Kamis, 30 Jan 2020
Iklan Prodek
  • Home
  • Nusantara
  • Pangkogabwilhan I Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Laut Natuna

Nusantara

Pangkogabwilhan I Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Laut Natuna

admin
Sabtu, 04 Jan 2020 08:41
(Foto: Puspen TNI)
NATUNA-Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memimpin apel gelar pasukan intensitas operasi rutin TNI dalam pengamanan laut Natuna di Paslabuh, Selat Lampa, Ranai, Natuna, Jumat (3/1/2020).

Pasukan yang terlibat dalam apel tersebut berjumlah kurang lebih 600 personel, terdiri dari 1 Kompi TNI AD Batalyon Komposit 1 Gardapati, 1 Kompi Gabungan TNI AL terdiri dari personel Lanal Ranai, unsur KRI Teuku Umar 385 dan KRI Tjiptadi 381, Satgas Komposit Marinir Setengar, serta 1 Kompi TNI AU (Lanud Raden Sadjad dan Satrad 212 Natuna).

Dalam pengarahannya kepada prajurit, Pangkogabwilhan I menegaskan bahwa pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh kapal pemerintah asing di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia, berupa penangkapan ikan secara ilegal yang dikawal oleh kapal Coast Guard asing merupakan ancaman pelanggaran wilayah pemerintah Indonesia.

Untuk itu, TNI wajib melakukan penindakan hukum terhadap pelanggar asing yang telah memasuki wilayah dan kegiatan ilegal berupa penangkapan ikan tanpa ijin dari pemerintah Indonesia.

Mulai 1 Januari 2020, telah didelegasikan tugas dan wewenang kepada Pangkogabwilhan I untuk menggelar operasi  menjaga wilayah kedaulatan Indonesia dari pelanggar negara asing. Operasi ini dilaksanakan oleh TNI dari unsur laut, udara dan darat.

Di akhir pengarahannya, Pangkogabwilhan I memberikan beberapa perhatian kepada seluruh prajurit TNI yang bertugas, khususnya pengawak KRI dan pesawat udara.  Pertama, agar memahami aturan-aturan yang berlaku baik hukum laut internasional maupun hukum nasional di wilayah laut Indonesia.

Kedua, melaksanakan penindakan secara terukur dan profesional, sehingga tidak mengganggu hubungan negara tetangga yang sudah terjalin dengan baik. Ketiga, gunakan Role of Engagement (RoE) yang  sudah dipakai dalam operasi sehari-hari.

“Diakhir pengarahannya Pangkogabwilhan menekankan kepada prajurit TNI yang bertugas agar tidak terprovokasi dan terpancing dari unsur-unsur kapal asing yang selalu melakukan provokasi apabila ada kehadiran KRI. “Kehadiran Kapal Perang Indonesia adalah representasi negara, sehingga mereka harusnya paham ketika negara mengeluarkan Kapal perangnya bahwa negara pun sudah hadir disitu,” tegasnya (rls/jon)

 
Editor: 1

NatunaNusantara
Berita Terkait
  • Rabu, 29 Jan 2020 18:51

    Atasi Lintas Nataru, Bakri Puji Kordinasi Menhub dan MenPUPR

    JAKARTA-Anggota DPR RI Bakri mengingatkan jajaran Pemerintah untuk lebih meningkatkan koordinasi antar kementerian dalam rangka mengatasi kepadatan lalu lintas atau arus mudik yang kerap terjadi pada

  • Minggu, 12 Jan 2020 18:47

    Kasum TNI Kunjungi Prajurit Satgas Pamtas Di Pulau Sebatik

    NUNUKAN- Kepala Staf Umum (Kasum) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Letjen TNI Joni Suprianto melaksanakan kunjungan kerja ke Komando Taktis (Kotis) dan Pos Pengamanan Terbatas (Pamtas) Yonif Raider 60

  • Sabtu, 11 Jan 2020 18:39

    Pangkogabwilhan I : Tiga KRI Usir Kapal Asing di Perairan Natuna

    NATUNA-Tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu KRI Karel Satsuit Tubun (KST) 356, KRI Usman Harun (USH) 359, KRI Jhon Lie 358 melaksanakan konvoi untuk melakukan pengusiran terhadap kapal-kap

  • Jumat, 10 Jan 2020 17:25

    Danlantamal IV Hadiri Acara Penanaman Sejuta Pohon

    BATAM-Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menghadiri acara penanaman pohon, yang berlangsung di Lapangan S

  • Kamis, 09 Jan 2020 19:12

    Ketua PWI Pusat Menilai Putusan PWI Riau Sudah Sesuai Aturan Organisasi

    JAKARTA-Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari menilai keputusan PWI Provinsi Riau sudah tepat mengenai penunjukan H Novrizon Burman sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.