iklan Situs
 
Sabtu, 15 Juli 2017 | 20:35:42
ADVERTORIAL

Bupati Wardan : Prestasi Gemilang Pramuka Sangat Berguna Untuk Mewujudkan Visi Kabupaten Inhil

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Aditya Prahara
Bupati Wardan saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan tersebut.
TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan, torehan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil sangat berguna untuk mewujudkan Visi Kabupaten Inhil menjadi Kabupaten yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Wardan saat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) ke - XI (Sebelas) Kwartir Cabang 04. 02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil di Hotel Puri Cendana, Jalan Lingkar I (Satu), Tembilahan, Jumat (14/7/2017) malam. Kegiatan ini diagendakan akan berlangsung selama 3 hari hingga Minggu, 14 Juli 2017.

Pernyatan tersebut juga didasarkan pada pernyataan Ketua Kwartir Cabang 04.02 Kabupaten Inhil, H Alimuddin yang sebelumnya mengatakan,  Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil saat ini menyandang gelar sebagai Dewan Kerja Cabang Tergiat se - Provinsi Riau. Sedangkan, secara umum, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil merupakan Gerakan Pramuka Tergiat Kelima setelah sebelumnya berada pada posisi kesebelas.

"Tentunya, ini merupakan suatu hal yang membanggakan, mengingat Gerakan Pramuka di Provinsi Riau, tidak hanya ada di Kabupaten Inhil, melainkan juga terdapat di seluruh Kabupaten dan Kota Se - Provinsi Riau," puji bupati.

Bupati Kabupaten Inhil yang merangkap sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil tersebut pun mengatakan, sejak tahun 2014, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil telah melaksanakan kegiatan - kegiatan positif bahkan telah mencapai keberhasilan dan menorehkan prestasi yang membanggakan.

"Ini akan menjadi semangat dan stimulan bagi para adik - adik penerus dalam meningkatkan mobilitas dan torehan - torehan prestasi berikutnya dari Gerakan Pramuka," tukas bupati.

Bupati Wardan, selaku Pimpinan Daerah pada pelaksanaan Muscab ini menyampaikan komitmen dukungan Pemerintah Daerah terhadap Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, khususnya dukungan dalam bentuk alokasi dana anggaran.

"Kami menyadari, jalannya suatu organisasi memang membutuhkan dukungan material berupa alokasi dana anggaran agar kedepan kegiatan dari organisasi, dalam hal ini Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Bahkan, guna merealisasikan komitmen tersebut, Bupati Wardan langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Inhil yang juga merupakan salah seorang peserta pada pelaksanaan Muscab, Junaidi untuk menambahkan alokasi dana anggaran penunjang kegiatan pramuka yang sebelumnya bernilai Rp. 500 juta menjadi Rp. 1 Milyar.

Kontan saja, kebijakan instan Bupati Wardan ini menuai tepuk tangan dan sorak - sorai ratusan peserta Muscab yang berada dilokasi. Betapa tidak, tanpa harus menunggu lama, Gerakan Pramuka dapat memperoleh dana penunjang kegiatan yang bagi sebagian kalangan organisasi begitu sulit untuk diperoleh.

"Sebelumnya, satu Kwartir Ranting hanya memperoleh alokasi sebesar Rp. 5 juta, dengan begini satu Kwartir Ranting akan mendapat alokasi anggaran penunjang kegiatan sebesar Rp. 10 juta per tahunnya. Saya tantang Kepala Disporabudpar yang hadir untuk hal ini," kata bupati.

Bupati Wardan berharap dengan adanya penambahan alokasi dana anggaran ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat mempertahankan kinerja positif dan menorehkan beragam prestasi di masa mendatang. Sebab, dulu, sepengetahuan Bupati, Kabupaten Inhil pernah mendapat julukan sebagai Kabupaten Pramuka dikarenakan aktifitas dan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Dengan adanya dana ini, prestasi Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil jangan malah stagnan atau bahkan menurun. Jangan mau berada di posisi 5 tergiat, tapi posisi 1. Bagi kepengurusan yang baru dibentuk, nantinya dorong terus mobilitas Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, kami (Pemerintah Kabupaten Inhil, red) akan senantiasa mendukung," imbau Bupati Wardan.

Ketua Kwaran Cabang 04. 02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, H Alimuddin dalam pidatonya mengatakan, kehadiran para pengurus gerakan pramuka Kabupaten Inhil telah banyak memberikan kontribusi di kalangan masyarakat melalui kegiatan yang ditaja selama ini.

"Bahkan, eksistensi gerakan Pramuka Inhil yang telah dirasa manfaat positifnya ini kerap diundang oleh pihak sekolah dari segala jenjang pendidikan untuk mengisi kegiatan - kegiatan ekstra kurikuler bagi para siswa," ujar Alimuddin.

Dalam perjalanannya, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, diakui Alimuddin, senantiasa menemukan halangan dan rintangan. Namun, hal tersebut, sambungnya, tidak melunturkan semangat Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil untuk terus memberikan kontribusi, baik bagi masyarakat maupun bagi daerah dan negara.

Pada pelaksanaan Muscab kali ini, Alimuddin berharap, agar terjadi proses regenerasi di tubuh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dengan menempatkan para pengurus muda di dalam struktur Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada para kakak - kakak pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil agar memberikan kesempatan bagi generasi muda pramuka kita untuk mengembangkan diri. Jangan lagi masuk ke dalam struktur kepengurusan, biarkan lah yang muda, yang enerjik ini yang meneruskan," imbau Alimuddin.

Ketua Kwartir Daerah 04 Gerakan Pramuka Provinsi Riau, Azaly Djohan yang diwakili oleh salah seorang perwakilan, dalam sambutan yang disampaikan, menyebut sebagai lembaga pendidikan non - formil, Gerakan Pramuka idealnya dapat bergerak demi kepentingan dan perkembangan bangsa Indonesia.

"Maka itu, kontribusi melalui kegiatan - kegiatan kepramukaan yang selama ini dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil haruslah terus dilaksanakan dan dipertahankan bahkan lebuh ditingkatkan lagi guna mencapai salah satu tujuan berdirinya Gerakan Pramuka itu," ucap Azaly Djohan.

Realisasi tujuan tersebut, diungkapkan Azaly Djohan, semestinya diawali dari pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada tingkat Gugus Depan hingga Kwartir Cabang dan dilanjutkan pada tingkat Kwartir Daerah sampai kepada tingkat Kwartir Nasional.

"Ini wujud kolaborasi dari setiap jenjang kepramukaan untuk merealisasikan tujuan Gerakan Pramuka. Hal ini perlu dilakukan secara berkesinambungan," katanya.

Salah satu instrumen dalam menjalin kolaborasi yang apik demi mencapai tujuan yang ada ini, dikatakan Azaly Djohan, adalah melalui pelaksanaan Muscab seperti halnya yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Inhil saat ini.

"Dalam Muscab, disusun lah kepengurusan yang baru, dipilih dari para pengurus terbaik Gerakan Pramuka. Pada pelaksanaan Muscab, hendaknya dilaksanakan demi mencapai mufakat, bukan malah memecah - belah," imbau Azaly Djohan.

Selanjutnya, Azaly Djohan mengimbau, agar para pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat senantiasa menjunjung tinggi rasa persatuan dan persaudaraan serta dapat berlaku kritis yang bersifat membangun untuk kemajuan bersama.

"Selama ini, diketahui kehadiran Gerakan Pramuka dan serangkaian kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan akan selalu mendapatkan support dari pihak Pemerintah Kabupaten Inhil, baik dari segi moril maupun materiil. Telah banyak sekali dukungan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil setiap tahunnya, terutama dukungan berbentuk alokasi dana anggaran untuk menunjang kegiatan Pramuka," katanya.

Disamping penyampaian - penyampaian itu, Azaly Djohan mengajak, segenap pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil bersama - sama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Riau untuk mensosialisasikan Undang - Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

"Mari kita bahu - membahu menegakkan UU tentang Gerakan Pramuka ini, karena UU ini disahkan guna memberikan landasan hukum bagi semua untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan sehingga kegiatan Pramuka dapat lebuh tertib dan terarah," tandas Azaly Djohan. (Advetorial)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Minggu, 24 September 2017 | 21:12:48

Bupati Inhil Serahkan Bantuan 10 Unit Kapal Motor Fiber Kepada Nelayan Lokal

MANDAH - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Inhil berupa 10 (Sepuluh) unit Kapal Motor Fiber kepada sejumlah Nelayan Lokal, Minggu (24/9/2017) pagi
Minggu, 24 September 2017 | 21:06:02

Kampanye Anti Narkotika, Sekjen dan Ketua OKK P-BNN Inhil Apresiasi Para Donatur

KEMUNING - Sekretaris jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba (P-BNN) Kabupaten Indragiri Hilir, Defri Andi, SE, Sy mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tinginya
Minggu, 24 September 2017 | 20:59:26

Bersama Komunitas Motor, Satlantas Polres Rohul Kampaye Keselamatan Berlalu Lintas

ROKANHULU - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun  (HUT) Polantas ke-62 tahun 2017, Satlantas Polres Rohul menggelar kampanye keselamatan berlalu lintas dan Roling (Kamseltibcar) Polantas bersama komun
Minggu, 24 September 2017 | 20:54:22

Tak Mau Hanya Terima Laporan, HM Wardan Tinjau Langsung Proyek di Pulau Burung

PULAUBURUNG - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan melakukan peninjauan langsung pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kecamatan Pulau Burung, Ahad (24/09/17).Dalam peninjauan ini, bupati didampin
 
Berita Lainnya
Minggu, 24 September 2017 | 21:12:48

Bupati Inhil Serahkan Bantuan 10 Unit Kapal Motor Fiber Kepada Nelayan Lokal

MANDAH - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Inhil berupa 10 (Sepuluh) unit Kapal Motor Fiber kepada sejumlah Nelayan Lokal, Minggu (24/9/2017) pagi
 
Minggu, 24 September 2017 | 20:54:22

Tak Mau Hanya Terima Laporan, HM Wardan Tinjau Langsung Proyek di Pulau Burung

PULAUBURUNG - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan melakukan peninjauan langsung pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kecamatan Pulau Burung, Ahad (24/09/17).Dalam peninjauan ini, bupati didampin
 
Minggu, 24 September 2017 | 13:14:10

Bupati Bumi Hamparan Kelapa Dunia Imbau Masyarakat Jauhi Narkoba dengan Cara Berolahraga

KEMUNING - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengimbau masyarakat menjauhi narkoba dengan cara berolahraga di waktu senggang, Selensen, Kecamatan Kemuning. Imbauan positif Bupati Wardan i
 
Sabtu, 23 September 2017 | 20:36:21

Tentang Penyelamatan Kebun Kelapa, Edi Harianto Sindrang Sebut Asun Terlalu Cepat Menilai

TEMBILAHAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Edy Harianto Sindrang dari Partai Golongan Karya (Golkar) membantah terkait dengan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Ba
 
Sabtu, 23 September 2017 | 20:00:13

Bupati Wardan : Perhatikan Serius Pembinaan Olahraga di Inhil

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menyatakan Pemkab Inhil  serius memberikan perhatian serius bagi pembinaan atlet dan pembangunan infrastruktur pendukung olahraga di kecamatan dan desa
 
Jumat, 22 September 2017 | 16:56:07

Hadiri Tabligh Akbar di Tempuling, Ini Kata Bupati Inhil

TEMPULING - Bupati Inhil HM Wardan menghadiri Tabligh Akbar, Istigosah dan Doa Bersama bersempena peringatan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, yang digelar di halaman Kantor Camat Tempuling dan disemarakan dengab
 
Jumat, 22 September 2017 | 14:33:16

Danrem 031/WB Brigjen TNI Edy Afrizal Natar Nasution Silaturahmi Dengan FKUB Rohul

ROKANHULU - Danrem 031/ Wira Bima Brigjen TNI Edy Afrizal Natar Nasution, S.I.P menggelar  Silaturahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Rokan Hulu di Aula Convention Hall Mesjid Agung
 
Jumat, 22 September 2017 | 12:55:28

Berbalas Pantun, Fraksi Golkar dan PKB Inhil Tentang Penyelamatan Kebun Kelapa Rakyat

TEMBILAHAN - Ketua Pansus Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Indragiri Hilir 2013-2018, M Yusuf Said mempertanyakan pernyataan Ketua Fraksi PKB DPRD Inhil, Edy Gunawan tentan
 
Jumat, 22 September 2017 | 12:46:19

Kukuhkan Kontingen Porprov, Bupati Wardan Optimis Atlit Inhil Raih Prestasi Yang Baik

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan secara resmi kukuhkan kontingen Kabupaten Indragiri Hilir atlet Porprov Riau ke 9 tahun 2017 di Kabupaten Kampar bersempena hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 34,
 
Kamis, 21 September 2017 | 23:05:27

Buka Festival Sungai Indragiri, Ini Kata Bupati Wardan

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan serius menggarap potensi wisata lokal daerahnya seperti Festival Sungai Indragiri yang awalnya digarap oleh Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembila
 
Kamis, 21 September 2017 | 21:25:31

Pemkab Inhil Hadiri Paripurna Pengesahan Perubahan RPJMD Tahun 2013-2018

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan yang diwakili oleh Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir H Encik Kamal Syahendra menghadiri Rapat Paripurna pengesahan Rancangan Peratura
 
Kamis, 21 September 2017 | 14:24:09

DPRD Sahkan Ranperda RPJMD Inhil Tahun 2013-2018

TEMBILAHAN - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) perubahan Nomor 5 Tahun 2014 tentang Rencana Pemba
 
Rabu, 20 September 2017 | 22:43:41

Tahun Baru 1439 Hijriah, Bupati Inhil Ajak Kaum Muslimin Muhasabah Diri dan Berbuat Lebih Baik Lagi

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir H Muhammad Wardan mengajak kaum muslimin melakukan muhasabah diri dan berbuat lebih baik di Tahun Baru 1439 Hijriah.Ajakan ini disampaikan beliau saat menghadiri kegiatan Doa
 
Selasa, 19 September 2017 | 20:23:04

Olahraga Suatu Kebutuhan Dalam Kehidupan

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Said Syarifuddin, saat menjadi inspektur upacara 17 hari bulan bersempena Hari Olahraga Nasional tahun 2017 di Gedung Engku Kelana Temb
 
Selasa, 19 September 2017 | 09:58:03

DPRD Inhil Bingung Dengan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2016 Milik Pemkab

TEMBILAHAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir (Inhil), Riau, khususnya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merasa bingung dengan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016 milik Pe
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top