Kamis, 02 Des 2021
SMSI
  • Home
  • Peristiwa
  • Sapa Tokoh, PWI Rohil Taja Zoom Meeting Bersama Pakar Lingkungan

Peristiwa

Sapa Tokoh, PWI Rohil Taja Zoom Meeting Bersama Pakar Lingkungan

admin
Selasa, 09 Nov 2021 15:42
PWI ROHIL - "Save Sungai Rokan..." itulah yang diserukan Pakar Lingkungan Hidup Riau, DR Elviriadi menyikapi kondisi sungai terbentang di wilayah Rokan Hulu dan Rokan Hilir tersebut, pada saat diskusi via zoom bertajuk "Sungai Rokan Riwayatmu Kini.." yang digelar PWI Rohil, Selasa (9/11/2021). 

Mengapa demikian?, lanjut Elviriadi tidak terlepas dari fakta bahwa kondisi sungai Rokan perlu segera direhabilitasi atau restorasi. Perlu dibuat langkah pemulihan lingkungan. 

Ia mengungkapkan telah beberapa kali melakukan survey, kajian sungai Rokan dan diketahui pada saat ini terjadi deforestasi atau pengundulan hutan sehingga mengakibatkan kawasan tangkapan air (Cathcment Area) yang mempengaruhi debit air menjadi hilang.

"Selain itu terjadi pengundulan hutan alam di kiri-kanan sungai baik di hulu ataupun hilir, baik di WIlayah Rohul maupun Rohil yang mengakibatkan sejumlah fauna, flora berkurang," katanya. 

Dengan kondisi itu aliran air cenderung cepat atau deras, yang akan menghantam tebing-tebing di sepanjang bantaran sungai. Hal ini lah yang menurutnya jamak terjadi di Rohul atau Rohil dimana ada sebagian tempat yang dulunya merupakan lahan, lokasi rumah warga telah hilang karena pengaruh abrasi.

Namun sebeliknya,realitas itu membuat di daerah aliran hilir cenderung menjadi estuari, daerah yang kaya dengan nutrisi makanan, sebab tak tersimpan dengan baik di daerah hulu. Ini mempengaruhi keberadaan habitat buaya yang banyak di daerah hilir sungai Rokan. 

"Selain deforestasi, ancaman lain adanya pembangunan PKS yang ada kurang mematuhi aturan tentang tempat pembuangan limbah, padahal menurut aturan ada delapan tempat standar, pada beberapa kasus di Rohul ada tim dari DLH yang mengecek ternyata terjadi sedimentasi, dimana lumpur mengendap, dangkal sehingga tempat penampungan limbah melimpah ke kebun warga dan gilirannya masuk ke parit, terhubung ke sungai sehingga terjadi kasus ikan mati di aliran sungai," katanya.

Ancaman limbah yang nyata terangnya harus disikapi dengan adanya tindakan yang signifikan dari pihak terkait. Elviriadi juga menyinggung soal habitat buaya di Rohil dimana pada saat ini diperkirakan terjadi perkembang biakan buaya yang berkembang cepat di daerah hilir sungai Rokan. Hal itu rawan mengakibatkan terjadinya serangan terhadap manusia terutama nelayan yang beraktifitas di sungai Rokan. 

"Menurut saya sungai Rokan itu kondisinya sudah emergency, andai manusia yang pandai bercakap tentu sudah teriak minta tolong. Ada ancaman limbah, kehilangan flora fauna, nelayan tak aman lagi menangkap ikan. Karena itu perlu ada langkah pemulihan, misalnya penanaman pohon di bantaran sungai," katanya. Menurut aturan sesuai dengan PP 38 katanya untuk pemulihan tebing dengan penanaman pohon, dimana paling kurang 50 meter dari bantaran harus dikosongkan dari tanaman sawit, yang diganti dengan tanaman hutan yang memiliki daya serap air bagus.

Kegiatan diskusi dimoderatori penasehat PWI Rohil Jonathan Surbakti S.Sos dan Ketua PWI Rohil Noprio Sandi ST MIKom serta notulen Zulfadhli. Puluhan peserta mengikuti diskusi dari kalangan mahasiswa, umum dan kalangan wartawan. 

Ketua PWI Rohil Noprio Sandi ST MIKom menyampaikan apresiasi atas kesediaan narasumber memberikan ilmu yang berharga sesuai dengan kapasitasnya sebagai pakar lingkungan hidup yang sudah terkenal secara internasional. 

"Kami menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pak Elviriadi semoga kegiatan ini memberikan masukan, informasi yang berharga bagi kita semua dan semoga kedepan kegiatan seperti ini juga dapat digelar berkelanjutan," katanya. (rls)


Editor: 1

Peristiwa
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Des 2021 17:00

    Arah-arahnya, Tarif Parkir di Pekanbaru Bakal Naik, Begini Nih Penjelasan Kadis Perhubungan

    PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bakal melakukan kajian terkait adanya wacana kenaikan tarif parkir tepi jalan umum. Belum ada kepastian terkait berapa besaran kenaikan tarif

  • Rabu, 01 Des 2021 16:57

    Antisipasi Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun, Kadiskes: Keluar Masuk Pekanbaru Polisi Siapkan Surat Jalan, Syaratkan Kartu Vaksin

    PEKANBARU - Kota Pekanbaru berupaya menjaga sejumlah indikator agar tidak naik lagi ke PPKM level 2 atau PPKM level 3. Saat ini Kota Pekanbaru sudah masuk PPKM level 1.Indikator tersebut di

  • Rabu, 01 Des 2021 16:53

    Di Duga Cabuli Anak Majikan, Buruh Panen Sawit Diamankan Polisi

    RENGAT  - Satu orang pemuda ber-inisial NA sehari-hari bekerja sebagai buruh pemanen Buah kelapa sawit diamankan unit Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Satreskrim Polres Inhu.Dia diamankan te

  • Rabu, 01 Des 2021 16:48

    Alhamdulilah, Tahun 2022 Pemda Rohil Dapat Kucuran Dana Sebesar 1,5 T lebih

    ROKAN HILIR - Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP bersama Wabup H Sulaiman SS, MH hadir dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah ser

  • Rabu, 01 Des 2021 16:45

    Reshuffle Awal Desember? Gerindra: Kami Tak Berusaha Memengaruhi

    JAKARTA - Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, angkat bicara ihwal kabar perombakan ( reshuffle ) kabinet akan dilakukan Istana awal Desember 2021. Dia menyatakan, partainya tak ingin

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.