Jumat, 21 Juni 2019 | 11:58:16
Travel

Keindahan Wisata Kahati Desa Koto Tinggi Rokan Hulu Dibawah Pepohonan Yang Sejuk

Laporan : Fahrin Waruwu

Sebarkan:
ROKANHULU - Melihat obyek wisata Kahati Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, tampak dibawah berbagai pepohonan alami daerah tersebut, wisatawan dipastikan dapat menikmati keindahannya.

Obyek Wisata Kahati ini wisatawan  masuk dari jalan Bukit  Beringin Desa Koto Tinggi, bisa juga dari Jalan Lingkar Kampung Baru dan dari Jalan Diponegoro Pasirpengaraian simpangnya dekat jembatan sungai Kaiti  Kantor Polres Rokan Hulu. 

Wisata seluas 7 hektar Itu pengelolaannya kerjasama Owner atau Pemilik Tengku Bibi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Jaya Bersama Desa Koto Tinggi. Disana wisatawan dapat menikmati keindahannya, ada Waterboom, Kolam Renang, Flying Fox sepanjang 120 meter, beberapa unit Wahana Selfi dan tempat nyantai wisatawan juga beberapa kantin yang sediakan makanan, minuman ringan yang dapat terjangkau harganya.

Selaku Owner (Pemilik Obyek Wisata Kahati yang bekerjasama dengan Bumdes Jaya Bersama Desa Koto Tinggi) Tengku Bibi dalam wawancaranya menceritakan Obyek Wisata Kahati awalnya yang dibuka oleh Ayahandanya Ir.H.Tengku Asmaurrijal (almarhum) sejak tahun 2010, dan mulai beroperasi tahun 2013-2014. Kemudian terjadi pevakuman atau tidak beroperasi dari Tahun 2015-2018.

Namun dari tahun 2018 sambung Tengku Bibi selaku Owner mencoba untuk meneruskan dan  mengembangkan Obyek Wisata Kahati yang sudah dirintis Ayahandanya Itu dengan konsep bekerjasama Bumdes Jaya Bersama Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah, karena melihat tingginya minat masyarakat berwisata sangat antusias. 

"Atas kerja  keras, dengan dukungan Bumdes Jaya Bersama Desa Koto Tinggi, Wisata Kahati, langsung diresmikan oleh Bapak Bupati Rokan Hulu H.Sukiman Kamis tanggal 20 Juni 2019 kemarin," kata Bibi.

Lanjut Tengku Bibi berharap Wisata Kahati dapat menjadi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya Desa Koto Tinggi, dan bisa menjadi tempat bersantai nya para wisatawan yang berkunjung, karena meski sederhana namun Wisata Kahati miliki wahana yang sejuk.

"Datang ya dan nikmat keindahan alamnya," ajak Tengku Bibi.

Untuk diketahui, sebelumnya disampaikan Kades Koto Tinggi Asmi Jumairi alias Mimin menyatakan, Objek wisata Kahati dikelola BUMDesa Jaya Bersama dengan pemilik objek wisata tersebut, objek wisata kolam pemandian dan paling fox sudah dikelola pemilik sejak 2010 lalu.

"Namun sejak 2016 terjadi kevakuman, sehingga kita ajukan kepada pemilik untuk dikelola oleh Bumdes Jaya Bersama Desa Koto Tinggi, Sehingga sejak bulan September 2018 kita mulai mengelola pembenaha. Baru Idul Fitri ini bisa dikelola secara transparansi dan Alhamdulillah pengunjung dari laporan management mulai 5 sampai 15 Juni  tercatat 15 ribaun pengunjung," jelas Kades Koto Tinggi Mimin.

"Kami juga Berterima kasih, ke pihak yang sudah terealisasi pembangunan wisata yakni masyarakat, fasilitator dan jajaran Bumdes dari direktur dan unit Bumdes serta pemilik objek wisata Sahati sendiri, sehingga wisata Kahati sudah diresmikan oleh Bapak Bupati Rokan  Hulu Kamis, (20/6/2019) ucap Mimin.

Kemudian juga berharap lanjut Kades Koto Tinggi, Meraka bisa diberi masukan dan arahan Bupati karena sangat diperlukan, termasuk pembangunan infrastruktur seperti penerangan jalan umum Datuk Beringin melalui Dinas Perhubungan. Serta bangunan lain yang bisa menunjang kemajuan wisata Kahati yang ada di desanya tersebut.

"Lampu penerangan jalan umum sangat dibutuhkan," tutur Kades Koto Tinggi berharap ada realisasi di Tahun 2019 ini.

Sementara Itu Bupati Rokan Hulu H.Sukiman mengapresiasi Pemerintah Desa Koto Tinggi yang sudah bisa melakukan yang terbaik di Desanya dengan membuka wisata Kahati ada Kolam, Waterboom dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA), Sehingga Bupati H.Sukiman berharap melalui wisata Kahati ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitarnya.

"Untuk Itu Saya juga meminta dan menghimbau kepada seluruh Pemerintah desa dan Kelurahan di Rokan Hulu untuk memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada disekitarnya yang bisa membantu peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakatnya," pinta Bupati H. Sukiman mantan Dandim dan Wakil Bupati Rokan Hulu itu pada saat meresmikan wisata Kahati yang dikelola Bumdes Jaya Bersama Desa Koto Tinggi tersebut.

Lanjut Sukiman , upaya yang dilakukan BUMDesa Jaya Bersama Desa Koto Tinggi, merupakan terobosan  sehingga BUMDesa lainnya hendaknya demikian, dan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada.

"Namun semua itu perlunya kesungguhan kades, BUMDes dan pengurus dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"Karena bila memang benar dikelola dengan baik pengamanan juga perlu, terutama bagi pengunjung anak anak dan parkir kendaraan. sehingga pengawasan perlu yang bagus bila terjadi orang akan jera datang sehingga faktor keamanan perlu,"

"Termasuk pelayanan juga perlu, pemuda agar menjaga dan menarik simpatik pengunjung yang datang dengan senyum, santun dan sopan dan bisa menarik Hati dan simpati pengunjung," harapnya.

Juga kata Bupati, dari pengelola dan desa harus seirama, kalau tidak pengelolaan bisa kacau. Selain itu, kejujuran dalam pengelolaan perlu, sehingga usaha bisa berlanjut. Sehingga kejujuran dalam bisnis harus dilakukan.

Usai kegiatan, Bupati keliling melihat potensi objek wisata yang sudah mulai dibenahi, kemudian dilanjutkan makan bersama dan halal BI halal dengan seluruh pengurus BUMDesa, Kades dan masyarakat yang hadir. (Fah)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:09:57

Babinsa Koramil 02/TP dan Warga Kompak Melaksanakan Goro

TANAH PUTIH - Kedekatan serta keakraban antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama masyarakat di wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sangatlah terasa. Terlihat jelas di RT 09 RW 04 Kelurahan Suka Jadi, K
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:58:55

Baru Dua Minggu, TNI dan Warga di Lokasi Sasaran TMMD ke 106 Sudah Seperti Keluarga

RETEH - Warga Desa Sanglar dan Desa Seberang Sangkar, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas TMMD dari Kodim 0314/Inhil. Menurutnya, para anggo
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:57:16

Hadiri Giat Sosialisasi dan Launcing Program Bantuan Pangan Non Tunai, ini Kata Danramil 03/Tempuling

TEMPULING - Camat Tempuling Ridwan S.Sos Membuka Secara Resmi Acara Launching Penyaluran Bantuan Sosial Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Berlangsung di Aula Kantor Camat Tempuling, Rabu (16/10/2019).
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:34:39

Hadiri Giat Sosialisasi dan Launcing Program Bantuan Pangan Non Tunai, ini Kata Danramil 03/Tempuling

TEMPULING - Camat Tempuling Ridwan S.Sos Membuka Secara Resmi Acara Launching Penyaluran Bantuan Sosial Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Berlangsung di Aula Kantor Camat Tempuling, Rabu (16/10/2019).
 
Berita Lainnya
Kamis, 10 Oktober 2019 | 10:47:28

Hanya Dihuni 6 Penduduk, Flatey Dinobatkan sebagai Pulau Terindah di Dunia

Predikat pulau terindah di dunia berhasil disabet oleh Pulau Flatey di Islandia. Daftar ini dikeluarkan oleh situs Big 7 Travel yang mengadakan polling kepada pembaca serta tur perjalanan profesional.
 
Rabu, 9 Oktober 2019 | 08:37:20

Pulau Terbaik di Dunia Jatuh kepada Siargao Filipina

 Jakarta - Jika Anda merencanakan liburan, Anda mungkin ingin menuju ke Siargao di Filipina. Belum lama ini, tempat itu terpilih sebagai pulau terbaik di dunia oleh pembaca majalah Conde Nast Tra
 
Rabu, 9 Oktober 2019 | 08:32:32

Mengintip Penginapan Langganan Susi Pudjiastuti di Kabupaten Natuna

Natuna - Pariwisata tengah jadi salah satu sektor yang digerakkan di Kabupaten Natuna. Kemunculan deretan penginapan jadi satu dari sekian banyak realisasi dari wacana tersebut. Siapa s
 
Rabu, 9 Oktober 2019 | 08:08:50

Hati-Hati Jebakan Promo Tiket, Bukannya Untung Malah Buntung

Traveling kini sudah bukan hal mewah terutama buat generasi milenial. Keterbatasan bujet pun bisa disiasati dengan promo tiket yang sering ditawarkan oleh online travel agent atau aplikasi-aplikasi pemesanan ti
 
Minggu, 6 Oktober 2019 | 10:44:09

Indonesia Tembus Rangking 40 Dunia dari 141 Negara Soal Wisata

Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara dunia yang terkenal akan sektor pariwisata. Keanekaragaman adat, budaya, suku dan tradisi yang dimiliki Indonesia, membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara
 
Minggu, 6 Oktober 2019 | 10:39:42

Pembangunan Pusat Informasi Pemerintah Siapkan Rp11,7 Triliun

Pusat Informasi Pariwisata (Tourism Information Center/TIC) merupakan fasilitas pendukung untuk membantu wisatawan menerima informasi seputar destinasi yang hendak mereka kunjungi. Namun hingga saat ini, pemban
 
Selasa, 1 Oktober 2019 | 11:21:39

10 Objek Wisata yang Sempat Cetak Rekor Dunia, Salah Satunya Punya Indonesia

Dunia ini penuh dengan keajaiban dan keindahan alam yang patut dieksplorasi. Rasanya kurang lengkap kalau kamu mengaku sebagai traveller sejati, tetapi yang kamu kunjungi cuma kota-kota besar di luar negeri.Ses
 
Senin, 30 September 2019 | 08:59:21

Enoshima Sea Candle, Salah Satu Mercusuar Terindah di Dunia

 Jika Anda menengok daftar mercusuar terindah atau mercusuar dengan pemandangan paling spektakuler yang diterbitkan situs-situs perjalanan, mungkin Enoshima Sea Candle bakal berada di dalamnya. Struktur di
 
Sabtu, 28 September 2019 | 11:51:07

Kemeriahan Festival Layang Lakbok Art & Culture di Ciamis

Ciamis - Kabupaten Ciamis memiliki festival tahunan yang sangat menarik untuk diikuti. Festival Layang Lakbok Art & Culture 2019 di Blok Kuntul, Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, digelar
 
Sabtu, 28 September 2019 | 09:35:33

5 Objek Wisata Alam Jabodetabek Bernuansa Asri

Cari tempat wisata alam di Jabodetabek yang bernuansa asri? Meskipun termasuk kawasan metropolitan, sebenarnya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi punya beberapa objek wisata alam yang cukup menye
 
Jumat, 27 September 2019 | 16:38:54

6 Wisata Tebing Fotogenik di Indonesia, Mulai Tebing Koja sampai Brown Canyon

Wisata tebing sebenarnya bukan hal baru bagi pecinta traveling. Amerika Serikat misalnya, punya Grand Canyon yang menampilkan pemandangan menakjubkan ngarai dan lembah.Indonesia pun memiliki sejumlah objek wisa
 
Jumat, 27 September 2019 | 15:15:35

Pantai GWD Banyuwangi Raih Indonesia Sustainable Tourism Award

Banyuwangi - Pantai Grand Watu Dodol (GWD) Banyuwangi menyabet Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019 dari Kementerian Pariwisata. Yakni untuk kategori Tata Kelola Destinasi Wisata.Penghargaan ini
 
Jumat, 27 September 2019 | 09:36:01

Maskapai Ini Bagi-Bagi Kursi Gratis, Yakin Mau Melewatkannya

Siapa yang tak suka jika bisa jalan-jalan ke berbagai destinasi impian, dengan biaya hemat. Apalagi jika perjalanannya cukup jauh, biaya maskapai yang terjangkau tentu sangat membantu. Nyatanya, ada lho maskapa
 
Kamis, 26 September 2019 | 13:59:34

Nuansa Senja dari Bukit Wairinding di Sumba

Kabupaten Sumba Timur memiliki banyak destinasi wisata yang patut dikunjungi. Salah satu yang sayang dilewatkan ialah Bukit Wairinding. Lokasinya 34,7 kilometer dari pusat kota atau 50 menit waktu berkendara un
 
Selasa, 24 September 2019 | 14:40:07

Habis Viral, Gunung Luhur Mendadak Kebanjiran Wisatawan

Beberapa minggu belakangan para pengguna jejaring sosial dibuat penasaran dengan Gunung Luhur, sebuah spot wisata yang baru ditemukan di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak. Titik yang juga d
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top