Iklan pelantikan 45 Anggota DPRD Rohul
 
Selasa, 10 September 2019 | 15:57:56
food

Ayo, Jajan Pecel Lele Jawa Timuran yang Sedap di 5 Warung Ini!

detik.com

Sebarkan:
detik.com
Jakarta - Warung pecel lele seperti sudah jadi salah satu ikon warung tenda] yang melegenda. Sajian utamanya jelas lele goreng yang renyah kriuk dilengkapi sambal dadak.

Makan lele goreng di warung tenda memang nikmat. Ikan lele yang digoreng segar hingga dagingnya tetap lembut gurih tanpa anyir. Apalagi kalau lele digoreng garing dalam minyak banyak sampai membuat teksturya garing kriuk-kriuk. Nasi putih atau nasi uduk hangat siap melengkapi santap lele goreng. Ditambah lagi lalapan dan sambal yang pedas nendang bikin makan makin lahap.

Sajian lele goreng dengan sambal segar merupakan sajian populer di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di kota-kota kecil dengan lahan persawahan luas, lele merupakan hasil sampingan yang diambil dari empang dekat sawah dan rumah. Karenanya diolah dengan cara sederhana. Cukup digoreng dan dimakan dengan sambal saja.

Tak sulit menemukan warung tenda pecel lele khas Jawa Timuran, paling banyak pedagangnya menyematkan nama Lamongan pada spanduknya. Di Jakarta ada beberapa kedai pecel lele Jawa Timur yang terkenal karena kelezatan rasanya.

1. Pecel Lele Permata Mubarok
Di kawasan Jakarta Barat ada warung Pecel Lele Mubarok yang menawarkan lele empuk dengan sambal yang bisa disesuaikan selera. Ya, jika biasanya warung pecel lele hanya menyajikan satu jenis sambal, di kedai ini ada tiga pilihan tingkat kepedasan sambal.

Pembeli bisa memilih mau menyantap lele goreng dengan sambal pedas manis, sambal pedas sedang atau sambal super pedas. Pelayan warung juga berbaik hati memberi tambahan sambal kalau merasa porsinya kurang.

2. Pecel Lele Madiun Gunung Sahari
Bukan dari Lamongan, pecel lele yang satu ini asli Madiun. Lokasi warung ini ada di kawasan Gunung Sahari dan selalu ramai disambangi pengunjung.

Warung yang buka lepas Maghrib ini menawarkan pecel lele enak serta murah meriah. Salah satu keistimewaan pecel lele di sini adalah sambalnya yang merah terang dengan rasa pedas nendang.

Lele di sini terjamin segar karena masih dalam keadaan hidup. Ketika ada yang memesanm, baru lele disiangi dan langsung digoreng. Meski hanya dicelup dalam bumbu sederhana, rasa lele tetaplah gurih karena diolah dalam keadaan segar.

Selain lele, ada juga pilihan menu ayam goreng, tempe, tahu, ati ampela, sate usus dan lain sebagainya. Makan dua porsi pecel lele komplit plus minum hanya menghabiskan sekitar Rp 50 ribuan.

Jl. Gunung Sahari Raya Blok A No. 13
Pademangan
Jakarta Utara
3. Pecel Lele Wandi Putra Samba
Kalau mencari pecel lele enak dan murah meriah bisa juga sambangi Pecel Lele Wandi Putra Samba yang ada di Cengkareng. Lele empuk berdaging tebal ini makin enak digoreng sampai garing.

Untuk sambalnya, lele goreng dilengkapi dengan sambal kecoklatan yang kental. Sambal uleg ini baru diracik ketika ada pembeli jadi dijamin segar. Racikan sambalnya juga ditambah sedikit kacang tanah goreng jadi makin gurih dan creamy.

Meskipun warna sambalnya coklat tapi jangan remehkan tingkat kepedasannya. Sambal ini bikin gurihnya lele goreng berpadu dan menghasilkan rasa istimewa.

Suka lalapan? Di warung ini lele goreng disajikan dengan pelengkap lalap kol, mentimun dan kemangi. Khusus untuk kolnya bisa minta digoreng, gratis.

Pecel Lele Wandi Putra Samba
Jl. Taman Surya 5 No. 77
Pegadungan, Jakarta

4. Pecel Lele Pak Mur
Kalau biasanya lele besar identik dengan rasa yang kurang enak, maka di warung Pak Mur ini lele jumbo bisa diolah enak. Warung yang ada di bilangan Jelambar ini dikenal dengan ukuran lele yang besar dan enak.

Pecel lele Pak Mur juga istimewa karena disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk gurih. Pelengkapnya ada sambal tomat yang pedas gurih. Sambal di sini juga disajikan dalam porsi berlimpah jadi jangan takut kurang.

Selain lele goreng, ada juga menu ayam goreng, tempe tahu dan ampela. Tempe tahu gorengnya murah meriah lho harganya cuma Rp 2.000an. Sementara seporsi lele goreng komplit harganya Rp 17 ribuan.

Warung Pak Mur yang mulai buka pukul 18.00 ini selalu ramai disambangi. Apalagi sekarang pecel lele ini juga bisa dibeli via ojek online, jadi siap-siap antre.

Pecel Lele Pak Mur
Komplek Taman Duta Mas Blok A7
Jl. Kusuma, Jelambar
Jakarta Barat

5. Pecel Lele Lima Saudara Asri
Bergeser ke arah Gading Serpong ada warung tenda pecel lele Lima Saudara Asri yang sudah terkenal sejak lama. Bagi pencinta pedas, pecel lele ini pasti menarik karena sambalnya dilumuri langsung pada lele yang baru saja digoreng.

Sambal yang disajikan di warung ini termasuk jenis sambal tomat yang diuleg dengan campuran cabai rawit merah dan cabai keriting. Yang bikin sambal ini makin nikmat dan beraroma adalah tambahan terasi bakarnya.

Lele goreng di sini sama sekali tak bau tanah karena diolah segar dan dibumbui dengan banyak racikan rempah. Apalagi lele digoreng garing yang bikin tekstur luarnya renyah.

Saking renyahnya, bagian sirip hingga ekor lele enak disantap. Makin lengkap lagi kalau ditambah tempe dan tahu gorengnya. Hati-hati bisa kalap makan.

Pecel Lele Lima Saudara Asri
Jalan Raya Puan Blok AD 14
Gading Serpong
Tangerang

sumber: detik.com



 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Jumat, 20 September 2019 | 12:23:38

Bahasa Paser, Bahasa Ibu Kota yang Terancam Punah

Penajam Paser Utara - Penajam Paser Utara (PPU) telah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu lokasi Ibu kota baru. Kabupaten ini sendiri punya bahasa asli suku Pase
Jumat, 20 September 2019 | 11:56:21

Adegan Sadis Pembunuhan Pengantin Baru di Pemalang Direkonstruksi

Pemalang - Polisi menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan seorang pria pengantin baru di Pemalang. Sebanyak 10 adegan diperagakan oleh pelaku yang bernama Arifin (25)."Rekonstruksi ada 10 adegan," ujar Kas
Jumat, 20 September 2019 | 11:26:38

Sukseskan MTQ Ke-44, Camat Riki Rihardi Siap Berikan Pelayanan Yang Terbaik

Duri - Camat Mandau Riki Rihardi mengatakan, sebagai tuan rumah penyelenggara, siap memberikan yang terbaik demi sukesnya MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019."Kamis siap memberikan pelayanan terbai
Jumat, 20 September 2019 | 11:00:44

Jambret Di Pinggir, Dua Warga Kandis Masuk Sel

Pinggir - Rabu tanggal 18 September 2019 sekira jam 23.30 Wib, Tim Polsek Pinggir mengamankan dua orang laki-laki yang diduga melakukan tindak pidana Curas atau Jambret) di seputaran jalan lintas Duri-Pekanbaru
 
Berita Lainnya
Kamis, 19 September 2019 | 16:54:14

Jelajahi The True Asia dengan Liburan Halal yang Menyenangkan di Filipina

Buat yang ingin berlibur ke luar negeri tapi tak ingin tabungan terkuras habis, maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menjelajahi keelokan negara-negara di Asia, salah satunya Filipina. Mulai mengemban
 
Rabu, 18 September 2019 | 16:48:21

Negeri di Atas Awan Lebak Banten, Pesona Wisata Dekat dengan Jakarta

Negeri di Atas Awan yang berada di Kabupaten Lebak, Banten belakangan menjadi bahan pembicaraan. Pasalnya, tempat ini memiliki sejuta pesona yang menakjubkan dari atas gunung.Negeri di Atas Awan Gunung Luhur te
 
Selasa, 17 September 2019 | 14:15:43

Penelitian: Gunung atau Pantai, Pilihan Tempat Berlibur Mewakili Kepribadianmu

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau liburan penting untuk meningkatkan produktivitas dan mencegah karyawan stres. Namun penelitian yang berjudul Vacationers Happier, but Most not Happier After a Holiday juga m
 
Selasa, 17 September 2019 | 11:40:06

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Pengembangan pariwisata Nias di Sumatera Utara (Sumut) yang kaya dengan beragam potensi alam dan budaya mendapatkan dukungan banyak pihak atau multisektor.Dukungan tersebut diwujudkan salah satunya melalui peny
 
Senin, 16 September 2019 | 16:47:09

Melihat Patung Dewa Terbesar di Malaysia

 Batu Cave menjadi lokasi favorit yang wajib didatangi saat berlibur ke Malaysia. Di sinilah terdapat patung dewa terbesar di Malaysia.Jika Anda mengunjungi Malaysia tepatnya Kuala Lumpur, sempatkanlah unt
 
Senin, 16 September 2019 | 10:31:57

10 Wisata Gratis Instagramable di Bali

Bali memang menyimpan banyak potensi wisata dengan berbagai macam aspek. Tidak heran, banyak turis domestik maupun mancanegara yang menjadikan Bali destinasi wisata favorit. Panorama yang memukau lengkap dengan
 
Jumat, 13 September 2019 | 14:25:52

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sulawesi Utara Melesat Berkat Drama

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara meningkat setiap tahunnya. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam acara Rakornas Kementerian Pariwisata Indonesia, Rabu (11/9).
 
Jumat, 13 September 2019 | 10:10:48

Belum Ada Rencana Liburan di Akhir Tahun? Yuk Wisata Kuliner ke Bogor

Libur natal dan tahun baru tinggal menghitung hari. Pastinya Anda sudah punya beragam rencana liburan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau kerabat terdekat. Jika kehabisan tiket pesawat un
 
Kamis, 12 September 2019 | 16:41:31

Martabak Flamboyan: Legit Empuk Martabak Manis Klasik yang Selalu Ngangeni

Jakarta - Mencari jajanan malam tak susah agaknya jika Anda menyusuri kawasan Taman Flamboyan di bilangan Setiabudi. Di sana Anda akan disuguhi berbagai macam jajanan kaki lima yang bisa dijadikan teman ng
 
Kamis, 12 September 2019 | 11:02:12

Bikin Nagih! 7 Menu Sarapan Khas Solo Ini Lezatnya Melegenda

Jakarta - Memulai hari di kota Solo ada banyak pilihan yang enak. Ada nasi, soto, pecel hingga jajanan sedap. Cocok buat pengisi energi pagi dengan harga terjangkau.Kuliner Solo punya elemen kuliner k
 
Selasa, 10 September 2019 | 17:02:19

Kalahkan Paris, Bangkok Jadi Kota Terpopuler untuk Dikunjungi

Bangkok, ibukota Thailand terpilih sebagai kota yang paling populer untuk dikunjungi. Hasil ini didapat dari sebuah survei yang dirilis pada Rabu, 4 September 2019. Kabar tersebut membawa angin baik bagi pariwi
 
Selasa, 10 September 2019 | 15:57:56

Ayo, Jajan Pecel Lele Jawa Timuran yang Sedap di 5 Warung Ini!

Jakarta - Warung pecel lele seperti sudah jadi salah satu ikon warung tenda] yang melegenda. Sajian utamanya jelas lele goreng yang renyah kriuk dilengkapi sambal dadak.Makan lele goreng di warung tenda me
 
Senin, 9 September 2019 | 16:37:12

Kini Pulau Manado Tua di Bunaken Dilengkapi Jalur Pendakian

Selama ini traveler yang ingin mendaki Pulau Manado Tua di Bunaken harus trekking medan yang cukup sulit. Kini, telah ada jalur pendakian di sana.Berdasarkan press release yang diterima detikcom, Senin (9/9/201
 
Senin, 9 September 2019 | 09:17:53

Pantai Muarareja di Tegal Jadi Warna-warni

Tegal - Kawasan Pantai Muarareja, Kota Tegal, Jawa Tengah, dulu merupakan kawasan kumuh. Kini pantai ini berubah total dan menjadi destinasi wisata penuh warna.Pantai Muarareja memiliki bentang p
 
Kamis, 5 September 2019 | 12:12:55

Tahun 2020 Banyak Tanggal Merah dan Harpitnas, Yuk Rencanakan Traveling sampai Puas

Pemerintah telah menetapkan tanggal merah Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh Menteri PAN-RB Syafruddin, Menteri Agama Lukman Hakim Saif
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Pelantikan DPRD
 
Top