Terverifikasi Dewan Pers
 
Senin, 13 Agustus 2018 | 18:36:00
Advertorial

Digelar Seminar Internasional, Sekjen Menperin RI Dukung "Technopark" Pelalawan

Laporan : Febri S

Sebarkan:
(Foto: Febri S)
Seminar tersebut di gelar di auditorium gedung Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P), kawasan Techno Park Pelalawan, Kamis (9/8/18).

Seminar internasional ini bertepatan pula dengan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-61, Sekjen Menperin Harris Munandar terkesima dengan keberadaan kawasan Techno Park kabupaten Pelalawan. 

"Seharusnya, Menperin pak Air Langga sudah menjadwalkan hadir untuk membuka seminar internasional ini, akan tetapi beberapa hari ini, beliau tidak bisa meninggalkan Jakarta. Jadi saya diutus untuk membukanya," terang Sekjen Menperin.

Menurutnya, pemerintah mendukung keberadaan Techno Park dikabupaten Pelalawan. Ada beberapa hal menjadi patokan diantaranya, didirikan ST2P dikawasan Techno Park ini sangat membantu tumbuh kembangnya dunia pendidikan terutama di Dirjen Dikti.

"Pemerintah sangat mendukung ST2P Pelalawan, dia berperan membangun sumber daya manusia (SDM) khususnya, di kabupaten Pelalawan," terangnya.

Apalagi imbuhnya, ST2P berdiri megah dan kokoh di kawasan Techno Park. "Ini tentunya, sejalan. Jadi kita melihatnya bernilai ekonomis tinggi," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian (Kemenperin), DR Harris Munandar, membuka seminar internasional teknologi di Kawasan Teknopolitan Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/8/18). Kegiatan dipusatkan di gedung kampus Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P).

Harris Munandar yang mewakili Menteri Perindustrian Air Langga, menyampaikan beberapa pesan terkiat perindustrian kelapa sawit di Indonesia. Termasuk perkembangan teknologi dalam industri hulu maupun hilir sawit yang akan dikembangkan di ST2P.

"Perkembangan teknologi harus selaras dengan dunia industri kelapa sawit," kata Harris Munandar.

Sekjen Harris Munandar menyatakan, saat ini banyak kampanye hitam terhadap dunia industri kelapa sawit di Indonesia. Kampanye negatif ini menjadi pengekangan dan ancaman tersendiri di Indonesia yang hembuskan oleh dunia Eropa.

Isu yang dihembuskan yakni kelapa sawit Indonesia tidak ramah terhadp lingkungan, merusak alam, hingga kebun sawit yang dibangun dalam kawasan hutan.

"Ini harus dilawan dengan menunjukan kualitas sawit Indonesia yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan," tandasnya.

Penelitian terhadap turunan kelapa sawit yang dijadikan menjadi komoditi tersendiri menjaid tugas bersama. Agar mampun menyaingin isu negatif atas dunia kelapa sawit Indonesia.

Sementara itu bupati Pelalawan, HM Harris menyatakan, seminar internasional dalam peringatan Harteknas menjadi kesinambungan program di Kawasan Teknopolitan. Bukan perkara mudah bagi pemda dalam mewujudkan Kawasan Tekno Park dan proses pembangunannya. Komitmen yang kuat untuk menjalankan dan mewujudkan secara penuh.

"Kami sangat butuh dukungan pemerintah pusat dalam mewujudkan Kawasan Teknopolitan ini. Sebagai pusat pendidikan dan inovasi teknologi di bidang industri kepala sawit," jelasnya.

Mantan Ketua Adkasi ini menjelaskan seminar internasional  menunjang 7 Program Strategis Pemerintah Daerah yakni melalui Pelalawan Inovatif. Dirinya menambahkan bahwa masyarakat pelalawan 75 persen menggantungkan penghasilannya melalui perkebunan kelapa sawit. Diharapkan melalui seminar ini petani kebun kita tidak hanya sebagai pemilik dan pekerja kebun akan tetapi bisa mandiri dengan arti kata mereka sebagai pemilik kebun,mengolah sendiri dan bahkan bisa melakukan pemasarannya langsung.

Hal  demikian tentunya menjadi harapan dari Pemerintah Daerah, masyarat bisa menumbuhkan kemandiriannya dengan inovasi serta teknologi yang tepat guna karena hasil yang diperoleh bukan saja CPO akan tetapi petani kebun kita bisa mengolah dengan menghasilkan turunan dari sawit tersebut seperti alga,omega bahkan limbah sendiri bisa di pasarkan menjadi nilai ekonomis yang baik bagi pendapatan masyarakat kita.

Terakhir mantan Ketua DPRD Pelalawan ini optimis dengan pelaksanaan seminar internasional ini  kita khususnya bangsa indonesia bisa maju dan sejajar dengan negara lain terutama dalam penerapan inovasi dan teknologi.

Setelah seminar dibuka, acara dilanjutkan dengan seminar yang mendatangkan pemateri dalam dalam dan luar negeri. Peserta yang berjumlah 500 orang dari berbagai perguruan tinggi dan perusahaan sawit akan diboboti dengan teknologi terbarukan dalam dunia insdutri.


Komit Bangun Kawasan Teknopolitan

Bupati Pelalawan, HM Harris, tetap berkomitmen membangun Kawasan Teknopolitan di Kecamatan Langgam hingga sisa masa jabatannya tahun 2021 nanti. Program ini yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

"Kawasan teknopolitan ini akan menjadi pusat industri sekaligus pusat pendidikan dan riset. Pengolahan kelapa sawit mulai dari hulu sampai hilir," beber Harris.

Dijelaskannya, beberapa investor akan ditarik untuk menanamkan modalnya di Teknopolitan untuk membangun pusat industri yang dibutuhkan dalam kelapa sawit. Serta pusat penelitian pengembangan kelapa sawit hingga turunannya.

Dalam waktu dekat ada investor yang akan membangun pabrik minyak kelapa sawit mini di Teknopolitan. Kedepan ia akan menarik investor lainnya untuk ikut membangun dan berinvestasi di Teknopolitan.

Disisi lain, Harris terus memajukan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) yang gedungnya sudah berdiri megah di kawasan Teknopark, nama lain dari Teknopolitan. Dua tahun terakhir, 130 mahasiswa sudah ditampung di gedung kuliah sementara di Kecamatan Bandar Seikijang. Kedepan jumlah mahasiswa akan meningkat dengan merangsang putra daerah yang ingin kuliah.

"Saya sudah meminta seluruh perusahaan agar menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa ST2P dua orang setiap perusahaan per tahunnya. Dengan seperti ini dunia pendidikan kita akan semakin maju," tandas Harris.

Harris membeberkan seluruh mimpi dan visinya dalam membangun Pelalawan secara panjang lebar. Termasuk keberhasilannya mendongkrak tingkat elektrifikasi dari 14 persen hingga ke angka 70 persen.***(Adv/feb) 

 
  •  
     
    Komentar
     
    Berita Terkait
    Rabu, 26 Juni 2019 | 02:00:41

    Grebek Kampung Narkoba di Bagansiapiapi, Bandar Sabu di Amankan

    BAGANSIAPIAPI-Personil Satuan Narkoba (Satnarkoba ) Polres Rokan Hilir berhasil menggrebek kampung narkoba di  Kelurahan Bagan Hulu Bagansiapiapi  Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Selasa (25/06)
    Rabu, 26 Juni 2019 | 01:15:17

    Panipahan Membara, 20 Rumah Ludes Terbakar

    ROKAN HILIR-Panipahan Membara, diperkirakan sekitar 20 rumah warga ludes terbakar dilalap sijago merah  Rabu (26/06) sekitar pukul 00 45. Wib. Sedikitnya 20 rumah warga  hagus terbakar tinggal puing-p
    Selasa, 25 Juni 2019 | 21:18:52

    Beredar Kabar Ada Calon Bupati Dan Wakil Bupati Bengkalis Jalur Independen

    BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis sebentar lagi akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati periode 2020-2025. Sejumlah nama- nama mulai bermunculan, karena hal itu  merupakan hak set
    Selasa, 25 Juni 2019 | 21:10:42

    Miliki Shabu Seberat 680 gram, Warga Air Kulim Ini Di Tangkap Opsnal Polsek Mandau

    Mandau - Selasa 25 Juni 2019 sekira jam 10.00 Wib, Tim Opsnal Polsek Mandau yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Mandau Kompol Arvin Hariyadi Sik dan didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Mandau Iptu Firman
     
    Berita Lainnya
    Selasa, 25 Juni 2019 | 18:29:21

    Bupati Wardan Buka Kegiatan Manasik Haji 2019, Diikuti Oleh 564 JCH Asal Inhil

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan membuka kegiatan bimbingan Manasik Haji Tahun 2019 di Masjid Raya Al-Huda, Tembilahan, Selasa (25/6/2019) pagi. Kegiatan bimbingan Manasik Haji ini diikuti oleh 5
     
    Selasa, 25 Juni 2019 | 18:07:03

    Bupati Inhil Bersama Gubri Susun Terobosan Ekspor Kelapa Menggunakan Kontainer Menuju Thailand

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan bersama Gubernur Riau, H Syamsuar telah menyusun terobosan baru untuk aktifitas ekspor kelapa lokal menggunakan sistem kontainer menuju Thailand. Terobosan terseb
     
    Selasa, 25 Juni 2019 | 18:04:23

    Wakil Bupati Hadiri Pesta Pernikahan Putra Bungsu Bupati, HM Wardan

    Jakarta - Wakil Bupati Kabupaten Inhil, H Syamsuddin Uti menghadiri pesta pernikahan Putra Bungsu Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, Nanda Hasanul Amri, SIP, Sabtu, (22/6/2019), di Masjid Agung Al-Azhar, Jalan
     
    Sabtu, 22 Juni 2019 | 19:41:59

    Tingkatkan Nilai Jual, Bupati Inhil Tandatangani MoU Dengan Perusahaan Pengolahan Sabut di Jakarta

    JAKARTA - Dalam upaya memanfaatkan potensi dan meningkatkan nilai ekonomis produk turunan kelapa berupa sabut, Bupati Indragiri Hilir HM Wardan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Rekaday
     
    Jumat, 21 Juni 2019 | 16:55:27

    Mewakili KOPEK, Bupati Inhil Sampaikan Permasalahan Kelapa Kepada Kepala Staf Presiden RI

    JAKARTA - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan mewakili Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) mengharapkan permasalahan anjloknya harga kelapa di Indonesia menjadi perhatian pemerintah pusat. Penega
     
    Kamis, 20 Juni 2019 | 19:54:16

    Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan Gudang di Tembilahan, Bupati Inhil Ungkapkan Keprihatinannya

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengungkapkan keprihatinannya atas musibah kebakaran yang menghanguskan 1 unit rumah dan gudang di jalan Tanjung Harapan, Tembilahan hari ini, Kamis (20/6/2019) si
     
    Kamis, 20 Juni 2019 | 19:42:20

    Bupati H. Sukiman Minta Pemerintah Desa dan Kelurahan Manfaatkan Potensi SDA

    ROKAN HULU - Bupati Rokan Hulu H.Sukiman  meminta seluruh Pemerintah desa dan Kelurahan untuk mengatakan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada disekitarnya yang bisa membantu peningkatan kesejahteraan ma
     
    Kamis, 20 Juni 2019 | 16:44:34

    Bupati Rokan Hulu Resmikan Wisata Kahati dan BUMDesa Jaya Bersama Desa Koto Tinggi

    ROKAN HULU - Bupati Rokan Hulu H.Sukiman  meresmikan Objek wisata waterboom Kahati dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Jaya Bersama di bawah Pemerintahan Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah Kamis
     
    Rabu, 19 Juni 2019 | 16:56:38

    Jajaran Pemkab Inhil Ucapkan Selamat Atas Pernikahan Putra Bungsu Bupati HM Wardan

    TEMBILAHAN - Jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil mengucapkan selamat atas pernikahan putra bungsu Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, Tembilahan, Rabu (19/6/2019). Resepsi pernikahan putra bungsu Bupati, Nanda H
     
    Rabu, 19 Juni 2019 | 14:32:36

    Bupati H.Sukiman dan Wabup Palas Hadiri Pesta Putri H. Syafii Lubis di Tingkok Sangat Meriah

    ROKANHULU - Peresmian pernikahan Putri Bungsu H. Syafi'i Lubis (anak nomor 7 atau anak bungsu) dan Putra Ir. Darwin Zulheddi Nasution M.Kes yang dilaksanakan di Desa Tingkok Kecamatan Tambusai Kabupaten Ro
     
    Rabu, 19 Juni 2019 | 00:04:46

    Sekda Inhil: Gaji 13 PNS Akan Cair 1 Juli

    TEMBILAHAN - Kabar gembira bagi PNS, yang mana Pemerintah akan melakukan pencairan gaji ke 13 PNS pada 1 Juli 2019. Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin mengungkapkan, pembayaran gaji ke 13 aka
     
    Senin, 17 Juni 2019 | 01:00:41

    Isu Mutasi Dan Rotasi Jajaran Pemkab Inhil, Bupati: Itu Hal Yang Biasa, Tunggu Saja

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan memberikan jawaban atas isu yang beredar tentang akan adanya mutasi dan rotasi dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil. "Itu (rotasi dan mutasi, red) hal yang bi
     
    Senin, 17 Juni 2019 | 00:57:19

    Milad Ke - 54 Inhil, Wakil Bupati Melepas Peserta Funbike

    TEMBILAHAN - Wakil Bupati Kabupaten Inhil, H Syamsuddin Uti melepas puluhan peserta Funbike yang diselenggarakan dalam rangka Milad Ke - 54 Kabupaten Inhil Tahun 2019 di Taman Kota Jalan Swarna Bumi, Tembilahan
     
    Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:17:37

    Pemkab Inhil Gelar Malam Resepsi Syukuran Milad Ke 54 Tahun 2019

    TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten Inhil menggelar acara Malam Resepsi dalam rangka Syukuran Milad Ke - 54 Kabupaten Inhil tahun 2019, di lapangan upacara, Jalan Gajah Mada, Tembilahan, Jum'at (14/6/2019).
     
    Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:14:25

    Bupati Inhil Hadiri Pisah Sambut Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri acara pisah sambut Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan di gedung Engku Kelana, Tembilahan, Jum'at (14/6/2019) siang. Acara pisah sambut dilaksanaka
     
     
     
    Terpopuler
     
     
     
     
    Top