Terverifikasi Dewan Pers
 
Jumat, 12 April 2019 | 09:01:07
ADVETORIAL

Bersama Menteri BUMN, Bupati Rohul Tanam Perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat di Desa Kumain

Laporan : Fahrin Waruwu

Sebarkan:
Foto Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan peremajaan tanaman kelapa sawit plasma seluas 32.996 hektare melalui program BUMN Untuk Sawit Rakyat bersama Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si dan Bupati Rohul H.Sukiman dan Kapolres Rokan Hulu.
ROKANHULU Dalam lanjutan Kunjungan Kerjanya di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Kamis (11/4/2018), bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan peremajaan tanaman kelapa sawit plasma seluas 32.996 hektare melalui program "BUMN Untuk Sawit Rakyat" di lima Kabupaten di Provinsi Riau, sebagai upaya meningkatkan produktivitas sekaligus pendapatan masyarakat yang ditandai penandatanganan prasasti sebagai kenangan.

Kedatangan Menteri BUMN Rini Soemarno yang didampingi Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si di Negeri Seribu Suluk dengan menggunakan Helikopter, disambut langsung oleh Bupati Rohul H. Sukiman, Kapolres Rohul AKBP M. Hasyim Risahondua SIK M,Si dan Dirut Direkut Utama PTPN V, Jatmiko K Santosa. Serta mendapat sambutan hangat dan ekspektasi yang meriah dari kalangan pelajar dan masyarakat Tandun.

Pada kegiatan itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan peremajaan 725 hektare sawit di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Rokan Hulu ini merupakan langkah awal Pemerintah mendorong program tersebut lebih luas di Provinsi Riau.

"Bapak Presiden sudah melihat banyak sekali plasma-plasma sudah memasuki satu siklus. Berarti produktivitasnya sangat menurun, jadi melalui Peremajaan Sawit Rakyat ini, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Rini.

"Hari ini program perdana penanaman sawit bersama-sama dengan KUD Makarti Jaya ini adalah program yang kita harapkan nantinya ini betul-betul bisa memperbaiki kehidupan dan kemakmuran dari para petani sawit plasma," katanya

BUMN Untuk Sawit Rakyat yang dilaksanakan di Riau merupakan program jangka panjang peremajaan sawit plasma atau sawit milik masyarakat yang bekerja sama dengan PT Perusahaan Perkebunan Nusantara V (PTPN V) dan Perbankan dibawah BUMN, seperti Bank BNI, Mandiri dan BRI. Program tersebut berlangsung pada 2019 hingga 2025.

Untuk 2019 ini, dia mengatakan peremajaan sawit di Riau diawali di lahan seluas 4.996 hektare. Selanjutnya, pada 2020 hingga 2025 mendatang, ditargetkan 28.000 hektare lahan sawit masyarakat lainnya yang diremajakan di lima kabupaten, yakni Kabupaten Siak, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Rokan Hilir dan Kampar.

Rini menjelaskan dalam pelaksanaan program tersebut, Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) memberikan hibah sebesar Rp 25 juta kepada setiap petani pada lahan dua hektare. Namun, dia mengakui angka tersebut tidak cukup untuk melakukan peremajaan sawit.

"Pendanaan Rp25 juta. Memang tidak cukup. Peremajaan itu perlu sedikitnya Rp 58 juta. Jadi itu Rp25 juta diberikan tidak harus dikembalikan. Kemudian kita kombinasikan dengan kredit usaha rakat Rp33 juta. Bunga 7 persen dari bank BUMN," jelasnya.

Dia mengatakan untuk menyukseskan program tersebut dirinya telah meminta langsung PTPN V sebagai penanggung jawab. Dia mengatakan, meminta PTPN V  memberikan pendampingan mulai dari penanaman, perawatan hingga panen.

Sementara itu, dia menuturkan para petani tidak perlu khawatir kehilangan pendapatan selama masa peremajaan berlangsung. Karena, lanjutnya, masyarakat akan tetap mendapatkan penghasilan dari kegiatan peremajaan sawit yang diasistensi oleh PTPN V.

"PTPN V akan melakukan pembinaan dari penananaman dan pemupukan. Pada saat yang sama petani jangan khawatir, karena mereka tetap bekerja. Mendapatkan penghasilan dari PTPN V. Insya Allah 3,5 tahun bisa mulai produksi bagus," tuturnya.

Rini  menegaskan bahwa PTPN V akan terus bertanggung jawab hingga masa panen tiba. Seandainya hasil panen tidak sesuai target,  masyarakat tidak perlu khawatir dengan kredit yang perlu mereka bayar ke Perbankan. "Komitmen PTPN V harus bertanggung jawab," ujarnya.

Sementara itu, Direkut Utama PTPN V, Jatmiko K Santosa menyatakan pihaknya berkomitmen menjalankan program peremajaan sawit sebagai langkah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dia menjelaskan melalui program ini, petani plasma akan mendapat kejelasan mulai dari pengajuan hingga panen.

"Kami yakin akan membantu pemerintah mengurai masalah dalam percepatan peremajaan sawit sehingga mampu meningkatkan produtifitas dan kesejahteraan petani," kata Jatmiko.

Secara khusus, Jatmiko mengatakan peremajaan sawit yang dilaksanakan di Desa Kumain pada lahan 725 hektare menghabiskan biaya hingga Rp 42 miliar, yang berasal dari hibah BPDPKS dan kredit perbankan. Dari Rp 42 miliar, dia menuturkan Rp 10 miliar diantaranya untuk biaya pelibatan masyarakat. Skema yang sama nantinya akan dilakukan secara massal dalam program tersebut di lima kabupaten di Riau hingga 2025.

Ditempat yang sama, disela usai Penanaman Perdana Kelapa Sawit di KUD Makarti Jaya, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman berharap Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang merupakan bantuan dari Pemerintah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Dengan harapan, dapat meningkat Produksi Kelapa Sawit rakyat dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Dengan penanaman kembali (replenting) ini saya harapkan dapat meningkatkan Produksi Sawit dan kesejahteraan masyarakat meningkat, Pemkab Rohul sangat mengapresiasi Pemerintah yang telah bersedia menjadi mitra dalam Program PSR ini," harapnya.

Pada kegiatan "BUMN untuk Sawit Rakyat", selain Peremajaan Sawit Kelapa Sawit dan Konversi karet menjadi Kelapa Sawit yang melibatkan PTPN V, BPDPKS, Perbankan, Pemerintah Kabupaten dan Petani Plasma, BUMN juga menggelar Program Pasar Murah dan Launching Produk Holding Perkebunan Nusantara "Walini" dan Solar murah untuk rakyat dari Pertamina.(Adv/Hms).


 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 21 Mei 2019 | 14:01:44

Selisih Pilpres 16,9 Juta Suara Digugat ke MK, Ahli: Mustahil Menang

JAKARTA - Prabowo Subianto akan menggugat keputusan KPU soal hasil Pilpres 2019. Menurut ahli hukum tata negara Feri Amsari, gugatan itu mustahil dikabulkan 9 hakim konstitusi sebab jumlah selis
Selasa, 21 Mei 2019 | 13:55:04

Anggota Koramil 06/Cerenti Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-Siswi SDN 007 Kampung Baru

KUANSING- Anggota Koramil 06/Cerenti Kodiim 0302/Inhu memberikan materi wawasan kebangsaan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007, Desa Kampung Baru, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Selasa
Selasa, 21 Mei 2019 | 13:54:33

Dilaporkan Makar, Eks Danjen Kopassus Soenarko Ditangkap soal Penyelundupan Senjata

JAKARTA - Eks Danjen Kopassus Mayjen TNI (Purn) Soenarko ditangkap atas dugaan kasus penyelundupan senjata. Soenarko kini ditahan di Rutan Militer Guntur. "Terkait kasus penyelundupan senjata, per
Selasa, 21 Mei 2019 | 13:50:20

Momen Langka Jokowi dan Prabowo Pidato Bareng Tanggapi Pengumuman KPU

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019. Dalam waktu yang hampir bersamaan, pasangan capres cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dan pasangan capr
 
Berita Lainnya
Senin, 20 Mei 2019 | 22:33:16

Wabup Inhil Taja Syukuran dan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dinas

TEMBILAHAN - Pelaksanaan buka puasa bersama di kediaman dinas Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti di Jalan Swarna Bumi Tembilahan, Senin (20/5/19) sore dipadati warga. Mereka yang datang di kegiatan buka bersa
 
Senin, 20 Mei 2019 | 15:29:52

Peringatan ke-111 HKN, Wabup Inhil Ajak Meningkatkan Kinerja Pelayanan Kepada Masyarakat

TEMBILAHAN-Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir memimpin upacara peringatan ke-111 Hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/19). Peringatan upacara yang digelar di halaman Kantor Bupati Inhil Jalan Akasia ini
 
Minggu, 19 Mei 2019 | 13:12:40

Sekaligus Pantau Pembangunan, Wabup Inhil Safari Ramadan ke Kecamatan Kateman

KATEMAN - Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir menggelar rangkaian Safari Ramadan 1440 H di Kecamatan Kateman, Sabtu (18/5/19). Dalam kegiatan Safari Ramadan yang dipusatkan di Mesjid Besar Al Falah Sungai G
 
Jumat, 17 Mei 2019 | 18:39:37

Untuk Ketiga Kalinya, Kabupaten Inhil Kembali Raih Opini WTP dari BPK Perwakilan Riau

PEKANBARU - Kabupaten Indragiri Hilir kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya berdasarkan penilaian BPK Perwakilan Riau. Opini WTP yang diraih ini disampaikan saat Penyerahan L
 
Rabu, 15 Mei 2019 | 17:08:56

Jelang Lebaran; Wabup Inhil Minta Pihak Terkait Awasi Speedboat yang Melebihi Kapasitas

TEMBILAHAN - Tidak lama lagi, tepatnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, jumlah pengguna angkutan umum akan mulai melonjak, hal itu akan berdampak pada padatnya jumlah penumpang.Seperti di Indragiri Hilir (Inhil)
 
Rabu, 15 Mei 2019 | 17:06:38

Jelang Lebaran; Wabup Inhil Minta Pihak Terkait Awasi Speedboat yang Melebihi Kapasitas

TEMBILAHAN - Tidak lama lagi, tepatnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, jumlah pengguna angkutan umum akan mulai melonjak, hal itu akan berdampak pada padatnya jumlah penumpang.Seperti di Indragiri Hilir (Inhil)
 
Senin, 13 Mei 2019 | 20:20:02

Tanggap Terhadap Warga, Bupati Rohil Tinjau Jalan Aspal Terbelah

Pasca terbelah jalan aspal di Penghulu Usman, Kelurahan Bangko Kiri, Kecamatan Bangko Pusako  Kabupaten Rokan Hilir  Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno melakukan inpeksi mendadak (Sidak) dan meninja
 
Senin, 13 Mei 2019 | 20:05:23

Pererat Silahturahmi, Bupati Rokan Hilir Resmikan Pasar Ramadhan

Pasar Ramadhan merupakan tempat warga untuk melakukan transaksi jual beli tentunya dengan berharap  harga murah. Selain transaksi jual beli dan mendapatkan keuntungan, pasar Ramadhan juga merupakan salah s
 
Senin, 13 Mei 2019 | 18:49:59

Gelar Buka Bersama, Sekda Sebut HSNI Sarana Penyalur Informasi

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hilir (Inhil) H Said Syarifuddin, mengatakan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) merupakan salah satu sarana penyalur informasi nelayan dan pemerintah. Ha
 
Sabtu, 11 Mei 2019 | 14:57:35

Pemkab Inhil Jalin Kerjasama dengan Pemkab Tanjab Barat dan Tanjab Timur

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melakukan kerjasama pembangunan konektivitas antar daerah perbatasan dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Kam
 
Jumat, 10 Mei 2019 | 09:21:31

Perdana, Pemkab Rohul Gelar Safari Ramadhan Di Kecamatan Pendalian IV Koto

ROKANHULU Setiap tahunnya selama bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menggelar kegiatan Safari Ramadhan di 16 Kecamatan se Rohul, agenda tahunan itu selain sebagai ajan
 
Kamis, 9 Mei 2019 | 17:52:29

Wabup Inhil Hadiri Musrenbangnas di Jakarta

JAKARTA - Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti (SU) menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), Kamis (9/5/19) di Hotel Shangrila, Jakarta. Kegiatan dalam rangka penyusunan Rencana K
 
Rabu, 8 Mei 2019 | 15:37:02

Awal Ramadhan Wabup Inhil Kunjungi RSUD Puri Husada Tembilahan

TEMBILAHAN - Mengisi waktu kerja di Bulan yang penuh berkah, Wakil Bupati (Wabup), Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Syamsuddin Uti (SU) melakukan kunjungan secara mendadak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri H
 
Selasa, 7 Mei 2019 | 09:04:48

Pemkab Rokan Hulu Akan Benahi Keindahan Bangunan Wisata Water Fron City Pasirpengaraian

ROKANHULU - Bupati Rokan Hulu H Sukiman, mengingatkan kepada seluruh kepala dinas untuk segera memikirkan apa aja kegiatan yang bisa dilakukan, dalam menunjang keramaian di Kawasan Wisata Water Fron City
 
Selasa, 7 Mei 2019 | 00:28:15

Jelang Ramadhan, Wabub Inhil Ziarah ke Makam Orang Tuanya

JAMBI - Menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Wakil Bupati Inhil H Syamsuddin Uti melakukan ziarah ke makam orang tuanya Hj Tengku Marwiyah binti H Tengku Achmad Mansur, Sabtu (4/5/19) di desa Gedong Karya, K
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top