Kamis, 28 Mei 2020
Iklan Prodek
  • Home
  • Kesehatan
  • Diskes Dumai Segera Melacak Keluarga Pasien Positif Covid-19

Keluarga Pasien Otomatis Masuk Daftar ODP

Diskes Dumai Segera Melacak Keluarga Pasien Positif Covid-19

Laporan :Vieta Mulfitasari
admin
Kamis, 02 Apr 2020 13:36
Photo : internet
DUMAI - Usai mendapatkan hasil Rapid Test dari seluruh Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang ada di Kota Dumai, Diskes mendapati 1 orang pasien positif Covid-19.

Dinas Kesehatan Kota Dumai dengan segera melakukan pelacakan Kontak dengan pasien. Bahkan Keluarga PDP tersebut sudah masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Kami sedang koordinasi dengan Diskes Provinsi, sembari menunggu hasil VCR pasien dari Kemenkes karena memang kewenangan menyampaikan hasil positif Covid-19 berada di pusat," tutur Sekretaris Diskes Kota Dumai, dr Syaiful.

Ia mengatakan saat ini pasien PDP yang di nyatakan positif berdasarkan hasil rapid test dilakukan pemeriksaan intensif. "Terkait dengan PDP yang negatif dari hasil rapid test kami masih menunggu hasil laboratorium untuk melakukan tindakan," katanya.

Terkait PDP yang positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test tersebut diketahui bukan warga Dumai, namun Syaiful belum bisa memberikan keterangan PDP tersebut merupakan warga mana. "Nanti jika sudah ada hasil dari Diskes Provinsi akan kami sampaikan lebih jelasnya," terangnya.

Ia mengatakan rumah keluarga PDP yang positif berdasarkan hasil rapid test tersebut juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan. "Terkait rapid test kita memeriksa antibodi, memang dari hasil rapid antibodi pasien meningkat," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya satu PDP di nyatakan positif setelah menjalani rapid test. Namun pihaknya Dinas Kesehatan Kota Dumai belum memberikan keterangan lebih lanjut pasalnya tengah rapat di media Center Jalan Putri Tujuh, Kamis (2/4) kemarin

"Benar, ada satu PDP dari hasil rapid test positif, sedangkan PDP yang lainnya negatif," tutur PLT Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai H Syahrinaldi S.Sos, M.Si ketika dikonfirmasi melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai dr. H. Syaiful.

Ia mengatakan namun hasil tersebut belum bisa jadi kepastian terkait positif Covid-19. "Kami sudah koordinasi dengan Diskes Provinsi Riau, begitu dapat informasi lebih lanjut kami akan jumpa pers," imbuhnya.

Ia belum bisa menjelaskan secara rinci terkait hasil rapid test pasalnya masih menunggu Informasi lebih lanjut. "Pasien bukan orang Dumai, namun dia ada keluarga dari Dumai," pungkasnya. (Vie)


komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.