Kamis, 28 Mei 2020
Iklan Prodek

Pemkab Inhu Akan Memaparkan Perkembangan Penyebaran Covid-19 Setiap Hari, Melalui Media Center

Senin, 04 Mei 2020 20:17
INHU- Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) melalui Media Center, melakukan Siaran Pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) pada, Rabu 08/04/2020.

Siaran pers tersebut langsung dipimpin oleh Jawalter Situmorang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Inhu sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Inhu. 

Dalam kesempatan itu Jawalter menyampaikan bahwa berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Inhu pada, Selasa 02/04/2020 terdapat 101 Orang Dalam Pemantauan (ODP), sedangkan Orang Dalam Pengawasan (PDP) 0, dan Orang Terkonfirmasi Covid-19 0.

"Untuk kasus ODP terjadi peningkatan jumlah dari hari sebelumnya pada 06/04/2020 sebanyak 95 ODP menjadi 101 ODP. Peningkatan ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya karena adanya mobilitas penduduk dari luar daerah." ungkap Jawalter. 

Selanjutnya Jawalter juga mengatakan bahwa berdasarkan jumlah kumulatif hasil rapid test hingga 07/04/2020 sebanyak 103 orang dinyatakan negatif. 
Menyikapi Himbauan Gubernur Riau, Pemkab Inhu melalui Dinas Perhubungan terhadap penanganan penyebaran Covid-19 telah melakukan penyemprotan Disinfektan pada Kantor dan Gedung uji, enyemprotan di Terminal Penumpang, penyemprotan Dermaga Rakyat/Halte, penyemprotan di titik area parkir AKDP/AKAP diluar terminal. 

"Selanjutnya Dinas perhubungan juga akan mendirikan post pencegahan, pengawasan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 diperbatasan antara lain, Inhu-Pelalawan, Inhu-Inhil, Inhu-Kuansing, Inhu-Jambi."ungkap Jawalter. 

Sementara itu untuk kegiatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Inhu dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 telah melakukan kegiatan mitigasi atau pencegahan dengan cara melakukan sosialisasi tentang bahaya penyebaran covid-19 difasilitas dan fasilitas sosial dilingkungan masyarakat. Mengajak kepada masyarakat untuk menggunakan masker apabila berada diluar rumah guna untuk pencegahan penyebarluasan covid-19. 

Selanjutnya Satpol PP Inhu juga telah memasang himbauan dan informasi seperti Baliho dan Spanduk dilingkungan kantor dan beberapa tempat strategis dilingkungan masyarakat, selain itu juga memberikan himbauan melalui iklan dan pesan di media sosial untuk pencegahan penyebarluasan covid-19. Dan kami juga menyediakan fasilitas cuci tangan dan sabun di pintu masuk perkantoran dan hand sanitizer diruangan kerja karyawan. 

Satpol PP Inhu bersama Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan instansi terkait juga bekerjasama melaksanakan kegiatan penyemprotan Disinfektan dibeberapa tempat fasilitas umum dan fasilitas sosial. 

Jubir juga menjelaskan bahwa Satpol PP juga telah melaksanakan patroli rutin setiap hari bekerjasama dengan Kepolisian, TNI, Camat, Kades, Lurah dan tokoh masyarakat.  Patroli tersebut bertujuan untuk menghimbau kepada masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun atau Hand sanitizer.

"Memantau fasilitas rumah ibadah setiap agama agar tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah ibadah, apabila ada jamaah yang kurang sehat dianjurkan untuk beribadah dirumah masing-masing."tutup Jawalter,"(adventorial/Diskominfo/hendra)

komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.