Terverifikasi Dewan Pers
 
Senin, 25 Maret 2019 | 11:19:12
Internasional

Akhirnya Kalah Total, Begini Awal Sejarah Kemunculan dan Jatuhnya ISIS

Sebarkan:
Dok: Reuters
Bendera SDF dikibarkan di Barghouz, Suriah usai ISIS dinyatakan kalah total
DAMASKUS - Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dinyatakan kalah total di wilayah Suriah oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). Hal ini menandai berakhirnya kekhalifahan kelompok radikal itu atas wilayah-wilayah Irak dan Suriah yang dikuasai selama hampir lima tahun terakhir.

Menengok ke belakang, seperti dilansir Reuters dan The Independent, Senin (25/3/2019), ISIS pertama kali muncul di Irak tahun 2004, tepatnya setelah invasi AS ke Irak pada era Sadam Hussein. Pertama kalinya, ISIS yang merupakan pecahan Al-Qaeda ini menggunakan nama Al-Qaeda in Irak atau AQI.

Tahun 2011, ISIS memperluas wilayah ke Suriah yang sedang dilanda konflik antara pemberontak melawan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Pada masa kejayaannya, ISIS menguasai sejumlah besar wilayah-wilayah strategis Irak dan Suriah. Lebih dari 40 ribu orang dilaporkan pindah dan tinggal di wilayah-wilayah yang diklaim sebagai kekhalifahan ISIS. Pada saat bersamaan, ISIS melancarkan serangan teroris yang brutal dan mengerikan di berbagai negara.

Demikian kronologi kemunculan, kekejaman dan kejatuhan ISIS di Irak dan Suriah:

Tahun 2004: Militan Irak kelahiran Yordania, Abu Musab al-Zarqawi, mendirikan Al-Qaeda in Irak (AQI), cabang Al-Qaeda di Irak. AQI banyak melancarkan serangan teror terhadap komunitas Syiah yang mayoritas di Irak, dengan harapan memicu perang sektarian.

Zarqawi pindah ke Irak setahun sebelumnya, bersama ribuan militan lainnya untuk melawan tentara AS dan Inggris yang menginvasi negara tersebut.

Juni - Oktober 2006: Zarqawi terbunuh dalam serangan udara AS di Irak pada 7 Juni 2016. Abu Ayyub al-Masri menjadi pemimpin baru AQI. Masri kemudian mengumumkan pembentukan Islamic State of Iraq (ISI) dan menunjuk Abu Omar al-Baghdadi sebagai pemimpin barunya.

April 2010: Abu Omar al-Baghdadi dan Masri tewas dalam operasi gabungan AS-Irak. Abu Bakr al-Baghdadi pun menjadi pemimpin baru ISI.

Tahun 2011: Baghdadi mengirimkan anak buahnya ke Suriah saat konflik Suriah pecah.

April 2013: Baghdadi mengumumkan bahwa kelompoknya untuk selanjutnya akan dikenal sebagai Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau dikenal juga sebagai Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Perubahan nama ini diumumkan setelah pecahan Al-Qaeda di Suriah, Jabhat al-Nusra atau Nusra Front, ikut bergabung.

Tahun 2014: ISIS mengambil alih wilayah Raqqa di Suriah dan menetapkannya sebagai ibu kota kekhalifahan di Suriah. ISIS juga menguasai kota Fallujah di Irak. Al-Qaeda kemudian memutuskan hubungan dengan ISIS setelah terjadi pertempuran antara militan ISIS dan Nusra Front.

ISIS juga berhasil menguasai Mosul dan Tikrit di Irak pada Juni 2014, menjadikan kelompok radikal itu membanjiri perbatasan Irak-Suriah. Di Masjid Agung Al-Nuri di Mosul, Baghdadi mengumumkan perubahan nama ISIS menjadi Islamic State (IS) atau Daulah Islamiyah dan menetapkan kekhalifahannya.

Teror mengerikan ISIS pun dimulai. Di Irak, ISIS membantai ribuan warga Yazidi di Gunung Sinjar dan memaksa lebih dari 7 ribu wanita menjadi budak seks mereka.

Di Suriah, ISIS membantai ratusan anggota suku Sheitaat. ISIS juga memenggal sandera-sandera asing dari negara-negara Barat yang direkam dalam video propaganda mengerikan. Terdapat jurnalis AS James Foley dan pekerja LSM Inggris David Haines di antara sandera asing yang dipenggal ISIS.

Pada September 2014, AS membentuk koalisi militer melawan ISIS dan mulai melancarkan serangan udara di Irak untuk menghentikan kelompok radikal itu. Hal ini dilakukan atas permintaan pemerintah Irak setelah kehilangan kendali atas Mosul.

Tahun 2015: Militan yang berafiliasi dengan ISIS di Paris menyerang kantor surat kabar satire dan sebuah supermarket Yahudi. Serangan teror ini mengawali gelombang serangan ISIS di luar negeri. Militan-militan di Libya memenggal warga Kristen dan menyatakan sumpah setia pada ISIS, yang diikuti oleh kelompok-kelompok militan di beberapa negara lainnya.

Pada Mei 2015, ISIS mengambil alih Ramadi di Irak dan kota kuno Palmyra di Suriah. Pada akhir tahun, dua wilayah itu berhasil direbut kembali dari ISIS.

Tahun 2016: ISIS mulai kehilangan wilayah-wilayahnya. Pasukan militer Irak, yang dibantu serangan udara koalisi pimpinan AS, berhasil merebut kembali Fallujah dari ISIS pada bulan Juni. Kemudian pada Agustus, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS merebut Manbij dari ISIS.

Bulan Oktober, pasukan Irak dan koalisi pimpinan AS memulai operasi untuk membebaskan Mosul dari ISIS. Pada bulan Desember, pasukan Libya membebaskan Sirte dari ISIS dengan bantuan serangan udara AS. Bulan yang sama, ISIS menguasai kembali Palmyra dari pasukan pemerintah Suriah.

Meski kehilangan wilayah-wilayahnya di Irak dan Suriah, ISIS tercatat masih melancarkan lebih dari 1.400 serangan dan membunuh lebih dari 7 ribu orang sepanjang tahun 2016. Data itu dilaporkan oleh University of Maryland tahun 2017.

Tahun 2017: Tahun ini menjadi tahun kekalahan besar ISIS. Pada bulan Juni, kota Mosul berhasil direbut kembali dari ISIS setelah terjadi pertempuran sengit selama berbulan-bulan. Perdana Menteri (PM) Irak saat itu, Haider al-Abadi, menyebut hal itu sebagai 'pengakuan resmi kekalahan' ISIS. Masjid Agung al-Nuri yang menjadi tempat Baghdadi mengumumkan kekhalifahan ISIS tahun 2014, diledakkan oleh ISIS sendiri.

Di Suriah, pasukan rezim Suriah yang didukung Rusia dan Iran membebaskan Deir al-Zor dari ISIS dan memperluas kendali pemerintah Suriah hingga ke Sungai Eufrat. Pada bulan Oktober, SDF yang terdiri atas milis Kurdi dan Arab di Suriah, berhasil mengusir ISIS dari Raqqa setelah pertempuran sengit selama empat bulan.

Otoritas AS saat itu menyebut sekitar 60 ribu militan ISIS tewas sejak tahun 2014.

Bulan Desember 2017, PM Abadi menyatakan ISIS telah dikalahkan di Irak. Koalisi pimpinan AS memperkirakan kurang dari 1.000 militan ISIS masih bertahan di wilayah-wilayah Irak dan Suriah. Sebanyak 95 persen wilayah ISIS telah berhasil direbut kembali.

Tahun 2018: Pemerintah Suriah merebut kembali Yarmouk, selatan Damaskus, dari ISIS. Sedangkan SDF terus memburu militan ISIS yang bersembunyi di wilayah dekat Sungai Eufrat. Pasukan militer Irak mengambil alih wilayah-wilayah perbatasan yang tadinya dikuasai ISIS.

Bulan Agustus, ISIS merilis rekaman audio berdurasi 55 menit yang disebut berisi suara Baghdadi yang mengakui hilangnya sebagian besar wilayah ISIS dan meminta para militan tetap melanjutkan pertempuran. Dalam pengumuman mengejutkan pada Desember, Presiden AS Donald Trump mengumumkan AS akan menarik pasukannya dari Suriah.

Februari 2019: SDF mengumumkan 'pertempuran terakhir' dengan ISIS. Sebuah desa kecil bernama Baghouz di dekat Sungai Eufrat disebut menjadi markas terakhir ISIS di Suriah.

Maret 2019: SDF menyatakan Baghouz berhasil dikuasai kembali dan mengumumkan 'kekalahan total' ISIS di Suriah. Bendera kuning SDF dikibarkan di gedung-gedung Baghouz sebagai buktinya.

"Pasukan Demokratik Suriah menyatakan pembersihan total atas hal yang disebut kekhalifahan dan 100 persen kekalahan teritorial ISIS," tegas juru bicara SDF, Mustefa Bali, dalam pernyataannya.

Di sisi lain, meski markas terakhirnya telah dihancurkan, ISIS masih dianggap sebagai ancaman. Sisa-sisa militan ISIS yang bersembunyi di area gurun terpencil Suriah dan di kota-kota Irak masih melakukan aksi skala kecil, dengan melakukan serangan penembakan atau penculikan atau menunggu kebangkitan ISIS nantinya.


Sumber: detik.com
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 23 April 2019 | 15:17:53

Huawei Mate 30 Bakal Miliki Dua Layar?

JAKARTA- Huawei dikabarkan akan kembali merilis ponsel seri Mate-nya pada tahun ini. Ponsel ini dijuluki Mate 30. Ponsel diklaim akan menawarkan fitur-fitur baru dan spesifikasi yang lebih kuat untuk mena
Selasa, 23 April 2019 | 15:11:10

Barbie Kumalasari Lapor Polisi karena Dituduh Pakai Barang KW, Lebay?

JAKARTA - Barbie Kumalasari merasa terhina oleh seorang warganet di dunia maya karena dirinya disebut-sebut kerap pakai barang KW alias palsu. Barbie Kumalasari pun berencana untuk melaporkan kepada pihak
Selasa, 23 April 2019 | 14:56:26

TKN Tolak Pemboikotan: Siapa yang Bisa Seminggu Tak Makan Nasi Padang?

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyesalkan adanya seruan boikot Nasi Padang di media sosial. Kubu pasangan nomor urut 01 itu menegaskan tak ada hubungannya dengan seruan t
Selasa, 23 April 2019 | 14:50:20

Bupati Pantau Pelaksanaan UNBK Jenjang SMP

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Senin (22/4). Sejumlah sekolah yang dipantau te
 
Berita Lainnya
Selasa, 23 April 2019 | 14:38:39

Tokoh Muslim Sri Lanka Serukan Hukuman Maksimum untuk Pelaku Bom Paskah

Colombo - Para tokoh muslim di Sri Lanka mengucapkan belasungkawa kepada para korban serangan bom saat perayaan Paskah. Mereka juga menyerukan agar 'hukuman maksimum' dijatuhkan terhadap siapa saja
 
Selasa, 23 April 2019 | 13:55:00

Korban Tewas Rangkaian Bom Sri Lanka Menjadi 310 Orang, 40 Terduga Pelaku Telah Ditangkap

COLOMBO - Jumlah korban tewas akibat serangkaian serangan bom bunuh diri di Sri Lanka telah bertambah menjadi 310 orang, Selasa (23/4/2019). Juru bicara Kepolisian Sri Lanka mengutip Channel News Asia, Ruwan
 
Selasa, 23 April 2019 | 13:40:05

Momen Pasukan Khusus Sri Lanka Meledakkan Bom Mobil

KOLOMBO - Sebuah mobil van berisi bom yang diparkir dekat sebuah gereja di Kolombo, Sri Lanka diledakan oleh pasukan penjinak bom. Peledakan dipilih karena ptugas tidak mau mengambil resiko. Namun seorang sa
 
Selasa, 23 April 2019 | 11:06:26

Sri Lanka Sebut Militan Lokal NTJ Ada di Balik Serangan Bom Paskah

Colombo - Pemerintah Sri Lanka meyakini militan lokal bernama National Thowheeth Jama'ath (NTJ) bertanggung jawab atas serangan bom yang menewaskan 290 orang. Meskipun hingga kini belum ada kelompok ma
 
Selasa, 23 April 2019 | 09:15:24

Pesawat Kecil Jatuh di Texas, 6 Orang Tewas

TEXAS - Sebuah pesawat bermesin ganda jatuh di Texas. Akibat kecelakaan ini, enam orang dinyatakan tewas.Dilansir CNN, Selasa (23/4/2019), peristiwa itu terjadi pada Senin (22/4) sebelum pukul 0
 
Selasa, 23 April 2019 | 08:58:48

Korban Tewas Gempa Filipina Jadi 8 Orang, 20 Orang Terluka

JAKARTA - Pemerintah Filipina masih mengevakuasi korban gempa bumi magnitudo 6,3 di Provinsi Pampanga, Filipina. Sampai saat ini, ditemukan 8 orang tewas dan dua puluh orang mengalami luka. Dilansir dari Re
 
Senin, 22 April 2019 | 13:56:57

Pihak Keamanan Temukan Bom Kesembilan di Bandara Internasional Sri Lanka

COLOMBO - Pihak keamanan Sri Lanka dilaporkan telah menemukan dan menjinakkan bom kesembilan dalam serangkaian serangan bom yang terjadi di Ibu Kota Kolombo pada Minggu. Bom berupa pipa sepanjang sekira 1
 
Senin, 22 April 2019 | 11:16:11

Sudah 290 Orang Tewas Akibat Bom Paskah di Sri Lanka, 24 Orang Ditangkap

Colombo - Jumlah korban jiwa akibat serangan bom saat Hari Paskah di Sri Lanka terus bertambah. Sejauh ini, korban jiwa telah mencapai 290 orang.Juru bicara kepolisian Ruwan Gunasekera mengatakan se
 
Senin, 22 April 2019 | 11:03:25

Presiden Ukraina Akui Kekalahannya di Pilpres

UKRAINA - Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden. Pernyataan tersebut tak lama setelah exit poll menunjukkan bahwa Poroshenko hanya meraih seperempat suara dalam pem
 
Senin, 22 April 2019 | 10:30:26

Aparat Sri Lanka Sudah Dapat Info Serangan 10 Hari Sebelum Bom Paskah

Colombo - Perdana Menteri SriLanka, Ranil Wickremesinghe, mengatakan aparat keamanan telah "mengetahui informasi" adanya kemungkinan rangkaian serangan.Perkataan tersebut dikemukakan dalam jumpa pers Ming
 
Senin, 22 April 2019 | 09:08:17

7 Orang Ditangkap Usai Serangan Bom di Gereja dan Hotel Sri Lanka

KOLOMBO - Ledakan bom pada Minggu Paskah di sejumlah gereja dan hotel mewah di Sri Lanka telah menewaskan sedikitnya ratusan orang dan melukai lebih dari 400 orang.Fakta terkait serangan bom diSriLanka:Seba
 
Senin, 22 April 2019 | 08:54:19

Serang Pasukan Keamanan Saudi, Empat Militan Tewas

RIYADH- Empat militan tewas usai menyerang pangkalan keamanan di sebuah kota di utara Riyadh, Arab Saudi. Tiga polisi juga terluka akibat serangan dari militan tersebut."Sekelompok teroris meluncurkan ser
 
Senin, 22 April 2019 | 08:48:44

Korban Tewas Bom Gereja dan Hotel Sri Lanka Bertambah Jadi 207 Orang

KOLOMBO - Jumlah korban meninggal dunia akibat serangan bom di tiga gereja dan empat hotel di SriLanka bersamaan dengan perayaan Paskah terus bertambah.Data terbaru dari pihak berwenang setempat
 
Senin, 22 April 2019 | 08:41:15

Majelis Hubbul Wathon: Bom Sri Lanka Pembantaian, Tak Dibenarkan Agama

JAKARTA - Majelis Dzikir Hubbul Wathon mengutuk keras teror bom yang terjadi di Sri Lanka. Majelis Dzikir ini menegaskan teror bom tersebut sangat tidak dibenarkan oleh ajaran agama manapun."Men
 
Sabtu, 20 April 2019 | 15:41:32

Serangan ISIS Tewaskan 27 Petempur Pro-Rezim Suriah

DAMASKUS - Kelompok radikal ISIS dilaporkan telah menewaskan 27 petempur pro-rezim Suriah di kawasan gurun pasir Suriah. Ini disebut sebagai serangan ISIS paling mematikan sejak tumbangnya "kekhal
 
 
 
Terpopuler

1

20 Apr 2019 15:41 | 173 views
Internasional

Serangan ISIS Tewaskan 27 Petempur Pro-Rezim Suriah

2

18 Apr 2019 14:23 | 149 views
Internasional

Bus Turis Jerman Terjun di Madeira Portugal, 29 Orang Meninggal

3

22 Apr 2019 11:03 | 130 views
Internasional

Presiden Ukraina Akui Kekalahannya di Pilpres

4

20 Apr 2019 13:33 | 116 views
Internasional

Penembakan Brutal di Pesta Meksiko, 13 Orang Tewas Termasuk 1 Bocah

5

18 Apr 2019 11:56 | 112 views
Internasional

Perusahaan Israel Ubah Masjid Bersejarah Palestina Jadi Klab Malam

 
 
 
 
 
 
Top