Sabtu, 19 Sep 2020
Iklan Prodek
  • Home
  • Hukrim
  • PH PT Torganda Sebut Objek Sengketa dilaporkan Penggugat diluar Wilayah Perkebunan

PH PT Torganda Sebut Objek Sengketa dilaporkan Penggugat diluar Wilayah Perkebunan

Laporan: Manda
admin
Jumat, 10 Jul 2020 18:19
ROKAN HULU - Kasus sengketa lahan antara PT Torganda (Tergugat) dengan Pemdes Bangun Jaya (Penggugat) kembali digelar di Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian Kamis ( 9/7), Sidang ini di Pimpin Langsung oleh Ketua PN Pasir Pengaraian Sunoto SH MH.

Pada awal persidangan masing masing pihak memperlihatkan peta wilayah kepada majlis hakim terhadap objek yang disengketakan dan agenda sidang kali ini adalah mendengarkan keterangan saksi saksi. Pihak Penggugat menghadirkan saksi ahli Romidi dari Kanwil BPN Riau sedangkan dari Tergugat menghadirkan saksi fakta lapangan yakni Mansur Hamidi Sekdes Tambusai Utara dan Sarimam Siregar Humas PT Torganda.

PH Penggugat Sartono SH usai persidangan ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan bahwa saksi yang dihadirkan oleh tergugat adalah orang yang hanya mengetahui permasalahan dan tidak melihat secara langsung situasi lapangan pada saat itu. Karena Saksi 1 Mansur Hamidi adalah staf dari Kantor Desa Tambusai Utara tidak ada nama dan tanda tangannya di BAP sedangkan Sariman Siregar adalah Karyawan dari PT Torganda, sehingga tidak diambil sumpahnya saat bersaksi di persidangan.

"kita menilai saksi yang dihadirkan tergugat tidak kuat, karena hanya mengetahui permasalahan bukan orang melihat secara langsung dan hadir di lapangan pada saat itu apalagi satu orang saksi lagi bekerja di PT Torganda,"ujarnya.

Sementara itu PH PT Torganda Hendri Silaen SH, Jansen Purba dan Judika Manik SH, kepada wartawan juga mengatakan bahwa saksi yang hadirkan kali ini adalah orang yang mengetahui fakta dilapangan kala itu. Sedangkan saksi yang fakta lainnya yang ikut menanda tangani dalam BAP sudah dihadirkan juga sebanyak 3 orang pada persidangan sebelumnya.

Lanjut dikatakan  Ketua Tim PH Torganda Hendri Silaen SH MH saat di Persidangan sudah disampaikan kepada saksi ahli yang dihadirkan Penggugat  bahwa di lahan  transmigrasi tersebut sudah ada sertifikat  dan ada lahan kosong atau lahan cadangan dikaitkan dengan perkara  yang disampaikan oleh  Penggugat di Persidangam bahwa objek yang disengketakan tersebut berada diwilayah transmigrasi yang belum di sertifkat bukan berada didalam wilayah Perkebunan PT Torganda Kebun Rantau Kasai. Sehingga objek objek sangat yang menjadi bahan gugatan sangat keliru dan saksi juga sudah menyampaikan bahwa lahan HPL tersebut berada di wilayah tranmigrasi sementara Perkebunan PT Torganda berada diluar areal transmigrasi.

"saksi ahli juga sudah menjelaskan bahwa lahan res atau HPL. Yang menjadi objek sengketa berada di wilayah ektransmigarsrasi sementara Perkebunan PT Torganda ini berada diluar HPL dan berada wilayah Desa  Tambusai Utara.,"ungkapnya.

Sidang akan kembali dilanjutkan 2 minggu kedepan dengan mendengarkan keterangan saksi ahli dari masing masing pihak yang kemudian dilanjutkan keesokan harinya Sidang  (PS) Perkara Setempat (man)
Hukrim
Berita Terkait
  • Jumat, 18 Sep 2020 20:21

    Pasangan Afrizal dan Sulaiman Perpaduan Rohil Daratan dan Rohil Pesisir

    ROKAN HILIR-Pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal dan Sulaiman  (AMAN), sosialisasi Jumat siang (18/09/2020) di Kelurahan Rimba Melintang dan  Kep

  • Jumat, 18 Sep 2020 16:12

    Pemilik Spiritriau.com Ditunjuk Sebagai Ketua SMSI Rohil

    Pekanbaru -Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Riau menunjuk Jonathan Surbakti S.Sos, sebagai Ketua Pengurus SMSI Kabupaten Rokan Hilir Masa Bakti 2020-2025.Penunjukan tersebut berd

  • Kamis, 17 Sep 2020 20:07

    Riau Catat 225 Kasus Baru Corona Hari Ini, Meninggal 9

    PEKANBARU " Kasus positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia hari ini, Kamis (17/9/2020), bertambah 3.635 orang. Dengan penambahan tersebut, total kasus positif virus Corona di Indonesia hari ini

  • Rabu, 16 Sep 2020 15:44

    Kajari Kuansing Pimpin Penggeledanan Hotel Tiga Pilar Gandeng Akuntan Negara

    TELUKKUANTAN - Kejari Kuantan singing (Kuansing) Hadiman SH MH, memimpin langsungn penggeledahan Hotel Kuansing di ruas Jalan Teluk Kuantan-Pekanbaru, Selasa (16/09/2020). Penggeledaaan dan cek f

  • Rabu, 16 Sep 2020 13:29

    Peringati HUT ke-65 Lalu Lintas, Polres Rokan Hilir Gelar Donor Darah

    TANAHPUTIH)-Dalam Rangka memperingati Hari Lalu Lintas Ke-65,Rabu (16/09/2020) Satuan Lantas (Satlantas) Polres Rokan Hlir (Rohil) menggelar Donor Darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Rohil,Seki

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.