iklan Situs
 
Jumat, 8 September 2017 | 10:22:08

Bersama BCA Berkarya dengan Hati Nurani

Oleh : Alben Tajudin, SH

Sebarkan:
Istimewa
Cutra Andika SH.
Luar biasa, itulah ungkapan yang pantas untuk diucapkan ketika melihat sosok pemuda yang satu ini. Pemuda yang dengan semangat dan ikhlasannya berbuat tanpa henti untuk memajukan daerah Kabupaten Rokan Hilir. Dari upaya membela orang-orang yang lemah untuk mendapatkan keadilan dan kepastian hukum sampai dengan bergerak maju untuk menciptakan iklim politik yang sehat, santun dan berwibawa di bumi Seribu Kubah. 

Cita-citanya untuk membangun daerah dan melindungi masyarakat sepertinya bukanlah isapan jempol belaka. Dengan latar belakang sebagai Advokat ia telah berjuang dan berikhtiar guna mengimplementasikan kesejahteraan untuk masyarakat banyak. Semangat kecendikiaan yang diperolehnya telah ditularkan kepada banyak orang terutama terhadap orang-orang berhimpun satu organisasi dengannya terutama dengan orang sering berjuang dengannya di Law Office Cutra Andika & Partners. Tidak hanya menelurkan banyak kader yang siap pakai, ia juga mampu memberikan bimbingan dan arah serta stimulus kepada banyak orang yang berputus asa untuk mencapai impian karena alasan pendidikan formal.

Dengan gaya yang frendly ia tidak pernah membedakan-bedakan orang karena ras, suku, agama dan sekta lain. Ia menjadi magnet banyak orang, jadi tidak heran kalau komunikasinya dengan berbagai pihak berjalan secara baik. Sifatnya yang suka menghargai orang dan menghormati orang lain membuat Advokat legendaris Rokan Hilir ini mampu menciptakan banyak hal yang bermanfaat untuk banyak orang. 

Walaupun gayanya low profile namun, pendekar hukum Rokan Hilir ini juga tidak segan-segan bertindak tegas kepada rekan-rekanya yang secara nyata melakukan kesalahan terutama kepada rekan-rekan seprofesinya. Bahkan mitra sesama penegak hukum kalau tidak profesional maka ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sikap objektif membuat ia menjadi figur tauladan dan didambakan menjadi figur solusi untuk membangun peradaban Rokan Hilir kedepan. Ketulusannya dalam mempimpin banyak organisasi dan komunitas membuat ia terlatih dalam menyelesaikan konflik, memang itu sebuah kewajaran bahwa seorang Advokat dituntut bisa menyelesaikan setiap masalah orang yang dihadapkan kepadanya.

Kiprahnya di Rokan Hilir sudah lama terdengar, diusia muda bahkan pada saat masih jadi mahasiswa ia telah banyak berbaur dengan masyarakat dan menyelesaikan banyak perkara di Rokan Hilir. Selama menjadi Advokat di Rokan Hilir ia telah banyak berhadapan dengan masyarakat Rokan Hilir yang mencari keadilan baik orang yang mampu apalagi orang yang tidak mampu. 

Baginya membantu orang lain bukan dilihat pada kemapuan materinya namun juga pada aspek kemanusian, sehingga pelayan bagi orang yang mampu dan tidak mampu adalah sama. Selama berkarir di Rokan Hilir ia juga banyak bergabung dibeberapa organisasi kepemudaan, profesi dan sosial lainya yang tidak dapat dijelaskan satu persatu. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kabupaten Rokan Hilir yang pada saat itu Rokan Hilir masih dipimpin oleh H. Annas Maamun. Tidak hanya pernah bernaung di dunia organisasi sosial ia juga pernah aktif di berbagai partai politik, pertama ia pernah menjabat sebagai Sekretaris DPC Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD) Kab. Rokan Hilir. Kemudian ia bergabung dengan Partai besutan Ibu Megawati Soekarno Putri di Rokan Hilir dengan jabatan sebagai Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kab. Rokan Hilir. Tidak hanya itu ia juga pernah bergabung dengan Partai Golkar, saat itu ia dipercaya sebagai Ketua Bagian Hukum dan HAM DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kab. Rokan Hilir di bawah pimpinan H. Annas Maamun sebagai ketua dan Nasrudin sebagai Sekretaris.

Namun dengan berbagai macam kondisi pada saat itu, ia tidak banyak tampil dalam setiap panggung politik di Rokan Hilir sehingga akhirnya ia mundur dari ketiga partai tersebut. Sekarang semuanya telah berbeda, sejak dipercaya sebagai Ketua DPD Ikatan Pemuda Karya Kabupaten Rokan Hilir namanya kembali muncul dipermukaan dan menjadi pembicaraan masyakarat Rokan Hilir. Ia berhasil membuat citra Ikatan Pemuda Karya di Rokan Hilir menjadi organisasi yang modern dan berpikir intelektual dengan membawa misi pencerdasan kader. Usahanya untuk membangun citra positif di tubuh Ikatan Pemuda Karya Rokan Hilir tersebut telah berhasil. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan positif yang rutin dilakukan Ikatan Pemuda Karya terutama memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Kemudian, secara struktural ia juga berhasil membentuk PAC Ikatan Pemuda Karya di 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan sampai saat ini masih aktif dengan gerakan kerkaryaannya. 

Keberhasilannya memimpin Ikatan Pemuda Karya di Rokan Hilir telah membuat mantan Ketua HMI Komisariat UISU tersebut terus berkibar dan berkarya. Hal tersebut terbukti ketika ia terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) Kab. Rokan Hilir masa bakti 2015-2020 pada tanggal 8 Oktober 2016. Kemampuan lobi politiknya yang sudah terasah sejak saat menjadi mahasiswa telah mengantarkannya menjadi salah satu pemuda yang cukup berpengaruh dan disegani di Rokan Hilir. Sejak dilantik menjadi Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Rokan Hilir pada tanggal 29 November 2016, ia terus begerak dan menghimpun seluruh potensi yang ada di Rokan Hilir untuk bergabung di Partai Hanura. Langkahnya untuk menghimpun potensi-potensi tersebut berhasil dengan banyaknya tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang bergabung bersamanya di Partai Hanura. Tidak hanya itu, ia juga berhasil membentuk Pimpinan Anak Cabang Partai Hanura 18 Kecamatan di wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan melantiknya secara serentak bersama dengan Pengurus Ranting dan Anak Ranting di Bagan Batu pada tanggal 15 April 2017. Pelantikan PAC Partai tersebut cukup menyita perhatian masyarakat Rokan Hilir secara umum, karena sangat jarang pelantikan PAC dan Ranting partai dihadiri dengan jumlah masa yang cukup banyak. Bahkan Pengurus DPP dan DPD Partai Hanura Riau memuji kinerja beliau karena bisa membangun konsolidasi yang baik kepada masyarakat untuk mau bergabung di Partai Hanura. 

Tidak hanya euforia setelah dilantik, iapun kini telah membuat gerakan untuk terus berusaha menghidupkan mesin Partai Hanura di Rokan Hilir secara maksimal dengan membentuk seluruh struktur Ranting dan Anak Ranting. Dengan tindakan tersebut, sebagian masyarakat mengapresiasi kinerjanya yang dinilai tepat dan kongkrit. Gerakan yang dibangunnya membuat Partai Hanura di Rokan Hilir sebagai partai yang seksi dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Gerakan politik yang bersahabat tersebut juga membuat sebagian partai politik yang ada di Rokan Hilir berpacu untuk bersaing. Usahanya untuk membesarkan partai Hanura tidak terlepas juga dari dukungan dan arahan Ketum Partai Hanura Bapak Dr. Oesman Sapta dan Ketua DPD Partai Hanura Riau Bapak dr. H. Agus Widayat, MM yang ingin menargetkan Partai Hanura harus masuk 3 besar di parlemen. Dengan target yang cukup tinggi tersebut tidak heran Partai Hanura sekarang membuka pendaftaran Bacaleg untuk bertarung pada tahun 2019 mendatang, hal tersebut tidak terkecuali bagi DPC Partai Hanura Rokan Hilir dan pendaftaran bacaleg tersebut akan ditutup pada tanggal 7 September 2017. 

Tantangan berat yang diberikan oleh Ketum DPP Partai Hanura Bapak Oesman Sapta tersebut, menjadi cambukan untuk Partai Hanura Rokan Hilir agar selalu menyusun kekuatan dan strategi guna memenangkan pileg tahun 2019 mendatang sesuai dengan target. Sebagaimana diketahui di Rokan Hilir pada pemilihan legislatif tahun 2014 Partai Hanura hanya mendapat 3 kursi DPRD. Namun dengan kekuatan baru dan dengan semangat baru diharapkan semua kader Hanura Rohil dituntut untuk bisa merebut hati nurani rakyat sesuai dengan hasil Racercab DPC Partai Hanura yang menargetkan minimal 9 kursi DPRD. Sebagai kader, pengurus dan anggota partai kita jangan terlena dengan capaian-capaian yang ada, sesungguhnya perjaungan tidak akan pernah berakhir sampai dengan common goal sudah teraktualisasi dengan nyata. Capaian awalnya adalah pada pemilihan legislatif tahun 2019, dengan demikian mari berpikir dan bertindak dengan hati nurani maka yakinlah langkah kita akan dimudahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Mengakhiri tulisan ini, penulis ingin menyampaikan bahwa inisial BCA dalam judul tulisan yang penulis maksud adalah Bang Cutra Andika. Itulah panggilan akrabnya dikalangan sahabat, junior dan rekannya. Bersama BCA berkarya dengan Hati Nurani. Bangkit, Jaya, Menang, Hanura. *****

Penulis adalah : Alben Tajudin, SH. (AT) Ketua PAC Partai Hanura Kecamatan Bangko Pusako
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Senin, 20 November 2017 | 08:37:37

Diduga Rusak Aset Perusahaan, Dua Pria ini Diamankan Polsek Batu Hampar

UJUNGTANJUNG- JS (18) dan RM  (20), akhirnya harus diamankan pihak Polsek Batu Hampar. Kedua pelaku ini diamankan  atas pengaduan pihak PT Sindora Seraya yang berada di Kepenghuluan Bantaian Kec
Minggu, 12 November 2017 | 10:38:49

Kepahlawanan dan Bela Negara

DALAM memperingati Hari Pahlawan 10 November pada tahun ini, sudah saatnya kembali merenungkan ba­gai­mana peranan strategis mahasiswa se­ba­gai kelompok pemuda terdidik untuk mere­fleksika
Minggu, 12 November 2017 | 09:50:42

Pahlawan Daerah, Solusi Ketatnya Seleksi Pahlawan Nasional

SETIAP memperingati Hari Pahlawan, Pre­siden Repubik Indonesia meng­umum­kan penganugerahan gelar pahla­wan ke­pada tokoh-tokoh yang dipandang layak me­nerimanya. Peng­anugerahan ini dila­k
Minggu, 12 November 2017 | 09:39:49

Ayo, Jadilah Pahlawan Lingkungan!

MENYUSUL wafatnya salah se­orang tokoh besar negeri ini beberapa wak­tu silam, sementara kalangan lang­sung mengusulkan kepada pemerintah agar sang tokoh yang telah wafat ter­sebut diberi gelar pahlawan n
 
Berita Lainnya
Minggu, 12 November 2017 | 10:38:49

Kepahlawanan dan Bela Negara

DALAM memperingati Hari Pahlawan 10 November pada tahun ini, sudah saatnya kembali merenungkan ba­gai­mana peranan strategis mahasiswa se­ba­gai kelompok pemuda terdidik untuk mere­fleksika
 
Minggu, 12 November 2017 | 09:50:42

Pahlawan Daerah, Solusi Ketatnya Seleksi Pahlawan Nasional

SETIAP memperingati Hari Pahlawan, Pre­siden Repubik Indonesia meng­umum­kan penganugerahan gelar pahla­wan ke­pada tokoh-tokoh yang dipandang layak me­nerimanya. Peng­anugerahan ini dila­k
 
Minggu, 12 November 2017 | 09:39:49

Ayo, Jadilah Pahlawan Lingkungan!

MENYUSUL wafatnya salah se­orang tokoh besar negeri ini beberapa wak­tu silam, sementara kalangan lang­sung mengusulkan kepada pemerintah agar sang tokoh yang telah wafat ter­sebut diberi gelar pahlawan n
 
Minggu, 29 Oktober 2017 | 10:49:19

Masih Pentingkah Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia?

Di Indonesia, bulan Oktober dikenal se­­­bagai bulan bahasa. Bahasa yang di­mak­­­sud tentu saja adalah bahasa per­sa­tuan negara kita, bahasa Indonesia. Satu per­­tanyaan yang langsung melintas di ke­­pa
 
Minggu, 29 Oktober 2017 | 10:32:28

Pemuda dan Masa Depan Indonesia

Salah satu kekuatan terbesar bangsa ini dalam mem­pertahankan kemerdekaan adalah pemuda. Tepat sudah 85 tahun yang lalu pemuda Indonesia pada masa itu berkumpul dengan satu spirit untuk menunaikan kewajib
 
Minggu, 29 Oktober 2017 | 10:09:32

Pemuda dan Alternatif

Sebelum dimulai, mari merayakan hari Sum­pah Pemuda ini dengan baik. Ya, se­lalu saja menarik membincangkan pe­muda. Karena itu, di komunitas kami, TWF (Toba Writers Forum), kami lebih mengutamakan para p
 
Minggu, 29 Oktober 2017 | 09:52:13

Surat Kabar Indonesia di Zaman Penjajahan

Masyarakat Indonesia sejak 273 tahun silam sudah mengenal surat kabar (s.k). Demikian tulisan John Tebbel, seorang peraih anugerah Pulitzer 1972. John Tebbel adalah pakar jurnalistik yang menulis buku "Ka
 
Jumat, 20 Oktober 2017 | 13:33:08

3 Tahun Kepemimpinan Jokowi - JK, Menagih Nawacita di Bidang Pendidikan

Sebelum melenggang menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mengungkapkan visi misinya jika terpilih menjadi pemimpin negara. Selama berlangsungnya masa kampanye,
 
Kamis, 19 Oktober 2017 | 07:55:05

Dilema Hukuman Rehabilitasi Narkoba

Seorang terpidana kasus narkoba, mengajukan uji materi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pemohon merasa dirugikan dengan berlakunya Pasal 112, Pasal 114, serta Pasal 127 UU Narkotika, yang me
 
Rabu, 18 Oktober 2017 | 21:25:36

Fokuslah Pada Isu-Isu Besar, Jangan Terkecoh Dengan Isu Kecil

Strategi perang Cina kuno dalam buku memancing Harimau turun gunung, 36 Strategi Perang Cina Kuno GAO YUAN yakni 'Mengecoh Langit Menyeberangi Lautan' adalah kata yg tepat untuk menggambarkan situasi d
 
Minggu, 15 Oktober 2017 | 10:53:58

Jubah Hakim Makin Kusam

KPK menangkap Ketua Penga­dilan Ting­gi Sulawesi Utara Sudiwardono di Ja­karta, Sabtu (7/10). SDW di­duga me­ne­rima suap senilai US$64 ribu dari ang­gota DPR RI dari Fraksi Golkar AAM. Setelah menjalani
 
Minggu, 15 Oktober 2017 | 10:40:13

Ihwal 5.000 Pucuk Senjata dan Pilpres 2019

Beberapa waktu yang lalu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan ada institusi non-militer yang berencana mendatangkan 5.000 pucuk senjata secara ilegal ke Indonesia dengan mencatut nama Preside
 
Minggu, 15 Oktober 2017 | 10:19:24

Hari Surat dan Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi disambut semua kalangan, dari anak anak hingga orang tua. Namun, ternyata pengguna (user) teknologi komunikasi itu yang paling banyak ada­lah remaja. Fak­tanya remaja dan pelajar paha
 
Minggu, 15 Oktober 2017 | 09:54:49

Wisata Indah Bebas Sampah

Salah satu kebiasaan buruk ma­sya­ra­kat Indonesia adalah ge­mar mem­buang sampah disembarang tempat. Mung­kin selama ini, kita sering melihat orang-orang di sekitar kita dengan seenak udel­nya
 
Kamis, 12 Oktober 2017 | 20:39:07

Pelajaran Penting Dari Kualifikasi Piala Dunia Tahun 2018

Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 di berbagai zona telah berakhir. Selain tuan rumah Rusia, dari zona Eropa telah diketahui 9 kontestan lain yaitu Portugal, Perancis, Inggris, Spanyol, Jerman, Serbia, Islandia
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top