Iklan Sosial
 
Senin, 13 Agustus 2018 | 18:36:00
Advertorial

Digelar Seminar Internasional, Sekjen Menperin RI Dukung "Technopark" Pelalawan

Laporan : Febri S

Sebarkan:
(Foto: Febri S)
Seminar tersebut di gelar di auditorium gedung Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P), kawasan Techno Park Pelalawan, Kamis (9/8/18).

Seminar internasional ini bertepatan pula dengan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-61, Sekjen Menperin Harris Munandar terkesima dengan keberadaan kawasan Techno Park kabupaten Pelalawan. 

"Seharusnya, Menperin pak Air Langga sudah menjadwalkan hadir untuk membuka seminar internasional ini, akan tetapi beberapa hari ini, beliau tidak bisa meninggalkan Jakarta. Jadi saya diutus untuk membukanya," terang Sekjen Menperin.

Menurutnya, pemerintah mendukung keberadaan Techno Park dikabupaten Pelalawan. Ada beberapa hal menjadi patokan diantaranya, didirikan ST2P dikawasan Techno Park ini sangat membantu tumbuh kembangnya dunia pendidikan terutama di Dirjen Dikti.

"Pemerintah sangat mendukung ST2P Pelalawan, dia berperan membangun sumber daya manusia (SDM) khususnya, di kabupaten Pelalawan," terangnya.

Apalagi imbuhnya, ST2P berdiri megah dan kokoh di kawasan Techno Park. "Ini tentunya, sejalan. Jadi kita melihatnya bernilai ekonomis tinggi," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian (Kemenperin), DR Harris Munandar, membuka seminar internasional teknologi di Kawasan Teknopolitan Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/8/18). Kegiatan dipusatkan di gedung kampus Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P).

Harris Munandar yang mewakili Menteri Perindustrian Air Langga, menyampaikan beberapa pesan terkiat perindustrian kelapa sawit di Indonesia. Termasuk perkembangan teknologi dalam industri hulu maupun hilir sawit yang akan dikembangkan di ST2P.

"Perkembangan teknologi harus selaras dengan dunia industri kelapa sawit," kata Harris Munandar.

Sekjen Harris Munandar menyatakan, saat ini banyak kampanye hitam terhadap dunia industri kelapa sawit di Indonesia. Kampanye negatif ini menjadi pengekangan dan ancaman tersendiri di Indonesia yang hembuskan oleh dunia Eropa.

Isu yang dihembuskan yakni kelapa sawit Indonesia tidak ramah terhadp lingkungan, merusak alam, hingga kebun sawit yang dibangun dalam kawasan hutan.

"Ini harus dilawan dengan menunjukan kualitas sawit Indonesia yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan," tandasnya.

Penelitian terhadap turunan kelapa sawit yang dijadikan menjadi komoditi tersendiri menjaid tugas bersama. Agar mampun menyaingin isu negatif atas dunia kelapa sawit Indonesia.

Sementara itu bupati Pelalawan, HM Harris menyatakan, seminar internasional dalam peringatan Harteknas menjadi kesinambungan program di Kawasan Teknopolitan. Bukan perkara mudah bagi pemda dalam mewujudkan Kawasan Tekno Park dan proses pembangunannya. Komitmen yang kuat untuk menjalankan dan mewujudkan secara penuh.

"Kami sangat butuh dukungan pemerintah pusat dalam mewujudkan Kawasan Teknopolitan ini. Sebagai pusat pendidikan dan inovasi teknologi di bidang industri kepala sawit," jelasnya.

Mantan Ketua Adkasi ini menjelaskan seminar internasional  menunjang 7 Program Strategis Pemerintah Daerah yakni melalui Pelalawan Inovatif. Dirinya menambahkan bahwa masyarakat pelalawan 75 persen menggantungkan penghasilannya melalui perkebunan kelapa sawit. Diharapkan melalui seminar ini petani kebun kita tidak hanya sebagai pemilik dan pekerja kebun akan tetapi bisa mandiri dengan arti kata mereka sebagai pemilik kebun,mengolah sendiri dan bahkan bisa melakukan pemasarannya langsung.

Hal  demikian tentunya menjadi harapan dari Pemerintah Daerah, masyarat bisa menumbuhkan kemandiriannya dengan inovasi serta teknologi yang tepat guna karena hasil yang diperoleh bukan saja CPO akan tetapi petani kebun kita bisa mengolah dengan menghasilkan turunan dari sawit tersebut seperti alga,omega bahkan limbah sendiri bisa di pasarkan menjadi nilai ekonomis yang baik bagi pendapatan masyarakat kita.

Terakhir mantan Ketua DPRD Pelalawan ini optimis dengan pelaksanaan seminar internasional ini  kita khususnya bangsa indonesia bisa maju dan sejajar dengan negara lain terutama dalam penerapan inovasi dan teknologi.

Setelah seminar dibuka, acara dilanjutkan dengan seminar yang mendatangkan pemateri dalam dalam dan luar negeri. Peserta yang berjumlah 500 orang dari berbagai perguruan tinggi dan perusahaan sawit akan diboboti dengan teknologi terbarukan dalam dunia insdutri.


Komit Bangun Kawasan Teknopolitan

Bupati Pelalawan, HM Harris, tetap berkomitmen membangun Kawasan Teknopolitan di Kecamatan Langgam hingga sisa masa jabatannya tahun 2021 nanti. Program ini yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

"Kawasan teknopolitan ini akan menjadi pusat industri sekaligus pusat pendidikan dan riset. Pengolahan kelapa sawit mulai dari hulu sampai hilir," beber Harris.

Dijelaskannya, beberapa investor akan ditarik untuk menanamkan modalnya di Teknopolitan untuk membangun pusat industri yang dibutuhkan dalam kelapa sawit. Serta pusat penelitian pengembangan kelapa sawit hingga turunannya.

Dalam waktu dekat ada investor yang akan membangun pabrik minyak kelapa sawit mini di Teknopolitan. Kedepan ia akan menarik investor lainnya untuk ikut membangun dan berinvestasi di Teknopolitan.

Disisi lain, Harris terus memajukan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) yang gedungnya sudah berdiri megah di kawasan Teknopark, nama lain dari Teknopolitan. Dua tahun terakhir, 130 mahasiswa sudah ditampung di gedung kuliah sementara di Kecamatan Bandar Seikijang. Kedepan jumlah mahasiswa akan meningkat dengan merangsang putra daerah yang ingin kuliah.

"Saya sudah meminta seluruh perusahaan agar menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa ST2P dua orang setiap perusahaan per tahunnya. Dengan seperti ini dunia pendidikan kita akan semakin maju," tandas Harris.

Harris membeberkan seluruh mimpi dan visinya dalam membangun Pelalawan secara panjang lebar. Termasuk keberhasilannya mendongkrak tingkat elektrifikasi dari 14 persen hingga ke angka 70 persen.***(Adv/feb) 

 
  •  
     
     
    Komentar
     
    Berita Terkait
    Jumat, 18 Januari 2019 | 19:52:42

    Tumbang Kebun Sawit Warga, PLN Rohul Tanpa Koordinasi

    ROKAN HULU - Pemasangan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) oleh pihak PLN  yang merupakan perusahaan negara yang tengah bekerja  di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul),Riau banyak bermasalah teruta
    Jumat, 18 Januari 2019 | 14:59:05

    Pemkab Rohul Gelar Pencegahan Karlahut, dan UU Desa Kelurahan, Dihadiri Dirkrimsus Polda Riau

    ROKANHULU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mengadakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Undang-Undang Desa/Kelurahan, dan Pengelolaan Keuangan Desa/Ke
    Kamis, 17 Januari 2019 | 21:08:45

    PGRI Rohul Komit Bela Marwah Guru, Guru SMA Pagaran Tapah Polisi kan Pemilik Kos

    ROKAN HULU  - Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau dibawah kepemimpinan Ketua DR Adolf Bastian M.Pd, Komitmen memperjuangkan nasib dan marwah para guru di da
    Kamis, 17 Januari 2019 | 21:04:38

    BAZNas Rohul Serahkan Bantuan Rumah Sehat Layak Huni ke Warga Desa BPTJ

    ROKAN HULU -  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rabu (16/1/2019) kemarin, menyerahkan bantuan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) ke Rosidah, warga Desa Bangun Pura Timur Jaya (BPT
     
    Berita Lainnya
    Jumat, 18 Januari 2019 | 14:59:05

    Pemkab Rohul Gelar Pencegahan Karlahut, dan UU Desa Kelurahan, Dihadiri Dirkrimsus Polda Riau

    ROKANHULU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mengadakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Undang-Undang Desa/Kelurahan, dan Pengelolaan Keuangan Desa/Ke
     
    Kamis, 17 Januari 2019 | 20:43:17

    Hampir 22 Tahun Kab.Siak Berdiri, Banyak Pembangunan di Kecamatan Kotogasib Sudah dirasakan Masyarakat

    SIAK - Sudah hampir 22 tahun Kabupaten Siak ini berdiri, Perkembangan pembangunan setiap tahunnya semangkin pesat dan bisa dilihat di setiap kecamatan. Pada zaman Pak Syamsuar menjadi Bupati, Banyak program&nbs
     
    Kamis, 17 Januari 2019 | 12:42:28

    Wabup SU Tanda Tangani Nota Kesepahaman RPJMD

    TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir telah menandatangani nota kesepahaman rancangan awal pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) bersama DPRD dalam rapat paripurna, Rabu (16/1/2019) Malam
     
    Kamis, 17 Januari 2019 | 09:21:23

    H Said Syarifuddin Tinjau Potensi Siput Laut Sebagai Komoditas Ekspor

    TEMBILAHAN - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin meninjau potensi siput laut sebagai komoditas ekspor di Kuala Enok, Kecamatan T
     
    Rabu, 16 Januari 2019 | 14:09:39

    Dukung CFD, Bupati Harapkan Masyarakat Peduli Lingkungan

    TEMBILAHAN - Bupati Inhil Drs HM Wardan MP memberi apresiasi kepada generasi muda Inhil yang aktif dan inovatif. Ha tersebut diutarakannya saat menghadiri Car Free Day (CFD) dan Inhil Food Festival pada h
     
    Rabu, 16 Januari 2019 | 13:38:01

    Bupati Wardan Ajak Masyarakat Untuk Menjaga Taman

    TEMBILAHAN - Rabu (16/01/2019) Bupati HM.Wardan mengharapkan kepada seluruh masyarakat mari kita menjaga taman ini menjadi indah dan asri hal ini diungkapkan Bupati HM. Wardan saat usai membuka Fetival Ka
     
    Rabu, 16 Januari 2019 | 09:48:32

    Bupati Inhil Resmi Buka Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa, TP4D Serta MoU Bidang Datun

    TEMBILAHAN - upati Kabupaten Inhil, HM Wardan secara resmi membuka Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa, Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta MoU Bidang Perdata dan Ta
     
    Rabu, 16 Januari 2019 | 08:55:31

    Bupati Amril Mukminin Instruksikan Kepala PD Segera Laksanakan Kegiatan DAK 2019

    BENGKALIS - Tahun 2019 ini, Kabupaten Bengkalis terima Dana Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih Rp102 miliar. Meningkat sekitar 100 persen di banding Tahun 2018. Tepatnya berjumlah lebih kurang Rp51 mili
     
    Selasa, 15 Januari 2019 | 13:24:55

    Wakili Bupati, Sekda Inhil Tutup Secara Resmi Turnamen Bola Voly PSM Cup 2019

    PELANGIRAN - Bupati HM. Wardan yang di wakili Sekretaris Daerah menutup Turnament Bola Voly Parit Sabar Menanti (PSM) Cup Dusun Mekar Karya Desa Rotan Semelur Kecamatan Pelangiran, Minggu (13/01/2019) sia
     
    Selasa, 15 Januari 2019 | 11:09:30

    Selaku Kamabicab, Bupati Pimpin Apel Gelar Senja Kwarcab 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) memimpin Apel Gelar Senja Kwartir Cabang 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil di halaman rumah dinas Bupa
     
    Selasa, 15 Januari 2019 | 10:15:44

    Bupati Inhil Hadiri Sosialisasi TUK Pendidik PAUD

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri Sosialisasi Tempat Uji Kompetensi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dipusatkan di PAUD As-Shofa, Jalan Kayu Jati, Kecamatan Tembilaha
     
    Selasa, 15 Januari 2019 | 10:12:36

    Bupati Hadiri Festival Mancokan Komunitas Emak-Emak Sehat Inhil

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri Festival Mancokan atau yang dikenal dengan sebutan merujak yang ditaja oleh Komunitas Emak-Emak Sehat Kabupaten Inhil, Minggu (13/1/2019) sore di
     
    Selasa, 15 Januari 2019 | 09:48:01

    Dibuka Bupati, Disbudpar dan UPP Rohul Gelar Kuliah Umum dan Pentas Seni Budaya Dihadiri Dua Tokoh.

    ROKAN HULU - Pelaksanan  Kuliah Umum dan Pentas Seni Budaya Melayu Rokan Hulu, Senin (14/1/2019), digelar Uiversitas Pasir Pengaraian (UPP) dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupate
     
    Senin, 14 Januari 2019 | 13:32:13

    Bupati Inhil Sambut Baik Gelaran Festival Kuliner 2019

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menyambut baik gelaran Festival Kuliner 2019 yang diadakan di Taman Kota, Jalan Swarna Bumi, Tembilahan, Minggu (13/1/2019) pagi. Festival Kuliner 2019 ini di
     
    Minggu, 13 Januari 2019 | 07:20:39

    Sekda Inhil Duduk Bareng Kaum Muda dan Aktivis Mahasiswa

    TEMBILAHAN - Disela kesibukannya dalam menjalankan tugas sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin menyempatkan diri untuk duduk santai sekadar menikmati waktu luang di Cafe Mozza yang beral
     
     
     
    Terpopuler
     
     
     
     
     
     
    Top