Terverifikasi Dewan Pers
 
Selasa, 16 Oktober 2018 | 13:38:40
Travel

Bikin SIM Sekaligus Liburan di Pulau Jeju Jadi Fenomena Travel Baru di Korsel

Sebarkan:
okezone.com

TERJEBAK dalam antrean selalu tak menyenangkan, namun lebih menyebalkan jika terjebak dalam antrean di pulau semitropis tempat berlibur.

Jeju adalah pulau kecil dengan gunung api seluas 160 kilometer persegi di bagian barat daya semenanjung Korea. Tempat ini adalah surganya pelancong, khususnya dari Cina.

Tercatat lebih dari 300 ribu orang dari negara itu telah berkunjung ke sana tahun ini. Dan sepertinya, setiap dari mereka berada di depan saya saat mengantre di Pusat Uji Izin Berkendara (DVLA).

Wisatawan asal Cina menyenangi pantai Jeju. Di sana, mereka berbelanja, berjudi--dan kini juga mengikuti proses pengurusan surat izin mengemudi.

Banyak dari para turis itu meluangkan waktu liburan ke DVLA, di mana mereka bisa menghabiskan waktu seharian mengisi formulir, mengantre, dan menjalani tes mengemudi.

Dan jika mereka beruntung dapat lolos ujian pada percobaan pertama, mereka masih memiliki waktu untuk berlibur ke pantai.

Liburan khusus untuk tujuan praktis bukanlah hal baru. Kini sejumlah orang di seluruh penjuru dunia secara rutin berlibur untuk menjalani operasi plastik, penanganan kesuburan, pelatihan profesional, atau sekedar menyaksikan laga sepakbola.

Beberapa kota di dunia pun mempunyai reputasi tertentu soal spesialisasi mereka: Los Algodones di Meksiko adalah 'kota geraham' bagi warga Amerika Serikat yang ingin mendapat penanganan gigi, sedangkan Hoi An di Vietnam terkenal dengan para penjahit pesanan.

Berwisata sambil mendapatkan Surat Izin Mengemudi di Pulau Jeju adalah fenomena baru, tapi berkembang pesat. Berdasarkan data DVLA, hingga akhir Agustus lalu sebanyak 2.172 warga Cina telah mendapat sertifikat lulus uji berkendara di sana.

Artinya, SIM dikeluarkan untuk 62 warga Cina setiap pekan. Padahal pada 2010, surat izin yang diterbitkan untuk kelompok ini hanya 68.

Kualitas dan efektivitas biaya adalah faktor terbesar di jenis pariwisata ini. Bagi warga Cina yang ambisius, izin berkendara di Korsel merepresentasikan dua faktor tadi.

Perjalanan ke Jeju tak hanya memiliki ongkos yang sebanding dengan rata-rata biaya pelatihan mengemudi di kota besar Cina, tapi juga menjanjikan keterampilan kilat dan proses yang nyaman.

Perusahaan jasa pariwisata Cina menawarkan paket liburan lima hari untuk mendapatkan izin berkendara di Hawaii-nya Korsel. Paket itu dijual dari sekitar 8.800 yuan atau Rp19,4 juta, termasuk jasa mengawal peserta tur melalui proses uji berkendara dan sedikit waktu untuk berkeliling kota.

Harga paket itu mencakup biaya penginapan, kursus mengemudi, ongkos transportasi lokal, dan biaya tes. Makanan dan tiket penerbangan tak termasuk di dalamnya. Nominal tadi terdengar mahal, tapi paket pelatihan mengemudi kelas VIP di Beijing bisa mencapai 15 ribu yuan atau Rp33 juta dan makan waktu selama satu bulan.

Cina, seperti banyak negara lainnya, memperbolehkan SIM luar negeri dialihkan menjadi surat berkendara lokal. Jadi jika lolos tes di Jeju, para turis tadi dapat mengalihkan SIM yang diterbitkan pemerintah Korsel, hanya dengan syarat lulus ujian tulis di daerah asal mereka.

Ada alasan lain turis asal Cina merasa proses ujian berkendara di Korsel lebih baik. Mingqui Liu, pelajar asal Cina, membantu kawannya mengatur jadwal tes mengemudi, lalu meringkasnya.

"Ujian SIM di Cina sangat ketat. Di Korsel, tesnya mudah," kata Liu.

Proses ujian SIM di dua negara itu terdiri dari tes kesehatan, ujian tulis, serta tes mengemudikan mobil di area tertutup dan jalan raya. Tes di Korsel seharusnya tidak mudah, setidaknya saat ini. Desember 2016, proses ujian itu diubah setelah bertahun-tahun dikritik karena terlalu ringan.

Merujuk pemberitaan Arirang News, sejak saat itu, tingkat kelulusan uji berkendara di sirkuit tertutup langsung turun hingga 60%. Namun ujian berkendara di Cina sebenarnya tetap lebih susah. Tes tulis misalnya, berisi 100 pertanyaan, sedangkan di Korsel hanya 40 soal.

Penilaiannya pun lebih ketat: aturan Cina mengatur kelulusan hanya bagi peserta tes yang mampu menjawab benar 90% pertanyaan, sementara di Korsel hanya 60%. Adapun Inggris, peserta ujian SIM harus menjawab benar 70% soal.

Jadwal ujian juga pertimbangan tersendiri. Karena slot yang terbatas dan jumlah pendaftar yang besar, setiap tahap ujian berkendara butuh waktu berminggu-minggu. Dan mereka yang gagal di salah satu tahap ujian harus mengulang proses dari awal. Sementara itu, di Jeju sejumlah proses tes SIM bahkan dapat dilakukan dalam hari yang sama.

Yingqin Cui, pemilik perusahaan tur Jeju Island HD Driving School, bekerja sama dengan akademi berkendara lokal untuk menyediakan pelatihan wajib selama 13 jam bagi pengemudi baru di Korsel.

Paket itu termasuk latihan selama empat jam di sirkuit tertutup dan enam jam di jalan raya. Cui berkata, beberapa orang gagal pada ujian SIM bahkan setelah pelatihan intensif.

"Dari 100 orang, mungkin yang gagal satu di antaranya," ucap Cui.

Seorang pegawai di DVLA soal tingkat kelulusan yang tinggi di kalangan warga Cina dan jumlahnya yang terus bertambah.

Pegawai itu mengestimasi, proses dari pendaftaran hingga penerbitan SIM rata-rata butuh waktu sepekan dan kadang hanya dua hari.

SIM di Korsel bukan hanya mudah diakses, tapi juga serba guna. Pada dekade 1940 hingga 1960-an, sejumlah konvensi PPB membuat Izin Mengemudi Internasional (IDP), yang memungkinkan orang meminjam dan mengemudikan mobil di luar negeri.

Karena Cina tak berpartisipasi dalam kesepakatan internasional itu, IDP tak berlaku bagi SIM yang diterbitkan di negara itu.

Adapun, Korsel ambil bagian dalam konvensi itu dan membuat SIM yang mereka keluarkan sangat berharga bagi pelancong.

"Sebagian besar pelanggan saya adalah warga Cina yang tinggal di luar negeri," kata Cui, sambil menyebut Inggris dan Italia sebagai tempat tinggal kliennya.

Dengan ketentuan IDP, para pelanggan Cui boleh bekendara di perantauan mereka, dan lebih dari 150 negara lainnya.

Bahasa juga salah satu faktor yang disebut Cui. Di Inggris misalnya, ujian SIM hanya digelar dalam bahasa Inggris dan Wales. Sementara di Jeju, pendaftaran dan ujian tulis tersedia dalam bahasa Mandarin dan banyak pegawai di lembaga itu memahami bahasa warga Cina itu.

Hal ini bukan hal aneh di Korsel--ujian tulis juga dapat dilakukan dalam bahasa Inggris dan formulir pendaftaran tersedia dalam banyak bahasa. Namun Jeju tetaplah tujuan utama liburan sekaligus ujian SIM dengan satu alasan: tak seperti pulau utama di Korsel, warga Cina tak butuh visa untuk masuk ke daerah itu.

Jadi antrean di DVLA masih tetap panjang. Tak dapat disangkal, sulit menandingi berbagai kelebihan pulau ini. Tak hanya pulang membawa SIM yang diakui secara global, Jeju juga menawarkan pantai dan barbeku khas Korsel bagi orang-orang yang bertekad mengalahkan antrean panjang ujian mengemudi.


(okezone.com)

 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 23 April 2019 | 17:01:02

Banyak KPPS Meninggal, Menhan: Yang Menjelekkan KPU Tak Pakai Otak

SEMARANG - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengecam pihak yang mengatakan KPU curang. Hal itu melihat banyaknya petugas pemilu yang meninggal akibat kelelahan saat bertugas. Menhan memilih menyebut
Selasa, 23 April 2019 | 16:58:58

Hampir Mirip, Kenali Beda Gejala Penyakit Jantung dan Maag

KELUHAN sesak napas, ulu hati perih, mual dan muntah, serta sakit yang menjalar ke punggung merupakan gejala umum yang dirasakan ketika sakit maag menyerang. Masalahnya, keluhan ini terkadang mirip dengan
Selasa, 23 April 2019 | 16:56:02

Bukan Mutilasi, Ini Fakta-Fakta Temuan Kerangka Manusia di Tangerang

TANGERANG - Polisi masih menyelidiki temuan kerangka manusia di Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Korban diduga tewas sejak 1,5 bulan yang lalu."Pertama, tampak mata ditemu
Selasa, 23 April 2019 | 16:36:10

Lokasi Petugas PPS Tewas Ditabrak Babi Sepi dan Masih Hutan

PALEMBANG - Seorang petugas PPS Desa Tajung Dalam, Keluang, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Yanto (30), tewas setelah ditabrak babi hutan. Lokasi tersebut pun dikenal sepi dan masih hutan."Lokasin
 
Berita Lainnya
Selasa, 23 April 2019 | 10:29:35

Siap-Siap Liburan Seru, 26 April Dufan Buka Sampai Malam!

TINGGINYA antusiasme pengunjung tempat wisata Dunia Fantasi (Dufan) membuat pengelola PT Impian Jaya Ancol membuka pelayanan pada malam hari. Uji coba ini bakal digelar pada Jumat mendatang 26 April. Vice
 
Senin, 22 April 2019 | 11:42:28

Daya Tarik Jembatan Barelang di Batam yang Mirip Golden Gate

JEMBATAN legendaris Golden Gate di San Fransisco menjadi salah satu ikon di Amerika Serikat. Namun tak perlu jauh-jauh ke AS, jembatan serupa juga ada di Batam, Kepulauan Riau. Namanya jembatan Barelang,
 
Senin, 22 April 2019 | 08:52:44

Destinasi Digital, GenPI Rohul Siap Luncurkan Pasar Dangaoe Dangaoe

ROHUL - Booming destinasi digital semakin santer terdengar. Dipelopori oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI), pasar kekinian itu terus mewabah di Tanah Air. Tengok saja GenPI Rokan Hulu (Rohul) yang bers
 
Sabtu, 20 April 2019 | 16:05:17

Cantiknya Semarak Pernak-pernik Paskah di Manado

JELANG perayaan Paskah, beberapa wilayah di Kota Manado mulai marak dipajang berbagai ornamen dan pernak-pernik Paskah atau perayaan kebangkitan Yesus Kristus yang jatuh pada Minggu, 21 April 2019 mendata
 
Sabtu, 20 April 2019 | 14:35:21

Usai dari Festival Crossborder Nunukan, Jangan Lupa Mampir di Krayan

NUNUKAN - Pelaksanaan Festival Crossborder Nunukan sudah dekat. Event yang akan dilangsungkan di GOR Dwikora, Nunukan, akan dihelat pada 27-28 April 2019. Kalian yang ingin berkunjung, ada baiknya mampir
 
Jumat, 19 April 2019 | 10:52:11

Mengunjungi Tempat Yesus Disalib, Wafat, Dikubur dan Dibangkitkan

SELURUH umat kristiani di seluruh dunia bersiap menyambut hari kebangkitan Yesus Kristus atau biasa disebut dengan Paskah. Tentunya semua orang akan berbahagia menyambut bangkitnya sang Mesias dari kemati
 
Jumat, 19 April 2019 | 09:09:20

Kiat Asyik Main Ice Skating untuk Pemula dari Skater Profesional

WALAU Indonesia merupakan negara tropis, hanya memiliki dua musim yang mana artinya tidak ada musim dingin bersalju, tapi masyarakat Indonesia terutama di kota besar seperti Jakarta bisa dibilang cukup fa
 
Jumat, 19 April 2019 | 08:48:03

Setelah Museum Tanah, Kota Bogor Segera Miliki Meseum Pertanian

BOGOR Selalu ada saja alasan untuk berkunjung ke Kota Bogor, Jawa Barat. Selain hawa sejuk Pegunungan Salak, kota yang terletak 59 Km sebelah selatan dari Kota Jakarta ini juga memiliki beberapa tempat
 
Kamis, 18 April 2019 | 16:17:18

Gereja Katedral Notre Dame Terbakar, Perempuan Ini Melihat Penampakan Yesus

SUDAH dua hari sejak kebakaran hebat, Gereja Katedral Notre Dame masih menjadi perbincangan hangat di seantero media massa. Dunia masih tak percaya karena kehilangan satu ciptaan terbesar manusia yang sud
 
Selasa, 16 April 2019 | 16:48:28

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Kini Punya Taman Bunga

OBJEK Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri akan memiliki wahana baru, yakni Taman Bunga Selosia. Wahana tersebut akan dibuka untuk pengunjung pada momen libur Lebaran, Juni mendatang. Pengerjaan p
 
Selasa, 16 April 2019 | 16:22:45

Danau Pink yang Cantik, Tapi Tak Boleh Disentuh

Melbourne - Baru-baru ini suatu danau di Melbourne, Australia berubah warna airnya menjadi pink. Sungguh cantik, tapi turis diingatkan untuk tidak menyentuh airnya.Diberitakan media-media Australia, Selasa (1
 
Senin, 15 April 2019 | 16:43:49

Jokowi Masuk ke Kakbah, Ada Apa di Dalamnya?

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) sedang berada di tanah suci untuk menunaikan ibadah umrah bersama istri dan kedua anak laki-lakinya. Istimewanya, Jokowi dan keluarganya diizinkan memasuki Kakbah. Padahal
 
Senin, 15 April 2019 | 08:54:35

4 Obyek Wisata Ini Beri Promo di Pemilu 17 April 2019

TANGGAL 17 April mendatang yang jatuh pada hari Rabu ditetapkan sebagai hari libur dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Lalu tanggal 19 April yang jatuh pada hari Jumat juga ditetapkan sebagai hari
 
Sabtu, 13 April 2019 | 15:32:56

Belajar Kisah-Kisah Alquran di Quranic Park Dubai

DUBAI selalu membuat terobosan baru untuk menarik para wisatawan. Kali ini Dubai membuka Quranic Park, sebuah taman baru yang menampilkan kebunkebun, pemandangan, dan berbagai kisah dalam Alquran. Keha
 
Sabtu, 13 April 2019 | 15:20:36

5 Spot Instagramable di Konser Putih Bersatu di GBK

HARI ini ribuan pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi) dan KH. Ma'ruf Amin memadati komplek Gelora Bung Karno (GBK). Hal ini dikarenakan ada gelaran kampanye akb
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top