Kamis, 30 Jan 2020
Iklan Prodek

Peristiwa

7 Organisasi Pers Yang Sah Diakui Dewan Pers

Laporan: Hendra Dedi Syahbudi
admin
Selasa, 07 Jan 2020 09:37
(Foto:Jimi)
Panelis Agus Salim, SHI, dan Wartawan Senior Kabupaten Rokan Hilir Jonathan Surbakti, Sos
BAGANSIAPIAPI-Dewan Pers telah mengeluarkan surat edaran resmi terkait organisai yang diakui. Dalam surat resmi bernomor 371/DP/K/VII 2018 tertanggal 26 Juni 2018, Dewan Pers menjelaskankan dan mengakui ada 7 organisasi pers yang sah. 

Demikian dikatakan, Jonathan Surbakti S.Sos salah satu Panelis pada acara Kovensi  Penyampaian Visi dan Misi Kandidat Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati 2020 yang di taja Partai Hanura Kabupaten Rohil  Senin( 6/1/2019) 

Adapun ke tujuh Organisasi wartawan yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers adalah Serikat Perusahan Pers (SPS) Perusahan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI),Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Diluar dalam surat edaran itu Dewan Pers menyatakan tidak mengakui adanya organisasi pers selain dari 7 organisasi tersebut. 

Lebih lanjut mantan Ketua PWI Kabupaten Rokan Hilir menjelaskan, surat edaran Dewan Pers tersebut ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Koordinator Polhukam, Menteri Komunikasi dan lnformatika, Menteri Dalam Negeri, Panglima Tentara Nasional Republik Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jaksa Agung Republik Indonesia, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional, Para Pimpinan BUMN/BUMD, Para Karo Humas dan Protokoler Pemprov, Pemkab, Pemkot se-Indonesia, Para Pimpinan Perusahaan Di Jakarta atau Indonesia. Surat edaran ini ditembuskan ke 7 organisasi Pers yakni Serikat Perusahan Pers (SPS) Perusahan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI),Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aliasi Jurnalis Indonesia (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Masih disebutkan dalam isi surat edaran, tercatat hingga kini wartawan yang telah lulus mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di Dewan Pers berjumlah lebih dari 12.000 wartawan. Ujian dilakukan oleh 27 lembaga penguji yang terdiri dari perguruan tinggi, lembaga pendidikan, organisasi pers PWI, AJI dan IJTI.
Lima Kandidat Calon Bakal Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir serta 3 orang panelis pada acara Kovensi Partai Hanura Senin (6/1/2019)

Kemudian dalam surat edaran tersebut Dewan Pers berharap, program uji kompetensi akan menihilkan praktik abal-abal oknum wartawan yang selama ini berada di Indonesia. Sejauh ini, Indonesia diketahui negara dengan jumlah paling banyak di dunia pengguna media/syber yakni 43.300 media online. Sementara, memenuhi syarat sebagai perusahan pers sebanyak 2.200, dan hanya 7 persen yang memenuhi standar profesional

Di Kabupaten Rokan Hilir, dari ratusan wartawan yang ada, tercatat   sekitar 42 orang wartawan  yang masuk ke salah satu organisasi yang resmi yakni PWI, sementara dari 42 orang anggota PWI  tersebut yang baru mengikuti UJi Kopetensi wartawan  (UKW) tercatat untuk tingkat Muda sebanyak 20 orang, untuk Tingkat Madya baru 4 orang, ini sangat minim sekali dibandingkan dengan kabupaten, kota lainnya yang ada di Provinsi Riau, jelas, Jonathan Surbakti.

Jonathan Surbakti  berharap kepada semua Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon wakil Bupati Rohil  jika terpilih agar melakukan komitmen mereka untuk mendukung wartawan yang berkualitas dengan mensuport  Uji Kopetensi Wartawan (UKW) dan mengutamanaka media yang sudah  Tersertifikasi dewan pers.

Menanggapi pertanyaan dari Panelis Jonathan Surbakti, terkait  komitmen para kandidat  terhadap PWI Rokan Hilir,  jika terpilih sebagi Bupati nanti, salah satu Bakal Calon Bupati dari Partai Hanura, Cutra Andika, SH dengan tegas menjajikan,  jika beliau  terpilih jadi Bupati Rokan Hilir nanti, maka ia akan membangun Gedung PWI  di Rokan Hilir.

Selain itu  Calon yang dikenal dengan  Bang Cutra Andika  dengan Tag Line  ,” Energi Baru Rokan Hilir”  berjanji akan terus mendorong dan memberikan rasa aman terhadap wartawan yang sudah berkopetensi. Sehingga dapat memberikan rasa aman dan kondusif  bagi wartawan yang menjalankan tugas-tugas Jurnalisti di Kabupaten Rokan Hilir ini.

,"Jikat saya terpilih saya berjanji akan terus mendorong dan memberikan rasa aman terhadap Wartawan yang sudah berkopetensi. Sehingga dapat memberikan rasa aman dan kondusif  bagi wartawan yang menjalankan tugas-tugas Jurnalistik di Kabupaten Rokan Hilir ini," tegasnya sembari  disambut tepuk tangan meriah dari para Jurnalis yangyang hadir.
 
Hadir dalam acara tersebut Kandidat Bakal Calon Bupati dan wakil bupati, Zahrul Saupi, SE, Jhnony Carles, BBA, MBA, H.Syahfril, SEA, MSi, Afrizal, Cutra Andika, SH, sementara panelis yang ditunjuk Panitia, dr.Suratmin, M.Ked (Ped), Sp.A, dari Akademisi, Agus Salim, SHI, M.Pdi dan dari wartawan Senior sekaligus Pemilik Media  Jonathan Surbakti, Sos (ded/jon)

Editor: 1

Sumber: dewan pers

PWIPeristiwa
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Jan 2020 11:50

    Sejumlah Dokter Mogok Kerja, Pelayanan Poliklinik Hingga Tindakan Operasi Ditutup

    DUMAI - Sejumlah dokter spesialis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai menggelar aksi mogok kerja. Aksi yang diketahui telah berlangsung sejak Senin (27/1/2020) kemarin mengakib

  • Senin, 27 Jan 2020 20:32

    Wako Dumai Pastikan Kesiapan Petugas Mendeteksi Virus Corona di Pelabuhan Internasional

    DUMAI - Walikota Dumai Zulkifli AS mengunjungi Pelabuhan Internasional Pelindo I Kota Dumai, pada Senin (27/1/2019) guna melihat langsung kesiapan petugas kesehatan pelabuhan dalam mendeteksi masuknya

  • Kamis, 23 Jan 2020 15:18

    1 Korban Kapal Tenggelam Ditemukan Mengapung di Laut

    Bengkalis - Satu korban tenggelamnya kapal yang diduga mengangkut TKI Ilegal berhasil ditemukan, pada Kamis (23/1/2019) siang. Tim gabungan Basarnas Pekanbaru wilayah kerja Dumai, Satpolair dan Lan

  • Kamis, 23 Jan 2020 12:27

    10 Orang Beserta ABK Kini Dalam Pencarian Kapal Tenggelam di Rupat

    Bengkalis - Kapal yang mengangkut diduga 18 orang TKI Ilegal dan 2 ABK tenggelam di perairan Pasir Putih, Desa Putri Sembilan, Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis. Peristiwa ini baru diketahu

  • Sabtu, 18 Jan 2020 00:24

    Harimau Sumatera Singgahi Kebun Pisang di Kawasan PLTU Tenayan Raya

    PEKANBARU- Petugas Balai Besar Konvervasi Sumber Daya Alam (KSDA) Provinsi Riau, melakukan pengecekan jejak kaki Harimau Sumatera, yang berada di Kecamatan Tenayan Raya, tepatnya di dekat wilayah PLTU

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.