Kamis, 02 Apr 2020
Iklan Prodek
  • Home
  • Ekbis
  • Warga Rohil Ini Bangga Jadi Petani Sawit

Ekonomi

Warga Rohil Ini Bangga Jadi Petani Sawit

Laporan: Jonathan Surbakti
admin
Jumat, 13 Mar 2020 16:12
(Foto: Jonathan Surbakti)
Salah seorang pemilik lahan sawit, Safrizal (42) merasa bangga sembari senyum melihat pekerjanya sedang memuat hasil panen sawit di tempat penampungan sawit atau RAM belakang rumahnya di Jl.Lintas Riau-Sumut Simpang Benar RT.02/RW.01, Rohil Jumat (13/03)
Presiden Jokowi pernah berkunjung di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten  Rokan Hilir, Riau dengan kegiatan peresmian peremajaan sawit rakyat seluas 15.000 hektare yang melibatkan 5.000 petani swadaya di Rokan Hilir, Riau.

Perkebunan sawit di Provinsi Riau salah satu sektor yang telah memberikan konstribusi bagi perekonomian masyarakat. Sektor Perkebunan, kelapa sawit merupakan komoditas yang paling luas penyebarannya di wilayah Riau, salah satunya di Kabupaten Rokan Hilir.
 
Tampak tiga orang pekerja sedang memuat sawit dari Mobil Eltor 300  ke Mobil engkel di belakang rumah seorang Petani Sawit Safrizal (42) usai melakukan panen sawit di ladangnya beliau juga memiliki tempat penampungan sawit  (RAM)  didepan Rumanhya, Jumat (13/03/2020)  (Foto: Jonathan Surbakti)  

Produktivitas perkebunan yang paling tinggi berada pada komoditas sawit sebesar 6,38 ton/ha. Hal ini juga didukung oleh lahan perkebunan sawit yang sangat luas dibanding dengan komoditi perkebunan lainnya. Selain luasnya lahan, tingginya produktifitas sawit juga dipengaruhi oleh perawatan dari tanaman sawit itu sendiri.
 
Perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu komoditi strategis yang secara ekonomis, ekologis dan sosial budaya, berperanan penting dalam pembangunan nasional, kita lihat misalnya di Kabupaten Rokan Hilir seperti penuturan salah satu warga berikut ini:

,”Saya Bangga Jadi Petani Sawit, karena usaha ini merupakan  prosfek yang menjajikan, serta  untuk masa depannya,” Ucap Safrizal (42 ) kepada spiritriau.com Jumat (13/03/2020).  

 “Kalau bukan kita yang berusaha memperbaiki nasib, siapa lagi. Tekad saya 100% ingin mengubah nasib,” ungkap Safrizal  yang akrab dipanggil Candra ini.  Tentang alasannya menjadi petani sawit, ia ingin meningkatkan taraf hidup itu awalnya, selanjutnya setelah ia lakukan proses,  maka  diwujudkan langsung dengan menjadi petani sawit. 
Keluarga Besar Almarhum H.Affandi Tungkang warga Kepenghuluan Ujung Tanjung Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Riau merupakan petani sawit dari dulu hingga sekarang, sukses ‘membiakkan’ kebun sawitnya tidak membuat keluarga  besar 838  ini puas, Anaknya H.Syamsuri mengembakan pembibitan sawit di belakang rumahnya, di  Jalan Lintas-Riau-Sumut, sementara di Samping rumahnya ia bangun sebuah Masjid yang cukup mentereng, Jumat (13/03/2020)  (Foto : Jonathan Surbakti).

Putra Daerah asli kelahiran Sedinginan ini, mengisahkan Perjalanan hidupnya yang penuh liku. Mantan Kontraktor biro instalator selama 7 tahun, dan pernah sebagai  Sub Kontraktor PT Hutama Karya (HK) dalam  pembagunan gedung IPDN dan Kantor  Bupati Rokan Hilit tahun 2010-2013 memiliki Luas lahan sawit di Madal  kepenghuluan Rantau Bais dari tahun 2015 sampai sekarang.  Candra  dengan sunguguh-sungguh terus bekerja lebih keras mengelola kebun sawit tersebut. Sekarang Candra pun menikmati jerih payahnya sebagai petani sawit yang baru 5 tahun, rumah besar menjadi tempat tinggalnya berikut mobil sport dan beberapa motor sebagai alat transportasi keluarganya.

Kebun sawit Candra  juga berkembang,  bahkan  dia mampu mempekerjakan sejumlah buruh tani dengan  gaji yang lumayanKemampuannya untuk berbicara di depan umum dan jiwa kepemimpinan yang menonjolmenjadi daya tarik Candra sehingga ia didapuk sebagai Ketua RT 03 Kelurahan Cempedak Rahuk Kecamatan Tanah Putih Rohil sampai sekarang (jon)

Editor: 1

Bangga Jadi Petani SawitWarga Rohil
Berita Terkait
  • Kamis, 02 Apr 2020 11:32

    Riset Ungkap Penggunaan Internet Meningkat saat Pandemi COVID-19

    JAKARTA- Riset operator telekomunikasi mengungjap bahwa penggunaan internet meningkat selama pandemi virus corona (COVID-19) diseluruh dunia. Kondisi ini seiring dengan adanya kebijakan physical dista

  • Kamis, 02 Apr 2020 11:29

    Transfusi Darah Bisa Tetap Aman Dilakukan di Tengah Badai COVID-19

    Ketakutan penyebaran virus Corona atau COVID-19 telah berimbas pada berbagai hal. Salah satu yang cukup terimbas adalah pada Palang Merah Indonesia yang kini stok darah semakin menipis.Hal ini dipicu

  • Kamis, 02 Apr 2020 11:25

    Galang Dana Lawan Corona, Emilia Clarke Tawarkan Makan Malam Bersama

    JAKARTA - Aktris Emilia Clarke mengajak publik mengumpulkan donasi untuk SameYou, badan amal yang kini bertujuan untuk menyediakan tempat tidur bagi pasien COVID-19.Menariknya, Clarke akan memilih 12

  • Kamis, 02 Apr 2020 11:18

    Raya Kitty Gugat Cerai Suami, Pengacara Pastikan Bukan Masalah Ekonomi

    JAKARTA - Raya Kitty menggugat cerai sang suami, Abid Zia. Pengacara sang aktris, Chandra Ramadhani membantah perceraian terjadi lantaran masalah ekonomi."Kalau masalah ekonomi enggak lah, (Raya dan A

  • Kamis, 02 Apr 2020 11:16

    Jalani Karantina Usai Tes Swab, Begini Kabar Detri Warmanto

    JAKARTA - Aktor Detri Warmanto masih menanti hasil tes swab yang akan keluar beberapa hari ke depan. Selama menunggu, dia mengaku kembali menjalani karantina mandiri di rumah. Melalui siaran lang

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 spiritriau.com. All Rights Reserved.