Iklan Sosial
 
Senin, 12 Maret 2018 | 11:55:52
Bisnis

Tenaga Honorer Ingin Dapat Gaji Setara UMP

Sebarkan:
JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai  Gaji, RPP Pensiun dan Jaminan Hari Tua (JHT) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam RPP tersebut para PNS akan mendapatkan kenaikan gaji dan tunjangan.

Namun hal berbeda justru dialami oleh para tenaga honorer yang tengah berupaya untuk mendapatkan kejelasan status agar bisa mendapatkan penghasilan yang layak.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Didi Supriyadi ‎mengatakan, alasan para tenaga honorer sangat ingin adanya pengakuan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah agar gaji yang diterimanya setara dengan upah minimum provinsi (UMP).

"Kalau sudah ada statusnya, ya minimal UMP," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (11/3/2018).

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya pengakuan dari pemerintah berupa keluarnya Surat Keputusan (SK), maka para tenaga honorer seperti guru bisa ikut dalam program sertifikasi. Dengan memiliki sertifikasi, maka guru honorer bisa mendapatkan tunjangan yang nilainya bisa mencapai Rp 2,5 juta.

‎"Ditambah dia bisa ikut sertifikasi. Kalau sudah tersertifikasi, dapat tunjangan antara Rp 2 juta-Rp 2,5 juta per bulan dari APBN. Selama ini guru-guru dari sekolah negeri tidak ada yang sertifikasi, karena tidak punya status. Syarat untuk bisa ikut sertifikasi harus ada SK dari bupati, walikota atau gubernur," jelas dia.

Jaminan Sosial

Selain itu, dengan adanya SK, maka tenaga honorer akan diikutsertakan dalam kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Dengan demikian, para tenaga honorer juga bisa bekerja dengan baik tanpa harus khawatir dipecat sewaktu-waktu.

"Kalau SK itu juga bisa masuk BPJS dan lain-lain. Tapi yang utama dalam hal kesejahteraan dan kenyamanan. Kalau sudah dapat SK kan bisa tenang dalam bekerja, ada dasar hukumnya. Jadi tidak perlu takut dipecat. Honorer ini kan khawatir dipecat, krena tidak punya status yang kuat," tandas dia.

Siapkan RPP

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PANRB tengah menyusun RPP tentang Gaji, RPP Pensiun dan JHT untuk PNS. Dalam RPP ini, penggajian Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS akan ditentukan melalui indeks penghasilan. Komponen dari indeks tersebut ada tiga, yaitu indeks gaji, persentase tunjangan kinerja dari gaji, dan indeks kemahalan daerah.

Dengan menggunakan indeks penghasilan ini, sebagian besar ASN akan mengalami kenaikan penghasilan. Tidak hanya di daerah, demikian juga ASN di pemerintah pusat.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman menjelaskan, dalam pembahasan RPP dipaparkan berbagai asumsi penghasilan berbagai golongan PNS jika RPP tersebut nanti disahkan.

"Itu juga masih simulasi dan sampai sekarang masih dalam pembahasan," kata Herman kepada wartawan, Jumat (9/3/2018).

Dari data RPP tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS yang diperoleh Liputan6.com, untuk level presiden, indeks penghasilan pejabat negara mencapai 96.000. Dengan indeks tersebut, maka penghasilan presiden per bulan mencapai Rp 553,4 juta atau setara Rp 6,6 miliar per tahun.

Sistem Gaji Lama Vs Gaji Baru

a. Gaji PNS Lama (PP No. 7 Tahun 1977)

1. Perbandingan Gaji Pokok Pangkat Terendah (Gol. I.a) : Gaji Pokok Pangkat Tertinggi (Gol. IV.e) sesuai amanat PP No. 7 Tahun 1977 yaitu 1 : 10 (Rp 12.000 : Rp 120.000)

2. Dengan makin besarnya gaji pokok, maka penghasilan pensiunan pun akan bertambah besar pula, karena gaji pokok adalah sebagai dasar penentuan besarnya pensiun pokok.

3. Perbandingan Gaji Pokok Pangkat Terendah (Gol. I.a) : Gaji Pokok Pangkat Tertinggi (Gol. IV.e) sesuai amanat PP No. 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Lampiran PP No. 7 Tahun 1977 sangat rendah, yaitu 1 : 3,786 (Rp1.486.500 : Rp5.620.300)

4. Gaji Pokok tidak selalu atau tidak setiap tahun dinaikkan karena akan berdampak ke Manfaat Pensiun Pokok sehingga diberikan:

a. Tunjangan Jabatan (Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional, dan Jabatan Fungsional Umum);

b. Tunjangan Kinerja (bervariasi antar instansi);

c. Tahun 2016 dan Tahun 2017 (direncanakan) diberikan Gaji ke-14 (dalam bentuk THR) sebagai pengganti kenaikan Gaji Pokok untuk menghindari kenaikan manfaat pensiun.

b. Gaji PNS baru

1. Gaji adalah imbalan yang dibayarkan kepada PNS sesuai dengan beban kerja, tanggungjawab, dan risiko pekerjaannya dan tercapai target kinerja dengan nilai "Cukup".

2. RPP Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS menyajikan Tabel Indeks Penghasilan yang terdiri dari Indeks Gaji, Persentase Tunjangan Kinerja dari Gaji, dan Indeks Kemahalan Daerah.

3. Perbandingan Indeks Gaji Pangkat Terendah (JA-1, JF-1) : Indeks Gaji Pangkat Tertinggi (JPT-I) yaitu 1 :12,698. referensi: Gaji PNS Pemerintah Amerika Tahun 2015 1: 11,219 (US$ 17.800 : US$ 199.700)

3. Besaran Rupiah ditetapkan di dalam Peraturan Presiden tentang Penghasilan PNS.

Dengan aturan tersebut, ada larangan bagi PNS atau ASN untuk menerima penghasilan dari sumber lain. Hal ini tertuang dalam Pasal 33 RPP tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS.

"Dengan diberlakukannya peraturan pemerintah ini, PNS dilarang menerima penghasilan lain dan/atau honorarium apa pun yang dananya bersumber dari APBN/APBD, BUMN/BUMD, badan usaha milik swasta, dan/atau lembaga internasional," tulis Pasal 33 Ayat (1).

Apabila PNS menerima penghasilan lain atau honorarium yang dananya bersumber sebagaimana dimaksud pada Ayat (1), maka PNS tersebut harus mengembalikan penghasilan lain atau honorarium yang telah diterima tersebut ke kas negara.

(Liputan6.com)


 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 19 Juni 2018 | 17:56:40

Rata-rata Korban KM Sinar Bangun Komunitas Vespa, 49 Orang Belum Ditemukan

MEDAN - Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan menegaskan bahwa hingga saat ini, pengaduan korban kehilangan telah mencapai 49 orang dan bisa saja nama-nama korban pengaduan bertambah, seiring semak
Selasa, 19 Juni 2018 | 12:31:18

Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba Hingga ke Tanjung Unta

MEDAN-Tim gabungan terus berupaya mencari lebih dari 50 penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Pencarian menyisir hingga perairan Tanjung Unta, sekitar tiga mil laut (se
Senin, 18 Juni 2018 | 22:13:48

Sekda Inhil Hadiri Halal Bihalal Bersama Masyarakat GAS

GAUNGANAKSERKA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir  (Inhil), H Said Syarifuddin menghadiri Halal Bihalal bersama masyarakat Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) yang digelar di Lapangan Terat
Senin, 18 Juni 2018 | 21:39:13

Puluhan Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan

JAKARTA - Puluhan penumpang Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin (18/6) belum ditemukan.Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purw
 
Berita Lainnya
Rabu, 13 Juni 2018 | 13:48:45

Harga Tiket Pesawat Tak Wajar saat Mudik Lebaran? Lapor ke Sini

Jakarta - Di musim mudik seperti ini, tarif tiket transportasi seperti pesawat terbang kerap mengalami kenaikan. Pemerintah pun telah mengatur tarif batas pesawat sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Perh
 
Rabu, 13 Juni 2018 | 11:06:53

PT KAI Diminta Jaga Privasi Penumpang Kereta Mewah Sleeper

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) meluncurkan kereta sleeper pada mudik Lebaran 2018. Dengan harga promo tiket sebesar Rp 900 ribu per orang, penumpang bisa merasakan fasilitas
 
Rabu, 13 Juni 2018 | 11:02:07

Pasokan menipis, harga cabai terus naik jadi Rp 48.000 per Kg

Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Karawang, Jawa Barat, meroket hingga mencapai Rp 48.000 per Kilogram (Kg) dua hari menjelang Lebaran 2018. Kenaikan tersebut dipicu minimnya pasokan yang di
 
Rabu, 13 Juni 2018 | 10:06:26

Pensiunan dan PNS yang Belum Dapat THR Bisa Diurus Usai Lebaran

Jakarta - Tahun ini pemerintah memutuskan untuk memberi tunjangan hari raya (THR) buat pensiunan PNS. Namun, rupanya tak semua dari mereka memperoleh THR. Salah satu kekecewaan tersebut diungkapkan pembaca deti
 
Selasa, 12 Juni 2018 | 11:57:20

Ada Lowongan Kerja Terbaru di BUMN Konstruksi Ini, Apa Persyaratannya?

Jakarta - Salah satu BUMN Konstruksi besar di Indonesia, yaitu PT Brantas Abipraya (Persero) kembali membuka lowongan kerja terbaru. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 22 Juni 2018. Kali ini, PT Brantas
 
Selasa, 12 Juni 2018 | 11:12:08

OPEC Tak Pasti Genjot Produksi Bikin Harga Minyak Naik Tipis

New York - Harga minyak sedikit berubah pada awal pekan ini didorong komentar dari Menteri Perminyakan Irak yang meragukan apakah Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan memutuskan untuk meningkatka
 
Selasa, 12 Juni 2018 | 11:05:24

Penerimaan CPNS 2018 Bakal Dibuka 27 Juni? Ini Penjelasan BKN

Jakarta - Pemerintah akan kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Namun sejauh ini banyak isu yang menyebut jika pembukaan CPNS 2018 ini akan dilaksanakan pada 27 Juni
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:20:09

5 Peluang Usaha yang Bikin Kantong Tebal Jelang Lebaran, Nomor 4 Patut Dicoba

JAKARTA - Setiap menjelang Lebaran biasanya akan muncul berbagai bisnis dadakan yang biasanya berwujud usaha rumahan. Bisnis musiman Lebaran itu antara lain mulai dari kuliner, barang, maupun jasa. Beriku
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:18:04

Kim Jong Un Bertemu Donald Trump, Apa Dampaknya ke Ekonomi RI?

Jakarta - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bakal bertemu di Singapura. Keduanya kini sudah tiba dan akan segera bertemu.Beberapa kalangan menilai pertemuan terse
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:14:57

Supply Chain Indonesia Puji Bea Cukai Tetap Buka Layanan di Hari Libur Lebaran

JAKARTA - Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi Direktorat Jenderal Bea & Cukai (DJBC) yang membuka kantor pelayanan dalam masa libur dan cuti bersama Idul Fitri 1439 H pada tanggal 11-20 Juni 2018.
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:12:43

THR Cair, Banyak Orang Ambil Motor Baru

Jakarta - Tunjangan hari raya (THR) sudah cair sejak pekan lalu. Hal ini turut mendorong permintaan sepeda motor baik menggunakan skema kredit maupun pembayaran tunai.Salah satu petugas pemasaran dealer m
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:07:38

Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I Dibuka Buat Mudik

Jakarta - Guna meningkatkan layanan pengguna jalan pada arus mudik dan balik Lebaran 2018, jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I, yakni ruas Simpang Susun Tanjung Morawa-Simpang Susun Parbarakan m
 
Senin, 11 Juni 2018 | 11:36:10

Buruan Daftar, Ada Lowongan Kerja Terbaru di Honda Prospect Motor

Jakarta - Yuk, segera persiapkan diri Anda semaksimal mungkin karena PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali membuka lowongan kerja terbaru. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 6 Juli 2018. Perusahaan yang
 
Sabtu, 9 Juni 2018 | 14:43:32

Mal Ramai-ramai Beri Diskon Jelang Lebaran, Ini Lokasinya

Jakarta - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) telah merilis jadwal diskon besar-besaran saat malam hari atau yang dikenal midnight sale. Acara tersebut juga biasanya hanya dilakukan menjelang
 
Sabtu, 9 Juni 2018 | 14:37:49

Berangkatkan 2.048 peserta mudik gratis, PT Taspen bekali asuransi senilai Rp 25 juta

PT Taspen (Persero) memberangkatkan sebanyak 2.048 pemudik gratis dalam kegiatan rutin tahunan Mudik Bareng Taspen tahun 2018. Jumlah tersebut, terdiri dari 848 penumpang kereta api dan 1.200 penumpang bu
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top