Terverifikasi Dewan Pers
 
Rabu, 19 September 2018 | 10:35:26
Peristiwa

Selingkuh Berujung Kasus Foto Alat Vital Perangkat Desa di Jombang

Sebarkan:
Detik.com
Surabaya - Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Desa Kedungotok, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang bernama Siswanto terjerat kasus foto alat vital yang tersebar di media sosial. Setelah ditelusuri, ternyata ini adalah buntut dari aksi pemerasan yang dialaminya.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Kapolsek Tembelang, AKP Ismono Hadi, korban diperas oleh wanita yang dikenalnya baru-baru ini.

Cerita berawal ketika korban menerima panggilan telepon dari seorang wanita pada tanggal 14 Agustus 2018 silam sekitar pukul 11.30 WIB.

"Setelah diangkat, telepon itu dari seorang perempuan mengaku dari Kecamatan Diwek (Jombang). Perempuan itu meminta nomor WhatsApp Siswanto," kata Ismono kepada detikcom, Selasa (18/9/2018).

Setelah bertukar nomor WhatsApp, keduanya terlibat dalam perbincangan mesra. Tak hanya itu, wanita yang belum diketahui identitas aslinya ini juga mengirimkan foto setengah telanjang kepada Siswanto.

Sebagai gantinya, pria yang sudah mempunyai istri dan anak itu diminta menujukkan alat kelaminnya. "Dia (Siswanto, red) menurutinya dengan membuka resletingnya. TKP di kantor Desa Kedungotok," ungkap Ismono.

Bahkan di hari yang sama, sekitar pukul 16.30 WIB, Siswanto bersedia melakukan onani sembari berkomunikasi dengan wanita tersebut lewat video call.

"Itu dilakukan dengan telanjang. TKP di kamar mandi rumahnya (Siswanto)," terangnya.

Korban mengaku bersedia menuruti permintaan wanita tersebut karena kondisi rumah tangganya yang mulai retak. Menurutnya, telepon itu menjadi awal niatnya menjalin perselingkuhan.

Tak disangka dan tanpa sepengetahuan Siswanto, video call tersebut direkam oleh lawan bicaranya. Gelagat buruk pun muncul dua hari kemudian ketika rekaman itu digunakan pelaku untuk memeras Siswanto. Pelaku mengancam akan menyebarkan video dan foto bugil Siswanto jika tak diberi uang.

Awalnya permintaan ini dituruti oleh Siswanto. Dimulai pada tanggal 16 Agustus 2018 silam, Siswanto mengaku sempat mentransfer uang sebesar Rp 300 ribu ke sebuah rekening bank atas nama Nurul Arifin.

"Permintaan uang serupa terus dilakukan oleh perempuan dimaksud, tapi sudah tidak dipenuhi oleh yang bersangkutan," ungkap Ismono.

Tiga hari kemudian atau pada tanggal 19 Agustus 2018, Ismono melanjutkan, wanita yang belum diketahui identitas aslinya itu kembali mengancam Siswanto. Kali ini pelaku meminta ditransfer uang Rp 10 juta.

Namun karena permintaan ini tak dipenuhi oleh Siswanto, pelaku mengunggah rekaman video dan foto alat vital perangkat Desa Kedungotok itu ke akun Facebook seseorang dengan nama Puput Putri pada tanggal 22 Agustus 2018 lalu.

"Foto dan video itu akhirnya beredar ke warga Kedungotok dan sekitarnya," terang Ismono.

Untuk sementara polisi masih melakukan penyelidikan intensif terkait persoalan ini. Ismono mengaku pihaknya belum berhasil mengidentifikasi pelaku pemerasan Siswanto. Sejauh ini fakta yang baru berhasil mereka ungkap adalah lokasi rekening yang digunakan pelaku untuk memeras Siswanto.

Sebelumnya disebutkan bahwa Siswanto dipaksa untuk mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening atas nama Nurul Arifin. Polisi akhirnya mengetahui bahwa rekening tersebut terdaftar di Bank BRI cabang Kabupaten Blitar.

"Kalau sesuai rekening pengiriman transfer, posisi bank BRI ada di Wilayah Kabupaten Blitar," ungkapnya.

Namun Ismono belum bisa memastikan apakah rekening bank tersebut milik pelaku atau bukan. Ia juga belum melakukan pemeriksaan terhadap nama Nurul Arifin tersebut.

"Belum berani menentukan (Nurul Arifin pelakunya, red). Untuk ke arah itu perlu pendalaman, gelar perkara dari alat bukti yang didapat dari perkembangan hasil lidik," terangnya.

Kasus ini terbongkar ketika warga Desa Kedungotok mengetahui tentang adanya foto tak senonoh ini kemudian menggelar aksi protes ke kantor desa setempat, Senin (17/9). Aksi ini dilakukan untuk mendesak Siswanto mundur dari jabatannya.

Namun terkait hal itu, Kepala Desa Kedungotok, Karsaji sebelumnya mengaku masih menunggu petunjuk dari Inspektorat Kabupaten Jombang. Padahal setelah dikroscek, Inspektorat memastikan kewenangan untuk mengangkat dan mencopot perangkat desa sepenuhnya berada di tangan Kades.

Dengan begitu, Kades tak perlu meminta petunjuk hukum dari Inspektorat untuk mencopot anak buahnya yang bermasalah.
Ditambahkan Nyoman, kewenangan Inspektorat hanya sebatas pembinaan dan pengawasan.

"Itu kan perangkat desa, kewenangan pemberhentian dan pengangkatan mereka penuh di Kepala Desa," kata Inspektur Inspektorat Kabupaten Jombang, I Nyoman Suwardana.

Camat Tembelang juga disebut Nyoman belum berkoordinasi dengan pihaknya. "Saya belum ketemu (Camat Tembelang), beliau juga belum menghubungi. Kebetulan saya kemarin rapat dengan Bappeda sampai jam 5 sore," tandasnya.

Nyoman juga berharap Camat Tembelang segera menyurati Bupati Jombang terkait persoalan ini. Pihaknya mengaku juga akan mempelajari kasus ini.

"Nanti saya akan hubungi camat saja supaya camat membuat surat ke Bupati, tembusannya ke kami, sehingga nanti kami yang akan bergerak," tuturnya.

Lantas mengapa Kades tidak segera ambil tindakan?


(detik.com)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Kamis, 20 Juni 2019 | 21:16:37

HUT Ke 69 Kodam I/BB, Ketua DPD IWO Inhil Harapkan Sinergitas Wartawan Dan TNI Kian Terjalin

TEMBILAHAN - Pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke - 69 Kodam I/Bukit Barisan, Ketua DPD Ikatan Wartawan Online Kabupaten Inhil, Muridi Susandi mengharapkan sinergitas antara wartawan dan TNI kian terjalin. Hara
Kamis, 20 Juni 2019 | 21:00:52

Kejaksaan Negeri Inhu Terima Berkas Pelimpahan Tersangka dan Barang Bukti Tindak Pidana Pemilu

INHU - Kejaksaan Negeri IndragirI Hulu (Inhu), menerima berkas pelimpahan tersangka, dan barang bukti tindak pidana pemilu dari Penyidik Kepolisian Resot Indragiri Hulu dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gamk
Kamis, 20 Juni 2019 | 19:54:16

Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan Gudang di Tembilahan, Bupati Inhil Ungkapkan Keprihatinannya

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengungkapkan keprihatinannya atas musibah kebakaran yang menghanguskan 1 unit rumah dan gudang di jalan Tanjung Harapan, Tembilahan hari ini, Kamis (20/6/2019) si
Kamis, 20 Juni 2019 | 19:50:55

Babinsa Berprestasi di Inhil ini Kembali Terima Penghargaan dari Pangdam I/BB

MEDAN Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah memberikan piagam penghargaan Babinsa Berprestasi Terbaik kepada Serka Arafat, Kamis (20/6/2019).Serka Arafat yang merupakan Babinsa Desa Bakau Ace
 
Berita Lainnya
Kamis, 20 Juni 2019 | 19:43:08

Kebakaran di Jalan Tanjung Harapan Hebohkan Masyarakat Tembilahan

TEMBILAHAN - Musibah kebakaran menghebohkan warga Tembilahan, Kamis 20 Juni 2019, sekira pukul 11.00 Wib di Jalan Tanjung Harapan tepatnya di lapangan futsal, akibat musibah kebakaran itu dua unit bangunan hang
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 19:40:36

Kebakaran di Jalan Tanjung Harapan Hebohkan Masyarakat Tembilahan

TEMBILAHAN - Musibah kebakaran menghebohkan warga Tembilahan, Kamis 20 Juni 2019, sekira pukul 11.00 Wib di Jalan Tanjung Harapan tepatnya di lapangan futsal, akibat musibah kebakaran itu dua unit bangunan hang
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 16:19:32

Warga di Riau Temukan Satu Koper Berisikan Sabu dan Ekstasi

BENGKALIS - Warga Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Riau, menemukan satu buah koper tergeletak di tepi jalan. Alangkah terkejutnya, setelah dibuka isinya bungkusan nark
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 15:24:08

Dituntut 6 Tahun Penjara, Habib Bahar Berharap Keadilan

BANDUNG - Habib Bahar bin Smith telah membacakan nota pembelaan atau pleidoi atas tuntutan enam tahun penjara dalam perkara penganiayaan dua remaja. Bahar berharap keadilan berpihak untuknya. Pe
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 15:14:03

Bawa Sabu, Pejabat dan Honorer Pemprov Kepri Diciduk Polisi

Tanjungpinang-Seorang oknum Pejabat eselon IV di lingkungan Pemprov Kepulauan Riau (Kepri), Inisial FR, diciduk Sat Resnarkoba Polres Tanjungpinang, pada Jumat (14/6/2019) malam lalu. Demikian Ditegaskan Kasat
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 14:28:48

Sesosok Mayat Laki-laki Penuh Luka Ditemukan di Persawahan Banyuwangi

BANYUWANGI - Warga Banyuwangi digegerkan penemuan mayat laki-laki tanpa identitas. Mayat tersebut ditemukan tengkurap di areal persawahan. Di sebagian tubuhnya terdapat sejumlah luka. Orang pert
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 13:38:07

Sopir Angkot di Langsa Aceh Cabuli Penumpang, Korban Trauma

Aceh Utara - Seorang sopir angkot jenis Jumbo, Lufi Revanda (32), warga Kecamatan Langsa Kota, Pemko Langsa, Aceh ditangkap pihak kepolisian. Dia ditangkap karena aksi bejatnya memaksa seorang penum
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 13:32:09

Hasil Sidak Kemenkum HAM di Rutan KPK: Tak Ada Overkapasitas

JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Tahanan (Rutan) KPK. Kondisi Rutan KPK disebut tak mengalami overkapasitas jumlah tahanan."Kapasit
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 11:52:55

Patuhi RUPS, Pemprov DKI Terima Dividen Saham Anker Bir Rp 100 M

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta siap mematuhi keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Delta Djakarta Tbk (DLTA). Produsen bir Anker itu sudah memutuskan membagikan dividen dengan jumlah
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 10:38:15

Ditabrak Mobil Boks, 1 Personel Raimas Polda Jabar Meninggal

BANDUNG - Satu dari tujuh personel Pengurai Massa (Raimas) Polda Jabar meninggal akibat ditabrak mobil boks di Jalan Terusan Kopo, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Korban bernama Dwi Adimanyu (20)
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 09:37:37

Kecelakaan Touring Harley di Afrika, Putra Ketua MA Meninggal di Usia 41 Tahun

JAKARTA - Keluarga besar Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali berduka. Putra pertama Hatta Ali, M Irfan meninggal dunia saat touring Harley-Davidson di Namibia, Afrika."Putra pertama HM Hatta Ali
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 15:09:32

Viral Foto Pria Pamer Tembak Burung Rangkong, KLHK: Kami Akan Tindak Tegas

JAKARTA - Foto seorang pria yang menembak mati burung rangkong viral di media sosial (medsos). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan akan menindak tegas karena burung rangkong terma
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 13:33:35

Kivlan Zen Merasa Difitnah soal Pembunuhan Tokoh, Polri Tegaskan Profesional

JAKARTA - Mayjen (Purn) Kivlan Zen merasa difitnah setelah dikonfrontasi bersama Habil Marati terkait kasus perencanaan pembunuhan empat pejabat nasional. Polri menegaskan profesional dalam me
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 11:50:22

Pengakuan Bocah Nonton Pasutri Hubungan Seks: Saya Bayar Rp 1.000

TASIKMALAYA - Seorang bocah lelaki penonton pasangan suami istri (pasutri) pamer hubungan seks di Tasikmalaya buka suara soal kejadian tak lazim yang menggegerkan tersebut. Bocah berusia 10 tahu
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 11:21:43

Ayah, Ibu dan Anak Tewas Terlindas Kontainer di Ciamis

CIAMIS - Nahas menimpa tiga orang satu keluarga asal Majalengka. Mereka tewas mengenaskan setelah sepeda motor yang dikendarainya tersenggol lalu terjatuh dan tergilas kontainer di Simpang tiga
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top