Produk
 
Senin, 12 Februari 2018 | 13:26:50
Peristiwa

4 Kepala Daerah yang Jadi Tersangka KPK di Awal 2018

Sebarkan:
Jakarta - Sepanjang 2017, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menjerat delapan kepala daerah yang diduga terlibat tindak pidana korupsi. Baik melalui operasi tangkap tangan (OTT) atau pengembangan dari sebuah perkara.

Delapan kepala daerah yang dijerat KPK sepanjang 2017 adalah Bupati Nganjuk Taufiqurrahman, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Selatan (Kalsel) Rita Widyasari, dan Walikota Cilegon Banten Tubagus Iman Ariyadi.

Kemudian, Wali Kota Batu Jawa Timur, Edy Rumpoko, Bupati Batubara Sumatera Utara, OK Arya Zulkarnain, Wali Kota Tegal Jawa Tengah, Siti Mashita, Bupati Pamekasan Jawa Timur, Acmad Syafii, dan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti.

Penindakan yang dilakukan lembaga antirasuah sepertinya tidak dijadikan pelajaran bagi kepala daerah lainnya. Bukan hal yang tak mungkin jika di tahun 2018 ini KPK akan lebih banyak lagi menjerat para kepala daerah yang korup.

Mengawali tahun 2018, KPK langsung menangkap tangan Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Abdul Latif. Abdul Latief diduga menerima fee dari proyek-proyek di Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

Belum genap dua bulan, KPK kini sudah menindak empat kepala daerah yang terlibat praktik suap. Berikut empat kepala daerah yang dijerat KPK baik melalui OTT maupun pengembangan kasus.

1. Bupati Hulu Sungai Tengah Selatan Abdul Latief

Abdul Latief dijerat oleh KPK lantaran diduga menerima hadiah atau janji terkait pembangunan RSUD Damanhuri tahun 2017. Abdul Latief menerima hadiah atau janji tersebut secara bertahap.

Abdul Latief menerima fee proyek dari Direktur Utama (Dirut) PT Menara Agung Donny Winoto. Perusahaan milik Donny tersebut merupakan penggarap proyek pembangunan RSUD Damanhuri.

Dugaan realisasi pemberian fee proyek sebagai berikut, pemberian pertama dalam rentan September hingga Oktober 2017 sebesar Rp 1,8 miliar, kemudian pemberian kedua pada 3 Januari 2018 sebesar Rp 1,8 miliar.

Dalam kasus ini, selain Abdul Latief dan Donny, KPK juga menjerat dua tersangka lainnya, yakni Ketua Kamar Dagang Indonesia Hulu Sungai Tengah Fauzan Rifani, dan Dirut PT Sugriwa Agung Abdul Basit.

2. Bupati Jombang JDalam OTT terhadap Nyono dan Inna, tim penindakan KPK mengamankan uang sebesar Rp 25.550.000 dan USD 9.500.awa Timur Nyono Suharli Wihandoko

Operasi tangkap tangan (OTT) kedua di tahun 2018 terhadap kepala daerah menyasar Bupati Jombang, Jawa Timur, Nyono Suharli Wihandoko. Nyono ditangkap oleh tim Satgas KPK pada 3 Februari 2018.

Nyono ditangkap tim penindakan karena menerima suap dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Jombang, Inna Sulistyowati. Inna menyuap Nyono agar diangkat menjadi Kadis Kesehatan definitif.

Uang yang diterima Nyono dari Inna merupakan uang pungli dari 34 Puskesmas di Jombang. Dari uang hasil pungli tersebut, Nyono mendapat jatah 5 persen, sementara Inna satu persen. Satu persen lagi untuk paguyuban puskesmas Jombang.

Uang suap tersebut juga dijadikan oleh Politisi Partai Golkar ini untuk membiayai kampanye dalam Pilkada Jombang 2018. Nyono berencana kembali maju menjadi calon bupati Jombang periode 2018-2023.

Dalam OTT terhadap Nyono dan Inna, tim penindakan KPK mengamankan uang sebesar Rp 25.550.000 dan USD 9.500.

3. Gubernur Jambi Zumi Zola

Zumi Zola dijerat KPK dengan kasus dugaan menerima janji atau hadiah terkait sejumlah proyek di Jambi. Mantan pesinetron itu dijadikan tersangka bersama dengan Plt Kadis PUPR Arfan.

Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi Rp 6 Miliar dari beberapa kontraktor terkait sejumlah proyek di Jambi.

Kasus ini bermula dari pengembangan perkara dugaan suap ketuk palu APBD Provinsi Jambi yang juga menjerat Arfan. Dari pengembangan perkara ini kemudian KPK menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menjerat Zumi Zola.

KPK menemukan uang pecahan dolar Amerika Serikat saat menggeledah sejumlah tempat terkait kasus dugaan gratifikasi Gubernur Jambi Zumi Zola. Penyidik menemukan uang tersebut dalam sebuah brankas.

"Ya memang ada brankas yang ditemukan dan di brankas itu ditemukan sejumlah uang. Tentu yang kita amankan adalah uangnya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 2 Februari 2018.

Penyidik KPK, kata dia melakukan penggeledahan di tiga tempat yaitu, rumah dinas Gubernur Jambi, dan vila milik keluarga Zumi, serta rumah seorang saksi di Kota Jambi. Menutut Febri, brankas berisi uang dengan pecahan Dollar AS itu ditemukan di salah satu tempat tersebut.

Selain uang pecahan dolar AS, penyidik juga menemukan uang pecahan rupiah. Namun, Febri tidak menjelaskan berapa jumlah uang yang ditemukan.

4. Bupati Ngada NTT

Teranyar, kepala daerah yang dijerat KPK adalah Bupati Ngada, NTT, Marianus Sae. KPK menjerat Bupati Marianus sebagai tersangka kasus dugaan menerima fee dari proyek-proyek di Kabupaten Ngada.

Pria yang pernah memblokir Bandara Turelelo Soa pada 21 Desember 2013 ini ditetapkan sebagai tersangka menerima uang suap dari Direktur PT Sinar 99 Permai, Wilhelmus Iwan Ulumbu sebagai tersangka.

Wilhelmus membuka rekening atas nama dirinya sejak 2011 dan menyerahkan ATM bank tersebut kepada Bupati Marianus pada 2015. Total uang yang ditransfer ke ATM maupun cash untuk Marianus sekitar Rp 4,1 miliar.

Untuk tahun 2018, Marianus sudah menjanjikan kepada Wilhelmus untuk menggarap beberapa proyek di Kabupaten Ngada dengan nilai proyek sebesar Rp 54 miliar.

(liputan6.com)


 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Jumat, 25 Mei 2018 | 22:00:08

Lagi Sat Narkoba Polres Rohul Amankan Dua Orang Pengguna Shabu

ROKANHULU - Satuan Reserse Narkoba Polisi Resor Rokan Hulu Daerah Riau, kembali menangkap dua orang laki-laki diduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika jenis Shabu-shabu.Kapolres Rohul, AKBP Muhammad
Jumat, 25 Mei 2018 | 18:49:24

Ratusan Balpres Pakaian Bekas Asal Malaysia Diamankan Lanal Dumai

DUMAI - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai kembali menggagalkan upaya penyelundupan barang di wilayah perairan Bengkalis, Rabu (23/5/2018) dini hari lalu. Hal itu disampaikan Komandan Lanal Dumai Ko
Jumat, 25 Mei 2018 | 17:44:30

Pjs Bupati Hadiri Rakor DMIJ Tahun Anggaran 2018

TEMBILAHAN - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) tahun anggaran 2018 di Aula Hotel Puri Cendana, Tembilahan,
Jumat, 25 Mei 2018 | 17:41:09

Peras Warga Inhu, 2 Orang Begal di Kawasan Pelabuhan Tembilhan ini Diciduk Aparat

TEMBILAHAN - Dua orang begal, diamankan oleh Personel Polsek Kawasan Pelabuhan Tembilahan, hanya berselang satu jam, setelah melakukan aksi kejahatannya, merampas secara paksa barang milik korban Jamaludin (31)
 
Berita Lainnya
Jumat, 25 Mei 2018 | 16:19:14

Avanza hantam truk elpiji sedang parkir, pegawai Ditjen Pajak di Samarinda tewas

Mobil Avanza bernomor polisi KT 1982 BW yang dikemudikan Sutrisno (56), warga Jalan Jakarta, Loa Bakung, Samarinda, Kalimantan Timur, hancur usai menghantam truk elpiji Hino 500 yang parkir di pinggir Jala
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 14:49:03

Kekerasan dan Kesejahteraan Masih Jadi Ancaman Jurnalis Indonesia

Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mencatat sejumlah data kelam para jurnalis selama 20 tahun era reformasi mulai dari 2003-2017. Sebanyak 732 kasus fisik atau nonfisik dialami oleh awak
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 14:26:47

Pemuda Kediri Tewas Saat Main Gendong-gendongan di Pinggir Jembatan

Blitar - Aparat Kepolisian Resor Kota Blitar, Jawa Timur, menangani dua pemuda yang terjatuh dari jembatan setinggi 12 meter, yang menyebabkan salah satu di antaranya meninggal dunia. "Kami menerima lapora
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 14:06:51

Polisi Tetapkan Pegawai Pertamina Tersangka Tumpahan Minyak Balikpapan

Jakarta - Polri kembali menetapkan tersangka dalam kasus tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. Tersangka merupakan pegawai PT Pertamina berinisial IS. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 14:01:36

Hubungan Terlarang Bocah SD dengan Siswi SMP yang Hamil Berlangsung Sejak November 2017

TULUNGAGUNG - Polisi terus mengusut kasus hamilnya siswi SMP oleh kekasihnya yang baru duduk di kelas 5 SD. Berdasarkan pemeriksaan kedua pelajar terserbut diketahui hubungan terlarang keduanya itu terjad
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 13:55:48

Polisi Usut Teror Benda Mirip Bom di Masjid Salimpaung Sumbar

Tanah Datar - Warga di sekitar Masjid Raya Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sempat resah dengan adanya teror bom. Situasi kembali kondusif setelah polisi datang dan memastikan benda menc
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 13:43:50

Aman Abdurrahman Angkat Bicara Terkait Rentetan Teror Bom di Surabaya

JAKARTA - Terdakwa kasus bom Thamrin Oman Rochman alias Abu Sulaiman bin Ade Sudarma alias Aman Abdurrahman angkat bicara terkait dengan rentetan teror bom bunuh diri di Kota Surabaya. Tanggapan ini merup
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 11:38:25

Terkait Dumping Limbah, Penjelasan Askep, Supir Truk Tangki, dan Pjs Manager PKS PCR Berbeda

MANDAU - Beberapa waktu lalu pihak Pabrik Kelapa Sawit Permata Citra Rangau (PKS PCR) yang berada di jalan Gajah Mada KM 3,5 Sebanga Kelurahan Talang Mandi Kecamatan Mandau, telah melakukan Dumping (Pembu
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 10:38:31

Polisi Masih Lakukan Perburuan Guru Dita, Bomber Gereja Surabaya

Surabaya - Polisi menegaskan masih melakukan perburuan terhadap sejumlah teroris, baik di Jawa Timur maupun daerah lain di Indonesia. Salah satunya Khalid Abu Bakar.Khalid diketahui sebagai guru Dita Oepr
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 10:08:45

7 Fakta Pemuda Ancam Tembak Jokowi, Nomor 2 Bikin Ngelus Dada

SEBUAH video viral perihal aksi nekat SS (16) menghina dan mengancam akan menembak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ancaman itu disampaikan melalui video dan diunggah ke Instagram oleh akun bernama @jojo_is
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 10:02:28

Suara Ledakan di Depan PN Jaksel Diduga dari Crane Jatuh

JAKARTA - Suara ledakan yang terdengar di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sesaat setelah sidang Arman Abdurahman di pastikan tim Densus 88 bukan berasal dari Bom. Berdasarkan hasil penyisiran yang
 
Jumat, 25 Mei 2018 | 09:32:19

Ledakan Terjadi Depan Pengadilan Negeri Selatan saat Sidang Aman Abdurrahman Berlangsung

JAKARTA Ledakan terjadi di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (25/5/2018). Seorang saksi mengatakan suara ledakan terdengar satu kali. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini menggelar sidan
 
Kamis, 24 Mei 2018 | 16:40:54

Viral Foto ABG Penuh Luka Bacok di Bekasi, Ini Faktanya

Jakarta - Foto ABG dengan penuh luka bacok di tubuhnya beredar viral di media sosial. Disertakan pula informasi terkait foto itu, bahwa ABG itu adalah korban begal di Summarecon, Bekasi Utara, Rabu (23/5)
 
Kamis, 24 Mei 2018 | 16:25:30

Massa MPR Aksi Damai, Sampaikan Tujuh Pernyataan Sikap Diantaranya Lelang Proyek Rohul

ROKANHULU - Sekira 20-an massa dari Masyarakat Peduli Rokan Hulu (MPR) demo Kantor Bupati Rohul dan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohul, Kamis siang (24/5/2018)‎.Aksi damai diawali di Kantor Bupa
 
Kamis, 24 Mei 2018 | 14:08:24

Gembong Narkoba Si Kijang Dibekuk di Perbatasan RI-Malaysia

Makassar - Petualangan SR alias si Kijang (32) berakhir sudah. Gembong narkoba asal Pinrang yang dikenal sangat lincah dan lihai menghindari kejaran polisi itu dibekuk oleh Diresnarkoba Polda Sulawesi Sel
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top