Selasa, 3 Juli 2018 | 13:57:05
ADVERTORIAL

DPRD Riau Gelar Paripurna, Empat Fraksi Tidak Menyampaikan Pandangan

Laporan : Afriyanto S

Sebarkan:
Afriyanto S
PEKANBARU- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau kembali menggelar rapat paripurna. Dalam rapat paripurna yang beragendakan, Pandangan Umum Fraksi Raperda Tentang Pertanggung Jawaban (PJ) Pelaksanaan APBD TA 2017, dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo. Senin (2/7/2018).

Dalam rapat kali ini, Sunaryo mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Riau yang telah memberikan hak suaranya dalam Pemilihan Gubernur Riau Periode 2019-2024.

Kemudian, Sunaryo menyebutkan, dari 64 anggota dewan. Jumlah yang hadir 34 orang, " Dengan demikian kuorum rapat terpenuhi dan rapat paripurna dapat dilaksanakan, "sebutnya.

Mengawali penyampaian pandangan,  Fraksi Golkar yang dibacakan Masgaul. Tak begitu jelas inti dari pandangan yang disampaika. Karena, hanya membaca dua kalimat, Masgaul langsung menyerahkan pandangan fraksinya kepada Sunaryo yang didampingi Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi.


Sedangkan fraksi PDIP yang dibacakan Almainis, menyayangkan realisasi pendapatan daerah yang masih rendah, yaitu 87,27 persen tahun anggaran 2017,  menurun dibanding 2016. Selain itu, PDIP dalam pandangannya menyoroti kinerja eksekutif terkait asset yang belum dikembalikan ke daerah dan tidak diketahui status dan keberadaannya.

Pada bagian lain, fraksi PDIP mengungkapkan, pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah terhadap Laporan Keterangan Pertangung Jawaban (LKPJ) Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) memperoleh penilaian opini wajar tanpa pengecualian. Hal tersebut belum menjamin meningkatkan.

Sementara itu, fraksi partai Demokrat yang dibacakan Agus Triansyah dalam pandangannya, mendesak Gubernur segera mengambil langkah konkrit, terkait dengan kebijakan retribusi pajak yang lebih inovatif dan persuasif terhadap utang pajak.

Selain itu, Partai Demokrat meminta agar infrastruktur jalan di perbatasan antar Provinsi dan jalan alternatif dapat ditingkatkan pemeliharaannya.

Sedangkan fraksi PAN dalam pandangannya yang dibacakan Bagus Santoso, menyoroti bobroknya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau, "Kami menilai, kinerja BUMD sampai masih belum menggembirakan dan belum meningkat secara signifikan. Bahkan ada yang sudah sekarat saat ini, misalnya Riau Petroleum," sebut Bagus.

Dalam kesempatan ini juga, anggota Komisi IV DPRD Riau ini meminta Pemerintan Provinsi Riau segera mencarikan solusi untuk menggenjot kinerja seluruh BUMD di Riau, agar bisa memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah.


Disisi lain, Fraksi PAN juga mempertanyakan rencana Pemprov yang ingin melakukan revitalisasi terhadap BUMD diawal 2017 lalu, namun hingga saat ini belum ada kejelasan, "Diawal 2017 ada rencana revitalisasi ke BUMD. Tetapi tidak ada realisasinya, kenapa dan ada apa, " tanya Bagus.

Selain itu fraksi PAN juga menyoroti lemahnya penyerapan anggaran di dua sektor yang sangat vital bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, yakni sektor infrastruktur dan sektor pendidikan.

"Kita lihat pengerjaan Jembatan Siak IV (empat) yang diharapkan masyarakat juga jauh dari harapan, dan masih banyak lagi pembangunan yang tidak selesai.Di sektor pendidikan juga ada dana sekitar 50 milyar yang tidak direalisasikan. Angka yang sangat fantastis di sektor yang paling strategis, "imbuhnya.


Masih disampikan Bagus, mengenai angka pertumbuhan ekonomi Riau masih berkutat di angka 3 persen. Jauh dibawah angka regional Sumatera di angka 4,30 persen dan ekonomi nasional 5,09 persen. Pihaknya mengklaim pertumbuhan ekonomi Riau terburuk sepanjang sejarah.

Berbagai program dan kegiatan serta alokasi belanja yang direalisasikan

Bagus juga mengatakan, bahwa berbagai program kegiatan, serta alokasi belanja yang direalisasikan belum mampu mencapai tujuan utama Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), " Yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat secara efektif, "ulasnya.

Selain masalah pertumbuhan ekonomi, pihaknya juga menyoroti masalah kemiskinan yang mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diperoleh PAN dari BPS, pada September 2017 angka kemiskinan berjumlah 517.985 jiwa atau 7,78 persen. 

"Angka tersebut naik dibanding tahun 2016. Yakni 7,67 persen atau sebesar 501.590 jiwa. Sementara  angka pengangguran terbuka walaupun menurun dari tahun 2016. Yakni dari 7,43 persen atau sekitar 222 ribu orang menjadi 6,22 persen atau sekitar 184 ribu orang, "paparnya.

Terakhir, Fraksi PAN juga menyoroti masalah realisasi belanja daerah. Dimana pada tahun 2017 meningkat pada angka 88,37 persen, Artinya dari Rp 10,398 triliun rupiah dana yang tersedia, Pemprov hanya mampu membelanjakan sebesar Rp 9,188 triliun saja.

"Bahwa ternyata porsi belanja modal sebesar Rp 2,192 triliun hanya dapat terealisasi sebesar 1,941 triliun atau 88,54 persen. Padahal belanja modal inilah porsinya masyarakat. Artinya yang langsung dapat dirasakan masyarakat. Di situ ada belanja modal untuk pembangunan jalan, irigasi dan jaringan, gedung dan bangunan, sampai peralatan dan mesin, "tuturnya.

Sementara itu fraksi Gerindra Sejahtera, PKB, PPP dan fraksi Nasdem-Hanura tak membacakan pandangannya. Keempat fraksi ini memilih menyerahkan dokumen pandangan fraksinya kepada Sunaryo. (Aft/Adv)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Sabtu, 23 Maret 2019 | 23:10:25

3 Wartawan PWI Siak Dinyatakan Lulus Berkompeten, Ini Pesan Zulmansyah

SIAK - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau melakukan UJI Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-12, peserta yang ikut di dalam tes tersebut sebanyak 34 orang, dari jumlah tersebut 3 diantaranya wartawan
Sabtu, 23 Maret 2019 | 17:05:13

Bupati Inhil Hadiri Pembukaan Operasi Katarak Gratis Di RSUD Puri Husada

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menghadiri acara pembukaan Operasi Katarak Gratis dalam rangka merealisasikan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhil periode 2018-2023 di R
Sabtu, 23 Maret 2019 | 16:55:45

Korban Tewas Ledakan Pabrik Kimia di China Jadi 64 Orang

BEIJING - Korban tewas akibat ledakan pabrik kimia di China bertambah menjadi 64 orang pada Sabtu (23/3) waktu setempat. Tim penyelamat menemukan satu korban selamat yang tertimbun reruntuhan
Sabtu, 23 Maret 2019 | 16:52:50

Peduli Satwa, Puslatpur TNI Lepaskan Kembali Ular Piton Sepanjang 8 Meter

JAKARTA - Sebagai bentuk komitmen dalam pelestarian alam dan Satwa liar, Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad melepas kembali Ular Piton dengan panjang 8 meter dan berat 150 kg ke alam habitatnya.
 
Berita Lainnya
Sabtu, 23 Maret 2019 | 23:10:25

3 Wartawan PWI Siak Dinyatakan Lulus Berkompeten, Ini Pesan Zulmansyah

SIAK - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau melakukan UJI Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-12, peserta yang ikut di dalam tes tersebut sebanyak 34 orang, dari jumlah tersebut 3 diantaranya wartawan
 
Jumat, 22 Maret 2019 | 10:49:32

Kapal Kemenhub Mulai Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Sentani

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Distrik Navigasi Kelas II Jayapura mengerahkan 1 (satu) unit kapal Kenavigasian KN. Bepondi untuk mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korba
 
Jumat, 22 Maret 2019 | 10:27:39

Seluruh Kaur Umum Dari 136 Desa Ikuti Pelatihan Pengelolaan Aset Desa Berbasis Aplikasi SIPADES

BENGKALIS – Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, selain Pengelolaan Keuangan Desa, Pemerintah Desa berkewajiban melakukan Pengelolaan terhadap Aset Desa.Amanat serup
 
Jumat, 22 Maret 2019 | 10:19:47

Rapat Koordinasi se-Kabupaten Bengkalis Dibuka, Ini Harapan Bupati Bengkalis

BENGKALIS – Pemerintahan Kecamatan, Desa, Kelurahan dan Badan Permusyaratan Desa (BPD) di daerah ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.Oleh karena itu,&nbs
 
Kamis, 21 Maret 2019 | 22:37:51

Alfedri Berazam Tahun Depan Tambah Event Baru Triathlon Syariah

SIAK - Tradisi kenduri apam merupakan sebuah tradisi yang biasanya di lakukan oleh  masyarakat melayu Siak zaman dulu.  Kegiatan ini dilakukan ketika memasuki bulan rajab, bertepatan pada peringa
 
Kamis, 21 Maret 2019 | 19:58:44

Dibuka Sekda Rohul, MTQ Ke XVII Tambusai Utara Diawali Pawai Taaruf

ROKAN HULU-Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XVII Tingkat Kecamatan Tambusai Utara yang dipusatkan dihalaman Gedung Lembaga Kerapatan Adat (LKA), Rantau Kasai, Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Uta
 
Kamis, 21 Maret 2019 | 18:57:27

Bakesbangpol Bengkalis Taja Penyuluhan Bahaya Peredaran Miras dan Narkoba di Talang Muandau

TALANG MUANDAU- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bengkalis, Rabu 20 Maret 2019, menaja kegiatan penyuluhan terkait pencegahan peredaran penyalahgunaan minuman keras (Miras) dan Narkoba
 
Kamis, 21 Maret 2019 | 17:03:05

Senin Depan, Walikota Pekanbaru Beserta Jajaran Pindah Kantor

PEKANBARU- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi, menyatakan pembangunan kantor Walikota di Kecamatan Tenayan Raya, Jalan Badak, sudah dapat ditempati Walikota beserta
 
Kamis, 21 Maret 2019 | 13:25:34

Bawaslu Bengkalis Ajak Semua Pihak Sukseskan Pemilu

BENGKALIS –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkalis mengajak semua pihak di daerah ini untuk menyukseskan Pemilihan Umum serentak 17 April mendatang.demikian disampaikan Koordinator Devisi Penindakan dan Pelan
 
Kamis, 21 Maret 2019 | 10:21:55

Sawir Achmadi : BPJS Ketenagakerjaan Mampu Meminimalisir Angka Kemiskinan

ROKANHULU - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mampu menangulangi atau meminimalisir angka kemiskinan apa bila masyarakat pekerja ikut dalam program. Contoh, hari ini daftar bayar Iu
 
Rabu, 20 Maret 2019 | 15:24:38

Masyarakat Dan Pers Pemantau Pemilu PWI Bengkalis Terbentuk

BENGKALIS - Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia Bengkalis terbentuk, Rabu (20/3/2019). Hal tersebut menindaklanjuti instruksi PWI Provinsi Riau. Pembentukan M
 
Rabu, 20 Maret 2019 | 15:22:00

Bupati Bengkalis Amril Mukminin Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2020

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 tingkat Kabupaten Bengk
 
Rabu, 20 Maret 2019 | 11:47:21

Gratis, Pedagang dan Masyarakat di Pantai Selabaru Diperiksa Kesehatan

BANTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis memberikan perhatian besar terhadap pedagang dan masyarakat di kawasan wisata Pantai Selatbaru, Kecamatan Bantan. Buktinya, Selasa pagi, 19 Maret 2019, pedagang
 
Rabu, 20 Maret 2019 | 10:05:02

Hut Satpol PP ke-59 di Pusatkan di Rokan Hilir

BAGANSIAPIAPI-Dalam rangka Hari ulang Tahun Satpol PP Ke-59 dan Satlimas Ke-57 dan Damkar Ke-100. Pusat pelatihan polisi pamong praja (Satpol PP) dan Satlimas serta Satuan pemadam kebakaran (Damkar) dari seluru
 
Rabu, 20 Maret 2019 | 08:53:49

Wabup Rohil Lantik Camat Tanah PutihTanjung Melawan

TANJUNGMELAWAN-Wakil Bupati ( Wabup ) Rohil, Drs H. Jamilluddin, Selasa (19/3/2019) melantik Robby Kurniawan SSTP MSi menjadi Camat Tanah Putih Tanjung Melawan ( TPTM ).Acaara di halaman kantor Kecamatan TPTM i
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top