Produk
 
Senin, 17 Juli 2017 | 09:02:11
Ekbis

Ingin Usaha Anda Langsung Untung Kurang dari 1 Tahun? Ini 5 Contekannya!

Sumber : Okezone.com

Sebarkan:
Okezone.com
Ilustrasi
MEMBANGUN bisnis sering kali menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang memang sejak awal tidak ingin bergabung dan bekerja dengan sebuah perusahaan milik orang lain. Hal ini sah-sah saja, selama memiliki mental yang kuat untuk terjun ke dunia bisnis secara langsung. Segala sesuatu tentu membutuhkan sebuah keseriusan yang maksimal, termasuk bisnis yang akan dibangun nanti.

Anda tentu paham bahwa untuk berhasil dan sukses dalam sebuah bisnis, seseorang bahkan bisa mengalami berkali-kali kegagalan terlebih dahulu, sebelum akhirnya meraih kesuksesan dalam bisnis yang dijalankan. Lalu, sudah siapkah Anda untuk memasuki dunia bisnis yang sesungguhnya?

Ketika membangun bisnis untuk pertama kalinya, jangan heran jika kelak akan bertemu sejumlah kendala, baik itu kendala dalam bentuk kecil atau bahkan besar sekalipun. Inilah dunia bisnis, di mana Anda harus bisa belajar, beradaptasi, atau bahkan bangkit dari kegagalan.

Risiko tentu akan selalu ada, jadi Anda tidak perlu khawatir. Sebab, pebisnis sukses sekalipun tentu akan memulai bisnisnya sambil belajar di dalam bisnis itu sendiri. Meski sejumlah risiko dan juga kendala mungkin akan menghadang langkah dalam berbisnis, namun hal ini juga tentu berbanding lurus dengan sejumlah peluang sukses di bidang tersebut.

Jangan salah, jika Anda berupaya dengan baik, bisnis yang dirintis bisa saja sukses dalam waktu yang singkat. Lupakan tahun-tahun yang panjang, sebab bisnis juga bisa berhasil dalam kurun waktu kurang dari setahun saja. Hal ini tentu harus dibarengi dengan sejumlah strategi yang tepat dan efisien.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha yang dapat menghasilkan keuntungan dalam kurun waktu kurang dari setahun, simak beberapa tips berikut ini:

1. Bangun dan Maksimalkan Personal Brand

Apa bisnis yang dijalankan? Bagaimana menjalankannya? Siapa saja yang akan menjadi konsumen di dalam bisnis Anda? Hal-hal seperti ini tentu akan terlintas di benak ketika akan mulai berbisnis. Ini sangat penting untuk dipahami sejak awal, agar Anda tidak memulai bisnis dalam keadaan "gelap gulita" dan tanpa tujuan yang jelas.

Setelah beberapa pertanyaan di atas, Anda wajib membangun personal brand bagi bisnis tersebut. Orang perlu mengetahui bisnis Anda, jadi perkenalkan kepada mereka. Lakukan hal ini dengan profesional dan terarah, sehingga secara bertahap bisnis akan dikenal secara luas.

Dengan begitu, Anda akan memiliki segmen pasar yang lebih banyak lagi, sebab ada banyak orang yang telah mengenal dan bahkan kemungkinan akan mencoba produk tersebut. Membangun personal brand ini mungkin tidak akan mudah, untuk itu siapkan mental secara maksimal untuk melakukannya, sebab kelancaran bisnis juga akan sangat dipengaruhi oleh hal ini.

2. Gunakan Jaringan untuk Pemasaran

Bisnis berjalan, namun belum memiliki pasar yang tepat? Ini juga bisa menjadi kendala yang sangat besar. Atasi hal ini dengan tepat, yakni dengan menerapkan sejumlah strategi pemasaran yang efisien. Promosi, tentu menjadi hal yang wajib untuk digencarkan. Namun selain hal itu, Anda juga harus memiliki pasar potensial lainnya yang lebih mudah dicapai.

Manfaatkan jaringan yang dimiliki, misalnya kerabat, teman, rekan kerja, atau bahkan keluarga. Jika memiliki jaringan yang cukup luas dan potensial untuk pasar bisnis tersebut, bisa saja akan mendapatkan sejumlah keuntungan besar atas hal tersebut. Hal ini bahkan akan jauh lebih mudah, terutama jika ternyata memang memiliki kemampuan yang baik untuk memperkenalkan bisnis tersebut kepada jaringan.

3. Berani Gagal dan Menerima Penolakan

Anda tentu paham bahwa setiap usaha akan memiliki sejumlah risiko di dalamnya, bahkan meski dalam skala kecil sekalipun. Hal inilah yang harus Anda antisipasi sejak jauh-jauh hari. Jangan sampai tidak bisa mengambil keputusan yang tepat, hanya karena takut dengan sejumlah risiko yang akan ditanggung kelak atas keputusan tersebut.

Mental yang kuat akan membantu untuk lebih mudah dalam mengambil keputusan di dalam bisnis tersebut, tentunya dengan dibarengi sejumlah pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Ketika memulai sebuah bisnis, Anda wajib berani menerima kegagalan, termasuk sejumlah penolakan yang bisa saja datang menghampiri kapan saja.

4. Lakukan Evaluasi

Gagal tanpa sebuah perbaikan yang tepat, maka akan sama saja dengan mengulang kembali kegagalan tersebut. Anda akan jalan di tempat, tanpa melakukan perbaikan yang membawa bisnis ke arah yang lebih baik lagi. Jadilah pebisnis yang cerdas, yang dapat menerima kegagalan dan segera memahaminya serta dengan sigap beranjak untuk memperbaiki segala sesuatunya.

Dengan begitu, bisnis akan berjalan dengan kukuh dan semakin baik dari waktu ke waktu. Setiap orang sangat mungkin untuk mengalami kegagalan, namun yang kemudian membedakan seseorang yang sukses dengan yang gagal adalah cara mereka bangkit dan memperbaiki kegagalan tersebut dengan tepat.

5. Pahami dan Kembangkan Pengetahuan dengan Baik

Sukses tentu akan selalu membutuhkan usaha yang maksimal, termasuk sejumlah upaya untuk belajar dan belajar di dalam bisnis itu sendiri. Pahamilah kemampuan dengan tepat, sehingga dapat mengembangkannya dengan maksimal.

Dengan begitu, Anda akan terus tumbuh dan tumbuh menjadi pebisnis yang memiliki pengetahuan yang luas. Hal ini akan sangat membantu kesuksesan, sebab potensi akan selalu bertambah baik dari hari ke hari.

Siapkan dengan Baik Sejak Awal

Memulai sebuah bisnis mungkin bukanlah sebuah hal yang mudah, apalagi untuk membuatnya berkembang dan menghasilkan. Namun jika berupaya dengan semaksimal mungkin, Anda tentu bisa meraih kesuksesan di dalam bisnis yang dijalankan. Awali bisnis dengan langkah dan strategi yang tepat, sehingga bisa meraih keuntungan dengan cepat, bahkan kurang dari setahun saja sudah bisa mendapatkannya.(Okezone.com)
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 24 April 2018 | 21:54:40

Sat Reskrim Polres Rohul Tangkap Diduga Pemain Pupuk Bersubsidi di Tambusai

ROKANHULU - BL (50), Wiraswasta, warga Dusun Huta Bargot Desa Sei Kumango ditangkap Satuan Reserse Kriminal Tertentu Polisi Resor Rokan Hulu Daerah Riau atas dugaan penjualan pupuk subsidi secara ilegal. Disam
Selasa, 24 April 2018 | 20:57:26

Melalui Septian Nugraha, Bupati Amril Mukminin Serahkan Bantuan Kepada Anak Penderita Tumor Hati

PEKANBARU - Selasa 24 April 2018, Bupati Amril Mukminin serahkan bantuan uang tunai sebesar Rp.5 Juta kepada satu Kepala Keluarga asal Kecamatan Mandau. Yang mana salah seorang anak kandung dari keluarga terseb
Selasa, 24 April 2018 | 19:39:53

Jadi Gubernur, Firdaus-Rusli Bangun 1000 Unit RLH Setiap Tahun

PEKANBARU- Sandang, Pangan dan Papan adalah kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan setiap manusia. Berangkat dari kondisi ini, pemerintah juga memiliki perananan di dalam mewujudkan semuanya ini. Pasangan
Selasa, 24 April 2018 | 17:13:01

DPRD Rohul Sesalkan Demo Tolak Pembangunan Waduk, Nono Patria : Asipirasi Itu Sudah Sampai di Pusat

ROKANHULU - Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menyesalkan aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan Warga 4 desa di Kecamatan Rokan IV Koto, yang menolak pembangunan Waduk Rokan Kiri, senin sore k
 
Berita Lainnya
Selasa, 24 April 2018 | 10:43:38

Dolar AS Nyaris Rp 14.000, Utang Pemerintah Bengkak

Jakarta - Total utang pemerintah bisa makin bengkak lantaran terdampak oleh pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Total utang pemerintah per Maret 2018 sebesar Rp 4.136,49 tril
 
Selasa, 24 April 2018 | 10:33:36

Rupiah Anjlok, BI: Mata Uang Negara Maju Juga Melemah

Jakarta - Nilai tukar dolar AS terhadap rupiah terus mengalami penguatan. Pada Senin (23/4) dolar AS hampir menyentuh Rp 14.000, berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) tercatat Rp 13
 
Sabtu, 21 April 2018 | 10:26:09

Rupiah Lesu, Laju IHSG Perkasa Selama Sepekan

Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan selama sepekan. Akan tetapi, investor asing masih jual saham. Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, Sabtu (20/4/2018)
 
Kamis, 19 April 2018 | 10:13:44

Presiden Jokowi Terbitkan Aturan Izin Online 20 Mei, Bakal seperti Apa?

JAKARTA - Pemerintah sedang menyiapkan penyederhanaan besar-besaran perizinan di Indonesia baik di pusat maupun di daerah, dengan menggunakan online sistem yang terintegrasi. Untuk itu, ada banyak hal yan
 
Senin, 9 April 2018 | 10:26:09

Mau Jadi CPNS? 8 Sekolah Kedinasan Buka Pendaftaran Hari Ini

Jakarta - Delapan Lembaga Pendidikan atau Sekolah Kedinasan Pemerintah membuka pendaftaran siswa-siswi atau taruna-taruni, lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU) atau sederajat periode 2018 pada hari ini (9/
 
Sabtu, 7 April 2018 | 11:03:41

Pertamina Tambah Personel dan Kapal Pembersih Tumpahan Minyak

Jakarta PT Pertamina (Persero) menambah armada kapal untuk mempercepat pembersihan Teluk Balikpapan. Pada operasi pembersihan hingga Jumat sore (6/4/2016), 21 kapal beserta 234 orang tim diturunkan, denga
 
Jumat, 6 April 2018 | 16:45:50

OJK Ingin Bank Wakaf Mikro Putus Mata Rantai Rentenir di Desa

Jakarta Kepala Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jaksa Keuangan (OJK), Ahmad Soekro Tratmono mengungkapkan akses keuangan di pedesaan masih minim. Kelemahan ini yang kerap dimanfaatkan rentenir di ped
 
Jumat, 6 April 2018 | 16:41:38

Hadapi Libur Lebaran, Menhub Harap Maskapai Tetap Kendalikan Harga Tiket

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta penyedia jasa transportasi untuk tidak menaikan harga menjelang libur Lebaran 2018. "Jadi Pak Pahala harganya jangan tinggi-tinggi. Kita ada tim pem
 
Jumat, 6 April 2018 | 10:12:31

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Karier Melejit

Jakarta - Kebiasaan merupakan kegiatan yang rumit sekaligus cemerlang. Hebatnya, kebiasaan pribadi juga dapat mempengaruhi performa Anda saat bekerja di kantor. Untungnya, Anda memiliki kendali atas berbag
 
Rabu, 4 April 2018 | 16:53:14

Kontribusi Ekonomi Transportasi Online Lebih Dari Rp 9,9 Triliun

Jakarta - Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menyatakan, kontribusi perusahaan transportasi online seperti Go-Jek terhadap ekonomi Indonesia sangat besar.  Bahkan kontribusinya t
 
Rabu, 4 April 2018 | 16:33:08

Bertemu Dubes Uni Eropa, Jokowi Kembali Singgung Isu Kelapa Sawit

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Surat Kepercayaan dari 11 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Designate Resident dan Designate Non Resident untuk RI di Istana Merdeka, Jakarta.
 
Senin, 2 April 2018 | 17:37:14

Menhub Minta Grab Tak Monopoli Angkutan Online

Jakarta - Aksi korporasi Grab yang mengambil alih Uber diapresiasi oleh berbagai pihak. Salah satunya Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. Dia menganggap cara ini akan memperkuat perusahaan dalam menyedia
 
Senin, 2 April 2018 | 17:31:57

Pemerintah Masih Godok Rencana Penerimaan CPNS 2018

Jakarta - Pemerintah akan kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Namun, pemerintah masih memproses formasi dan kuota CPNS 2018. Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga belum dapat
 
Senin, 2 April 2018 | 16:39:42

Harga Telur Merangkak Naik di Pasar Kebayoran Lama

 Jakarta Harga telur di pasar tradisional mulai dari telur ayam negeri, telur kampung hingga telur asin terpantau naik. Pedagang di Pasar Kebayoran Lama, Ning (24), memaparkan, telur ayam negeri yang ia j
 
Senin, 2 April 2018 | 11:27:59

Menhub Yakin Proyek Kereta Bandara Adi Soemarmo Selesai Desember 2018

Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yakin pembangunan jalur kereta bandara Adi Soemarmo di Solo dapat selesai pada Desember 2018. Pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Solo Bal
 
 
 
Terpopuler

1

24 Apr 2018 10:43 | 88 views
Ekonomi
Dolar AS Nyaris Rp 14.000, Utang Pemerintah Bengkak

2

21 Apr 2018 10:26 | 85 views
Bisnis
Rupiah Lesu, Laju IHSG Perkasa Selama Sepekan

4

24 Apr 2018 10:33 | 50 views
Ekonomi
Rupiah Anjlok, BI: Mata Uang Negara Maju Juga Melemah
 
 
 
 
 
 
Top