Jumat, 7 Juli 2017 | 21:03:51
Usulan Dua Ranperda 2017,

Enam Fraksi DPRD Pelalawan Sampaikan Pandangan Umum

Laporan : Zulkarnaidi

Sebarkan:
Zulkarnaidi
Enam Fraksi DPRD Pelalawan Sampaikan Pandangan Umum
PANGKALANKERINCI- Enam Fraksi DPRD Pelalawan menyampaikan pandangan umum terhadap dua Rencangan Peraturan Daerah (Ranperda) 2017 usulan Pemda Pelalawan  pada rapat paripurna, Jumat (7/7/17). Paripurna ini dipimpin langsung ketua DPRD Nasarudin, SH, MH.

Dua Ranperda tahun 2017 ini diusulkan Pemda, mewakili bupati Harris disampaikan wakil bupati Zardewan. Kedua Ranperda tersebut meliput, Ranperda tentang petanggung jawaban pelaksanaan LKPJ kepala daerah tahun 2016 dan Ranperda, tentang hak keuangan administra anggota dan pimpinan DPRD Pelalawan.

Keenam, fraksi yang menyampaian pandangan terhadap dua fraksi ini, pertama Fraksi PDI Perjuangan disampaikan juru bicaranya, Syafrizal. Fraksi PAN Plus disampaikan melalui juru bicaranya, Sudirman.


Seterusnya, Fraksi Demokrat Hanura disampaikan juru bicaranya, Mukhlis Ali, Fraksi Gerindra Plus disampaikan juru bicaranya Rustam Sinaga, Fraksi Madani disampaikan juru bicaranya Junaidi Purba dan terakhir Fraksi Golkar disampaikan juru bicara Baharudin.

Syafrizal, menyampaikan pandangan umumu dari PDI Perjuangan, terkait dengan Ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan LKPJ 2016, secara umum fraksi PDI Perjuangan sudah memahami laporan LKPJ 2016 sudah berjalan begitu juga laporan sudah transparan.

Dibidang aparatur PDI Pejuangan meminta pemerintah daerah untuk dioptimalkan lagi. Begitu juga, pecapaian WTP dari BPK, PDI Perjuangan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, semoga tetap dipertahankan tahun depan.


PDI Perjuangan sesungguhnya, dapat memaklumi, sejumlah kegiatan yang tidak terlaksana, hal ini menyusul adanya rasionalisasi anggaran. "Kita dapat memaklumi, sejumlah kegiatan yang tak telaksana lebih diakibatkan adanya rasionalisasi anggaran. Namun dijadikan alasan untuk tidak bekerja," tegasnya.

Kedepan fraksi PDI Perjuangan meminta kepada pemangku kebijakan pembangunan insfrastruktur tepat sasaran dan  harus menyentuh masyarakat. Pelalaksanaan APBD yang menjadi catatan BPK harus ditindak lanjuti.

Ranperda tentang hak adminatrasi keuangan anggota DPRD dan pimpinan PDI Perjuangan sangat menyetujui untuk dibahas.

Namun demikian, diakhir pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan catatan. Catatan itu ditujukan kepadan Disdik, Dinas PU-PR, Dinas Lingkungan Hidup dan pelayanan satu atap.

Sementara Fraksi PAN Plus, melalui juru bicaranya,  Sudirman menyampaikan pandangan umum terhadap dua Ranpeda singkat dan padat. Fraksi PAN untuk sektor wisata belum tergali secara serius, untuk itu kedepan dipandang serius untuk digali, seperti wisata Bono, TNTN, Istana sayap dan destinasi wisata lainnya.

Fraksi PAN Plus, sepanjang tahun 2016 banyak menemukan infrastruktur asal jadi, kedepan harus menjadi perhatian serius, begitu juga angka pengangguran cukup tinggi dan pemda harus mencari jalan keluarnya.

Terkait dengan Ranperda, hak keuangan dan administrasi anggota dewan dan pimpinan, fraksi PAN menyetujui untuk  ditindak lanjuti.

Muklis Ali juru bicara Fraksi Demokrat Hanura, menyindir bahwa Kepala Dinas yang tidak berdomisili dikabupaten Pelalawan hanya menghasilkan pembangunan yang jelek terhadap kabupaten Pelalawan. Alasannya, mereka tidak merasakan kondisi sesungguhnya tentang Pelalawan.

Sementara itu Fraksi Gerindara Plus, melalui juru bicaranya, Rustam Sinaga, meyambut baik usulan dua Ranperda ini, LKPJ 2016 dan Ranperda hak keuangan dan adminitrasi anggota dewan dan pimpinan soalnya tidak sesuai lagi dengan Perda yang terdahulu.

Gerinda Plus juga menyorot sejumlah Dinas. Misalnya, Disdik Pelalawan menyangkut Permendikbud 17, belum bisa dilaksanakan. Dinas PU, Gerindra Plus meminta dinas terkait betul-betul serius mengatasi persoalan banjir terutama di kota Pangkan Kerinci.

Catatan untuk Diskes, Gerindra Plus,  meminta kepada instansi itu betul-betul memberi pelayanan yang prima kepada  masyarakat, seperti RS Selasih hendaknya menjadi RS andalan milik kabupaten Pelalawan.


Junaidi Purba jura bicara Fraksi Madani dalam pandangan umumnya menyatakan bahwa LKPJ 2016 fraski madani menilai APBD Pelalawan 2016 sudah berjalan dengan baik, meskipun belum sempurna.

Fraksi Madani, juga mengapreasisasi capaian WTP dari BPK oleh Pemda Pelalawan, mudah-mudahan kedepan bisa dipertahan dengan baik.

Tentang Ranperda hak keuangan dan adminitarsi anggotan dan pimpinan DPRD, pada prinsipnya Fraksi Madani mendukung di usulkan Ranperda seterusnya setuju untuk dibahas dan dijadikan Perda.

Terakhir pandangan umum Fraksi Golkar yang disampaikan juru bicaranya, Baharudin SH pertama tentang Ranperda pertanggun jawaban pelaksanaan LKPJ 2016, fraksi Golkar capaiannya yang dilakukan oleh masing-masing OPD sudah berjalan dengan baik.

Terhadap LKPJ 2016 Fraksi Golkar memberikan catatan terhadap sejumlah instansi. Pertama, Diskes dan RSUD. Fraksi Golkar meminta kepada kepada pimpinan RSUD Selasih meningkatkan pelayanan. Solanyan berdasarkan laporan masyarakat cukup banyak.

Begitu juga ditingkat Puskesmas, cukup banyak pengaduan-pengaduan masyarakat. Ini menjadi PR agar kedepan ditindak lanjut, supaya tidak lagi menjadi keluhan-keluhan.


Dinas PU. Fraksi Golkar meminta  keseriusan dinas terkait, khususnya, ibukota Pangkalan Kerinci melakukan penataan lebih baik. Jalan-jalan rusak dan berlobang cepat di perbaiki.

Disdik. Menyangkut PSB, menjadi persoalan serius, daya tampung. Fraksi Golkar meminta Disdik mengelola dengan baik. Pasalnya ini menjadi persoalan serius, khususnya untuk  SD dan SMP.

Disperindag. Fraksi Golkar  berharap pemenang tender, pasar Sorek secepatnya dikelola dengan baik. Mengetumakan para pedangan yang menjadi korban musibah kebakaran beberapa waktu lalu.

Ranperda, tentang Rencangan administrasi keuangan anggota dan pimpinan DPRD, Fraksi Golkar menyetujui supaya cepat dibahas dan disahkan menjadi Perda.(zol/adv/dprd)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Rabu, 19 September 2018 | 19:27:55

Pedagang Pajak Lama Masih Juga Membandel, Camat Siapkan Langkah Lebih Tegas Lagi

BAGANBATU-Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah kembali menertibkan pedagang di pajak Lama Bagan Batu Kota. Selain seputaran pajak lama, penertiban juga akan dilakukan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga
Rabu, 19 September 2018 | 19:04:09

PDAM Tirta Terubuk Bengkalis Akan Laksanakan Pemaasangan 100 SR Gratis

BENGKALIS -Direktur Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Terubuk Bengkalis Jufrizal menyatakan, pihaknya tahun ini akan melakukan pemasangan 100 jaringan Saluran Rumah (SR) gratis Kecamatan Bengkalis.Progra
Rabu, 19 September 2018 | 18:16:27

Jelang Pemilu 2019, TNI di Riau Siap Bantu Perkuat Pengamanan

PEKANBARU- Komitmen TNI-Polri dalam mensukseskan dan mengamankan Pemilu 2019 di wujudkan dalam sinergitas yang nyata di lapangan, hal ini terbukti dengan suksesnya Pilkada tahun 2018 serentak di seluruh Nusanta
Rabu, 19 September 2018 | 18:11:53

Kapolda Riau Pimpin Apel Mantap Brata Muara Takus 2018

PEKANBARU- Bertempat di halaman Kantor Gubernur Riau, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, MM, pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus. Rabu (19/9/2018).Apel gelar pasukan menge
 
Berita Lainnya
Rabu, 19 September 2018 | 16:00:49

PAN Khawatir MUI Terbawa Politik Praktis Jika Maruf Masih Ketua

Jakarta - PAN meminta bakal calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin melepas jabatannya sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). PAN khawatir MUI akan terseret dalam politik praktis ketika Ma'ruf
 
Rabu, 19 September 2018 | 13:52:23

Fahri Hamzah Tepis HNW: Sandiaga Itu Pedagang, Bukan Ulama!

Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid atau HNW menyebut bakal cawapres Sandiaga Uno termasuk golongan ulama. Fahri Hamzah tak sepakat. "Jadi ini ada kekacauan cara kita, semua, ber
 
Rabu, 19 September 2018 | 11:03:46

Saat SBY Absen Lagi di Pertemuan Koalisi Prabowo-Sandi

Jakarta - Koalisi Prabowo-Sandiaga tadi malam mengambil keputusan penting dengan menetapkan nama koalisi dan susunan timses. Namun, ada yang 'hilang' semalam yaitu sosok Ketum Partai Demokrat,
 
Rabu, 19 September 2018 | 10:44:41

Gerindra Balik Serang PSI yang Sindir Nama Koalisi Prabowo Jadul

Jakarta - Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menyebut nama koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yaitu Koalisi Indonesia Adil dan Makmur sangat jadul. Partai Gerindra menyerang balik
 
Selasa, 18 September 2018 | 16:05:57

Permabudhi Doakan Jokowi 2 Periode

Jakarta - Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) mendoakan Joko Widodo (Jokowi) kembali terpilih di Pilpres 2019. Jokowi dinilai layak memimpin 2 periode karena kinerjanya terbukti."Kami menyaksikan i
 
Selasa, 18 September 2018 | 14:59:38

PD Tanggapi Hanura: SBY Tak Sembunyi tapi Tepuk Dada di Hadapan Lawan

Jakarta - Ketua DPP Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir menyebut Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih bersembunyi di balik foto Kepala KSP Moeldoko dibanding menuntaskan tudingan A
 
Selasa, 18 September 2018 | 11:46:52

PSI Desak Anies Tolak M Taufik Jadi Wagub DKI

Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengkritik keras Partai Gerindra karena mengusulkan nama M Taufik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. Ketua DPP PSI Tsamara Amany mendes
 
Selasa, 18 September 2018 | 11:41:14

PKS: Pujian SBY ke Jokowi Tak Harus Diartikan Main Dua Kaki

Jakarta - Pujian Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas kinerja Presiden Joko Widodo dinilai PKS sebagai hal wajar. PKS menyebut ungkapan itu tak harus dimaknai PD berma
 
Selasa, 18 September 2018 | 10:26:13

PKB Akan Polisikan Ustaz Yahya Waloni karena Menghina Megawati, Maruf dan TGB

JAKARTA - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menegaskan, pihaknya bakal mempolisikan Ustaz Yahya Waloni lantaran telah menghina Ma'ruf Amin, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati
 
Selasa, 18 September 2018 | 10:07:58

SBY Terharu Masyarakat Masih Mengingatnya Ketika Jadi Presiden

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, rakyat masih mengingatnya sebagai Presiden keenam RI. Ia pun merasa terharu ketika bertemu masyarakat dan masih mengingat ki
 
Senin, 17 September 2018 | 15:59:03

Timses Jokowi: Kami Takkan Hasilkan Kader-kader Kardus!

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyebut relawan dan unsur-unsur dalam timses akan bekerja secara militan. Timses Jokowi menjamin tidak akan mencetak kader-kader
 
Senin, 17 September 2018 | 15:55:48

Gerindra Masih Buka Peluang Eks Napi Korupsi Jadi Caleg

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan partainya masih membuka peluang untuk mencalonkan kadernya yang menyandang status mantan narapidana korupsi menjadi calon legislatif (caleg)
 
Senin, 17 September 2018 | 15:49:21

Pemberitaan Asia Sentinel Menyudutkan SBY, Sekjen Demokrat Bilang Ada yang Menunggangi

JAKARTA - Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyebut munculnya artikel Asia Sentinel lantaran ada yang menunggangi jelang perhelatan politik seperti Pileg dan Pilpres di 2019 mendatang. Sebab, pember
 
Senin, 17 September 2018 | 15:18:45

Demokrat: SBY Selalu Jadi Sasaran Empuk untuk Digebukkin

JAKARTA - Partai Demokrat merasa ada pihak yang tak senang dengan eksistensi Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di dalam dunia politik Tanah Air. Hal itu terlihat dari kemunculan artikel di Asia Se
 
Senin, 17 September 2018 | 15:09:05

Timses Jokowi: Urusan Pecah Belah Itu Keahlian yang di Sana

Jakarta - Tim sukses Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menanggapi pernyataan GNPF Ulama soal memilih cawapres ulama sama saja memecah belah umat. Timses Jokowi menegaskan tidak punya keahlian un
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top