Produk
 
Selasa, 6 Februari 2018 | 23:25:46
Advertorial

Walikota se-Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

Laporan : Afriyanto

Sebarkan:
(Foto: Afriyanto)
PEKANBARU- Sebayak 24 Walikota menghadiri Muskomwil (Musyawarah Komisariat Wilayah l ) Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi), di Hotel Aryaduta. Dalam pelaksanaan Muskomwil l Apeksi tersebut, 24 Walikota mengapresiasi sambutan dan perkembangan Kota Pekanbaru. Selasa (6/2/2018).

Dalam sambutannya, Kamis (1/2), Walikota Pekanbaru mengucapkan selamat datang kepada 24 Walikota yang telah hadir dalam Muskomwil l Apeksi.

"Selamat datang di kota Pekanbaru, semoga bapak dan ibu merasakan seperti di kota sendiri. Nantinya, apa yang kita diskusikan dan berbagi pengalaman dalam membangun kemajuan kota melalui Muskonwil l Apeksi ini dapat berjalan dengan lancar, "ucapnya.

Selanjutnya, di hadapan 24 Walikota Wilayah l, Dr Firdaus ST MT memaparkan strategi dan perkembangan pembangunan Kota Pekanbaru.

"Perkembangan Kota Pekanbaru saat ini, memang sudah terlihat pesat. Namun, masih banyak lokasi yang dapat dikembangkan. Melihat, Pekanbaru sekarang bisa dua kali lipat dimasa yang akan datang, "tutur walikota Pekanbaru.


Ketua wilayah l Apeksi Apresiasi Perkembangan kota Pekanbaru

Selanjutnya, Ketua wilayah l Apeksi mengatakan, kegiatan Muskomwil l Apeksi guna menjadikan bahan study banding dari setiap daerah usai melaksanakan kegiatan ini.

" Saya mengapresiasi perkembangan Kota Pekanbaru, saya kagum, dari apa yang di paparkan pak firdaus. Mengenai program Smart City Madani, pemantauan kotanya terlihat rapi dan bersih, serta pembangunannya pesat, "ucapnya.

Menurut Mahyeldi yang juga Walikota Padang ini, tingginya tingkat kehadiran anggota Apeksi juga tak terlepas dari daya tarik Kota Pekanbaru.

"Terimakasih walikota se-Sumatera komwil dan pusat. Kesadaran diri kita semakin meningkat dalam pertemuan kita kali ini. Tentunya, dengan Kemajuan pesat di kota Pekanbaru menjadi bahan acauan di kota masing-masing, "imbuhnya.

http://spiritriau.com/fotonews/dir022018/1517934113IMG-20180206-WA0033.jpg

Adapun 24 Walikota yang menghadiri Muskonwil l Apeksi selama tiga hari, 1 febuari sampai 3 febuari mengusung tema, Kesiapan pemerintah daerah  menjaga keberlanjutan  dan program pembangunan daerah Bidang Kependudukan dan Infrastruktur.

Kota Sabang, Kota Langsa, Kota Banda Aceh, Kota Subulussalam,kota Lhoksemawe, Kota Binjai, Kota Sibolga, Kota Medan, Kota Pematang Siantar, Kota Tebing Tinggi, Kota Padang Sidempuan, Kota Gunung Sitoli, Kota Tanjung Balai, Kota Dumai, Kota Padang, Kota Sawaluntho, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Bukit Tinggi, Kota Solok, Kota Pariaman, Kota Tanjung Pinang, dan Kota Batam.

Di hari kedua, berdasarkan rapat pleno Muskomwil l Apeksi ditandai terpilihnya Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT sebagai ketuaKomwil l Apeksi.

"Terimakasih atas kepercayaannya, semoga tim yang telah dibentuk ini dapat bermanfaat dalam pelayanan masyaarakat, "ucap Walikota Pekanbaru.

Dalam kepengurusan Muskomwil l Apeksi,Wakil Ketua l , Aminullah Usman walikota Aceh, Wakil ll Ramlan Nurmantias, dan wakil l ll, Syarfi Hutauruk walikota sibolga.

Ketum Apeksi tinjau Pekanbaru Command Center

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Hj Airin Rachmi Diany SH, MH didampingi Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT saat meninjau Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru.

Peninjauan yang dilakukan tersebut dilakukan bersama rombongan peserta Apeksi lainnya yang tujuannya untuk mengenalkan lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT  yang ada di Pekanbaru Command Center.

Pada kesempatan itu, Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, ST, MT mempresentasikan atau menjabarkan kepada rombongan, tentang fungsi satu-persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu,  Pekanbaru Command Center ini juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga  lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," ujar Eka.

Selain itu, dalam peninjauan tersebut, Wali Kota juga sempat melakukan video conferens dengan Kabid Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik Mawardi, SAg, yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani.

"Assalamualaikum pak Wali. Saat ini saya di RTH Ahmad Yani. Pantauan di sini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali," ujar Mawardi saat video conferens tersebut dilakukan.

Setelah itu, Walikota pun melalui Kadiskominfo juga mengenalkan tentang aplikasi "EKA" (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sipadu, dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.

Ketua Apeksi Airin Rachmi pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center tersebut.

"Saya sangat suka dengan aplikasi tentang  Sipadu dan pertahanan itu," kata Airin yang disambut Wali Kota Pekanbaru menjelaskan bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya, Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi.

Sementara pada kunjungan ke Pekanbaru Command Center ini para tamu walikota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smar city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut. 

Walikota Solok Apresiasi Tuan Rumah Muskomwil

Seperti halnya yang disampaikan Walikota Solok, H Zul Elfian Umar Dt Tianso SH Msi, mengapresiasi tuan rumah Muskomwil l Apeksi.

"Semoga apa yang disampaikan bapak Firdaus, dapat diadopsi oleh kota-kota lain. Untuk diterapkan kemajuan dengan kondisi kota masing-masing, "imbuhnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Walikota Pekanbaru sangat luar biasa, "Seperti smart city madani ini sangat luar biasa, kotanya cerdas, masyarakatnya religius, "ucapnya. (aft/adv)
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Sabtu, 24 Februari 2018 | 22:30:44

Hati-hati, Kaum Muslim Bagan Batu Jadi Sasaran Aliran Yehuwa

ROKANHILIR- Aliran Yehuwa kini sudah masuk ke Bagan Batu, bahkan sasaran mereka untuk menyampaikan alirannya adalah warga yang beragama Islam. Kejadian itu terjadi di RT 04/RW 02, Dusun Bahagia, Pajak Baru, Ke
Sabtu, 24 Februari 2018 | 22:11:38

Tak Kapok!, Miliki 8 Paket Narkotika, Napi di Lapas Tembilhan ini Kembali Ditangkap

TEMBILAHAN - War (29) meski sudah terkurung di balik tembok tinggi penjara, lelaki itu kembali tertangkap tangan memiliki 8 (delapan) paket narkotika jenis sabu - sabu, Jumat, 23/2/2018, sekira pukul 23.20 WIB.
Sabtu, 24 Februari 2018 | 22:06:31

PJs Bupati Sambut Keberadaan DPD Pemuda BNN Inhil

TEMBILAHAN - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba (BNN) Indragiri Hilir (Inhil)  melakukan kunjungan kepada Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Inhil, Rudyanto di kediaman dinas Bupati I
Sabtu, 24 Februari 2018 | 22:00:48

Ibu di Inhil ini Ditemukan Terbujur Kaku dan Anaknya dalam Keadaan Lemas Disampingnya

TEMBILAHAN - Sesosok mayat berjenis kelamin perempuan, ditemukan sudah tewas, di rumah kostnya, di Jalan Pangeran Hidayat Tembilahan, Sabtu, 24/2/2018, sekira pukul 13.00 WIB. Informasi yang dihimpun, korb
 
Berita Lainnya
Sabtu, 24 Februari 2018 | 22:06:31

PJs Bupati Sambut Keberadaan DPD Pemuda BNN Inhil

TEMBILAHAN - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba (BNN) Indragiri Hilir (Inhil)  melakukan kunjungan kepada Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Inhil, Rudyanto di kediaman dinas Bupati I
 
Sabtu, 24 Februari 2018 | 12:32:00

Wisata di Rohul Ini, Berangkat Dari Penghasilan Pete Hingga Didapat Menggapai Matahari Puncak Ranah

ROKANHULU – Desa yang berada di dataran kaki bukit Suligi ini awalnya berhawa sejuk, sehingga daerah ini banyak tumbuh pohon pete, dialek masyarakat disana menyebutnya dengan potai.Seiring dengan perkembangan,
 
Jumat, 23 Februari 2018 | 16:09:05

Pj Bupati Inhil Buka Kemah Prestasi Terpadu Gerakan Pramuka

TEMBILAHAN - Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudiyanto membuka kegiatan perkemahan Prestasi Terpadu Kwartir Cabang (Kwarcab) 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, di Bumi Perkemahan
 
Kamis, 22 Februari 2018 | 16:54:09

Pj Bupati Inhil Temu Ramah Sekaligus Serahkan E-KTP Kepada Warga Desa Sungai Intan

TEMBILAHAN-  Pjs.Bupati H.Rudiyanto SH,M.Si menggelar temu ramah sekaligus penyerahan E-KTP kepada Warga Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu, Kamis (22/2/2018) di halaman Kantor Desa Sungai Int
 
Kamis, 22 Februari 2018 | 16:17:01

Sekda Inhil Buka Deseminasi HAM Tahun 2018

TEMBILAHAN- Kamis (22/2/2018) Sekda Inhil Said Syarifuddin membuka kegiatan Diseminasi HAM yang ditaja oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Riau bekerjasama dengan bagian Huku
 
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:51:47

Pj Bupati Inhil Ikuti Rakornas Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018

JAKARTA - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudiyanto mengikuti rapat koordinasi nasional (Rakornas) persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakart
 
Selasa, 20 Februari 2018 | 16:12:32

Perdana, Pj Bupati Inhil Pimpin Rapat Koordinasi Bersama Jajaran

TEMBILAHAN - Untuk pertama kalinya pasca dikukuhkan, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudiyanto memimpin rapat koordinasi bersama seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten
 
Minggu, 18 Februari 2018 | 13:50:13

Ayat Cahyadi Buka Muswil lll JSIT

PEKANBARU- Plt Wali Kota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-III (tiga) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Riau, di Hotel Grand Suka Pekanbaru, Sabtu (17/2). Dalam
 
Sabtu, 17 Februari 2018 | 21:23:51

Jalin Silahturrahmi, Pj Bupati Inhil Sambangi Kantor Panwaslu

TEMBILAHAN - Guna menjalin tali silahturrahmi, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudiyanto menyambangi kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Jalan Trimas, Tembilahan, Sabtu (17/2/20
 
Kamis, 15 Februari 2018 | 20:26:57

Sekda Inhil Nyatakan Jajaran Pemkab Sambut Baik Kehadiran Pj Bupati

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyatakan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil menyambut baik kehadiran Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Inhil, Rudiyanto, Kamis (1
 
Rabu, 14 Februari 2018 | 21:37:08

HM Wardan Cuti, Gubri Lantik Pj Bupati Inhil

PEKANBARU - Memasuki masa cuti Pilkada serentak, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengakhiri jabatannya sementara waktu. Untuk itu, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman melantik Penjabat (Pj
 
Rabu, 14 Februari 2018 | 20:03:49

Sukiman Resmi Jabat Bupati Rohul Meneruskan Sisa Masa Jabatan Suparman

PEKANBARU - Bertempat di balai serindit Gedung Daerah Provinsi Riau Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru. Rabu (14/2/2018) sore, H.Sukiman resmi menjabat Bupati Rokan Hulu (Rohul) menggatikan penjabat sebelumnya H.
 
Selasa, 13 Februari 2018 | 20:21:14

Bupati Inhil Kunjungi Para Pasien RSUD Puri Husada Tembilahan

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengunjungi para pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, Selasa (13/2/2018) pagi.Salah satu pasien yang men
 
Selasa, 13 Februari 2018 | 19:48:42

Sekda Inhil Hadiri Pisah Sambut Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Said Syarifuddin menghadiri pisah sambut Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan dari yang sebelumnya Dr Irianto kepada Dr Saut Pakpahan,
 
Senin, 12 Februari 2018 | 16:37:48

Pelantikan DPD LMR Inhil, Bupati: Tak Kan Melayu Hilang Di Bumi, Bumi Bertuah Negeri Beradat

TEMBILAHAN - "Tak kan melayu Hilang di bumi, Bumi bertuah Negeri beradat", petuah yang penuh pesan moril ini disampaikan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan saat menyaksikan pelantikan dan
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top