Kamis, 28 Mei 2020
Iklan Prodek

Gallery Foto

Awal 2020 DPRD Paripurna Tiga Ranperda Diajukan Pemkab Rohul, Hingga Pembentukan Pansus

Senin, 06 Apr 2020 10:33
DPRD Rokan Hulu, (Rohul) melaksanakan Paripurna pada tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di ajukan Pemerintah Kabupaten setempat setelah sudah didengar pemandangan umum fraksi di Paripurna Selasa, (21/1/2020) dan penyerahan tiga Ranperda tersebut, Senin, (20/1).

Ketiga Ranperda tersebut yakni, Ranperda tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan (Ripparda) Kabupaten Rohul tahun2017-2030, Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten  Rokan Hulu
Nomor 3 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum dan Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 5 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Paripurna Rabu, (22/1) di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Rokan Hulu di jalan Panglima Sulung, Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, agenda mendengar tanggapan Pemkab Rohul pada Pandangan Umum Fraksi yang sudah disampaikan sebelumnya terkait tiga ranperda tersebut.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Novliwanda Ade Putra, ST didampingi Wakil Ketua Muhamad Syahril Topan, ST, dihadiri Sekda H. Abdul Haris, S.Sos, M.Si mewakili Bupati H. Sukiman sekaligus membacakan tanggapan pemandangan umum fraksi DPRD Rokan Hulu tersebut.

Forkopimda, ada Kabag Sumnda Polres Rohul, Danramil O2 Rambah, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab setempat, Anggota DPRD Rohul memenuhi kuorum, Sekwan Drs Budhia Kasino, Bagaian Humas DPRD Rohul dan Undangan lain yang hadir.

Melalui wawancaranya Sekda Abdul Haris mengatakan Pemkab Rokan Hulu telah menyampaikan tanggapan pada pemandangan Fraksi DPRD pada tiga Ranperda itu yang disampaikan pada paripurna sebelumnya. "Pandangan umum Fraksi ini sangat memberi masukan kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hulu," kata Sekda.

Lanjutnya, seperti di Ranperda Ripparda 2017-2030 singkat penjelasannya, karena
Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu perlu ada pembenahan dengan serius mengingat kemajuan semakin pesat saat ini, sehingga berbagai Dinasti Wisata kedepan nya perlu ada perhatian untuk kemajuan Kabupaten ini kedepan.

Lanjutnya, begitu juga Ranperda, Retribusi Jasa Umum selai untuk peningkatan Pendapatan Daerah dan tentang hal lainnya yang berkaitan dalam berbagai usaha seperti tower dan lainnya dan juga Ranperda tentang Pembentukan Perangkat Daerah sangat penting, untuk  penyesuaian dengan peraturan pemerintah saat ini dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan tipe kantor pelayanan.

"Sehingga dari tiga ranperda yang sudah tiga kali di Paripurnakan ini, Pemkab Rohul berharap, Pimpinan dan Anggota DPRD kita saat ini melakukan pembahasan untuk menjadikan Peraturan Daerah demi kemajuan Kabupaten Rokan Hulu kedepan," kata Sekda Abdul Haris.

Pantauan reporter media ini, usai ditutup Paripurna mendengar  tanggapan dari Pemkab Rohul, Pimpinan dan Anggota DPRD Rokan Hulu kembali melakukan Paripurna pembentukan Panitia Khusus (Pansus) pada tiga Ranperda tersebut dan akhirnya disepakati bersama. 

Untuk Pansus Ranperda Retribusi Jasa Umum Ketua Muhamad Aidi SH, Wakil Ketua, Wakii Ketua Aly Imran, Pansus Ripparda 2017-2030 Ketua Abdul Muas, Wakil Ketua Delpedri Kurniawan dan Ranperda Pembentukan Penyusunan Perangkat Daerah, Ketua Budiman Wakil Ketua Rusli S.Ag.

Usai semua Paripurna yang dilaksanakan tiga hari itu, Ketua DPRD Rokan Hulu Novliwanda Ade Putra, ST mengatakan, meski ada sedikit melelahkan, namun hingga Paripurna Pembentukan Pansus tiga Paripurna ini telah tuntas dilaksanakan, tinggal nanti penyesuaian pembahasannya.

"Pembahasannya tinggal menyesuaikan saja dari Pansus yang sudah terbentuk. Kalau kedepan cepat selesai pelaksanaan pembahasan, tentu kita menunggu juga Perda yang lain untuk dilakukan pembahasan," kata Novliwanda Anggota DPRD dari Partai Gerindra ini.

Dia menjelaskan Tiga Ranperda ini sangat dibutuhkan untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam pengembangan Dinasti Wisata yang ada serta sebuah dokumen kepada Pemerintah Pusat untuk menyalurkan bantuannya di Rokan Hulu untuk  Ranperda Ripparda.

Sedangkan Ranperda Retribusi Jasa Umum juga sangat membantu daerah ini dalam menjamin pengusaha hingga peningkatan PAD kedepannya, dan Ranperda Pembentukan Penyusunan Perangkat Daerah dalam peningkatan pelayanan masyarakat serta menyesuaikan peraturan pemerintah pusat saat ini.

"Mudah-mudahan tiga Ranperda ini pembahasannya cepat selesai menjadi Peraturan Daerah (Perda), sehingga dapat menjadi ancuan untuk kemajuan Kabupaten Rokan Hulu ini kedepan nya," pungkasnya. (***)

Foto & Teks: Humas Pemkab Inhil
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.