperiksa barang bawaan.

Oleh karena itu sejak sebelumnya masyarakat dihimbau untuk bisa menyaksikan langsung melalui media yang telah disediakan.

Seluruh pasangan calon hadir saat debat yaitu paslon nomor urut 1 H. Muhammad Adil-H. Asmar yang diusung PDIP dan PKB, Paslon nomor urut 2 Hery Saputra-M. Khozin yang diusung PAN, Partai Demokrat dan Partai Nasdem  Paslon nomor urut 3 Mahmuzin Taher-Nuriman Khair yang diusung Partai Gerindra dan PPP serta Paslon nomor urut 4 Said Hasyim-Abdul Rauf yang diusung Partai Golkar dan PKS.

Beberapa yang hadir dijabarkannya yaitu 4 orang tim dari pasangan calon, 2 orang perwakilan Bawaslu, 4  orang Tim Kampanye masing-masing pasangan Calon, 5 orang anggota KPU, 3 orang dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Meranti, 3 orang panelis, 1 Moderator, dan 1 perwakilan Pemkab Kepulauan Meranti dan Kapolres Kepulauan Meranti beserta tim keamanan. Selebihnya dikatakan Hanafi yang berada di ruangan debat adalah pihak keamanan dan personil Event Organizer Debat.

Debat dipandu oleh moderator Michiko Frizdew dan diuji 3 panelis yaitu Prof. Dr. Ir. Irwan Effendi, M.Sc Guru Besar Fakultas Perikanan Dan Kelautan universitas Riau, Dr. Hasanuddin, M.Si Dosen Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Riau dan Dr. Auradian Marta, S.Ip., MA. Dosen Universitas Riau.

Tema Debat Publik yang diangkat pada Pilkada Kepulauan Meranti adalah "Menyambut Pemimpin Meranti yang Visioner Untuk Wujudkan Negeri Bermarwah".

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti Abu Hamid dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Debat ini adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat terkait visi dan misi para calon.

"Debat ini merupakan media yang penting dan strategis bagi pasangan calon tetapi juga media yang penting bagi pemilih dalam menentukan dan memantapkan pilihannya," ujarnya.

Dirinya berharap Pilkada tahun 2020 ini Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatkan pemimpin yang komitmen dan konsisten dalam memperhatikan kesejahteraan rakyat.

Selama debat tim kampanye yang hadir diwajibkan menjaga ketertiban masing-masing tim, tidak membawa atribut kampanye maupun meneriakkan yel-yel.

Setiap peserta yang hadir juga dilarang untuk melakukan intimidasi dalam bentuk apapun yang dapat mengganggu jalannya debat publik. 

Sesi pertama yaitu penyampaian visi dan misi masing-masing Paslon dengan waktu 3 menit.

Di sesi kedua yaitu menjawab panelis dijawab salah satu Paslon, lalu ditanggapi oleh 3 Paslon lainnya dan diakhiri sanggahan oleh Paslon yang menjawab di awal. Baik bertanya maupun menjawab diberi waktu 1 menit 30 detik.

Di sesi ketiga Paslon memberikan pertanyaan kepada Paslon lainnya. Pada sesi ini juga bagi yang bertanya maupun menjawab diberi waktu 1 menit 40 detik.

Ditahap akhir dari debat para Paslon menyampaikan closing statement selama 3 menit masing-masing Paslon.



Sumber: pekanbaru.tribunnews.com

komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.