iklan Situs
 
Sabtu, 15 Juli 2017 | 20:35:42
ADVERTORIAL

Bupati Wardan : Prestasi Gemilang Pramuka Sangat Berguna Untuk Mewujudkan Visi Kabupaten Inhil

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Aditya Prahara
Bupati Wardan saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan tersebut.
TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan, torehan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil sangat berguna untuk mewujudkan Visi Kabupaten Inhil menjadi Kabupaten yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Wardan saat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) ke - XI (Sebelas) Kwartir Cabang 04. 02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil di Hotel Puri Cendana, Jalan Lingkar I (Satu), Tembilahan, Jumat (14/7/2017) malam. Kegiatan ini diagendakan akan berlangsung selama 3 hari hingga Minggu, 14 Juli 2017.

Pernyatan tersebut juga didasarkan pada pernyataan Ketua Kwartir Cabang 04.02 Kabupaten Inhil, H Alimuddin yang sebelumnya mengatakan,  Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil saat ini menyandang gelar sebagai Dewan Kerja Cabang Tergiat se - Provinsi Riau. Sedangkan, secara umum, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil merupakan Gerakan Pramuka Tergiat Kelima setelah sebelumnya berada pada posisi kesebelas.

"Tentunya, ini merupakan suatu hal yang membanggakan, mengingat Gerakan Pramuka di Provinsi Riau, tidak hanya ada di Kabupaten Inhil, melainkan juga terdapat di seluruh Kabupaten dan Kota Se - Provinsi Riau," puji bupati.

Bupati Kabupaten Inhil yang merangkap sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil tersebut pun mengatakan, sejak tahun 2014, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil telah melaksanakan kegiatan - kegiatan positif bahkan telah mencapai keberhasilan dan menorehkan prestasi yang membanggakan.

"Ini akan menjadi semangat dan stimulan bagi para adik - adik penerus dalam meningkatkan mobilitas dan torehan - torehan prestasi berikutnya dari Gerakan Pramuka," tukas bupati.

Bupati Wardan, selaku Pimpinan Daerah pada pelaksanaan Muscab ini menyampaikan komitmen dukungan Pemerintah Daerah terhadap Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, khususnya dukungan dalam bentuk alokasi dana anggaran.

"Kami menyadari, jalannya suatu organisasi memang membutuhkan dukungan material berupa alokasi dana anggaran agar kedepan kegiatan dari organisasi, dalam hal ini Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat lebih ditingkatkan lagi," katanya.

Bahkan, guna merealisasikan komitmen tersebut, Bupati Wardan langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Inhil yang juga merupakan salah seorang peserta pada pelaksanaan Muscab, Junaidi untuk menambahkan alokasi dana anggaran penunjang kegiatan pramuka yang sebelumnya bernilai Rp. 500 juta menjadi Rp. 1 Milyar.

Kontan saja, kebijakan instan Bupati Wardan ini menuai tepuk tangan dan sorak - sorai ratusan peserta Muscab yang berada dilokasi. Betapa tidak, tanpa harus menunggu lama, Gerakan Pramuka dapat memperoleh dana penunjang kegiatan yang bagi sebagian kalangan organisasi begitu sulit untuk diperoleh.

"Sebelumnya, satu Kwartir Ranting hanya memperoleh alokasi sebesar Rp. 5 juta, dengan begini satu Kwartir Ranting akan mendapat alokasi anggaran penunjang kegiatan sebesar Rp. 10 juta per tahunnya. Saya tantang Kepala Disporabudpar yang hadir untuk hal ini," kata bupati.

Bupati Wardan berharap dengan adanya penambahan alokasi dana anggaran ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat mempertahankan kinerja positif dan menorehkan beragam prestasi di masa mendatang. Sebab, dulu, sepengetahuan Bupati, Kabupaten Inhil pernah mendapat julukan sebagai Kabupaten Pramuka dikarenakan aktifitas dan prestasi yang dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Dengan adanya dana ini, prestasi Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil jangan malah stagnan atau bahkan menurun. Jangan mau berada di posisi 5 tergiat, tapi posisi 1. Bagi kepengurusan yang baru dibentuk, nantinya dorong terus mobilitas Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, kami (Pemerintah Kabupaten Inhil, red) akan senantiasa mendukung," imbau Bupati Wardan.

Ketua Kwaran Cabang 04. 02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, H Alimuddin dalam pidatonya mengatakan, kehadiran para pengurus gerakan pramuka Kabupaten Inhil telah banyak memberikan kontribusi di kalangan masyarakat melalui kegiatan yang ditaja selama ini.

"Bahkan, eksistensi gerakan Pramuka Inhil yang telah dirasa manfaat positifnya ini kerap diundang oleh pihak sekolah dari segala jenjang pendidikan untuk mengisi kegiatan - kegiatan ekstra kurikuler bagi para siswa," ujar Alimuddin.

Dalam perjalanannya, Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, diakui Alimuddin, senantiasa menemukan halangan dan rintangan. Namun, hal tersebut, sambungnya, tidak melunturkan semangat Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil untuk terus memberikan kontribusi, baik bagi masyarakat maupun bagi daerah dan negara.

Pada pelaksanaan Muscab kali ini, Alimuddin berharap, agar terjadi proses regenerasi di tubuh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dengan menempatkan para pengurus muda di dalam struktur Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada para kakak - kakak pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil agar memberikan kesempatan bagi generasi muda pramuka kita untuk mengembangkan diri. Jangan lagi masuk ke dalam struktur kepengurusan, biarkan lah yang muda, yang enerjik ini yang meneruskan," imbau Alimuddin.

Ketua Kwartir Daerah 04 Gerakan Pramuka Provinsi Riau, Azaly Djohan yang diwakili oleh salah seorang perwakilan, dalam sambutan yang disampaikan, menyebut sebagai lembaga pendidikan non - formil, Gerakan Pramuka idealnya dapat bergerak demi kepentingan dan perkembangan bangsa Indonesia.

"Maka itu, kontribusi melalui kegiatan - kegiatan kepramukaan yang selama ini dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil haruslah terus dilaksanakan dan dipertahankan bahkan lebuh ditingkatkan lagi guna mencapai salah satu tujuan berdirinya Gerakan Pramuka itu," ucap Azaly Djohan.

Realisasi tujuan tersebut, diungkapkan Azaly Djohan, semestinya diawali dari pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada tingkat Gugus Depan hingga Kwartir Cabang dan dilanjutkan pada tingkat Kwartir Daerah sampai kepada tingkat Kwartir Nasional.

"Ini wujud kolaborasi dari setiap jenjang kepramukaan untuk merealisasikan tujuan Gerakan Pramuka. Hal ini perlu dilakukan secara berkesinambungan," katanya.

Salah satu instrumen dalam menjalin kolaborasi yang apik demi mencapai tujuan yang ada ini, dikatakan Azaly Djohan, adalah melalui pelaksanaan Muscab seperti halnya yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Inhil saat ini.

"Dalam Muscab, disusun lah kepengurusan yang baru, dipilih dari para pengurus terbaik Gerakan Pramuka. Pada pelaksanaan Muscab, hendaknya dilaksanakan demi mencapai mufakat, bukan malah memecah - belah," imbau Azaly Djohan.

Selanjutnya, Azaly Djohan mengimbau, agar para pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil dapat senantiasa menjunjung tinggi rasa persatuan dan persaudaraan serta dapat berlaku kritis yang bersifat membangun untuk kemajuan bersama.

"Selama ini, diketahui kehadiran Gerakan Pramuka dan serangkaian kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan akan selalu mendapatkan support dari pihak Pemerintah Kabupaten Inhil, baik dari segi moril maupun materiil. Telah banyak sekali dukungan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil setiap tahunnya, terutama dukungan berbentuk alokasi dana anggaran untuk menunjang kegiatan Pramuka," katanya.

Disamping penyampaian - penyampaian itu, Azaly Djohan mengajak, segenap pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil bersama - sama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Riau untuk mensosialisasikan Undang - Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

"Mari kita bahu - membahu menegakkan UU tentang Gerakan Pramuka ini, karena UU ini disahkan guna memberikan landasan hukum bagi semua untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan sehingga kegiatan Pramuka dapat lebuh tertib dan terarah," tandas Azaly Djohan. (Advetorial)
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Sabtu, 20 Januari 2018 | 11:50:46

6 Tahun Latihan Keras, Remaja Ini Mengklaim Siap Hadapi Kiamat

New Hampshire - Seorang remaja di Amerika Serikat (AS) mengklaim telah melatih diri selama enam tahun untuk bersiap menghadapi kiamat. Dilansir dari laman Mirror.co.uk, remaja bernama Alex Mason itu mer
Sabtu, 20 Januari 2018 | 11:43:48

Madrid terpuruk, bintang Bayern terkejut

Kinerja Real Madrid musim ini sangat buruk, hal itu sudah tak bisa terbantahkan lagi. Madrid adalah tim elit yang punya standar yang teramat tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan beberapa tim besar lain
Sabtu, 20 Januari 2018 | 11:42:22

Jelang Piala Presiden 2018, Arema mengaku punya modal berharga

Dendi Santoso menilai Arema memiliki modal apik jelang berlaga pada ajang Piala Presiden 2018. Kapten tim Arema FC ini menyebut, modal yang dimaksud adalah raihan positif timnya kala melakoni dalam tiga lag
Sabtu, 20 Januari 2018 | 11:41:02

Radius Bahaya Gunung Lokon Ditetapkan 1,5 Kilometer

MANADO - Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu di Kakaskasen, Kota Tomohon, Farid R Bina mengatakan, radius bahaya Gunung Lokon sejauh 1,5 kilometer dari kawah. "Tidak boleh ada aktivitas di
 
Berita Lainnya
Jumat, 19 Januari 2018 | 15:24:13

Bupati Ikut Shalat Jenazah dan Pemakaman H Ali Nafarin di Kecamatan Gaung Anak Serka

TELUKPINANG - Bupati Inhil HM Wardan menghadiri pemakaman tokoh agama dan tokoh pendidikan di Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) H Ali Nafarin, Kamis (18/1/18).Bupati Inhil HM Wardan menya
 
Rabu, 17 Januari 2018 | 13:03:57

Bupati Inhil Ingatkan ASN Agar Pahami Peraturan Perundang-undangan

TEMBILAHAN - Bupati Inhil HM Wardan mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan yang berlaku. Penegasan ini disampaikan beliau dalam Upacara Har
 
Selasa, 16 Januari 2018 | 18:26:13

Bupati Inhil Harapkan Kontribusi IKA UR Dalam Pembangunan Sampai ke Desa-Desa

TEMBILAHAN-Bupati Inhil HM Wardan sebagai Ketua Dewan Kehormatan mengharapkan keberadaan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UR) memberikan kontribusi positif bagi pembangunan sampai ke desa-desa.Perny
 
Senin, 15 Januari 2018 | 20:39:58

Bupati Amril Himbau ASN Jaga Netralitas Selama Proses Pilgubri

BENGKALIS - Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 mendatang, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis diimbau untuk menjaga netralitasny
 
Senin, 15 Januari 2018 | 18:06:52

Bupati Inhil Sampaikan Pidato Pengantar Delapan Ranperda

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H Said Syarifuddin menyampaikan pidato pengantar terhadap Delapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada D
 
Minggu, 14 Januari 2018 | 07:53:10

Sudah Mengudara, Komisi I DPRD Inhil Sarankan GGTV Bergabung dengan TV Kabel

TEMBILAHAN - Komisi I DPRD Inhil, Riau meminta kepada Dinas Komunikasi Informasi dan Persantik agar bekerjasama dengan TV kabel sehingga Gemilang Televisi (GGTV) lebih mudah disaksikan oleh masyarakat.Ketua Kom
 
Minggu, 14 Januari 2018 | 07:35:13

Tim ekspedisi STAPALA STAN capai Puncak Aconcagua

Tim Ekspedisi Aconcagua STAPALA Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) berhasil mencapai puncak gunung Aconcagua di Argentina, Amerika Selatan, pada 7 Januari 2018. Gunung tertinggi di Amerika Selata
 
Sabtu, 13 Januari 2018 | 21:47:32

Tahun ini Pemkab Inhil Batal Gunakan Gedung Unisi

TEMBILAHAN - Jika sebelumnya di awal tahun 2018 ini lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil, Riau akan menempati gedung baru yaitu gedung Unisi, hingga hari ini r
 
Jumat, 12 Januari 2018 | 22:00:04

Disdukpencapil Rekam E - KTP Di Pasar Kembang, Bupati Inhil Apresiasi Upaya Jemput Bola

TEMBILAHAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Inhil melakukan perekaman E - KTP di Desa Pasar Kembang, Keritang. Atas langkah tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan mengapresiasi up
 
Kamis, 11 Januari 2018 | 11:27:10

Lihat Pengelolaan Keuangan dan Serahkan Sertifikat, Presiden Jokowi Berencana ke Rohul

ROKANHULU - Sesuai informasi, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau pada bulan Februari 2018.Kedatangan orang nomor satu di
 
Kamis, 11 Januari 2018 | 10:31:21

Jelang Cuti, Bupati Inhil Harapkan Semua Urusan yang Harus Ditanganinya Sudah Rampung

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mengharapkan sebelum beliau menjalani cuti, maka semua urusan dan administrasi yang memerlukan tanda-tangannya harus sudah rampung.Terhitung mulai
 
Rabu, 10 Januari 2018 | 20:32:38

Bersama Gubri, Bupati Inhil Hadiri Haul Syekh Abdul Qadir Jailani

KEMUNING - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menghadiri haul Syekh Abdul Qadir Jailani bersama Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman di  Jalan Datuk Boge, Desa Pengalihan, Keritan
 
Selasa, 9 Januari 2018 | 19:28:20

OPD Dilingkungan Pemkab Inhil Diminta Segera Tindak Lanjuti Hasil Penandatanganan Bantuan Hukum

TEMBILAHAN - Penandatanganan Naskah Kesepakatan Tentang Bantuan Hukum dan Pertimbangan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara sudah dilakukan Senin (8/1/2017), Dewan Inhil pun meminta OPD menindaklanjuti ha
 
Senin, 8 Januari 2018 | 21:09:52

Bupati Inhil Tandatangani NPHD Dan Nota Kesepakatan dengan Sejumlah Institusi Negara

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Nota Kesepakatan dengan sejumlah instistusi negara di Gedung Engku Kelana, Jalan Baharud
 
Senin, 8 Januari 2018 | 12:34:34

Lantik 13 BPD, Wakil Bupati Sukiman : Bekerja Sesuai Aturan

ROKANHULU - Sebanyak 13 Ketua dan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa di 8 Kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau resmi dilantik Pengganti Antar Waktu (PAW) Senin, (8/1/2018) oleh Wakil Bupati
 
 
 
Terpopuler

3

13 Jan 2018 21:47 | 189 views
Advertorial
Tahun ini Pemkab Inhil Batal Gunakan Gedung Unisi

4

15 Jan 2018 18:06 | 179 views
Advertorial
Bupati Inhil Sampaikan Pidato Pengantar Delapan Ranperda

5

14 Jan 2018 07:35 | 149 views
Travel
Tim ekspedisi STAPALA STAN capai Puncak Aconcagua
 
 
 
 
 
 
Top