Kamis, 30 Jan 2020
Iklan Prodek
  • Home
  • Hukrim
  • Ini Tanggapan Kasi Intel Kejari Rohil, Terkait Sulit di Konfirmasi Wartawan

Hukrim

Ini Tanggapan Kasi Intel Kejari Rohil, Terkait Sulit di Konfirmasi Wartawan

Laporan: Jonathan Surbakti
admin
Rabu, 08 Jan 2020 11:36
(Foto: Jonathan Surbakti)
Dian Affandi Panjaitan, SH
BAGANSIAPIAPI-Sebagai Pejabat Publik Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari Rokan Hilir), Dian Affandi Panjaitan, SH tetap menjaga hubungan baik dan mengutamakan pelayanan bagi masyarakat, termasuk kepada media  massa.

Meski saya baru bertugas di Kabupaten Rokan Hilir ini, saya terus berupaya menggandeng elemen masyarakat   untuk mendukung tugas kejaksaan, termasuk media massa di daerah ini, Namun wartawan juga harus saling memahami  dan menghargai  fungsi dan tugas masing-masing, kata Dian Affandi Panjaitan, Rabu (8/1/2019). 

Menanggapi  berita yang diterbitkan oleh beberapa media online, bahwa dirinya sulit dikonfirmasi wartawan, Dian Affandi Panjaitan membantah, “Itu  tidak benar,  masalahnya apakah wartawan yang bersangkutan waktu itu tahu keadaan saya, “jelasnya. Saya minta wartawan  juga harus memahami fungsi dan tugas masing-masing. 

Karena dalam melaksanakan tugas jurnalistik, pers atau wartawan harus melakukan dengan cara-cara yang profesional  seperti yang tertuang Pasal 2 Kode Etik Jurnalistik. Yang dimaksud dengan cara-cara profesional disitu diantaranya   menunjukkan identitas diri kepada narasumber  menghormati hak privasi, menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumbernya, jelasnya.

Nah waktu itu saya  sedang sakit, apakah wartawan yang menulis itu tahu?  Selanjutnya  wartawan yang melakukan konfirmasi dengan saya, belum ada buat janji apalagi  menghubungi  saya, kata Dian Affandi Panjaitan. Jadi jangan seenak nya saja memuat berita di online tanpa ada cross cek,"Pesan orang tua saya yang selalu saya ingat adalah."Berani karena benar, takut karna salah"jangan perna takut menghadapi apapun selagi kau benar, hidup hanya sekali, itu yang selalu saya ingat, tambah Dian Affandi Panjaitan.

Meski demikian  saya menyampaikan terima kasihnya kepada para wartawan yang telah bekerjasama dengan Kejari Kabupaten Rokan Hilir  secara baik selama ini.  Ke depan, Dian Affandi  Panjaitan berharap kerjasama tersebut akan terus ditingkatkan untuk menguatkan fungsi masing-masing. 

“Peran media sangat penting dalam penegakan hukum dan demokrasi, karena media merupakan salah satu pilar demokrasi,” tuturnya. Pihaknya akan mengoptimalkan keterbukaan informasi publik. “Intinya tanpa media kita tidak akan maju,” imbuhnya. 

Ia pun berpesan kepada para awak media untuk tetap konsisten menjaga objektivitas media. “Memberitakan dengan objektif, Kalau media tidak  objektif, maka kondusifitas menjadi kurang baik dan tentunya tanpa media kejaksaan tidak akan maju pula,” ujarnya (jon)

HukrimKejari Rohil
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Jan 2020 11:31

    JPU Kejari Dumai Tuntut Bandar Narkoba Hukuman Mati

    DUMAI - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Dumai menuntut terdakwa bandar narkoba jenis Sabu seberat 50 Kg dengan hukuman mati. Tuntutan ini diberikan kepada terdakwa bernama Ade K

  • Sabtu, 25 Jan 2020 17:12

    Polsek Simpang Kanan Bekuk Oknum PNS Lapas dan 3 Rekannya, 58,95 gram Shabu Ditemukan

    ROKANHILIR - Seorang Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bagan Siapiapi dibekuk Jajaran Polsek Simpang Kanan bersama 3 tersangka lainnya. Mereka dibekuk atas dugaan tindak

  • Kamis, 23 Jan 2020 12:57

    Akademisi Sebut Eksekusi Lahan Sawit di Pelalawan Legal Tidak Bisa Diintervensi Siapapun, Termasuk Presiden

    PEKANBARU" Eksekusi lahan sawit seluas 3.323 hektare milik petani dan perusahaan PT PSJ di Desa Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau mendapat penolakan dari sejumlah pihak. Akademisi

  • Rabu, 22 Jan 2020 19:16

    Polisi Uji DNA Darah Dalam Mobil Pelaku Pembunuhan Mayat Tanpa Kepala Di Dumai

    DUMAI - Fakta-fakta kasus pembunuhan sadis Suci Fitria yang ditemukan tewas tanpa kepala, satu persatu-satu mulai terungkap. Fakta-fakta tersebut terungkap setelah pelaku ditangkap polisi bebera

  • Rabu, 22 Jan 2020 12:05

    Saat Akan Diamankan, Pelaku Penganiayaan Sopir ini Tendang Polisi

    ROKANHILIR - Saat akan diamankan, ST (39) warga jalan Hudayaan Kepenghuluan Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir ini nekat menarik baju anggota Polisi hingga robek, bahkan pelaku

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.