Kamis, 02 Des 2021
SMSI
  • Home
  • Hukrim
  • Kembali Lakukan Patroli Udara, Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging di Kawasan Teluk Pulau

Kembali Lakukan Patroli Udara, Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging di Kawasan Teluk Pulau

Laporan: Jonathan Surbakti
admin
Selasa, 23 Nov 2021 21:34
(Foto: Jonathan Surbakti)
Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi usai melakukan Patroli udara, mampir ke Mapolres Rokan Hilir Selasa (23/22/2021)
PEKANBARU - Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menengarai adanya aktivitas Illegal Logging di dua daerah di Provinsi Riau, saat melakukan patroli udara pada Selasa (23/11/2021) bersama Wakapolda Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Kepala Biro Operasi (Karoops) Kombes Pol R Kasero Manggolo dan Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting.

Bertolak dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, langsung menuju ke Cagar Alam Bukit Bungkuk, Desa Lereng, Kecamatan Kuok, Kampar. yang berjarak tempuh sekitar 15 menit. Dari atas helikopter, terlihat beberapa bukit yang sudah gundul dan ratusan kayu bekas tebangan derta beberapa pondok yang diduga digunakan pelaku Illegal Logging untuk beristirahat. Namun tidak terlihat ada aktivitas di lokasi. 

Setelah pengamatan beberapa menit, kemudian melanjutkan ke Kabupaten Rokan Hilir. Tepatnya ke Wilayah Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimba Melintang. Di titik tersebut, terlihat beberapa rel kayu yang dibuat untuk mengeluarkan kayu hutan. Rel dibuat menuju arah sungai besar yang berada di sekitar lokasi.

Darisana, rombongan 
menuju Mapolres Rokan Hilir. Dimapolres, Irjen Agung meminta Kapolres AKBP Nurhadi agar langsung menindak lanjuti dan melakukan penyelidikan. 

Agung mengatakan patroli yang gelar bersama Wakapolda bertujuan untuk melihat dan menandai langsung titik koordinat aktivitas diduga Illegal Logging.

“Di daerah Rohil ini tadi saya sempat ke daerah Teluk Pulau. Memang terlihat bagaimana aktivitas illegal logging disana. Kami melihat berbagai macam sarana prasarana disana. Salah satunya adalah rel kayu yang membentang di sekitar kawasan hutan diduga untuk mengeluarkan log atau kayu olahan dari dalam hutan.,” ujar Agung.

Agung mengatakan bahwa terlihat beberapa kayu bekas tebangan dari pantauan tersebut. Agung memastikan bahwa kepolisian akan melakukan pemantauan yang lebih serius lagi pada titik ditemukannya aktivitas  illegal logging.

“Nanti dari polres dan jajaran akan melakukan langkah-langkah konkrit untuk mengamankan kawasan hutan,” ungkapnya.

Agung menambahkan, beberapa hari lalu, Polres Rohil telah menemukan tumpukan kayu di sekitar wilayah Teluk Pulau, yang berada di Kecamatan Rimba Melintang, Rokan Hilir. Polres Rohil juga telah memulai melakukan penyelidikan dan mengambil langkah-langkah hukum sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku. 

Kapolda mengajak semua lapisan masyarakat untuk dapat menjaga kelestarian alam dan hutan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk peduli, dan menjaga hutan kita agar tetap lestari. Memang perlu langkah-langkah konkrit agar hutan kita tetap lestari dan terjaga. Saya juga dapat informasi perihal adanya izin usaha pemanfaatan kayu di sekitar lokasi dan saya minta kapolres untuk mendalaminya,” pungkasnya.
Editor: 1

Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging Udara di Kawasan Teluk PulauKembali Lakukan Patroli
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Des 2021 17:00

    Arah-arahnya, Tarif Parkir di Pekanbaru Bakal Naik, Begini Nih Penjelasan Kadis Perhubungan

    PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bakal melakukan kajian terkait adanya wacana kenaikan tarif parkir tepi jalan umum. Belum ada kepastian terkait berapa besaran kenaikan tarif

  • Rabu, 01 Des 2021 16:57

    Antisipasi Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun, Kadiskes: Keluar Masuk Pekanbaru Polisi Siapkan Surat Jalan, Syaratkan Kartu Vaksin

    PEKANBARU - Kota Pekanbaru berupaya menjaga sejumlah indikator agar tidak naik lagi ke PPKM level 2 atau PPKM level 3. Saat ini Kota Pekanbaru sudah masuk PPKM level 1.Indikator tersebut di

  • Rabu, 01 Des 2021 16:53

    Di Duga Cabuli Anak Majikan, Buruh Panen Sawit Diamankan Polisi

    RENGAT  - Satu orang pemuda ber-inisial NA sehari-hari bekerja sebagai buruh pemanen Buah kelapa sawit diamankan unit Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Satreskrim Polres Inhu.Dia diamankan te

  • Rabu, 01 Des 2021 16:48

    Alhamdulilah, Tahun 2022 Pemda Rohil Dapat Kucuran Dana Sebesar 1,5 T lebih

    ROKAN HILIR - Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP bersama Wabup H Sulaiman SS, MH hadir dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah ser

  • Rabu, 01 Des 2021 16:45

    Reshuffle Awal Desember? Gerindra: Kami Tak Berusaha Memengaruhi

    JAKARTA - Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, angkat bicara ihwal kabar perombakan ( reshuffle ) kabinet akan dilakukan Istana awal Desember 2021. Dia menyatakan, partainya tak ingin

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2021 spiritriau.com. All Rights Reserved.