Minggu, 05 Jul 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Janda Bersama Tiga Anak Yatim Tinggal di Gubuk Anyaman Bambu Dikunjungi Bupati Kampar

Cerita Pilu

Janda Bersama Tiga Anak Yatim Tinggal di Gubuk Anyaman Bambu Dikunjungi Bupati Kampar

PT.SPIRIT INTI MEDIA
Rabu, 17 Jun 2020 21:39
Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto didampingi Kadis Kesehatan H Dedy Sambudi dan Camat Tapung Hilir Yuricho Efril berbincang dengan Ibu Sariawati di Desa Kijang Makmur, Rabu (17/6/2020)
TAPUNG MAKMUR - Cerita pilu kehidupan masyarakat di Kabupaten Kampar kembali terungkap saat Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto masuk keluar kampung meninjau masyarakat sekaligus menyerahkan bantuan pandemi Covid-19 di beberapa desa di Kecamatan Tapung Hilir, Rabu (17/6/2020). 

Dari beberapa rumah yang dikunjungi, ada satu rumah yang tampaknya menjadi perhatian tersendiri dari Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto.

Betapa tidak, di rumah yang cukup mungil dan terbuat dari anyaman bambu yang tampak mulai lapuk di makan usia yang terletak di RT 03/RW01, Dusun 01, Desa Tapung Makmur ini ternyata dihuni seorang janda dengan tiga orang anak yang telah berstatus sebagai anak yatim yang telah ditinggal sang ayah yang telah meninggal dunia sejak tujuh tahun lalu. 

Rumah yang ditempati keluarga ini benar-benar terlihat sederhana. Di beberapa bagian dinding rumahnya juga ditempeli atap seng untuk mencegah masuknya air hujan. Anyaman bambu juga tampak bolong-bolong.

Kepala rumah tangga yang ditemui ini adalah Ibu Sariawati (43). Saat Bupati Catur menemuinya, Sariawati didampingi dua dari tiga orang anaknya tampak bahagia dan terharu begitu Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto sampai di depan rumahnya mengucapkan salam.

Seperti biasa, Bupati Kampar langsung berbincang dengan warga yang ditemuinya dan menanyakan keadaannya. Ternyata hari-hari yang dijalani Sariawati cukup berat. Ia harus masuk keluar kebun mengutip satu persatu buah berondolan kelapa sawit demi menafkahi ketiga anaknya yang masih kecil. Disamping itu ia juga kerja serabutan yang hasilnya tidak menentu.

Setelah mendengar sepenggal cerita Sariawati, Bupati Kampar yang juga mendapat gelar adat Datuok Rajo Batuah itu menyemangati Sariawati dan berpesan agar tetap tabah, sabar, ikhlas dan selalu bersyukur dalam menjalani cobaan dan persoalan hidup. Catur Sugeng juga berpesan kepada Sariawati untuk selalu berdo’a dan mendekatkan diri kepada Allah Azza Wajallah, serta meyakini bahwa persoalan rezki dan semua ketetapan adalah takdir dari Allah Sang Maha Pencipta.

Dalam kunjungan dan penyerahan bantuan sembako ini Bupati Kampar juga didampingi Kepala Dinas Kesehatan H Dedy Sambudi, Camat Tapung Yuricho Efril dan Kepala Desa Tapung Makmur Amas Ramadhan Sitompul. Ikut juga dalam rombongan Bupati Kampar yakni Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga M Yasir, Kadis PUPR Afdal dan Kadis Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Syahrizal menyampaikan

Kepada Kades Tapung Makmur Amas Ramadhan Sitompul, Bupati Kampar menitipkan tiga orang anak yatim yang dibesarkan Sariawati kepada Kades.

Catur Sugeng juga berharap agar Kades dan camat memikirkan bagaimana caranya agar rumah berdindingkan anyaman bambu yang ditempati Sariawati tersebut segera dibangun dengan rumah yang lebih layak. Catur Sugeng juga berharap agar tiga anak yatim tersebut tetap sekolah seperti anak-anak yang lain.

Kepada Bupati Kampar Kades Tapung Makmur Amas Ramadhan Sitompul menyampaikan bahwa sebenarnya Pemdes Tapung Makmur sudah memikirkan bagaimana memasukkan Sariawati dalam penerima bantuan rumah layak huni bersama warga lainnya. Namun rumah yang ditempati Sariawati bersama tiga anaknya berstatus tanah desa. Ia juga minta petunjuk dari Bupati Kampar mengenai hal ini.

Dalam bincang-bincang dengan wartawan,
Sariawati mengatakan bahwa ia sangat bahagia sekali dikunjungi orang nomor satu di Kabupaten Kampar tersebut. Ia mengakui bahwa Catur adalah sosok yang ramah dan menyenangkan. Apalagi Bupati Kampar sempat beristirahat duduk beberapa menit di kursi plastik sambil berbincang dengan warga lainnya di depan rumahnya.

Ia juga merasa terhibur ketika diajak bercanda oleh Catur Sugeng Susanto.

Kedatangan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto di beberapa desa di Kecamatan Tapung Hilir hari ini dalam rangka menghadiri beberapa agenda kegiatan
diantaranya kegiatan donor darah bersama Dinas Kesehatan Kampar dan PMI Cabang Kampar di Desa Tanah Tinggi. Kemudian halal bi halal dengan guru se-Kecamatan Tapung Hilir, pembagian bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) tahap III tahun 2020 Desa Tanah Tinggi, pembagian sembako kepada masyarakat di Desa Tanah Tinggi, Desa Kijang Makmur dan Tapung Makmur. Pada kunjungan di Tapung Hilir, Catur Sugeng juga meninjau kondisi kantor Kepala Desa Kijang Makmur.

Camat Tapung Hilir Yuricho Efril menyampaikan, kunjungan Bupati Kampar disambut antusias pegawai dan segenap masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Tapung Hilir.(hir)
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.