Jumat, 7 Juli 2017 | 21:03:51
Usulan Dua Ranperda 2017,

Enam Fraksi DPRD Pelalawan Sampaikan Pandangan Umum

Laporan : Zulkarnaidi

Sebarkan:
Zulkarnaidi
Enam Fraksi DPRD Pelalawan Sampaikan Pandangan Umum
PANGKALANKERINCI- Enam Fraksi DPRD Pelalawan menyampaikan pandangan umum terhadap dua Rencangan Peraturan Daerah (Ranperda) 2017 usulan Pemda Pelalawan  pada rapat paripurna, Jumat (7/7/17). Paripurna ini dipimpin langsung ketua DPRD Nasarudin, SH, MH.

Dua Ranperda tahun 2017 ini diusulkan Pemda, mewakili bupati Harris disampaikan wakil bupati Zardewan. Kedua Ranperda tersebut meliput, Ranperda tentang petanggung jawaban pelaksanaan LKPJ kepala daerah tahun 2016 dan Ranperda, tentang hak keuangan administra anggota dan pimpinan DPRD Pelalawan.

Keenam, fraksi yang menyampaian pandangan terhadap dua fraksi ini, pertama Fraksi PDI Perjuangan disampaikan juru bicaranya, Syafrizal. Fraksi PAN Plus disampaikan melalui juru bicaranya, Sudirman.


Seterusnya, Fraksi Demokrat Hanura disampaikan juru bicaranya, Mukhlis Ali, Fraksi Gerindra Plus disampaikan juru bicaranya Rustam Sinaga, Fraksi Madani disampaikan juru bicaranya Junaidi Purba dan terakhir Fraksi Golkar disampaikan juru bicara Baharudin.

Syafrizal, menyampaikan pandangan umumu dari PDI Perjuangan, terkait dengan Ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan LKPJ 2016, secara umum fraksi PDI Perjuangan sudah memahami laporan LKPJ 2016 sudah berjalan begitu juga laporan sudah transparan.

Dibidang aparatur PDI Pejuangan meminta pemerintah daerah untuk dioptimalkan lagi. Begitu juga, pecapaian WTP dari BPK, PDI Perjuangan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, semoga tetap dipertahankan tahun depan.


PDI Perjuangan sesungguhnya, dapat memaklumi, sejumlah kegiatan yang tidak terlaksana, hal ini menyusul adanya rasionalisasi anggaran. "Kita dapat memaklumi, sejumlah kegiatan yang tak telaksana lebih diakibatkan adanya rasionalisasi anggaran. Namun dijadikan alasan untuk tidak bekerja," tegasnya.

Kedepan fraksi PDI Perjuangan meminta kepada pemangku kebijakan pembangunan insfrastruktur tepat sasaran dan  harus menyentuh masyarakat. Pelalaksanaan APBD yang menjadi catatan BPK harus ditindak lanjuti.

Ranperda tentang hak adminatrasi keuangan anggota DPRD dan pimpinan PDI Perjuangan sangat menyetujui untuk dibahas.

Namun demikian, diakhir pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan catatan. Catatan itu ditujukan kepadan Disdik, Dinas PU-PR, Dinas Lingkungan Hidup dan pelayanan satu atap.

Sementara Fraksi PAN Plus, melalui juru bicaranya,  Sudirman menyampaikan pandangan umum terhadap dua Ranpeda singkat dan padat. Fraksi PAN untuk sektor wisata belum tergali secara serius, untuk itu kedepan dipandang serius untuk digali, seperti wisata Bono, TNTN, Istana sayap dan destinasi wisata lainnya.

Fraksi PAN Plus, sepanjang tahun 2016 banyak menemukan infrastruktur asal jadi, kedepan harus menjadi perhatian serius, begitu juga angka pengangguran cukup tinggi dan pemda harus mencari jalan keluarnya.

Terkait dengan Ranperda, hak keuangan dan administrasi anggota dewan dan pimpinan, fraksi PAN menyetujui untuk  ditindak lanjuti.

Muklis Ali juru bicara Fraksi Demokrat Hanura, menyindir bahwa Kepala Dinas yang tidak berdomisili dikabupaten Pelalawan hanya menghasilkan pembangunan yang jelek terhadap kabupaten Pelalawan. Alasannya, mereka tidak merasakan kondisi sesungguhnya tentang Pelalawan.

Sementara itu Fraksi Gerindara Plus, melalui juru bicaranya, Rustam Sinaga, meyambut baik usulan dua Ranperda ini, LKPJ 2016 dan Ranperda hak keuangan dan adminitrasi anggota dewan dan pimpinan soalnya tidak sesuai lagi dengan Perda yang terdahulu.

Gerinda Plus juga menyorot sejumlah Dinas. Misalnya, Disdik Pelalawan menyangkut Permendikbud 17, belum bisa dilaksanakan. Dinas PU, Gerindra Plus meminta dinas terkait betul-betul serius mengatasi persoalan banjir terutama di kota Pangkan Kerinci.

Catatan untuk Diskes, Gerindra Plus,  meminta kepada instansi itu betul-betul memberi pelayanan yang prima kepada  masyarakat, seperti RS Selasih hendaknya menjadi RS andalan milik kabupaten Pelalawan.


Junaidi Purba jura bicara Fraksi Madani dalam pandangan umumnya menyatakan bahwa LKPJ 2016 fraski madani menilai APBD Pelalawan 2016 sudah berjalan dengan baik, meskipun belum sempurna.

Fraksi Madani, juga mengapreasisasi capaian WTP dari BPK oleh Pemda Pelalawan, mudah-mudahan kedepan bisa dipertahan dengan baik.

Tentang Ranperda hak keuangan dan adminitarsi anggotan dan pimpinan DPRD, pada prinsipnya Fraksi Madani mendukung di usulkan Ranperda seterusnya setuju untuk dibahas dan dijadikan Perda.

Terakhir pandangan umum Fraksi Golkar yang disampaikan juru bicaranya, Baharudin SH pertama tentang Ranperda pertanggun jawaban pelaksanaan LKPJ 2016, fraksi Golkar capaiannya yang dilakukan oleh masing-masing OPD sudah berjalan dengan baik.

Terhadap LKPJ 2016 Fraksi Golkar memberikan catatan terhadap sejumlah instansi. Pertama, Diskes dan RSUD. Fraksi Golkar meminta kepada kepada pimpinan RSUD Selasih meningkatkan pelayanan. Solanyan berdasarkan laporan masyarakat cukup banyak.

Begitu juga ditingkat Puskesmas, cukup banyak pengaduan-pengaduan masyarakat. Ini menjadi PR agar kedepan ditindak lanjut, supaya tidak lagi menjadi keluhan-keluhan.


Dinas PU. Fraksi Golkar meminta  keseriusan dinas terkait, khususnya, ibukota Pangkalan Kerinci melakukan penataan lebih baik. Jalan-jalan rusak dan berlobang cepat di perbaiki.

Disdik. Menyangkut PSB, menjadi persoalan serius, daya tampung. Fraksi Golkar meminta Disdik mengelola dengan baik. Pasalnya ini menjadi persoalan serius, khususnya untuk  SD dan SMP.

Disperindag. Fraksi Golkar  berharap pemenang tender, pasar Sorek secepatnya dikelola dengan baik. Mengetumakan para pedangan yang menjadi korban musibah kebakaran beberapa waktu lalu.

Ranperda, tentang Rencangan administrasi keuangan anggota dan pimpinan DPRD, Fraksi Golkar menyetujui supaya cepat dibahas dan disahkan menjadi Perda.(zol/adv/dprd)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Kamis, 21 Februari 2019 | 21:38:19

Tingkatkan Kesiapan Operasi, Bakamla Lakukan Pemeriksaan Kapal Bersama Tim Wasrik BPK

BITUNG- Agar selalu dapat menunaikan berbagai tantangan tugas di laut dengan sempurna, Biro Sarpras Bakamla RI secara berkala selalu melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang dimiliki Indonesian Coast Gua
Kamis, 21 Februari 2019 | 21:35:32

Alur Film The East Indies Harus Sesuai Sejarah Kemerdekaan Indonesia

JAWATENGAH-Alur  cerita dan setting pembuatan film  The East Indies  yang dilaksanakan oleh pihak penyelenggara  pembuatan film di beberapa wilayah lokasi shooting   harus sesuai d
Kamis, 21 Februari 2019 | 21:32:41

Panglima TNI Terima Tongkat Estafet Simposium

JAKARTA-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri simposium "Kembali Ke Jati Diri TNI" yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI), bertempat di Gedung A.H.
Kamis, 21 Februari 2019 | 11:48:27

Hasto Nilai Sudirman Said Serang Jokowi Soal Freeport karena Kecewa Dicopot

JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan mantan menteri ESDM Sudirman Said telah gagal saat dulu diberi tugas untuk negosiasi dengan Freeport. Maka itu, dia membuat isu-is
 
Berita Lainnya
Kamis, 21 Februari 2019 | 11:48:27

Hasto Nilai Sudirman Said Serang Jokowi Soal Freeport karena Kecewa Dicopot

JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan mantan menteri ESDM Sudirman Said telah gagal saat dulu diberi tugas untuk negosiasi dengan Freeport. Maka itu, dia membuat isu-is
 
Kamis, 21 Februari 2019 | 09:02:22

Gerindra Tepis Fadli Copy-Paste Incognito Jokowi: Jangan Kebakaran Jenggot!

JAKARTA - Belakangan ini, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengikuti gerak-gerik capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Setelah mengikuti gaya Jokowi pangkas r
 
Rabu, 20 Februari 2019 | 19:44:05

Meski Diusung PKS dan PAN Gubernur Riau, Syamsuar Dukung Jokowi

JAKARTA-Meskipun diusung oleh PAN dan PKS sebagai kendaraan politiknya dalam kontestasi Pemilihan Gubernura Riau kemarin, Syamsuar, setelah dilantik akhirnya menyatakan dukungannya untuk pasangan calon presiden
 
Rabu, 20 Februari 2019 | 16:58:38

Relawan Jokowi Tuntut Prabowo Minta Maaf Sebut Bandara Kertajati Monumen

BANDUNG - Barisan Relawan Desa (Berdesa) Jokowi 01 menuntut Capres 02 Prabowo Subianto meminta maaf terkait pernyataannya soal Bandara Kertajati, Majalengka, hanya menjadi monumen. Pernyataan itu dinilai
 
Rabu, 20 Februari 2019 | 13:56:04

Wapres JK: Kombatan GAM Dapat Jatah 2 Hektare Tanah setelah Akui NKRI

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui tidak tahu detail terkait lahan milik Capres 02 Prabowo Subianto seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah, yang digunakan eks aktivis Gerakan Aceh Merdeka (GAM).
 
Rabu, 20 Februari 2019 | 11:35:01

Waketum Gerindra: Lahan Prabowo Biayai Kampanye Jokowi Saat Pilgub DKI

JAKARTA - Kekisruhan soal kepemilikan lahan Ketua Umum Gerindra sekaligus capres, Prabowo Subianto, belum usai. Waketum Gerindra Edhy Prabowo mengingatkan lahan Prabowo membiayai kampanye Joko W
 
Selasa, 19 Februari 2019 | 21:06:27

Danramil 02/ Tanah Putih Minta Para ASN Jaga Netralitas di Pemilu 2019

PUJUD- Danramil 02/Tanah Putih Kapt (Inf) Khairul Anwar meminta tim penegak hukum dan seluruh aparatur sipil negara (ASN) menjaga netralitas dalam Pimilu  tahun 2019 yang akan datang. Khairul Awar opt
 
Selasa, 19 Februari 2019 | 15:39:25

Jokowi Datang Sendiri ke Tambak Lorok, BPN: Skenario untuk Jualan di Debat

JAKARTA - Kunjungan incognito Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tambak Lorok, Semarang, dibenarkan ketua RW setempat. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berharap kunjungan
 
Selasa, 19 Februari 2019 | 15:06:54

Jokowi Dilaporkan Pro-Prabowo, TKN Bicara Politik Kambing Hitam

JAKARTA - Tim Advokasi Indonesia Bergerak, Djamaluddin Koedoeboen yang merupakan pendukung capres Prabowo Subianto melaporkan capres Joko Widodo (Jokowi) ke Bawaslu atas ucapannya yang menyinggung lahan Prabo
 
Selasa, 19 Februari 2019 | 14:01:02

Ketua Pemuda PBB Rohul, Dukung Joko Widodo - Maaruf Amin Milliki Jiwa Agamis dan Rendah Hati

ROKANHULU - Ketua Pemuda Partai Bulan Bintang (PBB) DPC Kabupaten Rokan Hulu, Riau Sawaludin mengaku bangga dan senang  mendukung pasangan Calon Presiden -Wakil Presiden Ir. H Joko Widodo-KH Ma'
 
Selasa, 19 Februari 2019 | 10:34:32

Partai Garuda Usul KPU Sediakan Tempat Netral di Debat Berikutnya

JAKARTA - Partai Garuda memprotes KPU yang dianggap tidak memahami keberadaan partai yang masih netral pada Pilpres 2019. Partai Garuda meminta KPU menyediakan arena duduk netral di debat-debat
 
Senin, 18 Februari 2019 | 20:08:40

Jokowi Menguasai Persoalan Bangsa dan Berpengalaman

JAKARTA-Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Jokowi-Maruf Amin menyebut Jokowi sangat menguasai persoalan bangsa dengan jelas karena mempunyai pengalaman dalam memimpin.Ketua Harian TKN Jokowi-Maruf Amin, Moeldoko, s
 
Senin, 18 Februari 2019 | 12:13:05

BPN Sebut Jokowi Curang Singgung Lahan Prabowo, TKN: Itu Soal Keadilan

JAKARTA - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menuding capres petahana Joko Widodo curang di debat kedua Pilpres 2019 karena menyinggung soal lahan milik Prabowo. Tim Kampa
 
Senin, 18 Februari 2019 | 11:37:29

Jokowi Bantah Pakai Earpiece Saat Debat: Fitnah Nggak Bermutu

JAKARTA - Di media sosial, beredar tuduhan bahwa Jokowi mengenakan earpiece saat berada di panggung debat. Jokowi menepis tuduhan itu. Menganggapnya fitnah tak bermutu."Ah, ada-ada aja sih. Itu fitnah-fitnah
 
Senin, 18 Februari 2019 | 10:25:33

Soal Seruan Habib Rizieq, PKB: Semoga Munajat 212 Tak Dinodai Hate Speach

JAKARTA - Habib Rizieq Syihab mengajak umat Islam untuk meramaikan Monas pada acara Malam Munajat 212 pada Kamis (21/2). Anggota Dewan Syuro DPP PKB Maman Imanulhaq menilai masyarakat sudah cerdas membedakan
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top