Produk
 
Selasa, 6 Februari 2018 | 23:25:46
Advertorial

Walikota se-Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

Laporan : Afriyanto

Sebarkan:
(Foto: Afriyanto)
PEKANBARU- Sebayak 24 Walikota menghadiri Muskomwil (Musyawarah Komisariat Wilayah l ) Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi), di Hotel Aryaduta. Dalam pelaksanaan Muskomwil l Apeksi tersebut, 24 Walikota mengapresiasi sambutan dan perkembangan Kota Pekanbaru. Selasa (6/2/2018).

Dalam sambutannya, Kamis (1/2), Walikota Pekanbaru mengucapkan selamat datang kepada 24 Walikota yang telah hadir dalam Muskomwil l Apeksi.

"Selamat datang di kota Pekanbaru, semoga bapak dan ibu merasakan seperti di kota sendiri. Nantinya, apa yang kita diskusikan dan berbagi pengalaman dalam membangun kemajuan kota melalui Muskonwil l Apeksi ini dapat berjalan dengan lancar, "ucapnya.

Selanjutnya, di hadapan 24 Walikota Wilayah l, Dr Firdaus ST MT memaparkan strategi dan perkembangan pembangunan Kota Pekanbaru.

"Perkembangan Kota Pekanbaru saat ini, memang sudah terlihat pesat. Namun, masih banyak lokasi yang dapat dikembangkan. Melihat, Pekanbaru sekarang bisa dua kali lipat dimasa yang akan datang, "tutur walikota Pekanbaru.


Ketua wilayah l Apeksi Apresiasi Perkembangan kota Pekanbaru

Selanjutnya, Ketua wilayah l Apeksi mengatakan, kegiatan Muskomwil l Apeksi guna menjadikan bahan study banding dari setiap daerah usai melaksanakan kegiatan ini.

" Saya mengapresiasi perkembangan Kota Pekanbaru, saya kagum, dari apa yang di paparkan pak firdaus. Mengenai program Smart City Madani, pemantauan kotanya terlihat rapi dan bersih, serta pembangunannya pesat, "ucapnya.

Menurut Mahyeldi yang juga Walikota Padang ini, tingginya tingkat kehadiran anggota Apeksi juga tak terlepas dari daya tarik Kota Pekanbaru.

"Terimakasih walikota se-Sumatera komwil dan pusat. Kesadaran diri kita semakin meningkat dalam pertemuan kita kali ini. Tentunya, dengan Kemajuan pesat di kota Pekanbaru menjadi bahan acauan di kota masing-masing, "imbuhnya.

http://spiritriau.com/fotonews/dir022018/1517934113IMG-20180206-WA0033.jpg

Adapun 24 Walikota yang menghadiri Muskonwil l Apeksi selama tiga hari, 1 febuari sampai 3 febuari mengusung tema, Kesiapan pemerintah daerah  menjaga keberlanjutan  dan program pembangunan daerah Bidang Kependudukan dan Infrastruktur.

Kota Sabang, Kota Langsa, Kota Banda Aceh, Kota Subulussalam,kota Lhoksemawe, Kota Binjai, Kota Sibolga, Kota Medan, Kota Pematang Siantar, Kota Tebing Tinggi, Kota Padang Sidempuan, Kota Gunung Sitoli, Kota Tanjung Balai, Kota Dumai, Kota Padang, Kota Sawaluntho, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Bukit Tinggi, Kota Solok, Kota Pariaman, Kota Tanjung Pinang, dan Kota Batam.

Di hari kedua, berdasarkan rapat pleno Muskomwil l Apeksi ditandai terpilihnya Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT sebagai ketuaKomwil l Apeksi.

"Terimakasih atas kepercayaannya, semoga tim yang telah dibentuk ini dapat bermanfaat dalam pelayanan masyaarakat, "ucap Walikota Pekanbaru.

Dalam kepengurusan Muskomwil l Apeksi,Wakil Ketua l , Aminullah Usman walikota Aceh, Wakil ll Ramlan Nurmantias, dan wakil l ll, Syarfi Hutauruk walikota sibolga.

Ketum Apeksi tinjau Pekanbaru Command Center

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Hj Airin Rachmi Diany SH, MH didampingi Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT saat meninjau Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru.

Peninjauan yang dilakukan tersebut dilakukan bersama rombongan peserta Apeksi lainnya yang tujuannya untuk mengenalkan lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT  yang ada di Pekanbaru Command Center.

Pada kesempatan itu, Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, ST, MT mempresentasikan atau menjabarkan kepada rombongan, tentang fungsi satu-persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu,  Pekanbaru Command Center ini juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga  lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," ujar Eka.

Selain itu, dalam peninjauan tersebut, Wali Kota juga sempat melakukan video conferens dengan Kabid Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik Mawardi, SAg, yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani.

"Assalamualaikum pak Wali. Saat ini saya di RTH Ahmad Yani. Pantauan di sini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali," ujar Mawardi saat video conferens tersebut dilakukan.

Setelah itu, Walikota pun melalui Kadiskominfo juga mengenalkan tentang aplikasi "EKA" (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sipadu, dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.

Ketua Apeksi Airin Rachmi pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center tersebut.

"Saya sangat suka dengan aplikasi tentang  Sipadu dan pertahanan itu," kata Airin yang disambut Wali Kota Pekanbaru menjelaskan bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya, Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi.

Sementara pada kunjungan ke Pekanbaru Command Center ini para tamu walikota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smar city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut. 

Walikota Solok Apresiasi Tuan Rumah Muskomwil

Seperti halnya yang disampaikan Walikota Solok, H Zul Elfian Umar Dt Tianso SH Msi, mengapresiasi tuan rumah Muskomwil l Apeksi.

"Semoga apa yang disampaikan bapak Firdaus, dapat diadopsi oleh kota-kota lain. Untuk diterapkan kemajuan dengan kondisi kota masing-masing, "imbuhnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Walikota Pekanbaru sangat luar biasa, "Seperti smart city madani ini sangat luar biasa, kotanya cerdas, masyarakatnya religius, "ucapnya. (aft/adv)
 
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Jumat, 25 Mei 2018 | 22:00:08

Lagi Sat Narkoba Polres Rohul Amankan Dua Orang Pengguna Shabu

ROKANHULU - Satuan Reserse Narkoba Polisi Resor Rokan Hulu Daerah Riau, kembali menangkap dua orang laki-laki diduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan Narkotika jenis Shabu-shabu.Kapolres Rohul, AKBP Muhammad
Jumat, 25 Mei 2018 | 18:49:24

Ratusan Balpres Pakaian Bekas Asal Malaysia Diamankan Lanal Dumai

DUMAI - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai kembali menggagalkan upaya penyelundupan barang di wilayah perairan Bengkalis, Rabu (23/5/2018) dini hari lalu. Hal itu disampaikan Komandan Lanal Dumai Ko
Jumat, 25 Mei 2018 | 17:44:30

Pjs Bupati Hadiri Rakor DMIJ Tahun Anggaran 2018

TEMBILAHAN - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) tahun anggaran 2018 di Aula Hotel Puri Cendana, Tembilahan,
Jumat, 25 Mei 2018 | 17:41:09

Peras Warga Inhu, 2 Orang Begal di Kawasan Pelabuhan Tembilhan ini Diciduk Aparat

TEMBILAHAN - Dua orang begal, diamankan oleh Personel Polsek Kawasan Pelabuhan Tembilahan, hanya berselang satu jam, setelah melakukan aksi kejahatannya, merampas secara paksa barang milik korban Jamaludin (31)
 
Berita Lainnya
Jumat, 25 Mei 2018 | 17:44:30

Pjs Bupati Hadiri Rakor DMIJ Tahun Anggaran 2018

TEMBILAHAN - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) tahun anggaran 2018 di Aula Hotel Puri Cendana, Tembilahan,
 
Rabu, 23 Mei 2018 | 21:53:02

Safari Ramadhan, Pjs Bupati Inhil Kunjungi Masjid di 2 Kecamatan

RETEH - Pejabat Sementara (Pjs) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto mengunjungi Masjid di 2 (dua) Kecamatan berbeda, yakni Sungai Batang dan Reteh dalam rangka melaksanakan safari Ramadhan, Selasa (22/5
 
Selasa, 22 Mei 2018 | 21:32:35

Pjs Bupati Inhil Bagikan Takjil Kepada Masyarakat

TEMBILAHAN - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto membagikan takjil kepada masyarakat, Tembilahan, Senin (21/5/2018) sore.Pembagian takjil dilakukan Pjs Bupati Kabupaten In
 
Selasa, 22 Mei 2018 | 13:30:57

Pjs. Bupati Inhil Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Pulau Palas

TEMBILAHAN - penyerahan bantuan korban kebakaran yang terjadi di Desa Pulau Palas Kamis (17/5/2018) lalu, oleh Pemda Kabupaten Inhil dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Inhil yang diserahkan lansung Pj
 
Selasa, 22 Mei 2018 | 04:18:39

20 Tahun Reformasi, Ketua DPRD Inhil: Agenda Reformasi Belum Tuntas

TEMBILAHAN - Dalam rangka mengenang 20 tahun reformasi di Indonesia, sejumlah kalangan berpendapat masih banyak agenda reformasi yang belum terlaksana sepenuhnya. Aspek yang paling banyak disoroti adalah ekonom
 
Senin, 21 Mei 2018 | 21:10:16

Sekda Inhil Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas Ke - 110 Tahun 2018

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Said Syarifuddin memimpin Upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke - 110 tahun 2018, Senin (21/5/2018) pagi
 
Senin, 21 Mei 2018 | 20:13:04

Bupati Rohul Himbau Pemilik Rumah Makan, Warung Kopi Hargai Bulan Puasa

ROKANHULU - Untuk saling menghargai dan menghormati umat muslim yang sedang melaksanakan puasa, dihimbau seluruh pemilik rumah makan, kedai kopi dan restoran di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  agar tidak mem
 
Senin, 21 Mei 2018 | 00:00:49

Tindak Lanjut Surat Edaran Bupati, Kasatpol PP Inhil Imbau Pengelola Tempat Hiburan Malam Hentikan Aktifitas Selama Ramadhan

TEMBILAHAN - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), TM Syaifullah mengimbau pengelola tempat hiburan malam menghentikan aktifitas selama bulan Ramadhan.Guna menjaga k
 
Sabtu, 19 Mei 2018 | 20:37:33

Pj Bupati Inhil Ajak Ansor dan Banser Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Terorisme

TEMBILAHAN - Setelah mengunjungi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil Dani M Nursalam, pengurus Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) bersama Satkorcab (Satuan Koordinator Cabang) Barisan Serba Guna (Ban
 
Jumat, 18 Mei 2018 | 19:37:24

Pjs Bupati Inhil Pantau Pasokan Gas LPG dan Tinjau Stabilitas Harga Sembako

TEMBILAHAN - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto memantau ketersediaan pasokan gas LPG dan meninjau stabilitas harga sembako di beberapa lokasi pasar, Rabu (16/5/2018) yan
 
Kamis, 17 Mei 2018 | 21:00:31

Pjs Bupati Inhil Luangkan Waktu Bertemu Anak Yatim Piatu

TEMBILAHAN - Dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum Ramadhan 1439 Hijriyah datang menjelma, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto meluangkan waktu untuk bertemu dengan anak
 
Kamis, 17 Mei 2018 | 20:58:09

Malam Pertama Ramadhan, Pjs Bupati Inhil Shalat Tarawih Di Masjid Al - Huda

TEMBILAHAN - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Rudyanto melaksanakan ibadah shalat tarawih pada malam pertama bulan Ramadhan 1439 Hijriyah di Masjid Al - Huda Tembilahan, Rabu (1
 
Rabu, 16 Mei 2018 | 17:27:44

Pemkab Inhil Gelar Rakor Pemerintah Daerah

TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Daerah di Aula Pertemuan Kantor Bupati Kabupaten Inhil, Tembilahan, Rabu (16/5/2018) pagi.Rakor y
 
Selasa, 15 Mei 2018 | 20:32:40

Plt Gubri dan Bupati Rohul H.Sukiman Saksikan Pengukuhan Pengurus Hulubalang

ROKANHULU - Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rokan Hulu (Rohul)  H. Tengku Rafli Armien S.Sos, kukuhkan pengurus dan anggota Hulubalang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu (Rohul), di Kantor
 
Selasa, 15 Mei 2018 | 18:29:52

Ikuti Rakor Antisipasi Keamanan, Pj Bupati Inhil Sampaikan Ada 29 Ribu Warga Belum Rekaman e-KTP

TEMBILAHAN - Pj Bupati Inhil, Rudyanto mengikuti rapat koordinasi antisipasi keamanan, ketertiban umum dan kesiapan menyambut puasa dan hari raya idul Fitri 1439 H TH 2018 serta persiapan pelaksanaan pilkada se
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
 
 
Top