Iklan Sosial
 
Selasa, 16 Oktober 2018 | 13:38:40
Travel

Bikin SIM Sekaligus Liburan di Pulau Jeju Jadi Fenomena Travel Baru di Korsel

Sebarkan:
okezone.com

TERJEBAK dalam antrean selalu tak menyenangkan, namun lebih menyebalkan jika terjebak dalam antrean di pulau semitropis tempat berlibur.

Jeju adalah pulau kecil dengan gunung api seluas 160 kilometer persegi di bagian barat daya semenanjung Korea. Tempat ini adalah surganya pelancong, khususnya dari Cina.

Tercatat lebih dari 300 ribu orang dari negara itu telah berkunjung ke sana tahun ini. Dan sepertinya, setiap dari mereka berada di depan saya saat mengantre di Pusat Uji Izin Berkendara (DVLA).

Wisatawan asal Cina menyenangi pantai Jeju. Di sana, mereka berbelanja, berjudi--dan kini juga mengikuti proses pengurusan surat izin mengemudi.

Banyak dari para turis itu meluangkan waktu liburan ke DVLA, di mana mereka bisa menghabiskan waktu seharian mengisi formulir, mengantre, dan menjalani tes mengemudi.

Dan jika mereka beruntung dapat lolos ujian pada percobaan pertama, mereka masih memiliki waktu untuk berlibur ke pantai.

Liburan khusus untuk tujuan praktis bukanlah hal baru. Kini sejumlah orang di seluruh penjuru dunia secara rutin berlibur untuk menjalani operasi plastik, penanganan kesuburan, pelatihan profesional, atau sekedar menyaksikan laga sepakbola.

Beberapa kota di dunia pun mempunyai reputasi tertentu soal spesialisasi mereka: Los Algodones di Meksiko adalah 'kota geraham' bagi warga Amerika Serikat yang ingin mendapat penanganan gigi, sedangkan Hoi An di Vietnam terkenal dengan para penjahit pesanan.

Berwisata sambil mendapatkan Surat Izin Mengemudi di Pulau Jeju adalah fenomena baru, tapi berkembang pesat. Berdasarkan data DVLA, hingga akhir Agustus lalu sebanyak 2.172 warga Cina telah mendapat sertifikat lulus uji berkendara di sana.

Artinya, SIM dikeluarkan untuk 62 warga Cina setiap pekan. Padahal pada 2010, surat izin yang diterbitkan untuk kelompok ini hanya 68.

Kualitas dan efektivitas biaya adalah faktor terbesar di jenis pariwisata ini. Bagi warga Cina yang ambisius, izin berkendara di Korsel merepresentasikan dua faktor tadi.

Perjalanan ke Jeju tak hanya memiliki ongkos yang sebanding dengan rata-rata biaya pelatihan mengemudi di kota besar Cina, tapi juga menjanjikan keterampilan kilat dan proses yang nyaman.

Perusahaan jasa pariwisata Cina menawarkan paket liburan lima hari untuk mendapatkan izin berkendara di Hawaii-nya Korsel. Paket itu dijual dari sekitar 8.800 yuan atau Rp19,4 juta, termasuk jasa mengawal peserta tur melalui proses uji berkendara dan sedikit waktu untuk berkeliling kota.

Harga paket itu mencakup biaya penginapan, kursus mengemudi, ongkos transportasi lokal, dan biaya tes. Makanan dan tiket penerbangan tak termasuk di dalamnya. Nominal tadi terdengar mahal, tapi paket pelatihan mengemudi kelas VIP di Beijing bisa mencapai 15 ribu yuan atau Rp33 juta dan makan waktu selama satu bulan.

Cina, seperti banyak negara lainnya, memperbolehkan SIM luar negeri dialihkan menjadi surat berkendara lokal. Jadi jika lolos tes di Jeju, para turis tadi dapat mengalihkan SIM yang diterbitkan pemerintah Korsel, hanya dengan syarat lulus ujian tulis di daerah asal mereka.

Ada alasan lain turis asal Cina merasa proses ujian berkendara di Korsel lebih baik. Mingqui Liu, pelajar asal Cina, membantu kawannya mengatur jadwal tes mengemudi, lalu meringkasnya.

"Ujian SIM di Cina sangat ketat. Di Korsel, tesnya mudah," kata Liu.

Proses ujian SIM di dua negara itu terdiri dari tes kesehatan, ujian tulis, serta tes mengemudikan mobil di area tertutup dan jalan raya. Tes di Korsel seharusnya tidak mudah, setidaknya saat ini. Desember 2016, proses ujian itu diubah setelah bertahun-tahun dikritik karena terlalu ringan.

Merujuk pemberitaan Arirang News, sejak saat itu, tingkat kelulusan uji berkendara di sirkuit tertutup langsung turun hingga 60%. Namun ujian berkendara di Cina sebenarnya tetap lebih susah. Tes tulis misalnya, berisi 100 pertanyaan, sedangkan di Korsel hanya 40 soal.

Penilaiannya pun lebih ketat: aturan Cina mengatur kelulusan hanya bagi peserta tes yang mampu menjawab benar 90% pertanyaan, sementara di Korsel hanya 60%. Adapun Inggris, peserta ujian SIM harus menjawab benar 70% soal.

Jadwal ujian juga pertimbangan tersendiri. Karena slot yang terbatas dan jumlah pendaftar yang besar, setiap tahap ujian berkendara butuh waktu berminggu-minggu. Dan mereka yang gagal di salah satu tahap ujian harus mengulang proses dari awal. Sementara itu, di Jeju sejumlah proses tes SIM bahkan dapat dilakukan dalam hari yang sama.

Yingqin Cui, pemilik perusahaan tur Jeju Island HD Driving School, bekerja sama dengan akademi berkendara lokal untuk menyediakan pelatihan wajib selama 13 jam bagi pengemudi baru di Korsel.

Paket itu termasuk latihan selama empat jam di sirkuit tertutup dan enam jam di jalan raya. Cui berkata, beberapa orang gagal pada ujian SIM bahkan setelah pelatihan intensif.

"Dari 100 orang, mungkin yang gagal satu di antaranya," ucap Cui.

Seorang pegawai di DVLA soal tingkat kelulusan yang tinggi di kalangan warga Cina dan jumlahnya yang terus bertambah.

Pegawai itu mengestimasi, proses dari pendaftaran hingga penerbitan SIM rata-rata butuh waktu sepekan dan kadang hanya dua hari.

SIM di Korsel bukan hanya mudah diakses, tapi juga serba guna. Pada dekade 1940 hingga 1960-an, sejumlah konvensi PPB membuat Izin Mengemudi Internasional (IDP), yang memungkinkan orang meminjam dan mengemudikan mobil di luar negeri.

Karena Cina tak berpartisipasi dalam kesepakatan internasional itu, IDP tak berlaku bagi SIM yang diterbitkan di negara itu.

Adapun, Korsel ambil bagian dalam konvensi itu dan membuat SIM yang mereka keluarkan sangat berharga bagi pelancong.

"Sebagian besar pelanggan saya adalah warga Cina yang tinggal di luar negeri," kata Cui, sambil menyebut Inggris dan Italia sebagai tempat tinggal kliennya.

Dengan ketentuan IDP, para pelanggan Cui boleh bekendara di perantauan mereka, dan lebih dari 150 negara lainnya.

Bahasa juga salah satu faktor yang disebut Cui. Di Inggris misalnya, ujian SIM hanya digelar dalam bahasa Inggris dan Wales. Sementara di Jeju, pendaftaran dan ujian tulis tersedia dalam bahasa Mandarin dan banyak pegawai di lembaga itu memahami bahasa warga Cina itu.

Hal ini bukan hal aneh di Korsel--ujian tulis juga dapat dilakukan dalam bahasa Inggris dan formulir pendaftaran tersedia dalam banyak bahasa. Namun Jeju tetaplah tujuan utama liburan sekaligus ujian SIM dengan satu alasan: tak seperti pulau utama di Korsel, warga Cina tak butuh visa untuk masuk ke daerah itu.

Jadi antrean di DVLA masih tetap panjang. Tak dapat disangkal, sulit menandingi berbagai kelebihan pulau ini. Tak hanya pulang membawa SIM yang diakui secara global, Jeju juga menawarkan pantai dan barbeku khas Korsel bagi orang-orang yang bertekad mengalahkan antrean panjang ujian mengemudi.


(okezone.com)

 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Rabu, 14 November 2018 | 20:29:24

Curi Pakaian di Toko, Dua Warga Sumut Ini Ditangkap Polisi di Rohul

ROKANHULU - Diduga melakukan Pencurian Pakaian di Toko Bandung Fasion Pasirpengaraian Desa Babussalam Kecamatan Rambah, Jumat (26/10/2018) sekira pukul 15.13 wib belum lama ini, satu laki-laki bersama teman wan
Rabu, 14 November 2018 | 20:21:29

Lagi, Satpol PP Rohul Amankan 1.000 Botol Bir

ROKANHULU - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), jelang akhir tahun 2018 ini, gencar melakukan Operasi Penertiban minuman bir Alcohol di 16 Kecamatan. Operasi penertiba
Rabu, 14 November 2018 | 19:45:36

Akiong Jadi Tersangka, Kalna : Kita Percayakan Kepada Penyidik

ROKANHILIR-Pasca ditetapkannya Gustalim alias Akiong sebagai tersangka atas kasus Penipuan dan Pemerasan terhadap 12 pengusaha Dok Kapal di Bagan Siapiapi, Kalna Surya Siregar SH selaku tim Kuasa Hukum para pen
Rabu, 14 November 2018 | 19:30:02

Orang Tua Jandriko Aldo Terharu, Biaya Anaknya Ditanggung BPJS Ketenagakerjaan

ROKANHULU - Badan Penyelenggara Jaminan Soaial (BPJS) Ketenagakerjaan lagi membuktikan programnya dalam jaminan kecelakaan kerja bagi siapapun yang sudah menjadi peserta, sesuai yang sudah diamanahkan undang-un
 
Berita Lainnya
Rabu, 14 November 2018 | 16:14:34

Bukan Sekadar Ajang Keren-Kerenan, Ini Alasan Caption Hidden Gem Ramai di Instagram

PERKEMBANGAN industri pariwsata Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini secara tidak langsung membuktikan bahwa traveling atau berwisata sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyara
 
Rabu, 14 November 2018 | 09:30:54

Melihat Kemegahan Puri Besakih di Karangasem, Bali

MENGUNJUNGI obyek wisata saat berada di suatu daerah tidak melulu harus yang selalu menawarkan kesenangan. Bisa juga ke tempat lain seperti obyek wisata religi. Sebagai contoh, saat berlibur ke Bali wisat
 
Rabu, 14 November 2018 | 09:25:34

Zanzibar Genjot Target Kunjungan Wisatawan dari Indonesia

NAMA Zanzibar mungkin belum begitu akrab di telinga Anda. Namun, wilayah semi otonom dari Tanzania ini menawarkan destinasi liburan yang menarik, terutama pantai-pantainya yang indah. Zanzibar merupakan
 
Selasa, 13 November 2018 | 16:43:15

Diamond Beach Nusa Penida, Punya Spot Foto Keren dan Instagramable!

MENGUNJUNGI obyek wisata yang belum diketahui banyak orang tak bisa dipungkiri terkadang memberikan sensasi kesenangan tersendiri. Terlebih bila obyek wisata tersebut menawarkan keindahan yang tiada tara.
 
Selasa, 13 November 2018 | 09:49:42

Sambut Natal, Penginapan Ini Siapkan Kamar Bertemakan Santa Clause

TAK terasa bulan depan umat kristiani di seluruh dunia akan merayakan hari Natal. Ya, hari Natal memang identik dengan pohon cemara yang dihias beserta banyak hadiah yang tertumpuk di bawahnya. Sosok Santa
 
Sabtu, 10 November 2018 | 09:25:45

Pesona 5 Wisata Alam Hits di Kabupaten Barru Sulsel

JIKA Anda bingung untuk menentukan destinasi liburan akhir tahun nanti, mungkin Anda bisa untuk mengunjungi Kabupaten Barru. Kabupaten Barru adalah salah satu daerah tingkat 2 di provinsi Sulawesi Selatan
 
Sabtu, 10 November 2018 | 09:21:54

Membedah Potensi Wisata Danau Toba, Salah Satu Destinasi Super Prioritas Pilihan Presiden Jokowi

SEJAK terpilih sebagai salah satu dari 4 destinasi super prioritas, pengembangan kawasan wisata Danau Toba terus digencarkan oleh pemerintah Indonesia. Dari segi aksesbilitas, Danau Toba nantinya akan did
 
Jumat, 9 November 2018 | 09:46:36

Bikin Takjub, Ini 4 Pantai di Sulbar yang Kondang Keindahannya

SEBAGAI negara kepulauan tak heran jika Indonesia memiliki banyak pantai cantik. Salah satunya termasuk di Sulawesi Barat. Deretan pantai Sulawesi Barat ini keindahannya tak diragukan lagi. Bahkan, saking
 
Kamis, 8 November 2018 | 14:45:56

Nonton Festival Robo Robo? Jangan Lupa Singgah di Mempawah Mangrove Park

MEMPAWAH Festival Robo Robo di Mempawah, Kalimantan Barat, rupanya tak hanya bercerita soal budaya Melayu saja. Banyak juga sisi lain yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Bagi yang suka travelling, sel
 
Kamis, 8 November 2018 | 09:40:35

Indahnya Sanghyang Heuleut Sebelum Kena Longsor, Danau Tempat Bidadari Mandi

OBYEK wisata Sanghyang Heuleut yang terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ditutup sementara lantaran mengalami bencana tanah longsor. Bahkan salah satu warung yang ad
 
Rabu, 7 November 2018 | 14:44:59

Tim Percepatan Bahari Menilai Sail to Bintan 2018 Bikin Semakin Mendunia

BINTAN - Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata menilai bahwa menggiring Wonderful Sail Indonesia ke Sail to Bintan 2018 merupakan cara yang cerdas. Karena bukan hanya bermanfaat
 
Selasa, 6 November 2018 | 15:59:39

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bangka Belitung Transformasikan Tambang ke Pariwisata

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Johan menegaskan bahwa saat ini Pemprov Babel bersama para stakeholder tengah berupaya keras dalam mentransformasikan ekonominya dari sektor tambang ke pa
 
Selasa, 6 November 2018 | 15:20:27

Jalan-Jalan ke Bekasi, Wajib Kunjungi Hutan Bambu yang Lagi Hits

DI timur Jakarta, tepatnya di Kota Bekasi, ada sebuah objek wisata baru bagi masyarakat pinggiran Ibu Kota Jakarta. Tempat itu bernama Hutan Bambu yang terletak di pinggir Kali Bekasi RT 4 RW 26, Kelurahan
 
Senin, 5 November 2018 | 16:42:19

Bingung Liburan ke Mana? Yuk Coba 5 Tempat Camping Seru di Bogor Ini

BERKEMAH merupakan kegiatan yang banyak disukai banyak orang. Melakukan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga. Berkemah enggak harus jauh-jauh kok, kamu wajib coba menjelajahi tempa
 
Senin, 5 November 2018 | 16:36:15

Vila di Bawah Air, Rasakan Sensasi Tidur Bersama Ikan

SAAT ini jenis-jenis penginapan memang sudah sangat beragam, mulai dari bujet hingga konsep yang sesuai dengan selera bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ragam konsep akomodasi tersebut, membuat para traveler
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top