iklan Situs
 
Senin, 13 November 2017 | 11:23:02
Ekbis

Waspadai Penggunaan Bitcoin, Gelembung Pecah Ekonomi Dunia Bisa Krisis?

Sumber : Okezone.com

Sebarkan:
Reuters
Ilustrasi
JAKARTA Walaupun sarat kontroversi, tren bitcoin bakal sulit ditahan. Hingga kini penggunaan mata uang virtual tersebut semakin masif. Di Indonesia, penggunaannya sudah banyak dan semakin berkembang.

Keberadaan bitcoin sebagai alat transaksi semakin luas dengan keberadaan teknologi blockchain karena transaksi keuangan lebih efisien, cepat, dan aman. Wilayah penggunaannya pun semakin luas seperti telekomunikasi, kelistrikan, bahkan pengobatan.

Meskipun menawarkan banyak nilai tambah bila dibandingkan dengan mata uang kon vensional, bagi pihak yang ingin memanfaatkan sejenis crypto currency tersebut perlu lebih berhati-hati. Kewaspadaan perlu ditujukan atas legalitas dan jaminan keamanan penggunaan bitcoin.

Mungkin karena alasan tersebut, hingga kini sejumlah negara seperti China, Islandia, India, Rusia, dan Swedia tegas melarang penggunaannya. Perlunya kewaspadaan ini di antaranya disampaikan ekonom Institute for Development of Economics and Fi nance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara dan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman.

Bhima meminta masyarakat berhati-hati karena bitcoin sudah menjadi alat spekulasi. "Orang membeli bitcoin sama dengan beli pohon anturium, batu akik, ikan louhan, dan komoditas spekulasi lainnya. Bayangkan kalau bitcoin gelembungnya pecah, ekonomi dunia bisa krisis. Di Indonesia saja sudah 200.000 orang lebih bermain bitcoin. Angkanya akan naik signifikan," jelasnya.

Dia mengakui bitcoin melalui teknologi blockchain mampu mendukung transaksi keuangan yang lebih efisien, cepat, dan aman. Namun sayangnya sejak 2014 bitcoin lebih digunakan sebagai ajang spekulasi. Kenaikannya dalam 3 tahun lebih dari 1.000%. Ini tentu berbahaya karena mirip dengan gelembung aset atau bubble.

Di sisi lain, dia juga melihat underlying asset bitcoin tidak jelas, beda dengan mata uang resmi yang dikeluarkan oleh bank sentral. Belum lagi mata uang digital sering dijadikan medium transaksi gelap seperti dana korupsi, narkoba, judi, dan prostitusi. Karena itulah Bhima meminta pemerintah, dalam hal ini Bank Indonesia, untuk melakukan mitigasi risiko.

"Jadi Bank Indonesia benar-benar harus melakukan mitigasi risiko. Jika harga bitcoin bergerak terlalu liar dan membahayakan, platform transaksi onlinenya bisa di-suspend," ujar dia.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman menegaskan bahwa Bl tidak mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Karena itu dia meminta masyarakat agar berhati-hati supaya terhindar dari kerugian yang tidak perlu.

"Sebagaimana yang pernah disampaikan di beberapa kesempatan, Bl tidak mengakui bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di lndonesia. Karena tidak diakui, masyarakat agar berhati-hati supaya terhindar dari kerugian yang tidak perlu," ucapnya saat dihubungi kemarin.

Perlunya kewaspadaan terhadap bitcoin tidak berlebihan. Sejak jaringan bitcoin dibuka dan digunakan secara internasional pada Januari 2009, satu per satu kerentanan bermunculan. Pada 2014, misalnya, MtGox dibekukan karena ada bug dalam perangkat lunak yang mendukung bitcoin yang memungkinkan peretas mencurinya.

Hal ini kemudian terbukti setelah polisi Jepang menangkap Mark Karpeles, Kepala MtGox Bitcoin, atas hilangnya mata uang virtual senilai USD390 juta (Rp5,2 triliun).
Indonesia Harus Antisipasi

Perkembangan ekonomi digital membuat penggunaan alat transaksi digital seperti bitcoin sulit dihindarkan. Karena itulah pemerintah dalam hal ini BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu melakukan antisipasi, termasuk mempersiapkan infrastrukturnya. Pandangan ini di antaranya disampaikan anggota Komisi XI DPR Johnny G Plate.

"Platform untuk digital emoney itu harus disiapkan dengan baik. Kita tidak bisa cegah seperti bitcoin, pembiayaan platform digital, dll. Yang namanya fintech itu akan berjalan dan tidak akan bisa kita cegah," katanya kemarin.

Dengan adanya perkembangan tersebut, dia berharap pemerintah memperhatikan kenyamanan nasabah, terutama terkait transaksi pembayaran. "Lalu yang berhubungan dengan undang-undang uang RI. Kan syarat UU RI harus diperhatikan jangan sampai ada implikasi hukum," paparnya.

Pandangan serupa disampaikan pengamat teknologi informasi (TI) Heru Sutadi. Dia pun meminta pemerintah dan industri segera menyiapkan infrastruktur ekonomi dengan basis teknologi digital baik secara regulasi maupun edukasi di masyarakat.

Perubahan harus dilakukan cepat atau lambat karena masyarakat Indonesia bisa mengaksesnya. "Saat ini regulator melindungi pengguna dan pelaku industri keuangan. Itu wajar saja sehingga tren digital payment lebih berkembang karena perusahaan startup. Kita sudah telat dibandingkan negara lain karena lambatnya perubahan UU dan aturan lainnya.

Teknologi baru butuh edukasi karena masyarakat cukup antusias. Terbukti produk GoPay cepat tersebar," ujar Heru dalam diskusi mengenai transformasi keuangan digital hari ini di Jakarta.

Dia lantas menuturkan keunggulan blockchain karena mampu mempertukarkan data. Menurut dia, teknologi ini melakukan pencatatan transaksi terintegrasi dengan teknologi modern, dengan kode unik yang tidak bisa diubah. Hal ini akan merevolusi cara kerja internet, perbankan, dan hal lainnya.

"Blockchain banyak bermanfaat untuk efisiensi, transparansi, dan simplifikasi di berbagai sektor. Mulai untuk industri keuangan, kelistrikan hingga perkebunan. Jangan lang sung dito lak apabila ada yang negatif. Perkembangan teknologi pasti memiliki dua sisi," ujarnya.

Menurut dia, saat ini teknologi blockchain bisa ber manfaat di beberapa sektor seperti kesehatan untuk membantu data pasien antar-RS sehingga dapat memudahkan proses pengobatan. Bidang kelistrikan juga bisa terbantu apabila nanti penyediaan listrik dilakukan oleh swasta. Adapun dalam industri telekomunikasi bisa membantu pelanggan bertransaksi antaroperator.

"Saat ini memang eko sistem untuk blockchain belum sempurna di seluruh dunia. Tapi nantinya pasti menjadi lebih baik sehingga koneksi antar bank tidak perlu lagi lewat bank sentral sehingga peran bank sentral akan berkurang ke depannya," ujar dia.

Lebih jauh dia memaparkan, perkembangan masyarakat di gital membuat industri jasa keuangan perlu mengoptimalkan potensi tersebut agar zkue bisnis tidak diambil pihak asing. Dia pun menilai Indonesia tidak bisa menghindari ekonomi digital karena bisa memberikan dorongan lebih terhadap laju perekonomian Indonesia.

"Di sampaikan juga oleh Presiden Jokowi bahwa pertumbuhan ekonomi tidak akan mencapai 6%-7% jika ekonomi digital ini tidak dimaksimalkan. Kontribusi ekonomi digital ini bisa sekitar 1,2 % hingga 1,5 % tambahannya terhadap per tum buhan ekonomi," ungkapnya.

Dia tidak menampik ada sejumlah persoalan mengenai perkembangan ekonomi digital, termasuk di dalamnya keuangan digital di Indonesia. Salah satunya adalah kebijakan BI yang sangat berhati-hati. Terhadap kondisi ter ebut, dia menekankan perlunya solusi agar ekonomi digital bisa benar-benar memberi keuntungan.

"Saya sudah bicara ini sejak 2008, tapi mulai ramainya itu 1-2 tahun belakangan ini. BI memang saat itu terbilang moderat karena memang menekankan perihal KYC, adanya pengawasan ketat money laundry, tentang dana teroris, dan lainnya. Tapi saya rasa perlu ada upaya untuk bisa menyelesaikan tantangan ini," ujarnya.
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Senin, 22 Januari 2018 | 05:16:55

Deklarasi Pasangan AYO, Suyatno Lepas Gerak Jalan Santai

PEKANBARU-Deklarasi Pasangan incumbent Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno, Minggu (21/1/2018) pagi di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru kemarin, Pasangan Calon Wakil Gubernur, H.Suyatno  melepas gerak jalan santai y
Senin, 22 Januari 2018 | 04:52:14

Airlangga: Andi-Yatno Lebih Berpengalaman Mengurus Pemerintahan

PEKANBARU, - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto berkeyakinan Pasangan Calon Gubernur Riau Arsyadjuliandi Andi Rachman dengan Suyatno akan memenangkan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 27 Juni 2018
Senin, 22 Januari 2018 | 04:44:25

TNI Kirim Tim Kesehatan ke Kampung Pedam Distrik Okbibab

JAKARTA-Tim Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) diantaranya terdiri dari 7 (tujuh) orang dokter spesialis yaitu spesialis anak, penyakit dalam, penyakit kulit dan obsgyn, yang saat ini sedang melaksa
Senin, 22 Januari 2018 | 04:34:19

Andi Rachman : Lanjutkan Kepemimpinan Tanpa Asap

PEKANBARU-Pasangan incumbent Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno resmi dideklarasikan, Minggu (21/1/2018) pagi di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto memberikan tiga amanah
 
Berita Lainnya
Minggu, 21 Januari 2018 | 10:26:47

Tak perlu SNI mainan impor buat koleksi pribadi

JAKARTA - Petugas Bea Cukai menahan mainan yang dibawa Faiz Ahmad dari luar negeri. Harganya kurang lebih Rp 450 ribu. Mainan itu tidak bisa keluar tanpa sertifikasi SNI. Faiz kesal. Perlu uang Rp 7 sampai
 
Minggu, 21 Januari 2018 | 10:19:40

80 Ribu Rumah Tangga Bakal Nikmati Gas Bumi pada 2018

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membangun jaringan gas rumah tangga hingga 80 ribu sambungan pada 2018. Dengan begitu masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut dapat m
 
Minggu, 21 Januari 2018 | 09:48:38

Gaji Pas-Pasan tapi Mau Investasi? Inilah Caranya

Jakarta - Popularitas investasi kian meningkat. Dari waktu ke waktu, jumlah investor di Indonesia semakin bertambah. Hal ini terjadi karena perubahan pola pikir masyarakat yang semakin maju. Artinya, tidak
 
Minggu, 21 Januari 2018 | 09:44:50

Jokowi Resmikan Tol Pertama di Lampung pada 21 Januari

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket 1 segmen I C (Pelabuhan Bakauheni) sepanjang 8,9 KM. Jalan tol ini dibangun pada 2016-2018. Selain itu,
 
Minggu, 21 Januari 2018 | 08:09:34

Kerja dengan Gaji Rp 8 juta di Transjakarta? Cek Lowongannya

Jakarta - Kabar gembira bagi Anda yang ingin memiliki gaji Rp 6-8 juta. Sebab, PT Transjakarta kembali membuka lowongan pekerjaan untuk pengemudi bus Transjakarta dan juga back office. Melansir laman resmi Tr
 
Sabtu, 20 Januari 2018 | 11:09:20

Kado awal 2018, pemerintah Jokowi impor beras hingga garam industri

Presiden Joko Widodo pernah menyatakan kesedihannya jika mendengar laporan Indonesia masih melakukan impor pangan. Presiden Jokowi mengungkapkan ada beberapa komoditas pangan yang seharusnya Indonesia bis
 
Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:28:50

BKN: PNS Terlibat Korupsi Diberhentikan Tidak Terhormat

Jakarta Sebanyak 83 pegawai negeri sipil (PNS) di Sulawesi Utara masih berstatus aktif kendati terlibat tindak pidana korupsi. Para PNS akan diberhentikan bila terbukti bersalah. Berdasarkan keterangan tertuli
 
Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:22:11

Mau Liburan di 2018? Ini Tanggal Termurah untuk Naik Pesawat

Jakarta - Sudah menjadi hal yang rutin banyak orang untuk menyisihkan sebagian waktunya untuk liburan. Selain bisa menghindari diri dari kepenatan usai bekerja, liburan juga jadi solusi efektif untuk menai
 
Sabtu, 20 Januari 2018 | 10:19:44

Perhatikan 7 Hal Ini agar Pinjaman Lebih Bermanfaat

Jakarta - Memanfaatkan dana pinjaman menjadi pilihan terbaik saat kita membutuhkan uang. Ada banyak sumber dana pinjaman yang dapat dimanfaatkan. Sebut saja, bank, koperasi, dan kartu kredit. Akan tetapi,
 
Sabtu, 20 Januari 2018 | 09:46:22

Daftar Kota Termahal di Asia Tenggara, Jakarta Nomor Berapa?

Jakarta - Salah satu pertimbangan seseorang memilih tempat tinggal adalah besaran biaya hidup di suatu wilayah. Semakin tinggi biaya hidup, maka semakin banyak pula uang yang dikeluarkan seseorang jika t
 
Jumat, 19 Januari 2018 | 14:14:51

Harga Beras Tetap Mahal, 20 Ribu Buruh akan Kepung Istana

Jakarta - Serikat buruh tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi besar-besaran pada 6 Februari 2018. Aksi ini dilakukan lantaran harga beras yang tak kunjung turun ba
 
Jumat, 19 Januari 2018 | 14:11:30

Ada Lowongan Kerja di BUMN Konstruksi, Mau?

Jakarta - Kabar baik bagi para pencari kerja karena salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi, PT Brantas Abipraya (Persero) kembali membuka lowongan kerja. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hi
 
Jumat, 19 Januari 2018 | 14:06:23

6 Cara Nyeleneh Ini Bisa Bikin Anda Sukses Wawancara Kerja

Jakarta - Agar bisa sukses wawancara kerja adalah kunci dari serangkaian proses mendapatkan pekerjaan. Dalam wawancara kerja, ada aturan tak tertulis yang mesti kita pahami dan patuhi. Itu kalau Anda mau
 
Jumat, 19 Januari 2018 | 14:01:23

Buruan Kirim CV, Anak Perusahaan Pertamina Buka Lowongan Kerja

Jakarta - Bagi Anda yang sedang mencari kerja dalam waktu dekat dan ingin bekerja di perusahaan ternama, harap persiapkan diri terbaik Anda. Itu karena anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yaitu PT Pe
 
Jumat, 19 Januari 2018 | 13:58:24

8 Hunian Strategis dengan Harga Masuk Akal

Jakarta - Tinggal di hunian yang berada di lokasi yang strategis adalah impian bagi setiap pencari properti. Tentu bukannya tanpa alasan mengapa lokasi menjadi salah satu faktor penentu, salah satunya kar
 
 
 
Terpopuler

1

21 Jan 2018 09:48 | 299 views
Bisnis
Gaji Pas-Pasan tapi Mau Investasi? Inilah Caranya

2

19 Jan 2018 14:11 | 81 views
Ekonomi
Ada Lowongan Kerja di BUMN Konstruksi, Mau?

3

19 Jan 2018 13:58 | 76 views
Ekonomi
8 Hunian Strategis dengan Harga Masuk Akal
 
 
 
 
 
 
Top