Minggu, 18 Apr 2021
SMSI
  • Home
  • Kesehatan
  • 5 Kesalahan Posisi Tubuh saat Duduk yang Harus Dihindari

5 Kesalahan Posisi Tubuh saat Duduk yang Harus Dihindari

Admin
Senin, 01 Mar 2021 16:51
okezone.com

MENJALANI pola hidup yang tidak banyak bergerak atau duduk di posisi sama dalam waktu lama dapat membahayakan kesehatan. Akan muncul bahaya yang lebih banyak jika duduk dengan posisi tubuh tidak benar.

Duduk dalam posisi tubuh yang salah dapat menyebabkan masalah punggung, ketegangan leher, sakit kepala, dan nyeri pada lengan serta kaki. Seperti dilaporkan laman Times of India, Senin (1/3/2021), berikut ini beberapa kesalahan umum saat duduk dan cara memperbaikinya.

Saat memutar bahu ke depan, panggul miring dan tulang belakang melengkung. Posisi ini memberi banyak tekanan pada sumsum tulang belakang yang menyebabkan rasa sakit dan ketegangan otot. Pertahankan kurva alami yang menopang tulang belakang.

2. Duduk di kursi atau bantal empuk

Orang seringkali lebih memilih kursi yang empuk dan menggunakan bantal di bawahnya untuk kenyamanan. Tetapi ketika melakukan ini pantat tenggelam, panggul miring, dan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan posisi netral. Duduklah di kursi dengan alas datar agar lebih nyaman.

3. Menunduk

Kebanyakan orang yang harus bekerja dengan laptopnya melakukan kesalahan ini. Menekuk kepala memberi tekanan pada otot leher dan tulang belakang. Untuk menghindari hal ini sesuaikan layar laptop atau gunakan dudukan laptop.

4. Duduk dengan kaki menggantung

Duduk di kursi tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan mendorong tubuh untuk menggerakkan inti tubuh secara tidak perlu. Jika harus duduk lama, pilih kursi yang tepat. Jaga agar paha sejajar dan lutut ditekuk pada sudut 90 derajat.

5. Bersandar

Kebanyakan orang merasa nyaman saat bersandar untuk menopang punggungnya. Pada kenyataannya, tubuh tidak membutuhkan penyangga saat duduk, kecuali sedang bergerak. Cobalah duduk di permukaan yang lebih mendukung.

Sumber: okezone.com

komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.