Selasa, 11 Agu 2020
  • Home
  • Nusantara
  • Pangkogabwilhan I Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Laut Natuna

Nusantara

Pangkogabwilhan I Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Laut Natuna

admin
Sabtu, 04 Jan 2020 08:41
(Foto: Puspen TNI)
NATUNA-Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memimpin apel gelar pasukan intensitas operasi rutin TNI dalam pengamanan laut Natuna di Paslabuh, Selat Lampa, Ranai, Natuna, Jumat (3/1/2020).

Pasukan yang terlibat dalam apel tersebut berjumlah kurang lebih 600 personel, terdiri dari 1 Kompi TNI AD Batalyon Komposit 1 Gardapati, 1 Kompi Gabungan TNI AL terdiri dari personel Lanal Ranai, unsur KRI Teuku Umar 385 dan KRI Tjiptadi 381, Satgas Komposit Marinir Setengar, serta 1 Kompi TNI AU (Lanud Raden Sadjad dan Satrad 212 Natuna).

Dalam pengarahannya kepada prajurit, Pangkogabwilhan I menegaskan bahwa pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh kapal pemerintah asing di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia, berupa penangkapan ikan secara ilegal yang dikawal oleh kapal Coast Guard asing merupakan ancaman pelanggaran wilayah pemerintah Indonesia.

Untuk itu, TNI wajib melakukan penindakan hukum terhadap pelanggar asing yang telah memasuki wilayah dan kegiatan ilegal berupa penangkapan ikan tanpa ijin dari pemerintah Indonesia.

Mulai 1 Januari 2020, telah didelegasikan tugas dan wewenang kepada Pangkogabwilhan I untuk menggelar operasi  menjaga wilayah kedaulatan Indonesia dari pelanggar negara asing. Operasi ini dilaksanakan oleh TNI dari unsur laut, udara dan darat.

Di akhir pengarahannya, Pangkogabwilhan I memberikan beberapa perhatian kepada seluruh prajurit TNI yang bertugas, khususnya pengawak KRI dan pesawat udara.  Pertama, agar memahami aturan-aturan yang berlaku baik hukum laut internasional maupun hukum nasional di wilayah laut Indonesia.

Kedua, melaksanakan penindakan secara terukur dan profesional, sehingga tidak mengganggu hubungan negara tetangga yang sudah terjalin dengan baik. Ketiga, gunakan Role of Engagement (RoE) yang  sudah dipakai dalam operasi sehari-hari.

“Diakhir pengarahannya Pangkogabwilhan menekankan kepada prajurit TNI yang bertugas agar tidak terprovokasi dan terpancing dari unsur-unsur kapal asing yang selalu melakukan provokasi apabila ada kehadiran KRI. “Kehadiran Kapal Perang Indonesia adalah representasi negara, sehingga mereka harusnya paham ketika negara mengeluarkan Kapal perangnya bahwa negara pun sudah hadir disitu,” tegasnya (rls/jon)

 
Editor: 1

NatunaNusantara
Berita Terkait
  • Jumat, 29 Mei 2020 22:48

    Komandan Korem 174 Merauke Terima Kunjungan Forkopimda Boven Digoel

    MERAUKE- Komandan Korem 174/ATW Merauke Kolonel Inf Bangun Nawoko menerima kunjungan Wakil Bupati Boven Digoel H. Chaerul Anwar bersama-sama dengan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Boven Digoel Atanasius

  • Jumat, 29 Mei 2020 17:07

    Panglima TNI : TNI dan LVRI Bantu Percepat Penanganan Covid-19

    JAKARTA-Di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini, semakin disadari betapa pentingnya upaya bersama seluruh komponen bangsa. Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Legiun Veteran Republik Indones

  • Jumat, 29 Mei 2020 17:03

    Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Raider 300 Ajarkan Cara Mencuci Tangan Yang Benar

    PAPUA-Pos Wambes dari Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Brajawijaya (Bjw) dipimpin Serda Bayu Arif Winanda beserta 7 orang anggota mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada masyarakat bi

  • Jumat, 29 Mei 2020 17:01

    Banyak Zona Merah, Pilkada Desember Diminta Dikaji Ulang

    SURABAYA-Ketua DPD RI Lanyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah mengkaji ulang keputusan pelaksanaan Pilkada serentak akan digelar pada 9 Desember 2020. Hal tersebut disebabkan hingga saat ini Kem

  • Jumat, 29 Mei 2020 16:56

    Satgas Covid-19 DPR Apresiasi ‘Masterplan’ Kemenag Hadapi Penormalan Baru

    JAKARTA-Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memberikan apresiasi skenario menuju new normal (penormalan baru) bagi sektor sektor keagamaan yang sebelumnya kegiatannya dinonaktif

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.