Iklan pelantikan 45 Anggota DPRD Rohul
 
Rabu, 30 Oktober 2019 | 18:27:02

Sekda Rohul Berterima Kasih Untuk Diskusi Publik Yang Digelar UPP

Laporan : fahrin Waruhu

Sebarkan:
fahrin
Foto bersama Sekda H.Abdul Haris S.Sos, M.Si, Rektor UPP Dr. Adolf Bastian, M. Pd, Panelis Diskusi dan undangan lainnya.

ROKAN HULU - Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,Diskusi Publik , "20 Tahun Rohul, Masikah Kita Miskin? dilaksakan di Aula Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Rabu, (30/10)2019).Diskusi ini terkait angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), masih yang tertinggi di Provinsi Riau, yakni bertengger pada angka 10.91 persen dari data penduduk sesuai data Badan Pusat Stastik (BPS) Rokan Hulu.

 

Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Rohul juga masih rendah yakni pada angka 68, sementara Provinsi Riau sudah pada Angka 70 sesuai penyampaian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rokan Hulu.

 

Diskusi  ditaja UPP, hadir Rektor UPP Dr. Adolf Bastian, M. Pd bersama dosen lainnya, Ketua Koni Rohul Khairul Fahmi, dengan moderator Lufita Nur Alfiah M.Si, Penelis masing-masing ada Kepala BPS Rokan Hulu Harri Prasetyo SST MSi, Legislatif Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST, perwakilan akademisi atau tokoh masyarakat Riau Prof DR Irwan Effendi, Mantan Sekda  dan mantan Ketua Bappeda Rohul dan Asisten II Pemprov Riau H Masperi, Dekan Fakultas Ekonomi UP Arrafiqurrahman, SE MM.

Dari Pemkab Rokan Hulu Sekda H. Abdul Haris S.Sos, M.Si mewakili Bupati Sukiman, Kepala Dinas Prawisata dan Kebudayaan Drs.Yusmar M.Si, perwakilan, Dinas Sosial PPPA, Dinas Perkebunan dan Perikanan. Peserta dari Organisasi Kepemudaan, Organisasi Wartawan, Partai Politik, Aktifis, LSM dan Mahasiswa.

Kepala BPS Rohul Harri Prasetyo mengatakan data angka kemiskinan yang saat ini yang menjadi bahan diskusi merupakan data yang sah sesuai hasil foto BPS Rokan Hulu seluruh wilayah Rokan Hulu."Sumber data utama yang dipakai adalah data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Panel Modul Konsumsi dan Kor," katanya.

Terlihat selama diskusi secara bergantian diberi waktu oleh mederator dari 1-5 sejumlah peserta memberikan pandangan serta masukan dalam rangka menanggapi angka kemiskinan di Rokan Hulu hingga masukkan untuk bagaimana cara mengurangi angka kemiskinan itu sendiri kedepan. Sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

"Kami berharap, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melakukan langkah positif untuk mengurangi angka kemiskinan yang sudah sama-sama kita diskusikan ini," kata beberapa peserta.

Sementara itu Sekda Abdul Haris mangaku BPS miliki satu data angka kemiskinan dan data tersebut  tidak diragukan, memang BPS miliki kewenangan dalam melakukan foto di wilayah Rohul, namun kata Sekda Pemkab Rohul terus melakukan program menyentuh kepada masyarakat.

 

Sesuai datanya dari tahun 2014 12.03, 2011 10.66, 2012 10.12, 2013 10.56, 2014 10.13, 2015 10.05, 2016 11.05 2017 10 .91 2018 10.95 persen dan Kemiskinan berbagai jenis, sedangkan penghambat menekan angka kemiskinan, juga karena terbatas Insfratruktur,  namun hal ini yang akan kita tingkatkan lagi kedepan.

"Sementara meningkatnya angka kemiskinan, juga bisa dari perkembangan penduduk," katanya.Sekda mewakili Bupati Sukiman juga mengaku bahwa Pemerintah Rokan Hulu mengucapkan terima kasih terhadap adanya kegiatan diskusi ditaja UPP yang luar biasa. Pihaknya sudah mendengarkan berbagai pendapat, tanggapan dan masukan, mulai dari data-data ini kan data BPS yang memang sesuai undang-undang 39 2019 BPS adalah pemegang data-data di Indonesia terutama pada data statistik.

"Jadi kita menanggapi dengan positif kegiatan hari ini dan seluruh masukan akan kita coba nanti bicarakan di tingkat OPD yang ada. Terhadap masukan-masukan dari akademisi maupun beberapa tokoh tokoh, Ya tentu kita akan tindaklanjuti," tutur Sekda Rohul dalam wawancaranya.

Pemerintah Rokan Hulu sudah melakukan beberapa upaya terobosan sifatnya mulai dari pemenuhan infrastruktur namun sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, dan memang masih ada yang tidak sesuai harapan.

Ditahun di tahun 2017-2018 sudah membangun Jalan aspal kurang lebih 150 KM. Peningkatan ekonomi masyarakat juga sudah berbagai program sudah dilakukan seperti Koperasi UKM dan BUMDes serta ekonomi kreatif.

Ditema ini, jelasnya ekonomi ekonomi kreatif yang kita dorong lagi serta program pemberdayaan supaya bisa meningkatkan ekonomi pada masyarakat. Sedangkan data masyarakat miskin yang miliki hak penerima berbagai bantuan juga sudah dilakukan validasi data dan sudah kita kirim ke Pusdatin pusat data terpadu di Jakarta yang akan nanti turun untuk perbaikan.

"Data ini sangat berguna bagi kita dan memang kita bekerja dengan data, tanpa adanya data pekerjaan yang kita lakukan akan keluar dari jalurnya. Jadi kita berterimakasih kepada BPS Rokan Hulu, ke depan saya berkomunikasi dengan kepala BPSnya, sehingga data-data lain yang harus di berikan oleh BPS kepada kita, karena BPS kan tugasnya memotret melalui penelitiannya secara macro," tutur Sekda Rohul.

Ditempat yang sama Rektor UPP Adolf Bastian berharap diskusi dilaksanakan UPP mendorong kemajuan pembangunan dan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Rokan Hulu kedepan, karena dari diskusinya ada fakta nyatanya sesuai data dari BPS Rohul.

Rektor UPP juga menegaskan di acara ini, dirinya menggaris bawahibahawa tidak ada bermaksud  mendiskreditkan Pemerintah terutama Perintah Rokan Hulu, hari ini mudah-mudahan komunikasi mencari solusi bersama.

"Saya garis bawahi, bahwa kita tidak ingin bermaksud mendiskreditkan Pemerintah terutama Perintah Rokan Hulu, hari ini mudah-mudahan komunikasi mencari solusi bersama ini akan lahir di hari ini," jelasnya.

"Jawaban dan terobosan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mengurangi angka kemiskinan juga kita sangat apresiasi," pungkasnya..(Fah).

 


 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Jumat, 22 November 2019 | 14:06:50

Danpos Ramil 02/TP Hadiri Penilaian Akreditasi Puskesmas

RANTAU KOPAR- Babinsa Koramil 02/Tanah Putih Serma Tarmin Danpos Rantau Kopar menghadiri acara akreditas penilaian puskesmas Kecamatan Rantau Kopar, Jum'at (22/11/2019).Kegiatan Serma Tarmin ini mewakili D
Kamis, 21 November 2019 | 22:17:56

Irjenal Kasal Kunker Tolop Posal Sambu Fasharkan Mentingi Wing Udara 1 Dan Lanudal

TANJUNGPINANG Inspektorat Jenderal Angkatan Laut Kepala Staf Angkatan Laut (Irjenal Kasal) Laksamana Muda TNI Suselo,  melaksanakan kunjungan kerja ke Pos Angkatan Laut (Posal) Tolop, Posal Sambu, Fasili
Kamis, 21 November 2019 | 21:52:56

Ketua FORWARI Bengkalis Ajak Panitia Bekerja Maksimal Sukseskan Open Turnamen Forwari Futsal Cup I 2019

Bengkalis - Ketua Umum Forum Wartawan Kejaksaan Negeri (FORWARI) Bengkalis Erwin Syah Putra, S.Psi mengajak seluruh jajaran kepanitiaan Open Turnamen Forwari Cup I yang akan memperebutkan piala Kepala Kejari Be
Kamis, 21 November 2019 | 21:24:40

Anggota Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Berikan Layanan Kesehatan di Tenda Pengungsian

MALUKU-Pasca gempa berkekuatan 6.8 skala richter yang mengguncang Kota Ambon beberapa waktu lalu, para pengungsi masih terlihat di tenda-tenda yang terletak di komplek ketinggian Hatalesi, Komplek Mangga dan Ma
 
Berita Lainnya
Kamis, 21 November 2019 | 11:42:54

Faisal Basri Kritik Menko Luhut: Semua Diurus, Itu Calo atau Menteri

 Jakarta - Ekonom Senior, Faisal Basri mengungkapkan keheranannya atas nomenklatur atau penyatuan sektor maritim dan investasi di bawah satu menteri koordinator. Menurutnya, penyatuan t
 
Kamis, 21 November 2019 | 11:20:36

Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Baru Diumumkan 23 Desember 2019

 Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengemukakan bahwa pengumuman pemenang sayembara desain ibu kota barudilaksanakan pada 23 Desember 2019."Sebagaima
 
Kamis, 21 November 2019 | 10:14:26

Waspadai, 6 Tanda Lowongan Kerja Palsu

Jakarta Wisuda bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awalan dari dunia yang sebenarnya. Biasanya setelah wisuda, para lulusan baru atau fresh graduate akan melakukan berbagai cara untuk m
 
Selasa, 19 November 2019 | 13:31:06

Erick Thohir Sapu Bersih Semua Eselon I Kementerian BUMN

 Jakarta - Perombakan di struktur Kementerian BUMN bakal dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Setelah sebelumnya mengangkat dua Wakil Menteri, kini giliran jajaran Eselon I.Setidaknya s
 
Selasa, 19 November 2019 | 13:12:48

10 Formasi CPNS 2019 dengan Pelamar Terbanyak, Apa Saja?

 Jakarta Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu profesi yang paling diminati masyarakat Indonesia. Selain memperoleh gaji pokok, jam kerja, serta tunjangan, pensiunan PNS juga akan mendapatka
 
Selasa, 19 November 2019 | 12:57:39

Pelamar CPNS 2019 Tembus 3,3 Juta Orang

 Jakarta - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyampaikan data terbaru soal pelamar tes CPNS 2019. Secara real-time, pelamar hingga Selasa siang (19/11/2019) sudah menembus angka 3,3 juta pel
 
Rabu, 13 November 2019 | 23:16:23

Mari Mampir di Pecel Lele Pecahan Sorek Mas Gondrong

INHU-Telah di buka mulai siang bagi orang kantor di Pematangreba Pecel Lele pecahan Sorek disamping kantor pos dari Mas Gondrong, sekarang yang berada di Jalan Lintas Timur  Kelurahan Pematangreba tepatnya
 
 
Kamis, 31 Oktober 2019 | 20:48:13

Anda Mau Beruntung, Hadiri Grand Lunching EDRG di Pekanbaru: Ini Jadwalnya

INHU - Kalau tidak ada aral melintang, pada Sabtu 2 November 2019 akan diresmikan kantor cabang Indragiri Exchanger  dan Education Center Edinarcoin Gold di pekanbaru, tepatnya di jalan Paus Ujung no 9D be
 
Rabu, 30 Oktober 2019 | 18:27:02

Sekda Rohul Berterima Kasih Untuk Diskusi Publik Yang Digelar UPP

ROKAN HULU - Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,Diskusi Publik , "20 Tahun Rohul, Masikah Kita Miskin? dilaksakan di Aula Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Rabu, (30/10)2019).Diskusi ini terkait
 
Selasa, 29 Oktober 2019 | 18:26:09

Pemkab Rohul Terima WTP Dari BPK RI

ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu kembali menerima Pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ) Republik Indonesia (RI) melalui Perwakilan Provinsi Riau untuk
 
Selasa, 29 Oktober 2019 | 09:48:37

Rencana Pembukaan Seleksi CPNS 2019 Bikin Honorer Resah

Jakarta Keputusan pemerintah membuka 197 ribu formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 menuai protes honorer. Mereka menilai langkah ini tidak adil, karena tak mengakomodasi kepentingan honorer.Para
 
Selasa, 29 Oktober 2019 | 09:41:37

Cek Rincian Formasi CPNS 2019 di Pusat dan Daerah

Jakarta Sebanyak 152.286 formasi disiapkan pada seleksi CPNS 2019 yang akan dibuka pemerintah pada 11 November 2019. Pembukaan seleksi terbagi pada beberapa formasi. Salah satunya pada instansi Pusat
 
Senin, 28 Oktober 2019 | 12:59:52

Orang Kaya Ini Sumbang Harta Rp703 Miliar untuk Siswa Kurang Mampu

 Miliarder Rick Caruso dan istrinya, Tina, membantu siswa yang kesulitan dalam bersekolah. Ini terkuak setelah sekolah hukum Pepperdine mengabarkan mendapatkan uang sebesar USD 50 juta atau Rp703 miliar (1
 
Senin, 28 Oktober 2019 | 11:56:56

Ada 2 Wakil Menteri BUMN, Kebutuhan atau Politis?

Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menunjuk 2 Wakil MenteriBadan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Kartika Wirjoatmajo (Tiko) dan Budi Gunadi Sadikin (BGS). Keduanya akan memba
 
 
 
Terpopuler

1

19 Nov 2019 13:31 | 348 views
ekonomi

Erick Thohir Sapu Bersih Semua Eselon I Kementerian BUMN

3

19 Nov 2019 12:57 | 266 views

Pelamar CPNS 2019 Tembus 3,3 Juta Orang

5

21 Nov 2019 10:14 | 95 views
Bisnis

Waspadai, 6 Tanda Lowongan Kerja Palsu

 
 
 
 
Top