Jumat, 23 Desember 2016 | 13:04:21
ADVERTORIAL

Tingkatkan Enkonomi Rakyat, Kepulauan Meranti Fokus Bangun Jalan

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB)
MERANTI – Pembangunan jalan sudah di kerjakan tahun 2016. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB), dalam peninjauannya Bupati berharap kepada pihak kontraktor dapat menuntaskannya segera, sehingga awal tahun 2017 pengoperasian jalan yang dinanti-nantikan warga itu dapat dituntaskan, Rabu (23/11).

Turut serta dalam peninjauan itu, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Eldy Syahputra, Kabag Humas Helfandi, Camat Tebing Tinggi Barat Rizki Hidayat, Camat Pulau Merbau, Kades Alai, Kontraktor dan pengawas lapangan.

Dalam peninjauannya karena tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat, Bupati melanjutkan dengan menggunakan motor. Disitu ia mendapati medan yang dilalui cukup berat, kondisi jalan semakin parah, bergelimang lumpur dan berlubang akibat diguyur hujan, dan kondisi itu diprediksi akan terus berlangsung akibat musim hujan hingga Desember mendatang.

Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dibangun menggunakan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pemerintah Kabupaten Meranti  (DAK IPD) Tahun 2016. Sebesar 9.448 Miliar Rupiah, dengan waktu pengerjaan 95 Hari. Dengan Panjang 2.2 KM dan lebar 5.5 M. Kontruksi sendiri mengggunakan Base B dan Batu.

Menyikapi pembangunan jalan itu sendiri seperti dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka mendukung program "Merangkai Pulau" yang tengah diupayakan oleh Pemda. Yakni dengan membangun jembatan (Selat Rengit.red), namun karena kendalan teknis dan non teknis jembatan tersebut belum bisa diselesaikan, sehingga untuk mempercepatnya Pemda Meranti mengupayakan pembangunan jalan darat dahulu. 

Salah satunya adalah jalan Alai-Mekong yang sedang dalam tahap pengerjaan. Bupati berharap pembangunan jalan benar-benar kuat dan tahan lama, dengan kontruksi yang mumpuni sehingga mampu mengatasi air pasang tinggi. 

"Jalan ini akan dibangun sebaik mungkin dengan kontruksi yang bisa mengatasi air pasang tinggi. Kita berharap proyek ini dapat segera tuntas dan difungsikan, jika jalan ini tuntas, Inshaallah tahun depan mulai dari Simp. Masjid Alai sampai Pelabuhan penyebrangan Semukut akan kita Hot Mix," ujar Bupati.

Seperti dijelaskan Pengawas lapangan Budi, jika melihat kondisi cuaca saat ini kemungkinan pengerjaan proyek tersebut akan molor. kondisi cuaca saat ini, sangat mempengaruhi proses pengiriman material menggunakan Pontong dari Karimun. 

"Jika air pasang maka pengiriman Material dari Karimun tidak memungkinkan, jika melalui jalan darat juga sulit karena kondisi jalan rusak parah," jelas Budi, pengawas proyek.

Baik kontraktor maupun Bupati sedikit pesimis proyek peningkatan jalan Alai-Mekong dapat tuntas sesuai kontrak. (Akhir Desember.red), diprediksi hingga batas kontrak berakhir, penyelesaian proyek baru akan mencapai 50 pesen. "Melihat kondisi ini hingga Per 31  Desember maksimal dapat dituntaskan 50 persen," ungkap Bupati.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, saat melihat secara langsung para pekerja membangunan Brojong (Trotoar Batu Penahan Air Pasang), sepanjang 600 M. Dalam mengatasi sisa waktu pengerjaan yang sempit itu, Bupati Irwan akan mencoba berkoordinasi dengan Kementerian terkait untuk memperoleh penambahan waktu. Penambahan waktu pengerjaan ini menurutnya sangat memungkinkan karena mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. dalam Perpres tersebut terdapat pasal yang memberikan kesempatan penambahan waktu penyelesaian pekerjaan selama 50 hari lagi.

"Saya akan ke Jakarta mencoba untuk berbicara dengan Kementerian terkait, untuk mendapat perpanjangan waktu, jika diberikan waktu sesuai dengan Kepres yang diterbitkan Presiden, saya yakin jalan ini akan selesai. Mudah mudahan Kepres itu bisa kita terapkan di Kabupaten Meranti agar pembangunan ini tidak tergantung," ungkapnya.

Khusus untuk jalan diseberang (Semukut.red), seperti yang diharapkan Anggota DPRD Edy Masyudi, pembangunan dapat disejalankan, artinya ketika jembatan sudah dibangun jalanpun telah siap. Dikatakan Bupati, menyangkut itupulam pembangunan akan dimulai tahun 2017 dan pembangunan sendiri akan dilakukan dengan skala besar.

Sambil menunggu itu, Pemda akan terus mengupayakan pembangunan dalam skala kecil dan menengah ditiap tahun. "Buktinya jalan jalan yang dilunya susah ditempuh kini relatif sudah baik. Tinggal lagi kita menyelesaikan tahapan jalan dari Pulau merbau ke Baran Melintang, jika itu selesai otomatis jalan-jalan masyarakat yang ada di Pulau Merbau semuanya sudah semenisasi, tinggal lagi membangun jalan-jalan poros yang akan kita koneksikan ke jembatan Selat Rengit, yang akan dilanjutkan 2018," terang Bupati.

Pembangunan lanjutan jembatan Selat Rengit, dikatakan Bupati akan dibangun secara Multy Years. Iapun berharap berkaca dari pengalaman pembangunan kedepan tidak terkendala seperti yang sudah-sudah. "Kita sudah berpengalaman berkaca dari kenapa dulu gagal, kedepan kita sudah paham dan Inshaallah dapat diselesaikan sesuai target," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, menyangkut pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dikatakan Budi selaku pengawas lapangan, telah berjalan selama 2 bulan. Sejauh ini pengerjaan baru mencapai 10-15 Persen, keterlambatan pengerjaan diakibatkan oleh sulitnya pengiriman material yang sebelumnya dilakukan lewat jalur darat, kedepan untuk menggesa pengiriman material, pihak kontraktor akan mengupayakan lewat darat dan laut. 

Sejauh ini seperti dijelaskan Kabag Adpem Sekdakab. Meranti Eldi Syahputra didampingi Camat Tebing Tinggi Barat, sesuai penjelasan dari kontraktor, sedang diupayakan penuntasan Brojong terlebih dahulu, sebagai penahan air pasang. Sehingga jika terjadi pasang sekalipun tidak mengganggu pengerjaan badan jalan. (Advertorial/roy)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 24 Januari 2017 | 23:34:02

Langkah yang Diambil KNPI Riau Sukses Akhiri Polemik di Inhil

TEMBILAHAN - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyambut baik terkait langkah yang akan diambil oleh Ketua KNPI Provinsi Riau terkait polemik
Selasa, 24 Januari 2017 | 19:57:42

Ketua DPC PHRI Ajak Seluruh Elemen Majukan Pariwisata di Kepulauan Meranti

MERANTI - Untuk memajukan Pariwisata Daerah terutama di Kabupaten Kepulauan Meranti ini  sangat memerlukan peranan semua elemen. Khususnya Pemerintah Daerah, Akademisi, Pelaku Bisnis, Media dan Komunikasi.
Selasa, 24 Januari 2017 | 19:46:38

Warga Desa Payung Sekaki ini Bakar Rumah Selingkuhan Istrinya

ROKANHULU - Seorang petani yang tinggal di DK 3 RT 10 RW 03, Desa Payung Sekaki, Kecamatan Tambusai Utara kabupaten Rokan Hulu (Rohul), SU alias NO (29), diamankan polisi setelah membakar rumah semi permanen mi
Selasa, 24 Januari 2017 | 19:35:40

Diberhentikan Sepihak, Puluhan Security PT. SJI Coy Ngadu ke DPRD Rohul

ROKANHULU - Sebanyak 77 orang Security atau satpam serta PK yang selama ini menjadi pengamanan di Perusahaan Perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. SJI Coy yang ada di Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan
 
Berita Lainnya
Selasa, 24 Januari 2017 | 12:03:29

Dukung Promosi Pulau Jemur, Dewan Rohil Koordinasi ke Kementerian Pariwisata

BAGANSIAPIAPI-Sebagai bentuk dukungan akan kemajuan promisi wisata Pulau Jemur, Komisi B DPRD Rohil lakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.Anggota Komisi B DPRD Rokan Hilir Mu
 
Selasa, 24 Januari 2017 | 11:59:36

Dewan Rohil Minta Meski Plt, Harus Mampu Kerja Maksimal

BAGANSIAPIAPI-Ketua Komisi A DPRD Rohil, Abu Khoiri meminta terhadap 9 Pelaksana tugas jabatan Eselon II harus mampu bekerja maksimal untuk membantu kondisi keuangan pemerintah saat ini semabari menunggu As
 
Selasa, 24 Januari 2017 | 11:48:26

Bupati Wardan Kukuhkan 22 Pejabat Administrator dan 37 Pejabat Pengawas, Berikut Namanya

TEMBILAHAN - Sebanyak 22 pejabat administrator dan 37 pejabat pengawas dikukuhkan dan dilantik Bupati Inhil H Muhammad Wardan, Senin (23/1/17) sore.Pejabat administrator yang dikukuhkan dan
 
Selasa, 24 Januari 2017 | 11:39:16

Bupati Wardan Hadiri Pelantikan Pengurus PC SAPMA Inhil

TEMBILAHAN  - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, menghadiri pelantikan pengurus pimpinan cabang satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA) PP setempat priode 2015-2
 
Senin, 23 Januari 2017 | 19:14:22

Lantik 22 Pejabat Administrator dan 37 pejabat Pengawas, Ini Pesan Bupati Wardan 

TEMBILAHAN - Bupati HM Wardan kembali mengukuhkan dan melantik 22 pejabat administrator dan 37 pejabat pengawas, Senin (23/01/17).Pejabat administrator yang dikukuhkan dan dilantik yakni dr Irianto, Direktur RS
 
Sabtu, 21 Januari 2017 | 23:32:28

Kukuhkan Forum Kades dan Relawan Kecamatan Gas, Bupati Wardan dapat Gelar Bapak Pembangunan yang Religi

GAUNG ANAK SERKA - Bertempat di Gedung Serbaguna kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka, Bupati Kabuoaten Indragiri hilir (Inhil) H Muhammad Wardan mengukuhkan Forum Kepala Desa dan Relawan GAS se K
 
Sabtu, 21 Januari 2017 | 16:47:20

Gantikan Ketua Sebelumnya, Engki Prima Putra Resmi Nahkodai PWI Rohul

ROKANHULU-Melalui rapat pleno PAW, yang ditandai dengan pengukuhan serta penyerahan bendera petaka PWI, Engki Prima Putra Resmi menjabat sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hulu
 
Sabtu, 21 Januari 2017 | 15:00:57

DPRD Bersama Pemkab Rohil Sudah Serahkan Database Guru Honor yang ada di Rohil

BAGANSIAPIAPI-Terkait diambil alihnya tanggungjawab untuk sekolah tingkat SMA sederajat oleh Propinsi Riau, Anggota DPRD bersama Pemkab Rohil sudah menyerahkan database Guru Honorer yang ada di Rohil ke P
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 16:28:07

Antisipasi Karhutla, Anggota DPRD Rohil Minta Pemkab Lakukan Langkah Antisipasi

BAGANSIAPIAPI-Anggota Komisi A DPRD Rohil Bakthiar meminta agar Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir segera laksanakan rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 15:08:27

DPRD Rohul, Imbau Perusahaan Jangan Asal Berhentikan Pekerja

ROKANHULU-Diharapkan setiap perusahaan yang beroperasi dikabupaten Rokan Hulu (Rohul) diwajibkan untuk mengusahakan dan mengupayakan secara maksimal agar bursa lowongan kerja (Loker) di perusahaannya dapat
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 14:40:18

DPRD Rohil Nilai Assessment Terlambat

BAGANSIAPIAPI-Ketua Komisi A DPRD Rokan Hilir Abu Khoiri menegaskan harus ada pelaksanaan tugas (Plt) untuk mengisi sembilan jabatan yang kosong."Apalagi beberapa jabatan yang kosong tersebut merupakan di
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 14:04:07

Bupati Wardan Harapkan Magrib Mengaji Terus Diaktifkan

GAUNG ANAK SERKA-Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merupakan Kabupaten terluas dan memiliki jumlah penduduk yang besar di Provinsi Riau, maka dari itu untuk mengatasi dan membantu masyarakat Inhil yang ba
 
Kamis, 19 Januari 2017 | 21:38:20

Pimpin Rakoor TIPD, Sekda Bangga Tingkat Inflasi Inhil Terbaik di Provinsi Riau Pada Tahun 2016

TEMBILAHAN - Bertempat di ruang rapat lantai 5 Kantor Bupati, Sekda H.Said Syarifuddin memimpin rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), turut di hadiri Wakil Ketua DPRD, Kepala Perwakilan Bank
 
Kamis, 19 Januari 2017 | 10:19:25

Didampingi Plt Bupati Rohul, Gubri Resmikan Dua Jembatan di Rokan IV Koto

ROKANHULU-Jembatan Gantung Sungai Rokan penghubung Desa Ruang Koto  dan Kecamatan setempat dan Jembatan Sungai Sumpur penghubung Jalan Lintas Provinsi (Jalintasprov) antara Kabupaten Rokan Hulu Provins
 
Rabu, 18 Januari 2017 | 22:43:03

Hadiri Milad Ke-3 Pusdatin Puanri Cabang Inhil, Ini Harapan Bupati

TEMBILAHAN - Bupati HM Wardan mengharapkan Keberadaan kaum perempuan dapat terus berkiprah dalam mendukung dan menyukseskan berbagai program pembangunan daerah, guna mewujudkan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top