iklan Situs
 
Jumat, 8 September 2017 | 10:22:08

Bersama BCA Berkarya dengan Hati Nurani

Oleh : Alben Tajudin, SH

Sebarkan:
Istimewa
Cutra Andika SH.
Luar biasa, itulah ungkapan yang pantas untuk diucapkan ketika melihat sosok pemuda yang satu ini. Pemuda yang dengan semangat dan ikhlasannya berbuat tanpa henti untuk memajukan daerah Kabupaten Rokan Hilir. Dari upaya membela orang-orang yang lemah untuk mendapatkan keadilan dan kepastian hukum sampai dengan bergerak maju untuk menciptakan iklim politik yang sehat, santun dan berwibawa di bumi Seribu Kubah. 

Cita-citanya untuk membangun daerah dan melindungi masyarakat sepertinya bukanlah isapan jempol belaka. Dengan latar belakang sebagai Advokat ia telah berjuang dan berikhtiar guna mengimplementasikan kesejahteraan untuk masyarakat banyak. Semangat kecendikiaan yang diperolehnya telah ditularkan kepada banyak orang terutama terhadap orang-orang berhimpun satu organisasi dengannya terutama dengan orang sering berjuang dengannya di Law Office Cutra Andika & Partners. Tidak hanya menelurkan banyak kader yang siap pakai, ia juga mampu memberikan bimbingan dan arah serta stimulus kepada banyak orang yang berputus asa untuk mencapai impian karena alasan pendidikan formal.

Dengan gaya yang frendly ia tidak pernah membedakan-bedakan orang karena ras, suku, agama dan sekta lain. Ia menjadi magnet banyak orang, jadi tidak heran kalau komunikasinya dengan berbagai pihak berjalan secara baik. Sifatnya yang suka menghargai orang dan menghormati orang lain membuat Advokat legendaris Rokan Hilir ini mampu menciptakan banyak hal yang bermanfaat untuk banyak orang. 

Walaupun gayanya low profile namun, pendekar hukum Rokan Hilir ini juga tidak segan-segan bertindak tegas kepada rekan-rekanya yang secara nyata melakukan kesalahan terutama kepada rekan-rekan seprofesinya. Bahkan mitra sesama penegak hukum kalau tidak profesional maka ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sikap objektif membuat ia menjadi figur tauladan dan didambakan menjadi figur solusi untuk membangun peradaban Rokan Hilir kedepan. Ketulusannya dalam mempimpin banyak organisasi dan komunitas membuat ia terlatih dalam menyelesaikan konflik, memang itu sebuah kewajaran bahwa seorang Advokat dituntut bisa menyelesaikan setiap masalah orang yang dihadapkan kepadanya.

Kiprahnya di Rokan Hilir sudah lama terdengar, diusia muda bahkan pada saat masih jadi mahasiswa ia telah banyak berbaur dengan masyarakat dan menyelesaikan banyak perkara di Rokan Hilir. Selama menjadi Advokat di Rokan Hilir ia telah banyak berhadapan dengan masyarakat Rokan Hilir yang mencari keadilan baik orang yang mampu apalagi orang yang tidak mampu. 

Baginya membantu orang lain bukan dilihat pada kemapuan materinya namun juga pada aspek kemanusian, sehingga pelayan bagi orang yang mampu dan tidak mampu adalah sama. Selama berkarir di Rokan Hilir ia juga banyak bergabung dibeberapa organisasi kepemudaan, profesi dan sosial lainya yang tidak dapat dijelaskan satu persatu. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Rokan Hilir yang pada saat itu Rokan Hilir masih dipimpin oleh H. Annas Maamun. Tidak hanya pernah bernaung di dunia organisasi sosial ia juga pernah aktif di berbagai partai politik, pertama ia pernah menjabat sebagai Sekretaris DPC Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD) Kab. Rokan Hilir. Kemudian ia bergabung dengan Partai besutan Ibu Megawati Soekarno Putri di Rokan Hilir dengan jabatan sebagai Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kab. Rokan Hilir. Tidak hanya itu ia juga pernah bergabung dengan Partai Golkar, saat itu ia dipercaya sebagai Ketua Bagian Hukum dan HAM DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kab. Rokan Hilir di bawah pimpinan H. Annas Maamun sebagai ketua dan Nasrudin sebagai Sekretaris.

Namun dengan berbagai macam kondisi pada saat itu, ia tidak banyak tampil dalam setiap panggung politik di Rokan Hilir sehingga akhirnya ia mundur dari ketiga partai tersebut. Sekarang semuanya telah berbeda, sejak dipercaya sebagai Ketua DPD Ikatan Pemuda Karya Kabupaten Rokan Hilir namanya kembali muncul dipermukaan dan menjadi pembicaraan masyakarat Rokan Hilir. Ia berhasil membuat citra Ikatan Pemuda Karya di Rokan Hilir menjadi organisasi yang modern dan berpikir intelektual dengan membawa misi pencerdasan kader. Usahanya untuk membangun citra positif di tubuh Ikatan Pemuda Karya Rokan Hilir tersebut telah berhasil. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan positif yang rutin dilakukan Ikatan Pemuda Karya terutama memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Kemudian, secara struktural ia juga berhasil membentuk PAC Ikatan Pemuda Karya di 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan sampai saat ini masih aktif dengan gerakan kerkaryaannya. 

Keberhasilannya memimpin Ikatan Pemuda Karya di Rokan Hilir telah membuat mantan Ketua HMI Komisariat UISU tersebut terus berkibar dan berkarya. Hal tersebut terbukti ketika ia terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) Kab. Rokan Hilir masa bakti 2015-2020 pada tanggal 8 Oktober 2016. Kemampuan lobi politiknya yang sudah terasah sejak saat menjadi mahasiswa telah mengantarkannya menjadi salah satu pemuda yang cukup berpengaruh dan disegani di Rokan Hilir. Sejak dilantik menjadi Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Rokan Hilir pada tanggal 29 November 2016, ia terus begerak dan menghimpun seluruh potensi yang ada di Rokan Hilir untuk bergabung di Partai Hanura. Langkahnya untuk menghimpun potensi-potensi tersebut berhasil dengan banyaknya tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang bergabung bersamanya di Partai Hanura. Tidak hanya itu, ia juga berhasil membentuk Pimpinan Anak Cabang Partai Hanura 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan melantiknya secara serentak bersama dengan Pengurus Ranting dan Anak Ranting di Bagan Batu pada tanggal 15 April 2017. Pelantikan PAC Partai tersebut cukup menyita perhatian masyarakat Rokan Hilir secara umum, karena sangat jarang pelantikan PAC dan Ranting partai dihadiri dengan jumlah masa yang cukup banyak. Bahkan Pengurus DPP dan DPD Partai Hanura Riau memuji kinerja beliau karena bisa membangun konsolidasi yang baik kepada masyarakat untuk mau bergabung di Partai Hanura. 

Tidak hanya euforia setelah dilantik, iapun kini telah membuat gerakan untuk terus berusaha menghidupkan mesin Partai Hanura di Rokan Hilir secara maksimal dengan membentuk seluruh struktur Ranting dan Anak Ranting. Dengan tindakan tersebut, sebagian masyarakat mengapresiasi kinerjanya yang dinilai tepat dan kongkrit. Gerakan yang dibangunnya membuat Partai Hanura di Rokan Hilir sebagai partai yang seksi dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Gerakan politik yang bersahabat tersebut juga membuat sebagian partai politik yang ada di Rokan Hilir berpacu untuk bersaing. Usahanya untuk membesarkan partai Hanura tidak terlepas juga dari dukungan dan arahan Ketum Partai Hanura Bapak Dr. Oesman Sapta dan Ketua DPD Partai Hanura Riau Bapak dr. H. Agus Widayat, MM yang ingin menargetkan Partai Hanura harus masuk 3 besar di parlemen. Dengan target yang cukup tinggi tersebut tidak heran Partai Hanura sekarang membuka pendaftaran Bacaleg untuk bertarung pada tahun 2019 mendatang, hal tersebut tidak terkecuali bagi DPC Partai Hanura Rokan Hilir dan pendaftaran bacaleg tersebut akan ditutup pada tanggal 7 September 2017. 

Tantangan berat yang diberikan oleh Ketum DPP Partai Hanura Bapak Oesman Sapta tersebut, menjadi cambukan untuk Partai Hanura Rokan Hilir agar selalu menyusun kekuatan dan strategi guna memenangkan pileg tahun 2019 mendatang sesuai dengan target. Sebagaimana diketahui di Rokan Hilir pada pemilihan legislatif tahun 2014 Partai Hanura hanya mendapat 3 kursi DPRD. Namun dengan kekuatan baru dan dengan semangat baru diharapkan semua kader Hanura Rohil dituntut untuk bisa merebut hati nurani rakyat sesuai dengan hasil Racercab DPC Partai Hanura yang menargetkan minimal 9 kursi DPRD. Sebagai kader, pengurus dan anggota partai kita jangan terlena dengan capaian-capaian yang ada, sesungguhnya perjaungan tidak akan pernah berakhir sampai dengan common goal sudah teraktualisasi dengan nyata. Capaian awalnya adalah pada pemilihan legislatif tahun 2019, dengan demikian mari berpikir dan bertindak dengan hati nurani maka yakinlah langkah kita akan dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Mengakhiri tulisan ini, penulis ingin menyampaikan bahwa inisial BCA dalam judul tulisan yang penulis maksud adalah Bang Cutra Andika. Itulah panggilan akrabnya dikalangan sahabat, junior dan rekannya. Bersama BCA berkarya dengan Hati Nurani. Bangkit, Jaya, Menang, Hanura. *****

Penulis adalah : Alben Tajudin, SH. (AT) Ketua PAC Partai Hanura Kecamatan Bangko Pusako
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Rabu, 17 Januari 2018 | 12:37:37

Kota Ini Diprediksi Kehabisan Air Pada April Mendatang

KETIKA berkunjung ke suatu tempat, tentu terdapat sejumlah peraturan yang harus dituruti wisatawan. Terkadang peraturan sengaja dibuat oleh pemerintah setempat untuk melindungi wilayahnya. Hal inilah yang t
Rabu, 17 Januari 2018 | 12:28:09

KPK Periksa Eks Ketua Komisi II DPR Chairuman Terkait Korupsi E-KTP

JAKARTA - Mantan Ketua Komisi II DPR RI, Chairuman Harahap dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa dalam perkara korupsi pengadaan e-KTP. Politikus Partai Golkar itu akan diperiksa un
Rabu, 17 Januari 2018 | 11:04:23

Si Bebek bermimpi main di Piala Dunia 2018

Alexandre Pato mengaku amat ingin mendapat kesempatan untuk membela timnas Brasil di putaran final Piala Dunia 2018.Striker berusia 28 tahun, yang memiliki julukan Si Bebek, tak pernah lagi mengenakan sera
Rabu, 17 Januari 2018 | 11:02:28

Pancing perang PSG vs MU, Madrid izinkan Ronaldo pergi

Real Madrid siap melepas Cristiano Ronaldo dari Bernabeu, menurut jurnalis kawakan Spanyol, Guillem Balague.Pemain 32 tahun kabarnya kecewa karena ia tidak mendapatkan kenaikan gaji seperti yang ia inginkan
 
Berita Lainnya
Rabu, 10 Januari 2018 | 22:23:03

Menciptakan Kesejahteraan Melalui Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu langkah strategis untuk mewujudkan kesejahteraan.Pendidikan itu diibaratkan investasi yang harus dilakukan dan dikelola dengan baik. Pembangunan dan pengembangan bidang lain tanp
 
Minggu, 7 Januari 2018 | 07:28:55

Tahun Baru, Semangat Baru Melawan Narkoba

Tahun 2018 sudah dimasuki. Perta­ru­­ngan hidup untuk men­capai kebaikan te­­rus berjalan. Kita terus ber­ikhti­ar me­ma­­jukan nilai-nilai kemas­la­hatan dan men­jauhi serta memerangi ke­ja­hatan serta kebatil
 
Minggu, 7 Januari 2018 | 07:26:08

Memaknai Ulang Mudik

Kita kembali sedang merayakan pe­ris­tiwa paling erotis di negeri ini: mudik. Apa itu mudik? Mudik sebenarnya hanya­lah sebuah peristiwa pulang kampung. Tetapi, bukan pulang kampung biasa. Ada banyak motif, has
 
Minggu, 7 Januari 2018 | 07:20:30

Kisah Sampah di Malam Tahun Baru

Perayaan malam tahun baru menjadi acara paling meriah di seluruh negara di dunia. Ketika malam pergantian tahun baru bia­sanya jutaan manusia berkumpul pada suatu tempat yang luas menantikan detik-detik pergant
 
Minggu, 7 Januari 2018 | 06:41:54

Selamat Datang di Era Eksponensial

PROFESSOR Klaus Schwab, pendiri dan pe­mimpin eksekutif Forum Ekonomi Du­nia, dalam bukunya The Fourth In­dustrial Revolution, menyatakan bah­wa saat ini dunia tengah memasuki Re­volusi In­dus­
 
Minggu, 24 Desember 2017 | 08:04:33

Memaknai Hari Natal

Seluruh umat Kristiani di berba­gai be­lahan dunia bersuka cita merayakan Na­tal pada setiap tanggal 25 De­sem­ber. De­mikian halnya dengan masyarakat Kristiani di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingg
 
Minggu, 24 Desember 2017 | 07:52:16

Donald Trump, Phobia Korea Utara

Pasti masih banyak diantara pembaca yang mendengar dan mengingat ketika kampanye calon Presiden Amerika Se­rikat (AS), salah satu program Donald Trump (sebut saja Trump), jika menang kemudian akan mene­ra
 
Minggu, 24 Desember 2017 | 07:24:02

Peran Perempuan Masa Kini

Perempuan sudah memiliki kesem­pat­an yang sama untuk berperan dalam hidup dan kehidupan, tidak ada lagi per­bedaan gender, diskriminasi dan sikap pembedaan lainnya walaupun di sisi yang lain perempuan teru
 
Minggu, 24 Desember 2017 | 07:05:53

Eksistensi Ibu dengan Kejadian Manusia

Dibalik peringatan Hari Ibu sesung­guh­­nya ada makna yang sangat besar ber­kaitan dengan proses kejadian ma­nu­sia di dunia ini. Lebih 14 abad yang lalu ketika belum ada tehnologi kedok­te­ran, belum dipah
 
Senin, 18 Desember 2017 | 10:43:10

Apakah Ketua Umum PDI Perjuangan Membual ?

Tatkala membuka Acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan), Minggu 17/12/2017, DR (HC) Hj. Megawati Soekarno Putri selaku Ketua Umum, menyampaikan risala
 
Senin, 18 Desember 2017 | 10:42:02

Setelah Andi Rachman-Suyatno Resmi Diusung Golkar dan PDIP, Bagaimana Nasib yang Lain?

Image politik di Riau masih terkesan kurang baik, karena banyaknya para pejabat yang berkorupsi dan banyak nya pertentangan pendapat antara satu dengan yang lain, Lima atau 10 tahun yang akan datang
 
Minggu, 17 Desember 2017 | 10:15:41

Tak Pernah Jera Korupsi

Tak henti-hentinya nafsu korupsi di­pe­ragakan para politisi dan pejabat publik kita. Bukannya tambah ber­kurang perilaku ko­rupsi setelah se­genap ke­kuatan hukum melakukan operasi eli­minasi korupsi, na
 
Minggu, 17 Desember 2017 | 10:04:15

Surin Pitsuwan dan Wajah Islam Thailand

Berawal dari sebuah keisengan mencari-cari berita se­putar ASEAN, tepatnya pada tahun 2014, saya diarahkan pada vi­deo pidato sekretaris jendral ASEAN. Saya sempat dibuat penasaran, dengan paras dan peraw
 
Minggu, 17 Desember 2017 | 08:25:56

Korupsi Merajalela Sejak Ribuan Tahun Silam

Korupsi di negara Republik Indonesia sudah sangat me­rajalela. Sudah mem­bu­daya. Pelakunya tidak me­ra­sa takut ma­suk penjara. Pelaku korupsi di negeri ini tidak hanya dilaku­kan oleh kaum pri
 
Minggu, 17 Desember 2017 | 07:37:44

Mahatma Gandhi, Sandiaga Uno, dan Kota yang Fasis!

Jalan kaki adalah sebuah perayaan. Sabanhari, seorang ibu selalu sabar menunggui sekaligus melatih agar anaknya da­pat berjalan kaki. Sambil bernyanyi, Sang Ibu memegang-me­le­pas anaknya de­nga
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top