Rabu, 28 Jul 2021
SMSI
Iklan Prodek
  • Home
  • Opini
  • Kepemimpinan Kepala Sekolah Guna Menciptakan Sekolah yang Efektif

OPINI

Kepemimpinan Kepala Sekolah Guna Menciptakan Sekolah yang Efektif

OPINI
PT.SPIRIT INTI MEDIA
Minggu, 13 Jun 2021 20:54
Kepemimpinan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arah serta membimbing dan mempengaruhi kepada individu atau kelompok lain yang tergabung dalam satu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya keberhasilan seorang pemimpin dapat dilihat dari sifat dan perilaku seorang pemimpin. 
 
Kepala sekolah harus membekali diri dengan bermacam-macam ketrampilan ketrampilan tehnik dan ketrampilan manusiawi. Di samping ketiga ketrampilan tersebut kepala sekolah harus mempunyai standar kompetensi yang disyaratkan oleh pemerintah kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi supervisi.Kepala sekolah harusmampu menjadi agen perubahan di sekolah. Kepala sekolah harus mempu berperan sebagai katalisator dan mempunyai wawasan ke depan yang jelas serta memiliki gambaran yang holistik. 

Kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya mewujudkan sekolah efektif dapat dilihat dari kemampuan kepala sekolah dalam menciptakan iklim positif dan kondusif bagi siswa untuk belajar, pelaksanaan kepemimpinan yang kuat, adanya tujuan sekolah yang dinyatakan secara jelas dan spesifik, adanya kemitraan antara sekolah, orang tua dan masyarakat, adanya kemajuan siswa yang sering dimonitor, adanya harapan yang tinggi bagi semua warga sekolah.

Kepala sekolah harus mampu menjadi agen perubahan di sekolah dan harus mampu berperan sebagai katalisator dan mempunyai wawasan ke depan yang jelas serta memiliki gambaran yang jelas dalam pengembangan sekolah efektif ditentukan oleh kebijakan kepala sekolah yang berorientasi pada peningkatan mutu, kemampuan membangun komunikasi, kemampuan memanfaatkan sumber daya sekolah, serta kemampuan mengembangkan dan memanfaatkan sarana prasarana sekolah yang bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran. kepala sekolah memegang peranan penting dalam menentukan arah dalam pengembangan sekolah efektif tersebut.

Kepala sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam upaya mengembangkan sekolah efektif melalui kepemimpinannya. Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi dan penanggung jawab utama pengelolaan pendidikan di sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab yang besar dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk dapat melaksanakan tugas dan perannya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator diperlukan langkah-langkah kongkrit dan terprogram agar dalam menjalankan fungsi dan perannya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kepala sekolah harus mampu mengubah energi sumber daya baik manusia maupun situasi untuk mencapai tujuan peningkatan kualitas pendidikan. Kepala sekolah harus mampu bekerja sama dengan dan atau orang lain untuk mentransformasikan secara optimal sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang bermakna sesuai dengan target capaian yang telah ditetapkan. Kepala sekolah harus mampu mengubah energi yang ada pada warga sekolah dari energi potensial menjadi aktual, dari minimal menjadi optimal, dan dari formalitas menjadi aktualitas.***

Penulis : Devi Maharani, Febri Yuni, Wilda Silvia
(Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Riau)

komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.