Rabu, 03 Mar 2021
SMSI
  • Home
  • Lingkungan
  • KaBalai Gakkum LHK Wilayah Sumatera Bungkam Terkait Limbah PMKS PT. SIPP Cemari dan Rusaki Lingkungan

KaBalai Gakkum LHK Wilayah Sumatera Bungkam Terkait Limbah PMKS PT. SIPP Cemari dan Rusaki Lingkungan

Laporan:Erwin Pinggir
Admin
Rabu, 17 Feb 2021 13:21
Bengkalis - Kolam limbah Perusahaan Minyak Kelapa Sawit (PMKS) milik perusahaan Sawit Inti Prima Perkasa (PT. SIPP) yang berada di wilayah Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau, kembali jebol untuk yang kedua kalinya. Tepatnya pada tanggal 02 Februari 2021 lalu, sekitar pukul. 13.30 Wib.

Akibatnya, median lingkungan dan air sungai yang berada di seputaran pabrik tersebut pun tercemari oleh ribuan liter air limbah pabrik untuk yang kedua kalinya.

Sebelumnya pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, melalui Direktur Pengendalian Pencemaran Air (PPA) KLHK RI, Luckmi, kepada awak Media menyampaikan bahwa terkait persoalan pecahnya kolam limbah milik PMKS PT. SIPP tersebut sudah di lakukan verifikasi ke lokasi oleh pihak Direktorat Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum LHK) melalui pihak Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera.

"Dari Gakkum sudah verifikasi ke lokasi pak. Tim dari Balai Gakkum LHK Regional bersama tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis ke lapangan tanggal 2 sampai dengan tanggal 5 Februari 2021 lalu. Semoga segera beres", sebut Luckmi melalui sambungan selulernya, (9/2/21) lalu.

Luckmi juga menerangkan bahwa jika dari pihaknya, hanya sebatas pembinaan dan mengarahkan bagaimana melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan perusaha.

Lanjutnya kemudian", dan kalau yang menetapkan sanksi adalah bagian penegakkan hukum", ujarnya kemudian.

Lalu kemudian awak media Spiritriau kembali mencoba konfirmasi kepihak Gakkum LHK wilayah Sumatera terkait dengan hasil verifikasi lapangan ke PMKS PT. SIPP.

Namun sampai dengan diterbitkan berita ini, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Lingkungan dan Kehutanan Wilayah Sumatera, Eduward Hutapea, "Bungkam", atau belum dapat memberikan keterangan terkait apa saja hasil dari verifikasi lapangan pihaknya ke pabrik tersebut, (tanggal 10, 11, 13, dan 16 Februari 2021).

Sebelumnya, Kabalai Gakkum LHK Wilayah Sumatera tersebut ada menyampaikan informasi kepada awak Media Spiritriau.com, bahwa dirinya akan menginformasikannya kembali.

"Besok saya kabari ya, tadi sudah minta reportnya. Hanya saja karena kebetulan sedang di luar kota, belum dikirim", tulisnya melalui pesan Whatsapp pada tanggal 10 Februari 2021.

Kolam limbah milik PMKS PT SIPP tersebut pernah jebol pada tanggal 03 Oktober 2020 lalu.
-win-
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.