Iklan Sosial
 
Selasa, 16 Oktober 2018 | 13:38:40
Travel

Bikin SIM Sekaligus Liburan di Pulau Jeju Jadi Fenomena Travel Baru di Korsel

Sebarkan:
okezone.com

TERJEBAK dalam antrean selalu tak menyenangkan, namun lebih menyebalkan jika terjebak dalam antrean di pulau semitropis tempat berlibur.

Jeju adalah pulau kecil dengan gunung api seluas 160 kilometer persegi di bagian barat daya semenanjung Korea. Tempat ini adalah surganya pelancong, khususnya dari Cina.

Tercatat lebih dari 300 ribu orang dari negara itu telah berkunjung ke sana tahun ini. Dan sepertinya, setiap dari mereka berada di depan saya saat mengantre di Pusat Uji Izin Berkendara (DVLA).

Wisatawan asal Cina menyenangi pantai Jeju. Di sana, mereka berbelanja, berjudi--dan kini juga mengikuti proses pengurusan surat izin mengemudi.

Banyak dari para turis itu meluangkan waktu liburan ke DVLA, di mana mereka bisa menghabiskan waktu seharian mengisi formulir, mengantre, dan menjalani tes mengemudi.

Dan jika mereka beruntung dapat lolos ujian pada percobaan pertama, mereka masih memiliki waktu untuk berlibur ke pantai.

Liburan khusus untuk tujuan praktis bukanlah hal baru. Kini sejumlah orang di seluruh penjuru dunia secara rutin berlibur untuk menjalani operasi plastik, penanganan kesuburan, pelatihan profesional, atau sekedar menyaksikan laga sepakbola.

Beberapa kota di dunia pun mempunyai reputasi tertentu soal spesialisasi mereka: Los Algodones di Meksiko adalah 'kota geraham' bagi warga Amerika Serikat yang ingin mendapat penanganan gigi, sedangkan Hoi An di Vietnam terkenal dengan para penjahit pesanan.

Berwisata sambil mendapatkan Surat Izin Mengemudi di Pulau Jeju adalah fenomena baru, tapi berkembang pesat. Berdasarkan data DVLA, hingga akhir Agustus lalu sebanyak 2.172 warga Cina telah mendapat sertifikat lulus uji berkendara di sana.

Artinya, SIM dikeluarkan untuk 62 warga Cina setiap pekan. Padahal pada 2010, surat izin yang diterbitkan untuk kelompok ini hanya 68.

Kualitas dan efektivitas biaya adalah faktor terbesar di jenis pariwisata ini. Bagi warga Cina yang ambisius, izin berkendara di Korsel merepresentasikan dua faktor tadi.

Perjalanan ke Jeju tak hanya memiliki ongkos yang sebanding dengan rata-rata biaya pelatihan mengemudi di kota besar Cina, tapi juga menjanjikan keterampilan kilat dan proses yang nyaman.

Perusahaan jasa pariwisata Cina menawarkan paket liburan lima hari untuk mendapatkan izin berkendara di Hawaii-nya Korsel. Paket itu dijual dari sekitar 8.800 yuan atau Rp19,4 juta, termasuk jasa mengawal peserta tur melalui proses uji berkendara dan sedikit waktu untuk berkeliling kota.

Harga paket itu mencakup biaya penginapan, kursus mengemudi, ongkos transportasi lokal, dan biaya tes. Makanan dan tiket penerbangan tak termasuk di dalamnya. Nominal tadi terdengar mahal, tapi paket pelatihan mengemudi kelas VIP di Beijing bisa mencapai 15 ribu yuan atau Rp33 juta dan makan waktu selama satu bulan.

Cina, seperti banyak negara lainnya, memperbolehkan SIM luar negeri dialihkan menjadi surat berkendara lokal. Jadi jika lolos tes di Jeju, para turis tadi dapat mengalihkan SIM yang diterbitkan pemerintah Korsel, hanya dengan syarat lulus ujian tulis di daerah asal mereka.

Ada alasan lain turis asal Cina merasa proses ujian berkendara di Korsel lebih baik. Mingqui Liu, pelajar asal Cina, membantu kawannya mengatur jadwal tes mengemudi, lalu meringkasnya.

"Ujian SIM di Cina sangat ketat. Di Korsel, tesnya mudah," kata Liu.

Proses ujian SIM di dua negara itu terdiri dari tes kesehatan, ujian tulis, serta tes mengemudikan mobil di area tertutup dan jalan raya. Tes di Korsel seharusnya tidak mudah, setidaknya saat ini. Desember 2016, proses ujian itu diubah setelah bertahun-tahun dikritik karena terlalu ringan.

Merujuk pemberitaan Arirang News, sejak saat itu, tingkat kelulusan uji berkendara di sirkuit tertutup langsung turun hingga 60%. Namun ujian berkendara di Cina sebenarnya tetap lebih susah. Tes tulis misalnya, berisi 100 pertanyaan, sedangkan di Korsel hanya 40 soal.

Penilaiannya pun lebih ketat: aturan Cina mengatur kelulusan hanya bagi peserta tes yang mampu menjawab benar 90% pertanyaan, sementara di Korsel hanya 60%. Adapun Inggris, peserta ujian SIM harus menjawab benar 70% soal.

Jadwal ujian juga pertimbangan tersendiri. Karena slot yang terbatas dan jumlah pendaftar yang besar, setiap tahap ujian berkendara butuh waktu berminggu-minggu. Dan mereka yang gagal di salah satu tahap ujian harus mengulang proses dari awal. Sementara itu, di Jeju sejumlah proses tes SIM bahkan dapat dilakukan dalam hari yang sama.

Yingqin Cui, pemilik perusahaan tur Jeju Island HD Driving School, bekerja sama dengan akademi berkendara lokal untuk menyediakan pelatihan wajib selama 13 jam bagi pengemudi baru di Korsel.

Paket itu termasuk latihan selama empat jam di sirkuit tertutup dan enam jam di jalan raya. Cui berkata, beberapa orang gagal pada ujian SIM bahkan setelah pelatihan intensif.

"Dari 100 orang, mungkin yang gagal satu di antaranya," ucap Cui.

Seorang pegawai di DVLA soal tingkat kelulusan yang tinggi di kalangan warga Cina dan jumlahnya yang terus bertambah.

Pegawai itu mengestimasi, proses dari pendaftaran hingga penerbitan SIM rata-rata butuh waktu sepekan dan kadang hanya dua hari.

SIM di Korsel bukan hanya mudah diakses, tapi juga serba guna. Pada dekade 1940 hingga 1960-an, sejumlah konvensi PPB membuat Izin Mengemudi Internasional (IDP), yang memungkinkan orang meminjam dan mengemudikan mobil di luar negeri.

Karena Cina tak berpartisipasi dalam kesepakatan internasional itu, IDP tak berlaku bagi SIM yang diterbitkan di negara itu.

Adapun, Korsel ambil bagian dalam konvensi itu dan membuat SIM yang mereka keluarkan sangat berharga bagi pelancong.

"Sebagian besar pelanggan saya adalah warga Cina yang tinggal di luar negeri," kata Cui, sambil menyebut Inggris dan Italia sebagai tempat tinggal kliennya.

Dengan ketentuan IDP, para pelanggan Cui boleh bekendara di perantauan mereka, dan lebih dari 150 negara lainnya.

Bahasa juga salah satu faktor yang disebut Cui. Di Inggris misalnya, ujian SIM hanya digelar dalam bahasa Inggris dan Wales. Sementara di Jeju, pendaftaran dan ujian tulis tersedia dalam bahasa Mandarin dan banyak pegawai di lembaga itu memahami bahasa warga Cina itu.

Hal ini bukan hal aneh di Korsel--ujian tulis juga dapat dilakukan dalam bahasa Inggris dan formulir pendaftaran tersedia dalam banyak bahasa. Namun Jeju tetaplah tujuan utama liburan sekaligus ujian SIM dengan satu alasan: tak seperti pulau utama di Korsel, warga Cina tak butuh visa untuk masuk ke daerah itu.

Jadi antrean di DVLA masih tetap panjang. Tak dapat disangkal, sulit menandingi berbagai kelebihan pulau ini. Tak hanya pulang membawa SIM yang diakui secara global, Jeju juga menawarkan pantai dan barbeku khas Korsel bagi orang-orang yang bertekad mengalahkan antrean panjang ujian mengemudi.


(okezone.com)

 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Sabtu, 19 Januari 2019 | 21:30:36

Ini dia Nama Wartawan Rohil Yang Sudah Ikuti UKW

UJUNGTANJUNG- Ketua PWI Rohil, Nopri Sandi, meminta seluruh anggota kompak menjalankan roda organisasi secara bersama-sama sesuai dengab PDRT PWI. Bahkan Sandi juga mengajak semua anggota PWI untuk ikut Uji Kom
Sabtu, 19 Januari 2019 | 20:44:11

PWI Rohil Bangkit, Noprio Sandi Gelar Rapat Besar Ini dia Hasilnya

UJUNGTANJUNG-Perasatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hilir secara bersam-sama bangkit membesarkan nama organisasi,karena selama ini diketaui  masih belum maksimal melakukan terobosan. Untuk
Sabtu, 19 Januari 2019 | 19:02:14

Jumat Barokah Kapolres Rohul Sambangi Warga Kaum Duafa

ROKAN HULU - Kepala Polisi Resor Rokan Hulu (Kapolres-Rohul), Daerah Riau AKBP Muhamad Hasyim Risahondua SIK, M.Si didampingi jajarannya gelar giat jumat barokah,Polisi peduli bersama Kaum Duafa dan Fakir Miski
Sabtu, 19 Januari 2019 | 16:59:18

Hasil NBA: Cousins Akhirnya Debut, Warriors Kalahkan Clippers

LOS ANGELES - DeMarcus Cousins comeback setelah lama absen karena cedera dan melakoni debutnya di Golden State Warriors saat mengalahkan Los Angeles Clippers 112-94.Pada gim NBA 2018/2019 yang dihelat di Stap
 
Berita Lainnya
Sabtu, 19 Januari 2019 | 16:48:11

Ini Aneka Sudut-sudut Instagramable di Singapura

SINGAPURA - Siapa coba yang tidak kenal dengan negeri Singapura? Dekat dengan Indonesia, negara modern ini punya banyak sudut Instagramable.Siapa coba yang tidak kenal dengan negeri Singapura? Negara tetangga d
 
Sabtu, 19 Januari 2019 | 16:35:28

Yang Lagi Hits di Bandung: Wisata Mini 3D Art Jelekong

BANDUNG - Melancong ke Bandung? Yuk kunjungi wisata baru ini yang hits di media sosial. Objek wisata itu adalah Wisata Mini 3D Art Jelekong, Baleendah, Kabupaten Bandung.Untuk sampai ke objek wisata ini,
 
Sabtu, 19 Januari 2019 | 16:29:53

Dua Kali Dikunjungi Charlie Chaplin, Yuk Lihat Kerennya Kota Garut

PRESIDEN Jokowi berencana akan mengaktifkan kembali rel kereta api di Garut. Pernyataannya ini dia cuitkan di Twitter resmi @jokowi Sabtu pagi, 19 Januari 2019. Dalam pernyataannya tersebut, Jokowi men
 
Jumat, 18 Januari 2019 | 15:09:34

Enno Lerian Berbagi Tips Travelling Bawa 4 Anak

BERLIBUR memang menjadi hal yang menyenangkan dilakukan oleh keluarga. Selain bisa menjadi sarana rekreasi sekaligus menangkan pikiran, travelling juga merupakan hobi mengasyikan. Nah, jika orang dewas
 
Jumat, 18 Januari 2019 | 14:30:09

Liburan ke 4 Daerah Ini, Harga Tiketnya Turun hingga 50% di Garuda Indonesia!

ISU kenaikan harga tiket yang belakangan santer terdengar, ternyata telah ditanggapi oleh salah satu maskapai domestik. Belum lama ini, harga tiket Garuda Indonesia diketahui berangsur normal. Di beb
 
Kamis, 17 Januari 2019 | 16:48:30

Hotel Bidakara Lokasi Debat Pilpres 2019 Punya Aura Mistis, Begini Kisah Horornya!

DEBAT Pilpres 2019 akan digelar malam ini, tepatnya pada pukul 20.00 WIB. Momen ini paling dinantikan seluruh lapisan masyarakat. Debat ini berlangsungkan di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta. Diperkir
 
Kamis, 17 Januari 2019 | 09:36:07

Trik Kota Cirebon Gaet 2 Juta Turis di 2019

SELAMA ini masih ada sebagian orang yang beranggapan jika Kota Cirebon hanya menjadi tempat persinggahan semata. Padahal di setiap sudutnya, kota ini menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh kot
 
Kamis, 17 Januari 2019 | 09:08:14

Jakarta Siap Jadi Destinasi Wisata Halal

PROVINSI DKI Jakarta dinilai sangat berpotensi mengembangkan wisata halal. Wisata ini digadang-gadang memiliki value ekonomi tinggi. Pasarnya diprediksi akan terus tumbuh, spendingnya pun juga menjanji
 
Rabu, 16 Januari 2019 | 16:37:45

Dibangun dengan Lumpur, 6 Masjid Ini Tetap Berdiri Kokoh hingga Sekarang

MASJID merupakan tempat ibadah umat islam, keberadaan dianggap suci dan mulia. Selain, memiliki fungsi sebagai tempat beribadah, dalam arsitektur dunia, masjid juga memiliki peran sebagai salah satu penen
 
Rabu, 16 Januari 2019 | 09:15:56

Pesona Mandeh, Raja Ampatnya Sumatera Barat

SUMATERA Barat, daerah ini terkenal dengan kelezatan rendangnya yang luar biasa. Bahkan kelezatannya itu diakui dunia, terbukti dari beberapa survei yang membuktikan bahwa rendang menjadi makanan terenak
 
Minggu, 13 Januari 2019 | 07:46:49

Meresapi Keindahan Coban Ciblungan di Kabupaten Malang

Berkunjung ke Kota Malang tentu belum lengkap kalau tak digenapi dengan wisata alam. Sudah puas main di pusat kota, geser sedikit ke wilayah kabupaten. Ke Purwoharjo misalnya. Di sana ada Coban Ciblungan yang f
 
Minggu, 13 Januari 2019 | 07:42:03

Pesona Ranu Kumbolo, Persinggahan Fotogenik di Jalur Pendakian Semeru

Bagi para pendaki, Gunung Semeru merupakan salah satu puncak di Jawa yang wajib untuk disambangi. Prestasi tertinggi adalah mencapai puncak Mahameru. Namun tak sedikit pula wisatawan yang memilih jalur pendakia
 
Sabtu, 12 Januari 2019 | 09:26:49

Hadirkan Live Musik di Pesawat, Netizen Kritisi Garuda Indonesia

MASKAPAI penerbangan Garuda Indonesia kembali membuat sebuah terobosan terbaru. Demi memberikan pengalaman penerbangan yang tak terlupakan, Garuda meluncurkan sebuah program menarik yang mereka sebut deng
 
Sabtu, 12 Januari 2019 | 09:19:19

Jelajahi Ujung Timur Pulau Bali, Ungkap Mistis Raja Karangasem

WISATA Bali ternyata tak hanya berpusat di kawasan selatan saja dengan hamparan pantai indah. Eksotisme Pulau Dewata ternyata benar-benar tersebar bak berlian yang ditaburkan sang pencipta di pulau terseb
 
Sabtu, 12 Januari 2019 | 09:10:26

Hawaii Punya Pantai Pasir Hitam Baru Akibat Letusan Gunung Berapi

SIAPA yang tak pernah mendengar Hawaii? Sebuah kepulauan yang cukup dikenal banyak orang karena sering dijadikan destinasi liburan. Hawaii identik dengan tarian hula-hula dan pantai dengan ombak-ombaknya ya
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top