iklan Situs
 
Senin, 17 Juli 2017 | 09:02:11
Ekbis

Ingin Usaha Anda Langsung Untung Kurang dari 1 Tahun? Ini 5 Contekannya!

Sumber : Okezone.com

Sebarkan:
Okezone.com
Ilustrasi
MEMBANGUN bisnis sering kali menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang memang sejak awal tidak ingin bergabung dan bekerja dengan sebuah perusahaan milik orang lain. Hal ini sah-sah saja, selama memiliki mental yang kuat untuk terjun ke dunia bisnis secara langsung. Segala sesuatu tentu membutuhkan sebuah keseriusan yang maksimal, termasuk bisnis yang akan dibangun nanti.

Anda tentu paham bahwa untuk berhasil dan sukses dalam sebuah bisnis, seseorang bahkan bisa mengalami berkali-kali kegagalan terlebih dahulu, sebelum akhirnya meraih kesuksesan dalam bisnis yang dijalankan. Lalu, sudah siapkah Anda untuk memasuki dunia bisnis yang sesungguhnya?

Ketika membangun bisnis untuk pertama kalinya, jangan heran jika kelak akan bertemu sejumlah kendala, baik itu kendala dalam bentuk kecil atau bahkan besar sekalipun. Inilah dunia bisnis, di mana Anda harus bisa belajar, beradaptasi, atau bahkan bangkit dari kegagalan.

Risiko tentu akan selalu ada, jadi Anda tidak perlu khawatir. Sebab, pebisnis sukses sekalipun tentu akan memulai bisnisnya sambil belajar di dalam bisnis itu sendiri. Meski sejumlah risiko dan juga kendala mungkin akan menghadang langkah dalam berbisnis, namun hal ini juga tentu berbanding lurus dengan sejumlah peluang sukses di bidang tersebut.

Jangan salah, jika Anda berupaya dengan baik, bisnis yang dirintis bisa saja sukses dalam waktu yang singkat. Lupakan tahun-tahun yang panjang, sebab bisnis juga bisa berhasil dalam kurun waktu kurang dari setahun saja. Hal ini tentu harus dibarengi dengan sejumlah strategi yang tepat dan efisien.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha yang dapat menghasilkan keuntungan dalam kurun waktu kurang dari setahun, simak beberapa tips berikut ini:

1. Bangun dan Maksimalkan Personal Brand

Apa bisnis yang dijalankan? Bagaimana menjalankannya? Siapa saja yang akan menjadi konsumen di dalam bisnis Anda? Hal-hal seperti ini tentu akan terlintas di benak ketika akan mulai berbisnis. Ini sangat penting untuk dipahami sejak awal, agar Anda tidak memulai bisnis dalam keadaan "gelap gulita" dan tanpa tujuan yang jelas.

Setelah beberapa pertanyaan di atas, Anda wajib membangun personal brand bagi bisnis tersebut. Orang perlu mengetahui bisnis Anda, jadi perkenalkan kepada mereka. Lakukan hal ini dengan profesional dan terarah, sehingga secara bertahap bisnis akan dikenal secara luas.

Dengan begitu, Anda akan memiliki segmen pasar yang lebih banyak lagi, sebab ada banyak orang yang telah mengenal dan bahkan kemungkinan akan mencoba produk tersebut. Membangun personal brand ini mungkin tidak akan mudah, untuk itu siapkan mental secara maksimal untuk melakukannya, sebab kelancaran bisnis juga akan sangat dipengaruhi oleh hal ini.

2. Gunakan Jaringan untuk Pemasaran

Bisnis berjalan, namun belum memiliki pasar yang tepat? Ini juga bisa menjadi kendala yang sangat besar. Atasi hal ini dengan tepat, yakni dengan menerapkan sejumlah strategi pemasaran yang efisien. Promosi, tentu menjadi hal yang wajib untuk digencarkan. Namun selain hal itu, Anda juga harus memiliki pasar potensial lainnya yang lebih mudah dicapai.

Manfaatkan jaringan yang dimiliki, misalnya kerabat, teman, rekan kerja, atau bahkan keluarga. Jika memiliki jaringan yang cukup luas dan potensial untuk pasar bisnis tersebut, bisa saja akan mendapatkan sejumlah keuntungan besar atas hal tersebut. Hal ini bahkan akan jauh lebih mudah, terutama jika ternyata memang memiliki kemampuan yang baik untuk memperkenalkan bisnis tersebut kepada jaringan.

3. Berani Gagal dan Menerima Penolakan

Anda tentu paham bahwa setiap usaha akan memiliki sejumlah risiko di dalamnya, bahkan meski dalam skala kecil sekalipun. Hal inilah yang harus Anda antisipasi sejak jauh-jauh hari. Jangan sampai tidak bisa mengambil keputusan yang tepat, hanya karena takut dengan sejumlah risiko yang akan ditanggung kelak atas keputusan tersebut.

Mental yang kuat akan membantu untuk lebih mudah dalam mengambil keputusan di dalam bisnis tersebut, tentunya dengan dibarengi sejumlah pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Ketika memulai sebuah bisnis, Anda wajib berani menerima kegagalan, termasuk sejumlah penolakan yang bisa saja datang menghampiri kapan saja.

4. Lakukan Evaluasi

Gagal tanpa sebuah perbaikan yang tepat, maka akan sama saja dengan mengulang kembali kegagalan tersebut. Anda akan jalan di tempat, tanpa melakukan perbaikan yang membawa bisnis ke arah yang lebih baik lagi. Jadilah pebisnis yang cerdas, yang dapat menerima kegagalan dan segera memahaminya serta dengan sigap beranjak untuk memperbaiki segala sesuatunya.

Dengan begitu, bisnis akan berjalan dengan kukuh dan semakin baik dari waktu ke waktu. Setiap orang sangat mungkin untuk mengalami kegagalan, namun yang kemudian membedakan seseorang yang sukses dengan yang gagal adalah cara mereka bangkit dan memperbaiki kegagalan tersebut dengan tepat.

5. Pahami dan Kembangkan Pengetahuan dengan Baik

Sukses tentu akan selalu membutuhkan usaha yang maksimal, termasuk sejumlah upaya untuk belajar dan belajar di dalam bisnis itu sendiri. Pahamilah kemampuan dengan tepat, sehingga dapat mengembangkannya dengan maksimal.

Dengan begitu, Anda akan terus tumbuh dan tumbuh menjadi pebisnis yang memiliki pengetahuan yang luas. Hal ini akan sangat membantu kesuksesan, sebab potensi akan selalu bertambah baik dari hari ke hari.

Siapkan dengan Baik Sejak Awal

Memulai sebuah bisnis mungkin bukanlah sebuah hal yang mudah, apalagi untuk membuatnya berkembang dan menghasilkan. Namun jika berupaya dengan semaksimal mungkin, Anda tentu bisa meraih kesuksesan di dalam bisnis yang dijalankan. Awali bisnis dengan langkah dan strategi yang tepat, sehingga bisa meraih keuntungan dengan cepat, bahkan kurang dari setahun saja sudah bisa mendapatkannya.(Okezone.com)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Sabtu, 18 November 2017 | 21:57:40

HGN 2017, Guru Miliki Peran Besar Cerdaskan Anak Bangsa

TEMBILAHAN - Menyambut datangnya Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 25 November, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyampaikan sebuah pesan tentang peran guru dalam p
Sabtu, 18 November 2017 | 20:07:50

Kasrem 031/Wira Bima Hadiri Rakor Camat di Riau

PEKANBARU Kasrem 031/Wira Bima Kolonel Czi I Nyoman Parwata  SE, M.Si, M.Tr (Han) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama seluruh Camat se-Indonesia regional barat.Rakornas tersebut secara
Sabtu, 18 November 2017 | 20:05:42

Terkait Kegiatan Fisik Tahun 2017 Di Wilayah Pinggir, Kadis Perkim : Tanya Ke UPT Saja

PINGGIR - Terkait sejumlah kegiatan fisik Tahun Anggaran 2017 milik Dinas Perkim yang berada di wilayah Kecamatan Pinggir, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Bengkalis, Gendraya R, ST.Msi m
Sabtu, 18 November 2017 | 17:25:12

Panglima TNI : Ulama Indonesia Ajarkan Umat Lindungi dan Hormati Umat Lainnya

JAKARTA-Para ulama di Indonesia selalu memberikan tausiyah agar seorang muslim untuk tidak arogan dan tidak pernah mengatakan kafir kepada orang lain serta mengajak umat muslim untuk melindungi dan menghormati
 
Berita Lainnya
Sabtu, 18 November 2017 | 08:48:20

TIPS LARIS: Lihat Sisi Emosional Pelanggan Anda, Bisa Buat Sukses Penjualan!

JAKARTA - Banyak jenis gaya dan teknik penjualan yang anda ketahui. Namun, apakah anda tahu teknik tersebut berhasil?Hal Ini benar-benar penting pada apa yang sesuai untuk Anda dan produk Anda. Pikirkan apa yan
 
Jumat, 17 November 2017 | 20:39:06

Antrian di SPBU Pasir Pengaraian, Warga Minta Pertamina Carikan Solusi

ROKANHULU -  Beginilah setiap sore hari hingga malam hari di setiap harinya di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau . Seperti yang terlihat di S
 
Jumat, 17 November 2017 | 16:50:55

Taati PBB, Singapura Minta Putus Hubungan dengan Korea Utara

JAKARTA - Keputusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan sanksi kepada Korea Utara (Korut) langsung direspons oleh Singapura. Singapura pun menghentikan hubungan perdagangan dengan Korea Utara, mitra dag
 
Jumat, 17 November 2017 | 16:49:22

Kalahkan Swedia hingga India, Tingkat Kepuasan Masyarakat RI di Peringkat Pertama

JAKARTA - Tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berbagai proyek infrastruktur terus digenjot. Hal itu ternyata membuat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah terus mening
 
Jumat, 17 November 2017 | 10:40:14

BUSINESS HITS: UMP Indonesia Naik Lebih Tinggi dari Malaysia dan Singapura

JAKARTA - Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta sebesar 8,71% dianggap masih rendah oleh para buruh. Padahal, kenaikan upah minimum tersebut sudah seusai dengan aturan Kementerian Tenaga Kerja.Melansir businessin
 
Jumat, 17 November 2017 | 10:37:57

BUSINESS HITS: Jadi Tuan Rumah Pameran Bisnis ASEAN 2018, Indonesia Incar Rp8,2 Triliun

JAKARTA Indonesia akan menjadi negara pertama sebagai tuan rumah penyelenggara pameran MICE/Busines Event ASEAN 2018 dengan target mendatangkan 500 buyers dan potensi bisnis mencapai Rp8,2 triliun.Penyelengga
 
Jumat, 17 November 2017 | 10:30:59

Investor Pertimbangkan Data Ekonomi AS, Dolar Bergerak Variasi

NEW YORK - Kurs dolar AS diperdagangkan beragam terhadap mata uang utama lainnya pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena para investor mempertimbangkan beberapa data ekonomi terbaru.Di bidang ekonomi AS, klaim awal
 
Kamis, 16 November 2017 | 11:22:08

BUSINESS HITS: Kala Menperin dan Menhub "Berebut" Pamerkan Pembangunan Indonesia

KEDIRI - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan Dialog Nasional ke-5 Sukses Indonesiaku untuk memaparkan kemajuan berbagai program pembangunan pemerintahan
 
Kamis, 16 November 2017 | 11:18:19

BUSINESS HITS: Oktober, Neraca Dagang Indonesia Diyakini Cuan USD1,3 Miliar

JAKARTA - Hari ini, Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis neraca perdagangan selama bulan Oktober 2017. Adapun neraca perdagangan Indonesia sepanjang bulan lalu surplus sebesar USD1,76 miliar.Ekonom Indef Bh
 
Kamis, 16 November 2017 | 10:50:54

Pakai Dana APBN, Pembangunan Bendungan Kuwil Butuh Dana Rp1,2 Triliun

MANADO - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan konstruksi bendungan Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) menyerap anggaran sebesar Rp
 
Kamis, 16 November 2017 | 10:49:00

Incar Rp8,2 Triliun, Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Bisnis ASEAN 2018

JAKARTA Indonesia akan menjadi negara pertama sebagai tuan rumah penyelenggara pameran MICE/Busines Event ASEAN 2018 dengan target mendatangkan 500 buyers dan potensi bisnis mencapai Rp8,2 triliun.Penyelengga
 
Rabu, 15 November 2017 | 16:50:40

Tak Sanggup Bayar Utang, S&P Ultimatum Default Venezuela

JAKARTA - Embargo Amerika Serikat (AS) kepada Venezuela nampaknya menjadi bencana bagi negera eksportir minyak tersebut. Pasalnya, krisis di Venezuela telah menjadi krisis kemanusiaan, karena utangnya yang meng
 
Rabu, 15 November 2017 | 16:12:22

Tak Bisa Dibendung, OJK Kawal Perkembangan Keuangan Digital di RI

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan akan mengawal perkembangan keuangan digital yang saat ini semakin merajalela. Dengan perkembangan teknologi, maka keuangan digital mulai merambah setiap transak
 
Rabu, 15 November 2017 | 15:55:00

Bangun 2 Pabrik, Austindo Butuh Dana USD23 Juta

JAKARTA - Guna mendorong kapasitas produksi, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) berencana membangun pabrik kelapa sawit baru serta pabrik pengolahan edamame. Untuk membangun dua pabrik ini, kabarnya perseroa
 
Rabu, 15 November 2017 | 15:46:36

Lahan Terkendala, Pengerjaan Tol Padang-Pekanbaru Dihentikan

PADANG - Pengerjaan jalan tol Padang-Pekanbaru tahap I dari Padang menuju Sicincin, Padang Pariaman, Sumatera Barat dihentikan sementara hingga data pemilik lahan diinventarisasi dan ganti kerugian dilaksanakan
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top