Terverifikasi Dewan Pers
 
Senin, 13 Agustus 2018 | 18:36:00
Advertorial

Digelar Seminar Internasional, Sekjen Menperin RI Dukung "Technopark" Pelalawan

Laporan : Febri S

Sebarkan:
(Foto: Febri S)
Seminar tersebut di gelar di auditorium gedung Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P), kawasan Techno Park Pelalawan, Kamis (9/8/18).

Seminar internasional ini bertepatan pula dengan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-61, Sekjen Menperin Harris Munandar terkesima dengan keberadaan kawasan Techno Park kabupaten Pelalawan. 

"Seharusnya, Menperin pak Air Langga sudah menjadwalkan hadir untuk membuka seminar internasional ini, akan tetapi beberapa hari ini, beliau tidak bisa meninggalkan Jakarta. Jadi saya diutus untuk membukanya," terang Sekjen Menperin.

Menurutnya, pemerintah mendukung keberadaan Techno Park dikabupaten Pelalawan. Ada beberapa hal menjadi patokan diantaranya, didirikan ST2P dikawasan Techno Park ini sangat membantu tumbuh kembangnya dunia pendidikan terutama di Dirjen Dikti.

"Pemerintah sangat mendukung ST2P Pelalawan, dia berperan membangun sumber daya manusia (SDM) khususnya, di kabupaten Pelalawan," terangnya.

Apalagi imbuhnya, ST2P berdiri megah dan kokoh di kawasan Techno Park. "Ini tentunya, sejalan. Jadi kita melihatnya bernilai ekonomis tinggi," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Jendral Kementerian Perindustrian (Kemenperin), DR Harris Munandar, membuka seminar internasional teknologi di Kawasan Teknopolitan Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/8/18). Kegiatan dipusatkan di gedung kampus Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P).

Harris Munandar yang mewakili Menteri Perindustrian Air Langga, menyampaikan beberapa pesan terkiat perindustrian kelapa sawit di Indonesia. Termasuk perkembangan teknologi dalam industri hulu maupun hilir sawit yang akan dikembangkan di ST2P.

"Perkembangan teknologi harus selaras dengan dunia industri kelapa sawit," kata Harris Munandar.

Sekjen Harris Munandar menyatakan, saat ini banyak kampanye hitam terhadap dunia industri kelapa sawit di Indonesia. Kampanye negatif ini menjadi pengekangan dan ancaman tersendiri di Indonesia yang hembuskan oleh dunia Eropa.

Isu yang dihembuskan yakni kelapa sawit Indonesia tidak ramah terhadp lingkungan, merusak alam, hingga kebun sawit yang dibangun dalam kawasan hutan.

"Ini harus dilawan dengan menunjukan kualitas sawit Indonesia yang berdaya saing tinggi dan ramah lingkungan," tandasnya.

Penelitian terhadap turunan kelapa sawit yang dijadikan menjadi komoditi tersendiri menjaid tugas bersama. Agar mampun menyaingin isu negatif atas dunia kelapa sawit Indonesia.

Sementara itu bupati Pelalawan, HM Harris menyatakan, seminar internasional dalam peringatan Harteknas menjadi kesinambungan program di Kawasan Teknopolitan. Bukan perkara mudah bagi pemda dalam mewujudkan Kawasan Tekno Park dan proses pembangunannya. Komitmen yang kuat untuk menjalankan dan mewujudkan secara penuh.

"Kami sangat butuh dukungan pemerintah pusat dalam mewujudkan Kawasan Teknopolitan ini. Sebagai pusat pendidikan dan inovasi teknologi di bidang industri kepala sawit," jelasnya.

Mantan Ketua Adkasi ini menjelaskan seminar internasional  menunjang 7 Program Strategis Pemerintah Daerah yakni melalui Pelalawan Inovatif. Dirinya menambahkan bahwa masyarakat pelalawan 75 persen menggantungkan penghasilannya melalui perkebunan kelapa sawit. Diharapkan melalui seminar ini petani kebun kita tidak hanya sebagai pemilik dan pekerja kebun akan tetapi bisa mandiri dengan arti kata mereka sebagai pemilik kebun,mengolah sendiri dan bahkan bisa melakukan pemasarannya langsung.

Hal  demikian tentunya menjadi harapan dari Pemerintah Daerah, masyarat bisa menumbuhkan kemandiriannya dengan inovasi serta teknologi yang tepat guna karena hasil yang diperoleh bukan saja CPO akan tetapi petani kebun kita bisa mengolah dengan menghasilkan turunan dari sawit tersebut seperti alga,omega bahkan limbah sendiri bisa di pasarkan menjadi nilai ekonomis yang baik bagi pendapatan masyarakat kita.

Terakhir mantan Ketua DPRD Pelalawan ini optimis dengan pelaksanaan seminar internasional ini  kita khususnya bangsa indonesia bisa maju dan sejajar dengan negara lain terutama dalam penerapan inovasi dan teknologi.

Setelah seminar dibuka, acara dilanjutkan dengan seminar yang mendatangkan pemateri dalam dalam dan luar negeri. Peserta yang berjumlah 500 orang dari berbagai perguruan tinggi dan perusahaan sawit akan diboboti dengan teknologi terbarukan dalam dunia insdutri.


Komit Bangun Kawasan Teknopolitan

Bupati Pelalawan, HM Harris, tetap berkomitmen membangun Kawasan Teknopolitan di Kecamatan Langgam hingga sisa masa jabatannya tahun 2021 nanti. Program ini yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

"Kawasan teknopolitan ini akan menjadi pusat industri sekaligus pusat pendidikan dan riset. Pengolahan kelapa sawit mulai dari hulu sampai hilir," beber Harris.

Dijelaskannya, beberapa investor akan ditarik untuk menanamkan modalnya di Teknopolitan untuk membangun pusat industri yang dibutuhkan dalam kelapa sawit. Serta pusat penelitian pengembangan kelapa sawit hingga turunannya.

Dalam waktu dekat ada investor yang akan membangun pabrik minyak kelapa sawit mini di Teknopolitan. Kedepan ia akan menarik investor lainnya untuk ikut membangun dan berinvestasi di Teknopolitan.

Disisi lain, Harris terus memajukan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) yang gedungnya sudah berdiri megah di kawasan Teknopark, nama lain dari Teknopolitan. Dua tahun terakhir, 130 mahasiswa sudah ditampung di gedung kuliah sementara di Kecamatan Bandar Seikijang. Kedepan jumlah mahasiswa akan meningkat dengan merangsang putra daerah yang ingin kuliah.

"Saya sudah meminta seluruh perusahaan agar menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa ST2P dua orang setiap perusahaan per tahunnya. Dengan seperti ini dunia pendidikan kita akan semakin maju," tandas Harris.

Harris membeberkan seluruh mimpi dan visinya dalam membangun Pelalawan secara panjang lebar. Termasuk keberhasilannya mendongkrak tingkat elektrifikasi dari 14 persen hingga ke angka 70 persen.***(Adv/feb) 

 
  •  
     
     
    Komentar
     
    Berita Terkait
    Jumat, 22 Maret 2019 | 16:03:26

    600 Personil Polres Rohil Siap Amankan Pemilu 2019

    UJUNGTANJUNG-Sebanyak 600 personil  Polres Rokan Hilir siap mengamankan Pemilu Legislatif dan Pilpres tahun 2019 ini. Hal itu dikatakan Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto Sik MH, usai  menggelar ap
    Jumat, 22 Maret 2019 | 13:24:11

    PS Mandau Siap Hadapi Kejuaraan Sepak Bola Antar Pelajar

    Duri - Kejuaraan sepakbola antar pelajar se-Kabupaten Bengkalis akan digelar di Stadion Pokok Jengkol Kota Duri, 23-28 Maret 2019 mendatang. Selaku pelatih PS Mandau, Ade Candra, yang merupakan salah satu
    Jumat, 22 Maret 2019 | 12:17:03

    Bupati Rohil Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2019

    UJUNGTANJUNG- Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno  menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang digelar pada 17 April mendatang.Pernyataannya tersebut d
    Jumat, 22 Maret 2019 | 11:41:30

    Dandim 0321 Rohil: Tindak Tegas Siapa Saja Ganggu Kelancaran Pemilu

    UJUNGTANJUNG-. Komandan Distrik Militer (Dandim) 0321 Rokan Hilir (Rohil) Letkol (Inf) Didik Efendi, menegaskan  agar menindak tegas  terhadap siapa saja yang menghalangi dan menganggu Pemilu 2019 ini
     
    Berita Lainnya
    Sabtu, 23 Maret 2019 | 17:05:13

    Bupati Inhil Hadiri Pembukaan Operasi Katarak Gratis Di RSUD Puri Husada

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri acara pembukaan Operasi Katarak Gratis dalam rangka merealisasikan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhil periode 2018-2023 di R
     
    Jumat, 22 Maret 2019 | 15:15:07

    Bupati Wardan Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2018 Kepada BPK

    PEKANBARU - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah atau LKPD Tahun Anggaran 2018 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Riau, Kamis (21/3/2019) di Kantor B
     
    Rabu, 20 Maret 2019 | 15:07:47

    PN Pasirpengaraian Canangkan Zona Integritas Jadikan Institusi Bebas Dari Korupsi dan Bersih Dalam Melayani

    ROKANHULU   Pengadilan Negeri Pasirpengaraian   melakukan penandatanganan Piagam Zona Integritas bersama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, dalam rangka mewujudkan Reformasi Birokrasi
     
    Selasa, 19 Maret 2019 | 23:26:48

    Pemkab Inhil Serahkan Bantuan Bagi Warga Sulteng Korban Bencana Gempa Dan Tsunami

    TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten Inhil menyerahkan bantuan senilai 146. 328. 000,- bagi warga di Sulawesi Tengah yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami pada September 2018 silam, Selasa (19/3/2019). Pe
     
    Selasa, 19 Maret 2019 | 23:23:29

    Bupati Ikuti Tabligh Akbar Dan Istighosah di Mapolres Inhil

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengikuti Tabligh Akbar dan Istighosah yang diselenggarakan Polres Inhil di halaman Kantor Mapolres Inhil, Tembilahan, Selasa (19/3/2019) pagi. Tabligh Akbar dan
     
    Jumat, 15 Maret 2019 | 11:14:24

    Pemkab Rokan Hulu Rapat PP. Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah

    ROKANHULU - Dalam rangka penyesuaian terkait sudah adanya Peraturan Pemerintah (PP)  Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melaksakan Rapat untuk mengevaluasi
     
    Jumat, 15 Maret 2019 | 08:49:39

    Bahas Solusi Harga Kelapa, Sekda Inhil Sambangi Ditjen Daglu Kemendag RI

    JAKARTA - Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin menyambangi Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia guna membahas solusi penyelamatan harga k
     
    Jumat, 15 Maret 2019 | 08:48:17

    Wakil Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Inhil Tahun 2020

    TEMBILAHAN - Wakil Bupati Kabupaten Inhil, H Syamsuddin Uti membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau Musrenbang RKPD Kabupaten Inhil Tahun 2020, Rabu (13/3/2019) pa
     
    Jumat, 15 Maret 2019 | 08:46:33

    Wakil Bupati Inhil Hadiri Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Pribadi Melalui E-Filling

    TEMBILAHAN - Wakil Bupati Kabupaten Inhil, H Syamsuddin Uti menghadiri pekan panutan penyampaian SPT Tahunan PPh Pribadi melalui E-filling di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Kabupate
     
    Selasa, 12 Maret 2019 | 18:18:51

    Bupati Inhil Sambut Kedatangan Kepala BPKP Riau

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menyambut kedatangan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Riau dengan mengadakan coffee morning di kediaman dinasnya, Tembilahan, S
     
    Minggu, 10 Maret 2019 | 23:18:00

    Jajaran Pemkab Inhil Ikuti Bimtek SAKIP

    TEMBILAHAN - Jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP yang menghadirkan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refor
     
    Minggu, 10 Maret 2019 | 23:13:57

    Bupati Inhil Ziarahi Makam Syech Mohammad Arsyad Albanjari Dan Datuk Landak

    TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menziarahi makam Tuan Guru Syech Mohammad Arsyad Albanjari dan Tuan Guru Datuk Landak, Sabtu (9/3/2019) di Kalampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Martapura, Kabupa
     
    Minggu, 10 Maret 2019 | 19:37:48

    Bupati Inhil Audiensi Bersama Kemendag RI Bahas Peluang Investasi Dan Ekspor Kelapa

    JAKARTA - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan melakukan audiensi bersama Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan pokok bahasan peluang pengembangan investasi da
     
    Jumat, 8 Maret 2019 | 16:18:43

    Hadapi Kemarau dan Antisipasi Karhutla Tahun 2019, Kodim 0314/Inhil Gelar Rakoor

    TEMBILAHAN - Prediksi kemarau panjang yang akan terjadi pada tahun 2019 ini, mendorong Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Inhil memperkuat rapat koordinasi (rakoor) sebagai wujud pencegahan dan upaya pe
     
    Kamis, 7 Maret 2019 | 17:08:54

    Puncak Peringatan HUT Damkar Ke-100 dan Satpol PP Ke-69, Ini Pesan Bupati HM Wardan

    PEKANBARU - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri hari puncak peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100 dan HUT Satpol PP Ke-69 tahun 2019, Rabu (6/3/2019) di Stadion Khaharudin Nasution Rumbai, Pekanbaru.
     
     
     
    Terpopuler
     
     
     
     
     
     
    Top