Selasa, 25 Juni 2019 | 16:57:47
HUKUM

Tergugat Tak Hadiri Lanjutan Sidang Hak Keuangan Anggota DPRD Rohul, Hanya Kirim Surat ke PN

Laporan : Fahrin Waruwu

Sebarkan:
Foto saat Pengacara Anggota DPRD Rohul Teddy Mirzal Dal bersama saksi ahli di PN Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu
ROKANHULU - Tergugat Sekertaris DPRD Rokan Hulu tak menghadiri sidang lanjutan perkara perdata tentang hak keuangan salah satu Anggota DPRD Rokan Hulu Teddy Mirzal Dal. Hak keuangan  yang tidak dibayarkan tersebut selama satu tahun lebih.

Dugaan tidak dibayarkan hak keuangan Teddy Mirzal Dal anggota DPRD Rokan Hulu Itu, akibat  ditahannya dirinya di Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Pasirpangaraian karena ada putusan MA terlibat sebuah kasus.

Sedangkan masa tahanan sudah dijalani, namun Teddy Mirzal Dal masih anggota DPRD Rokan Hulu dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) karena yang bersangkutan belum ada pemberhentian selaku anggota Dewan, baik dari Partai Nasdem dan SK Gubernur Riau.

Hak keuangan anggota Dewan itu sudah masuk pada gugatan perdata (sidang ke lima),tegugat Sekertaris Dewan DPRD Rokan Hulu selaku orang yang bertanggungjawab dan pengguna anggaran tergugat I dan Ketua DPRD Rohul selaku tergugat II.

Pada sidang lanjutan Selasa, (25/6/2019) Penasehat Hukum Penggugat Ramses Hutagaol SH, MH dan Efesus DM Sinaga SH menyayangkan ketidak hadirnya para tergugat. Padahal hari ini sidang penyerahan barang bukti sekaligus mendengar keterangan dari saksi ahli yang sudah Pengacara  Teddy Mirzal Dal hardirkan ada dua orang diantaranya DR  Bahrun Azmi SH, MH, M.Si juga Ketua pengendali mutu pasca sarjana unila dan saksi fakta. Namun sidang ditunda karena tergugat I dan II tidak bisa hadir, hanya mengirimkan surat kepada PN Pasirpengaraian.

Penasehat hukum penggugat mengaku merasa kecewa atas surat yang dikirim pihak tergugat tersebut, seharusnya surat ketidak hadirnya ditembuskan kepada mereka dan surat nya 24 jam sebelum sidang dilaksanakan.

"Kami sangat menyayangkan ketidak hadirnya tergugat I dan II. Seharusnya mereka yang tidak mangkir dari panggilan Pengadilan Negeri Pasirpangaraian karena mereka pihak Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang bisa memberikan contoh kepada masyarakat nya. Dan seharusnya surat juga harus ditembuskan kepada kami  kata Ramses didampingi Efesus Sinaga usai yang mulia Ketua Mejelis Hakim Sunoto SH, MH didampingi penitra mengetok palu, sidang ditunda Selasa seminggu kedepan dengan memerintahkan panitera untuk membuat panggilan para pihak. Karena sidang hari ini Tergugat sudah menyampaikan surat tidak bisa hadir.

Saat ditanya  kepada Sekertaris DPRD Rokan Hulu Drs.Budha Kasino, mengaku sudah menyerahkan Kepada Kuasa Hukum yakni Kepala Bagian Hukum Pemkab Rokan Hulu dan Kasi Datun Kejaksaan Negeri Pasirpangaraian terkait gugatan perdata dari Anggota DPRD Rohul Teddy Mirzal Dal tersebut.

Sepengetahuan nya sambung Sekwan DPRD Rokan Hulu Kuasa Hukum yang juga Kabag Hukum Setda Pemkab Rokan Hulu sedang ada acara di Pemprov Riau. Dirinya juga tidak memberikan komentar karena sudah di kurasakan nya.

"Saya tidak bisa banyak berkomentar, karena ada kuasa hukum nya,"kata sekwan DPRD Rokan Hulu.

Untuk diketahui, Anggota DPRD Rokan Hulu (Rohul), Riau, periode 2014 2019, Tedyy Mirzal Dal mempersoalkan atau menggugat  hak keuangannya sebagai wakil rakyat selama lebih setahun. Berbagai jenis tunjangan anggota DPRD  yang seharusnya menjadi haknya, diantaranya  tunjangan perumahan, Komonikasi, dan lainnya yang seharusnya didapatkan nya seperti anggota DPRD lainnya.

Sementara itu pada Eksepsi/Jawaban  atau keberatan yang diajukan oleh Pemkab Rohul selaku Tergugat I diwakili Kepala Bagian Hukum Sekertaris Pemerintah Daerah Rokan Hulu Edi Suherman,SH dan Tegugat II  Ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri SH dihadiri langsung tanpa Kuasa Hukum, atas  kompetensi absolut tidak berwenangnya Pengadilan Negeri Pasirpangaraian menangani perkara quo yang diajukan oleh Teddy Mirza Dal selaku Penggugat yang diwakili kuasa hukumnya Efesus DM Sinaga, SH dam Ramses Hutagaol, SH, MH  ditolak oleh Hakim Pengadilan Negeri Pasir

Pangaraian dalam Putusan sela yang dibacakan oleh Ketua Mejelis Sunoto, SH.MH.

Yang mana sidang gugatan Perdata di PN Pasirpangaraian,  Sunoto SH, MH, selaku Ketua majelis hakim didampingi Hakim Aggota Adil Matogu Franky Simarmata SH, Budi SH dan Panitera Aryananda SH.MH, dimulai sidang Selasa (28/05/ 2019) jam 10.30 Wib di Ruangan PN Persidangan Pasir Pengaraian, dengan Agenda yang sudah berlalu 1.Eksepsi/Jawaban Dari Tergugat I (Sekwan Rohul) Tergugat II (Kelmi Amri Ketua DPRD) selanjutnya Replik Dari Penasehat Hukum dan Duplik Dari Tergugat I dan Tergugat II dan di lanjutkan dengan Putusan Sela yang sudah  di bacakan tersebut.

"Dalam pertimbangannya bahwa surat Sekwan Rokan Hulu Nomor 900/SET-DPRD/45, Perihal tanggapan Terhadap atas surat DPD Partai Nasdem Kabupaten Rokan Hulu tertanggal 31 Januari 2019  yang menurut Tergugat I adalah objek sengketa TUN ( Tata Usaha Negara)  masih memerlukan pembuktian lebih lanjut," Ungkap Ketua Mejelis Sunoto pada persidangan tersebut

Sehingga dengan demikian lanjut Ketua majelis hakim, sudah sepatutnya, Eksepsi/Jawaban Tertugat I (SEKWAN DPRD) Tergugat II (KELMI AMRI KETUA DPRD ROHUL)  mengenai kewenangan absolut dinyatakan ditolak dan tidak dapat di terima.

Dan perihal hal tersebut Majelis Hakim yang di pimpin oleh Ketua Majelis Sunoto SH.MHmemerintahkan agar dilanjutkan dalam Pokok perkara dengan agenda Pembuktian dan akan di lanjutkan persidangan Pada hari  selasa  Tanggal 18 juni 2019 mendatang.

"Ya Eksepsi Tergugat I dan II ditolak hakim. Sidang dilanjutkan Tanggal 18 juni 2019 mendatang, agenda pembuktian pokok perkara. Kita berharap hak Anggota DPRD Rohul Teddy Mirzal Dall itu dibayarkan," kata Ramses Hutagaol SH, MH kepada spiritriau.com Rabu, (29/5).

Sementara Itu, Hak keuangan sebagai anggota dewan Teddy Mirzal Dall itu terdiri dari gaji, tunjangan perumahan, dana transportasi dan tunjangan komunikasi sesuai aturan itu belum diterima Teddy, padahal Dirinya masih aktif sebagai anggota Dewan yang berasal dari Daerah Pemilihan IV Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Selama setahun lebih ditahun 2018 memang Teddy menjalankan hukuman di tahanan Lapas Kelas II B Pasirpengaraian karena terlihat kasus hukum dan sudah bebas pada Desember 2018 lalu.

Namun, selama menjalani proses hukum tersebut, Teddy belum diberhentikan sebagai anggota DPRD Rohul, baik oleh Partai Nasdem sendiri maupun oleh Gubernur Riau Melalui sidang paripurna DPRD Rokan Hulu.

"Hal ini yang saya pertanyakan, kemana hak keuangan saya itu ? mengapa hak saya tidak diberikan ?  Saya sudah pertanyakan, namun hingga saat ini belum ada kejelasan, apa saya tidak bisa menerima hak saya sebagai anggota DPRD aktif ?," kata Teddy kepada wartawan Kamis (14/3/2019) saat itu.

Teddy juga mempertanyakan apakah hak hak yang belum diterimanya tersebut terkait masih adanya dendam politik pihak tertentu pada dirinya.

"Apa ini Dendam Penguasa Masih Berlanjut Ke lembaga DPRD ?," tandas Teddy yang juga Ketua DPRD Rohul 2004 2009 itu.

Teddy mengakui sudah menyerahkan untuk mengurus hal itu kepada kuasa hukumnya Ramses Hutagaol SH, MH dan Efensus Siinaga SH, jika diperlukan sampai ke Pengadilan.

Kuasa Hukum Teddy Mirzal Dal Ramses Hutagaol mengatakan, sudah mengirimkan surat somasi kepada Sekeretaris Dewan (Sekwan) DPRD Rohul terkait gaji klain nya tersebut sejak beberapa hari yang lalu.

"Kita masih menunggu jawaban tertulis dari somasi yang dikirim itu, Kalau tidak dibalas juga, pekan depan akan kita daftarkan gugatan ke Pengadilan dan Kita gugat sesuai UU dan aturan yang berlaku, kita beberkan nanti di persidangan," kata Ramse Jumat (15/3/2019).

Sementara itu Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH yang dikonfirmasi masalah itu menyebutkan bahwa urusan keuangan di lembaga DPRD, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Sekretaris Dewan.

"Saya sudah sampaikan ke Sekwan dan Bendahara untuk mempelajari dan membuat kajian soal hak keuangam pak Teddy ini sesuai aturan, Kalau mereka (Sekwan) bisa bayarkan, kenapa tidak ?," kata Kelmi Amri, Kamis malam (14/3/2019).

Seperti diketahui bahwa Teddy Mirza Dal terlibat kasus hukum perkara perambahan HPT Kaiti Pauh, Sesuai amar putusan Mahkamah Agung RI dengan vonis ‎hukuman selama 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 1,5 miliar dalam perkara perambahan HPT Kaiti-Pauh.

Namun, semua proses hukuman itu sudah dijalani Teddy dan selama proses hukum sampai bebas kembali, Teddy tidak pernah diberhentikan sebagai anggota DPRD Rohul alias masih tetap menjadi anggota Dewan aktif. (Fah)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:21:11

Terus Kejar Target, Satgas TMMD ke 106 Kodim 0314/inhil dalam sasaran Fisik penimbunan jalan Dengan Sirtu

RETEH - Satuan Tugas (Satgas) gas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 di Kecamatan Reteh untuk penimbunan jalan dengan menggunakan sirtu sudah mencapai 64,07 persen, kamis 16/10/2019Progres yang cukup ce
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:18:34

Satgas TMMD ke 106 Kodim 0314/Inhil Bantu Warga Perindah Lingkungan

RETEH - Tidak hanya pembangunan fisik sebagai sasaran Program TMMD ke 106 dikerjakan, Satgas juga membantu masyarakat menjadikan lingkungan kelihatan indah dan rapi. Seperti yang terlihat hari ini rabu 16 ok
Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:15:17

Pembuatan Jembatan Beton TMMD ke 106 Kodim 0314/Inhil Sudah Memasuki Tahap Ini

RETEH - Pengerjaan sasaran Jembatan Beton oleh Satgas TMMD ke 106 Kodim 0314/Inhil di Desa Sebrang Sanglar sudah dalam Proses Pemasang Mal balok Melintang dan Mal balok penahan Lantai balok atas, Rabu (16/10/20
Rabu, 16 Oktober 2019 | 14:24:23

PP Rohul Dukung Pelantikan Presiden RI Sekaligus Mubes di Jakarta

ROKAN HULU - Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Rokan Hulu, gelar rapat bersama PAC dan Ranting dalam rangka deklarasi mendukung pelantikan Presiden RI Ir.H. Joko Widodo dan Wakil Presiden
 
Berita Lainnya
Rabu, 16 Oktober 2019 | 09:44:54

Ops Zebra Muara Takus Kali Ini, Satlantas Polres Siak Mengedepankan Peran Srindit

SIAK - Satuan Lalu Lantas (Satlantas) Polres Siak akan menggelar Operasi Zebra Muara Takus 2019 yang dimulai pada tanggal 22 Oktober sampai dengan  5 November 2019 mendatang.Operasi Zebra kali ini mengedep
 
Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:36:44

Status di Facebook Terkait Peristiwa Wiranto, Auliansyah Terancam UU ITE

Seorang warga Kota Tanjungpinang bernama Auliansyah (Au), diamankan oleh jajaran Anggota Reskrim Polres Tanjungpinang, di salah satu warung Kopi, Sabtu (12/10/2019) sekitar pukul 23.30 WIB hingga Minggu (13/10/
 
Selasa, 15 Oktober 2019 | 14:55:32

Dukung Program 100 Hari Kapolda Riau, Polres Rohil Ungkap 15 Kasus Narkoba

ROKAN HILIR- Dalam mendukung program 100 hari Kapolda Riau yang baru yaitu Irjen Pol  Agung Setya Imam Effendi, Kapolres Rokan Hilir, AKBP.Muhammad Mustofa, SIK, SH, MH berhasil ungkap 15 kasus Narkoba di
 
Selasa, 15 Oktober 2019 | 14:33:41

Setubuhi Keponakan, Warga Semunai Ini Masuk Bui Polsek Pinggir

Pinggir - Tim Polsek Pinggir pada hari Sabtu 12 Oktober 2019 lalu sekira jam 22.40 Wib, berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki yang di duga melakukan tindak pidana persetubuhan anak di bawah
 
Senin, 14 Oktober 2019 | 11:58:23

Plh Kapolsek Simpang Kanan Ajak Pelajar Bijak Bermedia Sosial

ROKANHILIR - Plh Kapolsek Simpang Kanan Iptu Syafyandra SH mengajak para pelajar untuk bijak dalam bermedia sosial, hal itu dilakukan untuk menghindari provokasi dan berita berita bohong.Hal itu disampaikan Sya
 
Senin, 14 Oktober 2019 | 11:44:04

Irup di SMA N 1 Rimba Melintang, Iptu Sodikin : Mari Kita Tolak Hoax dan Jauhi Narkoba

ROKANHILIR -  Kapolsek Rimba Melintang, Iptu M Sodikin SH mengajak para siswa SMA N 1 Rimba Melintang untuk menolak Hoax dan menjauhi Narkoba.Ajakan itu disampaikan oleh Kapolsek Rimba Melintang saat memim
 
Senin, 14 Oktober 2019 | 11:29:05

Pimpin Upacara di SMA N 1, Ini pesan Kapolsek Bagan Sinembah

ROKANHILIR - Kapolsek Bagan Sinembah Kompol H Asmar memimpin upacara bendera di SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. Senin 14/10 pagi.Dalam amanatnya, Kompol H Asmar berpesan kepada para siswa agar belajar dengan baik
 
Senin, 14 Oktober 2019 | 08:35:51

Polsek Tambusai Utara Tangkap IRT Membawa Sabu

ROKAN HULU - Luar Biasa, Polisi Sektor (Polsek) Tambusai Utara, Resor Rokan Hulu, Riau, berhasil menangkap Satu orang Perempuan diduga pelaku Tindak Pidana Narkoba jenis sabu-sabu Minggu, (13/10/2019) sekira pu
 
Minggu, 13 Oktober 2019 | 18:35:31

Polsek Rambah Tangkap Pelaku Penembakan

ROKAN HULU - Tak terima Suaminya ditembak dengan senapan angin, Risda Yanti (34) warga Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah melaporkan diduga Pelaku penganiayaan terhadap suaminya Ke Polsek Rambah Resor Rokan Hul
 
Minggu, 13 Oktober 2019 | 18:27:11

4 Pelaku judi Song Diamankan Polsek Tambusai Utara

ROKAN HULU Polisi Sektor (Polsek) Tambusai Utara, Resor, Rokan Hulu (Rohul), Riau berhasil membekuk empat laki laki yang diduga melakukan tindak pidana perjudian jenis kartu remi song, Sabtu sore (12/10/2019)
 
Minggu, 13 Oktober 2019 | 14:27:25

Giat K2YD, Tim Polsek Pinggir Gelar Operasi Cipkon

Pinggir - Sabtu, 12 Oktober 2019 sekira jam 22.00 Wib sampai dengan jam 24.00 Wib, jajaran personil Polsek Pinggir.laksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) dengan menggelar giat Operasi Cipta Kon
 
Sabtu, 12 Oktober 2019 | 11:29:15

Tangani Karhutla, Polisi Gunakan Scientific Crime Investigation

SIAK - Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Riau terus menggelar sejumlah penyidikan kasus Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di wilayah Riau dengan menggunakan metode  scientic crime investigation 
 
Jumat, 11 Oktober 2019 | 16:17:51

Sedekah Jumat Polsek Simpang Kanan Sambangi Keluarga Mariati

ROKANHILIR - Rutinitas Sedekah Jumat Polsek Simpang Kanan terus dilakukan, kali ini Tim Sedekah Jumat menyambangi keluarga Mariati (59) yang tergolong keluarga kurang mampu. Jumat 11/10.Sedekah Jumat yang dipim
 
Jumat, 11 Oktober 2019 | 16:04:02

Polsek Bagan Sinembah Bekuk dua Pengedar dan Pemilik Shabu

ROKANHILIR - Tim Opsnal Polsek Bagan Sinembah berhasil menangkap dua pria diduga sebagai pelaku penyalahgunanan Narkoba jenis Shabu.Kedua pelaku masing-masing, KN alias Nizar (22) dan HG alias Hendra (28), kedu
 
Jumat, 11 Oktober 2019 | 00:33:48

Ini Kata Brigjen Pol M. Fadil terhadap Pelaku Karhutla di Siak

SIAK - Hujan boleh turun, tapi penindakan hukum kami terus berjalan itu kata Dirtipidter Bareskrim Polri Brigjen Polisi Muhammad Fadil saat berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dikawasan Kebakaran Hutan dan
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top