Selasa, 24 Nov 2020
SMSI
  • Home
  • Hukrim
  • PMKS PT. SIPP Masih Beroperasi, Kinerja DLH, Komisi II DPRD dan Polres Bengkalis Dipertanyakan

PMKS PT. SIPP Masih Beroperasi, Kinerja DLH, Komisi II DPRD dan Polres Bengkalis Dipertanyakan

Laporan : Erwin F Nababan
PT.SPIRIT INTI MEDIA
Senin, 19 Okt 2020 19:06
Tim
Kondisi PMKS PT. SIPP, (19/10/20).
Bengkalis - Walaupun diinformasikan belum miliki izin pengolahan limbah, Perusahaan Minyak Kelapa Sawit (PMKS) Sawit Inti Prima Perkasa( SIPP) yang berada di wilayah Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, masih saja tetap beroperasi seperti biasa.

Bahkan baru-baru ini beberapa kolam limbah pabrik itu jebol, dan air limbahnya pun mengalir ke seputaran median lingkungan di luar pabrik.

Seperti pantauan awak media, Senin,(19/10/2020), puluhan truck pengangkut Tandan Buah Sawit(TBS) tampak tengah antri membongkar di pabrik tersebut. Bahkan, kepulan asap terlihat sangat jelas keluar dari cerobong asap milik pabrik itu.

Terkait belum memiliki izin buang limbahnya, hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kabupaten Bengkalis melalui Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Lamin, beberapa waktu lalu.

"PMKS PT. SIPP belum memiliki izin buang limbah dan saat ini sedang proses pemberhentian operasional pengolahan pabrik,sampai pabrik itu memiliki izin keluar". Ujar Lamin.

Bukan itu saja, pihak Komisi II DPRD Kabupaten Bengkalis pun juga sudah turun ke PMKS PT. SIPP itu. Bahkan, pihak Polres Bengkalis pun juga sudah melakukan pemanggilan terhadap pihak manajemen pabrik itu terkait jebolnya kolam limbah.

Namun yang menjadi pertanyaan sampai dengan saat ini, kenapa belum ada juga informasi penjelasan terkait tindakan apa, atau putusan apa saja yang sudah diambil oleh pihak-pihak terkait, menyangkut berbagai persoalan yang terjadi di PMKS PT. SIPP.

Atau dapatlah mungkin di majukan azas praduga tak bersalah, bahwa pihak PMKS PT. SIPP di duga telah melakukan lobi-lobi terkait persoalan itu.

"Belum miliki izin pengolahan atau buang limbah, pabriknya sudah beroperasi. Dan terkait jebolnya kolam limbah PMKS PT. SIPP itu, apa saja yang sudah dilakukan atau putusan apa yang telah dikeluarkan oleh pihak-pihak terkait".

Sampai berita ini diterbitkan, awak Media belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak DLH Bengkalis, Komisi II DPRD Kabupaten Bengkalis, Polres Bengkalis, dan juga pimpinan PMKS PT.SIPP.
-win-
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.