Senin, 26 Desember 2016 | 21:30:03

Wakili Bupati Meranti, Camat Merbau Lantik Pengurus HIPMAM

Laporan : Roy Rudi

Sebarkan:
Roy Rudi@Humas Kepulauan Meranti
Wakili Bupati Meranti, Camat Merbau Lantik Pengurus HIPMAM
PEKANBARU - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti yang diwakili Camat Merbau Rokhaizal melantik secara resmi Pengurus Himpunan Mahasiswa Pulau Merbau (HIPMAM) Periode 2016-2018, bertempat di Gedung Guru, Jalan Lobak, Pekanbaru, Minggu (25/12).

Turut hadir anggota DPD RI H. Ghafar Usman, Kepala Bapeda Drs. M. Azza Faroni, Anggota DPRD Meranti Jack Ardiansyah SH, Ketua Pengurus Masjid Istiqlal dan juga Politisi Riau Rusli Efendi, Camat Pulau Merbau Rokhaizal, Pembina HIPMAM Syahrudin, Syamsuria Aktivis 98, Ketua IPMK2M Azman, ICMI Kota Pekanbaru Syarwan Kelana.

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Camat Merbau yang diikuti oleh Ketua Umum terpilih Zuriyadi Fahmi, Sekretaris Umum Boby Indrayadi, Bendahara Evi Susanti dan Pengurus lainnya.

Camat Merbau Rokhaizal dalam sambutanya disela pelantikan, mengucapkan apresiasi atas dilantiknya Pengurus HIPMAM Masa Bakti 2016-2018, menurutnya prosesi ini merupakan cikal bakal perjalanan menjadi seorang pemimpin. Untuk itu ia berharap lewat organisasi ini dapat menggali potensi diri dan menjadi sebuah proses pembelajaran menjadi seorang pemimpin yang kedepan mampu membangun Riau khususnya Kabupaten Meranti lebih baik lagi dimasa datang.

Sebagai mahasiswa Rokhaizal juga menghimbau, menyadari keterbatasan diri, namun keterbatasan itu dapat menjadi sempurna melalui proses belajar dibangku kuliah, untuk itu ia berharap masa belajar saat ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan yang tak kalah penting mengajak mahasiswa untuk bersatu dalam keberagaman. Kondisi Merbau masyarakat Merbau yang majemuk terdiri dari suku, agama, ras yang berbeda jangan menjadi sebuah halangan tapi menjadi sebuah potensi besar yang jika disatukan akan mampu membangun daerah sesuai yang diharapkan. Sebagai mahasiswa Rokhaizal tak lupa mengingatkan jangan melupakan kampung halaman, jika telah lulus ia berharap dapat kembali kekampung untuk memberikan pencerahan dalam merubah pola pikir masyarakat agar lebih maju.

"Yang sudah selesai kembali kekampung untuk membangun kampung merubah pola pikir masyarakat agar lebih maju," ujar Rokhaizal.

Ketua Bappeda Azza Faroni mewakili Bupati, senda dengan Camat Merbau juga mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus HIPMAM yang aru, dengan adanya organisasi itu diharapkan dapat menjadi pemersatu mahasiswa asal Meranti khususnya Kecamatan Merbau karena tanpa itu apa yang menjadi tujuan dan cita-cita organisasi akan sulit diwujudkan.

Dalam menjalankan roda organisasi Azza Faroni, mengajak mahasiswa untuk tidak meninggalkan inovasi karena hanya dengan inovasilah dapat dapat dikembangkan berbagai hal termasuk organisasi dalam menjalankan peran dan funsinya untuk anggota dan masyarakat. 

"Inovasi sangat dibutuhkan kedepan jika ingin memajukan organisasi, semoga HIPMAM mampu melaksanakan peranya untuk mendukung kemajuan Kabupaten Meranti kedepan," ujar Azza yang mengaku sangat mendukung HIPMAM.

Azza juga berharap terjalin komunikasi yang baik antara Pemda dan para mahasiswa, dan Pemda Meranti sendiri siap membuka diri untuk menerima segala masukan dari Mahasiswa dalam mewujudkan Kabupaten Meranti yang semakin cemerlang terbilang dan gemilang.

Pada kesempatan itu juga dikemas dengan acara seminar nasional untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa yang tergabung dalam HIPMAM mengambil tema "Peran Mahasiswa dalam menjaga Bhineka Tunggal Ika"

Dengan menampilkan pemateri yang tak asing lagi yakni Anggota DPD RI Ir. Abdul Ghafar Usman, Ir. Azza Faroni, Syamsuria M Hasyim, Mantan Anggota DPRD Riau dan Sekretaris Umum Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta H. Rusli Efendi.

Berkesempatan menjadi pemateri pertama H. Abdullah Ghafar Usman yang menekankan pada pentingnya membina persatuan dalam ke Bhinekaan, menurut Ghafar perbedaan yang terjadi adalah sebuah fitrah, namun perbedaan itu dapat menjadi sebuah kekuatan jika dibarengi dengan rasa saling memahami, saling kasih sayang yang menjadi sebuah jembatan kuat dalam mewujudkan apa yang telah dicita-citakan. 

Menurutnya sebagai mahasiswa harus paham berbagai persoalan dan bisa mempersiapkan diri ditengah masyarakat dalam menyikapi berbagai hal dan perbedaan mulai dari budaya, agama, suku, sosial dan lainnya karena tidak ada satupun negara yang tidak ber Bhineka Tunggal Ika.

Ghafar juga meminta mahasiswa jangan bersifat kaku dan harus mampu berkaya. "selama tidak melanggar aturan diperbolehkan, jangan jadi mahasiswa yang terlalu kaku," ucapnya.

Rusli Efendi menekankan pada pentingnya membina sinergitas dalam menunjang pembangunan daerah. Dikatakannya Indonesia sebagai sebuah negara besar, jauh lebih besar jika dibandingkan negara-negara di eropa, dan kunci Indonesia bisa berdiri karena adanya persatuan. Untuk itu mahasiswa yang identik dengan jiwa idealis dan karya harus bisa menjadi pemersatu dan memberikan karyanya dalam menunjang pembangunan di Riau khususnya Kabupaten Meranti. 

Azza Faroni dalam penyampaiannya menegaskan peran mahasiswa sangat besar dalam pembangunan. Kondisi Meranti sebagai sebuah Kabupaten baru yang masih tergantung cukup tinggi terhadap pusat, karena PAD masih belum mampu menutupi kebutuhan pembangunan. Untuk itu ia mengajak mahasiswa untuk menyumbangkan tenaga dan pemikiranya mengentaskan kemiskinan yang masih cukup tinggi dalam membangun Kabupaten Meranti yang lebih baik lagi keepan. 

Mantan Aktifis 98 yang juga bekerja sebagai Humas PT. RAPP dalam penyampaiannya lebih menekankan pada pentingnya leran mahasiswa sebagai pengawal pembangunan di daerah. (roy)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Jumat, 23 Februari 2018 | 17:16:51

Panglima TNI : PPRC TNI Siap Digerakkan ke Berbagai Wilayah NKRI

JAWATIMUR-Tantangan tugas TNI kedepan tidak semakin ringan dihadapkan dengan fenomena global yang menghadirkan berbagai bentuk ancaman kedaulatan negara. Hal ini menuntut kesiapsiagaan Pasukan Pemukul Reaksi Ce
Jumat, 23 Februari 2018 | 17:14:10

Jaga Kesatrian, Personel Bakamla RI Bersihkan Lingkungan Kantor

JAKARTA-Kebersihan sebagian dari iman, mari kita jaga iman kita dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, hal itu diucapkan Plt. Kepala Biro Umum Bakamla RI Kolonel Marinir Sandy M. Latief saat berbaur
Jumat, 23 Februari 2018 | 16:49:34

Untuk CSR Tepat Sasaran, Komisi II DPRD Rohul Minta Forum TJSP Jalankan Kerja Sesuai Perda

ROKANHULU - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul) Riau meminta Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) diaktifkan fungsinya ditengah-tengah masyarakat dan Perusahaan sesui
Jumat, 23 Februari 2018 | 16:10:39

Sedang Asik Ngopi, Calon Wakil Bupati Inhil ini Disambangi Tokoh Masyarakat

KATEMAN - Beberapa tokoh masyarakat Kecamatan Kateman jumpai Calon Wakil Bupati Indragiri Hilir 2018-2023, H Syamsuddin Uti, di Resto Puri Hotel Sungai Guntung, Kecamatan Kateman, Kamis (22/2/18) malam. Keh
 
Berita Lainnya
Jumat, 23 Februari 2018 | 16:49:34

Untuk CSR Tepat Sasaran, Komisi II DPRD Rohul Minta Forum TJSP Jalankan Kerja Sesuai Perda

ROKANHULU - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul) Riau meminta Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) diaktifkan fungsinya ditengah-tengah masyarakat dan Perusahaan sesui
 
Jumat, 23 Februari 2018 | 13:25:25

Kini, SMAN 1 Pangkalan Kuras Miliki Masjid

PELALAWAN-Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras, kini miliki rumah ibadah sendiri. Pada Kamis kemarin (22/2/2018) telah dilakukan momentum peletakkan batu pertama, pertanda sekolah yang dikepalai o
 
Jumat, 23 Februari 2018 | 12:36:51

Pertunjukan Teater Dilanggar Todak Hari Pertama Berlangsung Meriah

PEKANBARU-Pertunjukan teater "Dilanggar Todak" pada hari pertama telah dimulai.  Acara yang dihadiri ratusan penonton ini dilaksanakan di Gedung Anjung Seni Idrus Tintin, Jalan Sudirman, Pekanbaru. Kamis 2
 
Kamis, 22 Februari 2018 | 17:26:59

UED-SP Bunga Tanjung Desa Tengganau Gelar MDPT Tahun 2017

PINGGIR - Kamis 22 Februari 2018, Usaha Ekonomi Desa-Simpan Pinjam (UED-SP) Bunga Tanjung Desa Tengganau Kecamatan Pinggir gelar kegiatan Musyawarah Desa Pertanggung Jawaban Tahunan, Tahun 2017.Dalam kesempatan
 
Kamis, 22 Februari 2018 | 15:38:48

Rumbin Sitio Kukuhkan LPMD, TP-PKK, BUMDes, Karang Taruna, Ketua RW RT Se-Desa Tengganau

PINGGIR - Dengan bertempat di halaman Kantor Desa Tengganau, Kecamatan Pinggir, Kamis 22 Februari 2018, Kepala Desa Tengganau, Rumbin Sitio, kukuhkan kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD)
 
Rabu, 21 Februari 2018 | 19:57:21

Panen Perdana Koramil 03/Tempuling dan Koptan Ingin Makmur Jaya Capai 8 Ton Per Hektar

TEMPULING - Koramil 03/Tempuling bersama Kelompok Tani (Koptan) Ingin Makmur Blok E Kelurahan Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan panen perdana IP 100 di lahan percetakan
 
Rabu, 21 Februari 2018 | 15:39:01

Tingkatkan Kreatif, Dinas BPMP Gelar Pelatihan Pengelolaan Bumdes Angkatan III

ROKANHULU  - Tingkatkan kapabilitas dan pengetahuan dalam pengelolaan Badan usaha Milik Desa (BUMDes) agar transparan dan akuntabel, sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyaraka
 
Rabu, 21 Februari 2018 | 15:26:08

Gerai Modern 212 Mart Resmi Dibuka di Dumai

DUMAI - Gerai Modern 212 Mart yang merupakan unit usaha dari Koperasi Amanah Dumai Berkah secara resmi dibuka di Kota Dumai oleh Walikota Dumai, Drs Zulkifli As Msi dan Wakil Walikota Dumai, Eko Suhar
 
Rabu, 21 Februari 2018 | 15:24:01

Mahmudin Purba Serahkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah di Pinggir

PINGGIR - Mahmudin Purba, salah satu tokoh muda Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat (DPD Nasdem) Kabupaten Bengkalis, Rabu 21 Februari 201
 
Rabu, 21 Februari 2018 | 14:34:13

Begini Kata Samsul Akmal Sebagai Kadisnakertrans Mengenai TKA

PEKANBARU- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertans) Provinsi Riau tidak pernah meminta Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk datang ke Riau. Hal tersebut berkaitan dengan masih banyak tenaga kerja lokal
 
Selasa, 20 Februari 2018 | 13:42:14

Peduli Pedagang Kecil, YBM BRI Kanca Pasirpengaraian Serahkan Gerobak Semangat dan Modal Usaha

ROKANHULU - Sebagai wujud kepedulian terhadap pengembangan usaha bagi pedagang, Yayasan Baitul Mal (YBM) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pasirpengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, tela
 
Selasa, 20 Februari 2018 | 13:40:44

Dinas PMPD Rohul Bentuk Tim Percepatan Penyusunan RKP dan APBDes 2018

ROKANHULU - Untuk percepatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Rokan
 
Selasa, 20 Februari 2018 | 13:35:24

Persoalan Lahan Masyarakat Sakai Sudah Ada Kesepakatan dengan PT Ivo Mas Tunggal

PEKANBARU-Aksi demo Lembaga Bantuan Hukum Sakai Riau ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Riau tentang dugaan perampasan lahan masyarakat Sakai oleh PT Ivo Mas Tunggal (IMT), Senin (19/2/2018), di
 
Senin, 19 Februari 2018 | 17:38:45

Pengurusan KK Membludak, Arus Litrik Kantor Bermasalah, Ini Kata Baharudin

PEKANBARU- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Baharudin, menghimbau kepada masyarakat agar mengurus kependudukan. Hal ini berkaitan pemekaran kelurahan dari 58 menjadi 83 kelu
 
Senin, 19 Februari 2018 | 17:25:33

Komisi II DPRD Rohul Hearing CSR, PT. PISP Tanggapi Positif Keluhan Desa Kepenuhan Barat Mulia

ROKANHULU - Komisi II DPRD hearing dengan PT Perdana Inti Sawit Perkasa (PISP) menanggapi surat dari Kepala Desa Kepenuhan Barat Mulia Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau tentang 
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top