Senin, 24 Feb 2020
Iklan Prodek
  • Home
  • Lingkungan
  • Camat dan Danramil Akan Dirikan Posko Karlahut di Rantau Bais

Lingkungan

Camat dan Danramil Akan Dirikan Posko Karlahut di Rantau Bais

Laporan: Jonathan Surbakti
admin
Kamis, 23 Jan 2020 20:58
(Foto: Jonathan Surbakti)
Danramil 02/TP Kapten (Inf) Khairul Anwar didampingi Camat Tanah Putih, Ramlan S.Sos meninjau Lokasi Posko Karlahut di Kepenhuluan Rantau Bais, Kamis (23/1).
RANTAU BAIS-Selain Kepenghuluan Mumugo, Kepenghuluan Rantau Bais  merupakan rawan kebakaran lahan. Hampir tiap  tahun daerah ini  terus mengalami kebakaran lahan. Bahkan dua hari yang lalu daerah  Simpang Batang,  Kepenghuluan  Rantau Bais terjadi  terbakar lahan warga sekitar ½ Ha, namun berkat kesigapan TNI, POLRI yang dipimpin langsung  Dandim 0321/Rohil Agung Rakhman Wahyudi, SIP, M.I.Pol. Kamis (22/01/2020) kemarin api dapat dipadamkan secara total. 

Selanjutnya guna mengantisipasi terhadap kebakaran lahan dan hutan (karlahut), Koramil 02/Tanah Putih akan mendirikan lokasi posko penanggulangan Karlahut  di Kepenghuluan Rantau Bais yang berada di Jalan Lintas Riau-Sumatera,”Kita akan mendirikan Posko Karlahut didaerah ini,” kata Danramil 02/TP Kapten (Inf) Khairul Anwar didampingi  Camat Tanah Putih, Ramlan S.Sos  Kamis (23/1).

Dijelaskan Khairul Anwar, Posko yang ada di bawah Makoramil 02 Tanah Putih sudah dibangun di beberapa titik, seperti Rantau Kopar, Pujud, Tanah Putih,  namun kususnya untuk di Kepenghuluan Rantau Bais  yang merupakan daerah rawan kebakaran kita akan dirikan, jelasnya. 

Khairul Anwar menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan koramil 02 Tanah Putih yaitu melakukan sosialisasi dan patrol disetiap daerah rawan kebakaran lahan,”kita juga sudah mengaktifkan posko penanggulangan karlahut dan kita dirikan di empat kecamatan yang ada di bawah naungan wilayah teritorial Koramil 02/Tanah Putih.," kata Khairul Anwar.

Untuk  itu Khairul Anwar juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, terutama saat musim panas datang."Karena mayoritas lahan yang ada di empat  kecamatan itu adalah memiliki kultur tanah gambut. Jadi jika dilakukan pembakaran, kita takutkan api akan menjalar dan akhirnya mengakibatkan kebakaran luas," jelasnya lagi. 

Sejauh ini pihaknya bersama dengan Polri selalu bersinergi dalam melakukan sosialisasi, "Semua Babinsa danBhabinkamtibmas selalu kompak melakukan patroli dan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat tentang bahaya karlahut dan ancaman yang diakibatkan dari karlahut itu sendiri," tandasnya. 

Sementara itu, Camat Tanah Putih, Ramlan S.Sos menyampaikan terimaksaih kepada TNI, Polri yang selalu turun langsung kelapangan guna mengatsi dan mengantisipasi Karlahut di wilayahnya. 
Disisi lain Camat juga  merasa kesal  terhadap Datuk Penghulu Rantau Bais, karena dalam hal kebakaran lahan diwilayahnya,  yang bersangkutan selalu tidak berada di tempat,”Saya sudah selalu mengingatkan beliau, pada akhirnya saya merasa jenuh, karena Datuk Penghulu Rantau Bais ini tidak perduli dengan daerahnya terutama soal kebakaran lahan, bahkan pernah telepon saya tidak diangkat beliau,”ujar Camat geram (jon)

Camat Serta DanramilPosko Karlahutdi Rantau Bais
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.