Selasa, 11 Mei 2021
SMSI
  • Home
  • Sosial
  • Sempat Terbakar dan tak Terurus, Kini Gerai Makan Pangker Disulap Jadi Bazar Ramadhan

Sempat Terbakar dan tak Terurus, Kini Gerai Makan Pangker Disulap Jadi Bazar Ramadhan

Laporan: Febri. S
PT.SPIRIT INTI MEDIA
Sabtu, 17 Apr 2021 19:45
PELALAWAN- Tujuh tahun sudah Gerai Makan Pangkalan Kerinci (Pangker) yang terletak di jantung ibukota Pelalawan, tepatnya, di Jalan Mahadirija Indra tak terurus paska kebakaran yang terjadi 13 Maret 2014 silam.

Kebakaran dahsyat saat itu, hanya menyisakan bangunan tempat berjualan pedagang pada sisi sebelah kanan, setelah sempat diselamatkan oleh tim Damkar. Namun bangunan disisi sebelah kiri, ludes rata dengan tanah. Sementara tiang-tiang penyangga masih terlihat utuh lantaran dibuat dari beton.

Padahal, Gerai Makan ini salah satu Pusat Jajanan Serba Ada alias Puja Sera nya Pangkalan Kerinci. Aksesnya, begitu dekat dijangkau dari berbagai penjuru masyarakat Pangkalan Kerinci berpenduduk lebih 100 ribu jiwa ini.

Tidak itu saja, ditengarai keberadaan Gerai Makan sebagai salah satu, sumber mata pencarian masyarakat, khususnya, pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM). Diketahui, pencetus Gerai Makan ini adalah mantan bupati Pelalawan Tengku Azmun Jaafar.

Hanya saja, kebakaran hebat melanda Gerai Makan yang meluluh lantakkan, tujuh tahun silam itu, ia berkenginan menghidupkan denyut nadi Kota Pangkalan Kerinci, kandas. Akibat kebakaran ini pula, bupati berikutnya, tampaknya, tidak berminat merenovasi.

Kini Gerai Makan, kembali dihidupkan. Hal ini ditandai dengan 'soft opening' diberi nama baru Gerai Lapak Pangker (Pangkalan Kerinci), Sabtu (17/4/2021). Pembukaannya, langsung dilakukan bupati Pelalawan terpilih H. Zukri.

Turut serta saat pembukaan ini, didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Pelalawan, H. Syafrizal, SE, Sekkdakab Pelalawan Tengku Mukhlis sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga tampak perwakilan pihak perusahaan yang beroperasi di Pelalawan.

Pantauan dilapangan Gerai Lapak Pangker disulap, sebelumnya, hanya tersisa tiang-tiang menjulang kelangit, kini direnovasi. Berbagai ornamen untuk menambah keindahan pemandangan matapun dibuat. Halaman parkir dulu ditumbuhi semak, kini sudah ditata dengan apik.

Sedikitnya, didalam bangunan terdapat 150 lapak tempat para pedagang berjualan, khususnya, menjajakan takjil pembuka puasa, selama bulan suci Ramadhan.

Untuk diketahui, renovasi Gerai Lapak Pangker ini, terbilang singkat. Sementara untuk jangka panjang Gerai Lapak, ini diperuntukan sebagai Pusat Kuliner nya Pangkalan Kerinci. Hal ini salah satu program bupati dan wakil bupati Pelalawan terpilih, H. Zukri- H. Nasarudin.***

komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.