Jumat, 22 Okt 2021
SMSI
  • Home
  • Nasional
  • Suasana Haru Menyelimuti Pengunduran Diri Setya Novanto

Suasana Haru Menyelimuti Pengunduran Diri Setya Novanto

Jumat, 18 Des 2015 14:09
Okezone
JAKARTA - Saat penutupan masa sidang 2015 di rapat paripurna, Setya Novanto mengumumkan secara resmi pengunduran dirinya menjadi Ketua DPR periode 2014-2015.

Saat membacakan pengunduran dirinya tersebut, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat itu sempat menahan rasa sedinya, dan matanya pun terlihat memerah. Hanya ada raut muka kesedihan yang ditampilkan oleh Setnov -sapaan akrabnya-.

"Mudah-mudahan ini hanya terjadi pada saya, tidak terjadi pada anggota lainnya. Sekali lagi, apa yang saya lakukan akan saya pertangungjawabkan kepada seluruh rakyat Indonesia, serta kepada Allah SWT," ujar Setnov di ruang paripurna DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Usai membacakan pengunduran dirinya tersebut, politisi Partai Golkar itu langsung menghampiri para pimpinan DPR lainnya yaitu Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, dan Taufik Kurniawan. Mereka pun memberikan pelukan hangat kepada koleganya tersebut.

Tiba-tiba lagu Tanah Air ciptaan Ibu Soed pun menggema di ruang raripurna. Dan masing-masing anggota dewan pun terbawa emosinya sehingga meluapkan kesedihannya dengan bersalaman dan berpelukan dengan Setnov.

Berikut pidato lengkap Setya Novanto di hadapan peserta sidang paripurna DPR:

Pimpinan dan anggota yang saya hormati, melalui kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan bahwa saya telah mengajukan surat pernyataan pengunduran diri kepada pimpinan DPR dengan tembusan kepada pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan. Surat itu telah dibacakan MKD dalam sidang MKD 16 Desember 2015.

Pilihan saya ini adalah bentuk penghormatan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Selama saya mengemban tugas sebagai Ketua DPR RI, tentu banyak dinamika yang kita rasakan bersama. Dinamika yang perlu disikapi dengan arif dan bijaksana, sikap yang harus menjadi landasan bentuk kecintaan pada tanah air, kepentingan bangsa, serta memegang harkat martabat kelembagaan DPR.

Atas itulah saya mengundurkan diri dan memohon maaf. Semoga bangsa ini dapat menyongsong masa depan yang lebih baik.

Kami telah mencanangkan pondasi parlemen modern agar parlemen lebih dekat dengan rakyatnya sebagai penguatan representasi DPR yang dipilih rakyat. Juga untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan fungsi Dewan.

Terima kasih atas kerja sama dan dukungan selama ini. Saya berharap Ketua DPR yang akan datang dapat menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan lembaga negara lainnya.

Saya berusaha dengan baik, walaupun belum sempurna untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Terima kasih kepada rekan-rekan anggota Dewan, pimpinan DPR yang telah bersama satu tahun ini. Saya akan tetap di sini untuk menjalankan tugas kedewanan saya, untuk terus berjuang.

Mudah-mudahan ini hanya terjadi kepada saya, tidak pada anggota lain. Apa yang saya lakukan akan saya pertanggungjawabkan kepada seluruh rakyat Indonesia dan Allah SWT.

(okezone.com)
nasional
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Okt 2021 19:36

    Pemkab Rohil Teken MoU Dengan UIN Suska Riau

    ROHIL- Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau dalam rangka peningkatan produktiv

  • Jumat, 22 Okt 2021 15:39

    Peringati Hari Santri Nasional Ke-4 Di Ponpes Hidayatul Salafiyah, Polda Riau Gelar Vaksinasi Serentak

    BANGKINANG - Memperingati Hari Santri Nasional ke-4 tahun 2021, Polda Riau menggelar vaksinasi massal di Pondok Pesantren Hidayatul Salafiyah Desa Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Ka

  • Jumat, 22 Okt 2021 08:21

    Bupati Siak : "RDTR Beri Kepastian Bagi Calon Investor Di Kawasan Industri Tanjung Buton"

    SIAK- Bupati Siak Alfedri didampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza, mengikuti rapat Forum Group Discussion (FGD) 4 dan Konsultasi Publik (KP) 2 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Arahan Prioritas Nasion

  • Jumat, 22 Okt 2021 08:18

    Gelar Deklarasi Dukungan Pencalonan Ketua PWI dalam Konferkab Ke 5 , Kubu AP Usung PWI HEBAT

    BENGKALIS- Menjelang perhelatan Konferensi Kabupaten (Konferkab) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkalis ke-5, pada tanggal 23 oktober mendatang, salah satu calon kandidat yang akan maju merebut

  • Jumat, 22 Okt 2021 07:18

    Sesuai UU Pers, Pergub 19/2021 Tidak Ada Menzalimi Siapapun

    PEKANBARU- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto menyebutkan bahwa Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan di

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.