Iklan Sosial
 
Selasa, 14 November 2017 | 10:23:17
Ekbis

Keberadaan Bitcoin Cs Bisa Guncang Ekonomi Global, Benarkah?

Sumber : Okezone.com

Sebarkan:
Reuters
Ilustrasi Bitcoin.
JAKARTA Walaupun sarat kontroversi, tren bitcoin bakal sulit ditahan. Hingga kini penggunaan mata uang virtual tersebut semakin masif. Di Indonesia, penggunaannya sudah banyak dan semakin berkembang.

Keberadaan bitcoin sebagai alat transaksi semakin luas dengan keberadaan teknologi blockchain karena transaksi keuangan lebih efisien, cepat, dan aman. Wilayah penggunaannya pun semakin luas seperti telekomunikasi, kelistrikan, bahkan pengobatan.

Meskipun menawarkan banyak nilai tambah bila dibandingkan dengan mata uang kon vensional, bagi pihak yang ingin memanfaatkan sejenis crypto currency tersebut perlu lebih berhati-hati. Kewaspadaan perlu ditujukan atas legalitas dan jaminan keamanan penggunaan bitcoin.

Mungkin karena alasan tersebut, hingga kini sejumlah negara seperti China, Islandia, India, Rusia, dan Swedia tegas melarang penggunaannya. Perlunya kewaspadaan ini di antaranya disampaikan ekonom Institute for Development of Economics and Fi nance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara dan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman.

Bhima meminta masyarakat berhati-hati karena bitcoin sudah menjadi alat spekulasi. "Orang membeli bitcoin sama dengan beli pohon anturium, batu akik, ikan louhan, dan komoditas spekulasi lainnya. Bayangkan kalau bitcoin gelembungnya pecah, ekonomi dunia bisa krisis. Di Indonesia saja sudah 200.000 orang lebih bermain bitcoin. Angkanya akan naik signifikan," jelasnya.

Dia mengakui bitcoin melalui teknologi blockchain mampu mendukung transaksi keuangan yang lebih efisien, cepat, dan aman. Namun sayangnya sejak 2014 bitcoin lebih digunakan sebagai ajang spekulasi. Kenaikannya dalam 3 tahun lebih dari 1.000%. Ini tentu berbahaya karena mirip dengan gelembung aset atau bubble.

Di sisi lain, dia juga melihat underlying asset bitcoin tidak jelas, beda dengan mata uang resmi yang dikeluarkan oleh bank sentral. Belum lagi mata uang digital sering dijadikan medium transaksi gelap seperti dana korupsi, narkoba, judi, dan prostitusi. Karena itulah Bhima meminta pemerintah, dalam hal ini Bank Indonesia, untuk melakukan mitigasi risiko.

"Jadi Bank Indonesia benar-benar harus melakukan mitigasi risiko. Jika harga bitcoin bergerak terlalu liar dan membahayakan, platform transaksi onlinenya bisa di-suspend," ujar dia.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman menegaskan bahwa Bl tidak mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Karena itu dia meminta masyarakat agar berhati-hati supaya terhindar dari kerugian yang tidak perlu.

"Sebagaimana yang pernah disampaikan di beberapa kesempatan, Bl tidak mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di lndonesia. Karena tidak diakui, masyarakat agar berhati-hati supaya terhindar dari kerugian yang tidak perlu," ucapnya saat dihubungi kemarin.

Perlunya kewaspadaan terhadap bitcoin tidak berlebihan. Sejak jaringan bitcoin dibuka dan digunakan secara internasional pada Januari 2009, satu per satu kerentanan bermunculan. Pada 2014, misalnya, MtGox dibekukan karena ada bug dalam perangkat lunak yang mendukung bitcoin yang memungkinkan peretas mencurinya.

Hal ini kemudian terbukti setelah polisi Jepang menangkap Mark Karpeles, Kepala MtGox Bitcoin, atas hilangnya mata uang virtual senilai USD390 juta (Rp5,2 triliun).
Indonesia Harus Antisipasi

Perkembangan ekonomi digital membuat penggunaan alat transaksi digital seperti bitcoin sulit dihindarkan. Karena itulah pemerintah dalam hal ini BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu melakukan antisipasi, termasuk mempersiapkan infrastrukturnya. Pandangan ini di antaranya disampaikan anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate.

"Platform untuk digital emoney itu harus disiapkan dengan baik. Kita tidak bisa cegah seperti bitcoin, pembiayaan platform digital, dll. Yang namanya fintech itu akan berjalan dan tidak akan bisa kita cegah," katanya kemarin.

Dengan adanya perkembangan tersebut, dia berharap pemerintah memperhatikan kenyamanan nasabah, terutama terkait transaksi pembayaran. "Lalu yang berhubungan dengan undang-undang uang RI. Kan syarat UU RI harus diperhatikan jangan sampai ada implikasi hukum," paparnya.

Pandangan serupa disampaikan pengamat teknologi informasi (TI) Heru Sutadi. Dia pun meminta pemerintah dan industri segera menyiapkan infrastruktur ekonomi dengan basis teknologi digital baik secara regulasi maupun edukasi di masyarakat.

Perubahan harus dilakukan cepat atau lambat karena masyarakat Indonesia bisa mengaksesnya. "Saat ini regulator melindungi pengguna dan pelaku industri keuangan. Itu wajar saja sehingga tren digital payment lebih berkembang karena perusahaan startup. Kita sudah telat dibandingkan negara lain karena lambatnya perubahan UU dan aturan lainnya.

Teknologi baru butuh edukasi karena masyarakat cukup antusias. Terbukti produk GoPay cepat tersebar," ujar Heru dalam diskusi mengenai transformasi keuangan digital hari ini di Jakarta.

Dia lantas menuturkan keunggulan blockchain karena mampu mempertukarkan data. Menurut dia, teknologi ini melakukan pencatatan transaksi terintegrasi dengan teknologi modern, dengan kode unik yang tidak bisa diubah. Hal ini akan merevolusi cara kerja internet, perbankan, dan hal lainnya.

"Blockchain banyak bermanfaat untuk efisiensi, transparansi, dan simplifikasi di berbagai sektor. Mulai untuk industri keuangan, kelistrikan hingga perkebunan. Jangan lang sung dito lak apabila ada yang negatif. Perkembangan teknologi pasti memiliki dua sisi," ujarnya.

Menurut dia, saat ini teknologi blockchain bisa ber manfaat di beberapa sektor seperti kesehatan untuk membantu data pasien antar-RS sehingga dapat memudahkan proses pengobatan. Bidang kelistrikan juga bisa terbantu apabila nanti penyediaan listrik dilakukan oleh swasta. Adapun dalam industri telekomunikasi bisa membantu pelanggan bertransaksi antaroperator.

"Saat ini memang eko sistem untuk blockchain belum sempurna di seluruh dunia. Tapi nantinya pasti menjadi lebih baik sehingga koneksi antar bank tidak perlu lagi lewat bank sentral sehingga peran bank sentral akan berkurang ke depannya," ujar dia.

Lebih jauh dia memaparkan, perkembangan masyarakat di gital membuat industri jasa keuangan perlu mengoptimalkan potensi tersebut agar zkue bisnis tidak diambil pihak asing. Dia pun menilai Indonesia tidak bisa menghindari ekonomi digital karena bisa memberikan dorongan lebih terhadap laju perekonomian Indonesia.

"Di sampaikan juga oleh Presiden Jokowi bahwa pertumbuhan ekonomi tidak akan mencapai 6%-7% jika ekonomi digital ini tidak dimaksimalkan. Kontribusi ekonomi digital ini bisa sekitar 1,2 % hingga 1,5 % tambahannya terhadap per tum buhan ekonomi," ungkapnya.

Dia tidak menampik ada sejumlah persoalan mengenai perkembangan ekonomi digital, termasuk di dalamnya keuangan digital di Indonesia. Salah satunya adalah kebijakan BI yang sangat berhati-hati. Terhadap kondisi ter ebut, dia menekankan perlunya solusi agar ekonomi digital bisa benar-benar memberi keuntungan.

"Saya sudah bicara ini sejak 2008, tapi mulai ramainya itu 1-2 tahun belakangan ini. BI memang saat itu terbilang moderat karena memang menekankan perihal KYC, adanya pengawasan ketat money laundry, tentang dana teroris, dan lainnya. Tapi saya rasa perlu ada upaya untuk bisa menyelesaikan tantangan ini," ujarnya. (Okezone.com)
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 19 Juni 2018 | 17:56:40

Rata-rata Korban KM Sinar Bangun Komunitas Vespa, 49 Orang Belum Ditemukan

MEDAN - Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan menegaskan bahwa hingga saat ini, pengaduan korban kehilangan telah mencapai 49 orang dan bisa saja nama-nama korban pengaduan bertambah, seiring semak
Selasa, 19 Juni 2018 | 12:31:18

Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Danau Toba Hingga ke Tanjung Unta

MEDAN-Tim gabungan terus berupaya mencari lebih dari 50 penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Pencarian menyisir hingga perairan Tanjung Unta, sekitar tiga mil laut (se
Senin, 18 Juni 2018 | 22:13:48

Sekda Inhil Hadiri Halal Bihalal Bersama Masyarakat GAS

GAUNGANAKSERKA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir  (Inhil), H Said Syarifuddin menghadiri Halal Bihalal bersama masyarakat Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) yang digelar di Lapangan Terat
Senin, 18 Juni 2018 | 21:39:13

Puluhan Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan

JAKARTA - Puluhan penumpang Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin (18/6) belum ditemukan.Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purw
 
Berita Lainnya
Rabu, 13 Juni 2018 | 13:48:45

Harga Tiket Pesawat Tak Wajar saat Mudik Lebaran? Lapor ke Sini

Jakarta - Di musim mudik seperti ini, tarif tiket transportasi seperti pesawat terbang kerap mengalami kenaikan. Pemerintah pun telah mengatur tarif batas pesawat sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Perh
 
Rabu, 13 Juni 2018 | 11:06:53

PT KAI Diminta Jaga Privasi Penumpang Kereta Mewah Sleeper

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) meluncurkan kereta sleeper pada mudik Lebaran 2018. Dengan harga promo tiket sebesar Rp 900 ribu per orang, penumpang bisa merasakan fasilitas
 
Rabu, 13 Juni 2018 | 11:02:07

Pasokan menipis, harga cabai terus naik jadi Rp 48.000 per Kg

Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Karawang, Jawa Barat, meroket hingga mencapai Rp 48.000 per Kilogram (Kg) dua hari menjelang Lebaran 2018. Kenaikan tersebut dipicu minimnya pasokan yang di
 
Rabu, 13 Juni 2018 | 10:06:26

Pensiunan dan PNS yang Belum Dapat THR Bisa Diurus Usai Lebaran

Jakarta - Tahun ini pemerintah memutuskan untuk memberi tunjangan hari raya (THR) buat pensiunan PNS. Namun, rupanya tak semua dari mereka memperoleh THR. Salah satu kekecewaan tersebut diungkapkan pembaca deti
 
Selasa, 12 Juni 2018 | 11:57:20

Ada Lowongan Kerja Terbaru di BUMN Konstruksi Ini, Apa Persyaratannya?

Jakarta - Salah satu BUMN Konstruksi besar di Indonesia, yaitu PT Brantas Abipraya (Persero) kembali membuka lowongan kerja terbaru. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 22 Juni 2018. Kali ini, PT Brantas
 
Selasa, 12 Juni 2018 | 11:12:08

OPEC Tak Pasti Genjot Produksi Bikin Harga Minyak Naik Tipis

New York - Harga minyak sedikit berubah pada awal pekan ini didorong komentar dari Menteri Perminyakan Irak yang meragukan apakah Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan memutuskan untuk meningkatka
 
Selasa, 12 Juni 2018 | 11:05:24

Penerimaan CPNS 2018 Bakal Dibuka 27 Juni? Ini Penjelasan BKN

Jakarta - Pemerintah akan kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun ini. Namun sejauh ini banyak isu yang menyebut jika pembukaan CPNS 2018 ini akan dilaksanakan pada 27 Juni
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:20:09

5 Peluang Usaha yang Bikin Kantong Tebal Jelang Lebaran, Nomor 4 Patut Dicoba

JAKARTA - Setiap menjelang Lebaran biasanya akan muncul berbagai bisnis dadakan yang biasanya berwujud usaha rumahan. Bisnis musiman Lebaran itu antara lain mulai dari kuliner, barang, maupun jasa. Beriku
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:18:04

Kim Jong Un Bertemu Donald Trump, Apa Dampaknya ke Ekonomi RI?

Jakarta - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bakal bertemu di Singapura. Keduanya kini sudah tiba dan akan segera bertemu.Beberapa kalangan menilai pertemuan terse
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:14:57

Supply Chain Indonesia Puji Bea Cukai Tetap Buka Layanan di Hari Libur Lebaran

JAKARTA - Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi Direktorat Jenderal Bea & Cukai (DJBC) yang membuka kantor pelayanan dalam masa libur dan cuti bersama Idul Fitri 1439 H pada tanggal 11-20 Juni 2018.
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:12:43

THR Cair, Banyak Orang Ambil Motor Baru

Jakarta - Tunjangan hari raya (THR) sudah cair sejak pekan lalu. Hal ini turut mendorong permintaan sepeda motor baik menggunakan skema kredit maupun pembayaran tunai.Salah satu petugas pemasaran dealer m
 
Senin, 11 Juni 2018 | 16:07:38

Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I Dibuka Buat Mudik

Jakarta - Guna meningkatkan layanan pengguna jalan pada arus mudik dan balik Lebaran 2018, jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I, yakni ruas Simpang Susun Tanjung Morawa-Simpang Susun Parbarakan m
 
Senin, 11 Juni 2018 | 11:36:10

Buruan Daftar, Ada Lowongan Kerja Terbaru di Honda Prospect Motor

Jakarta - Yuk, segera persiapkan diri Anda semaksimal mungkin karena PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali membuka lowongan kerja terbaru. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 6 Juli 2018. Perusahaan yang
 
Sabtu, 9 Juni 2018 | 14:43:32

Mal Ramai-ramai Beri Diskon Jelang Lebaran, Ini Lokasinya

Jakarta - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) telah merilis jadwal diskon besar-besaran saat malam hari atau yang dikenal midnight sale. Acara tersebut juga biasanya hanya dilakukan menjelang
 
Sabtu, 9 Juni 2018 | 14:37:49

Berangkatkan 2.048 peserta mudik gratis, PT Taspen bekali asuransi senilai Rp 25 juta

PT Taspen (Persero) memberangkatkan sebanyak 2.048 pemudik gratis dalam kegiatan rutin tahunan Mudik Bareng Taspen tahun 2018. Jumlah tersebut, terdiri dari 848 penumpang kereta api dan 1.200 penumpang bu
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top