Jumat, 23 Desember 2016 | 13:04:21
ADVERTORIAL

Tingkatkan Enkonomi Rakyat, Kepulauan Meranti Fokus Bangun Jalan

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB)
MERANTI Pembangunan jalan sudah di kerjakan tahun 2016. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB), dalam peninjauannya Bupati berharap kepada pihak kontraktor dapat menuntaskannya segera, sehingga awal tahun 2017 pengoperasian jalan yang dinanti-nantikan warga itu dapat dituntaskan, Rabu (23/11).

Turut serta dalam peninjauan itu, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Eldy Syahputra, Kabag Humas Helfandi, Camat Tebing Tinggi Barat Rizki Hidayat, Camat Pulau Merbau, Kades Alai, Kontraktor dan pengawas lapangan.

Dalam peninjauannya karena tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat, Bupati melanjutkan dengan menggunakan motor. Disitu ia mendapati medan yang dilalui cukup berat, kondisi jalan semakin parah, bergelimang lumpur dan berlubang akibat diguyur hujan, dan kondisi itu diprediksi akan terus berlangsung akibat musim hujan hingga Desember mendatang.

Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dibangun menggunakan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pemerintah Kabupaten Meranti  (DAK IPD) Tahun 2016. Sebesar 9.448 Miliar Rupiah, dengan waktu pengerjaan 95 Hari. Dengan Panjang 2.2 KM dan lebar 5.5 M. Kontruksi sendiri mengggunakan Base B dan Batu.

Menyikapi pembangunan jalan itu sendiri seperti dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka mendukung program "Merangkai Pulau" yang tengah diupayakan oleh Pemda. Yakni dengan membangun jembatan (Selat Rengit.red), namun karena kendalan teknis dan non teknis jembatan tersebut belum bisa diselesaikan, sehingga untuk mempercepatnya Pemda Meranti mengupayakan pembangunan jalan darat dahulu. 

Salah satunya adalah jalan Alai-Mekong yang sedang dalam tahap pengerjaan. Bupati berharap pembangunan jalan benar-benar kuat dan tahan lama, dengan kontruksi yang mumpuni sehingga mampu mengatasi air pasang tinggi. 

"Jalan ini akan dibangun sebaik mungkin dengan kontruksi yang bisa mengatasi air pasang tinggi. Kita berharap proyek ini dapat segera tuntas dan difungsikan, jika jalan ini tuntas, Inshaallah tahun depan mulai dari Simp. Masjid Alai sampai Pelabuhan penyebrangan Semukut akan kita Hot Mix," ujar Bupati.

Seperti dijelaskan Pengawas lapangan Budi, jika melihat kondisi cuaca saat ini kemungkinan pengerjaan proyek tersebut akan molor. kondisi cuaca saat ini, sangat mempengaruhi proses pengiriman material menggunakan Pontong dari Karimun. 

"Jika air pasang maka pengiriman Material dari Karimun tidak memungkinkan, jika melalui jalan darat juga sulit karena kondisi jalan rusak parah," jelas Budi, pengawas proyek.

Baik kontraktor maupun Bupati sedikit pesimis proyek peningkatan jalan Alai-Mekong dapat tuntas sesuai kontrak. (Akhir Desember.red), diprediksi hingga batas kontrak berakhir, penyelesaian proyek baru akan mencapai 50 pesen. "Melihat kondisi ini hingga Per 31  Desember maksimal dapat dituntaskan 50 persen," ungkap Bupati.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, saat melihat secara langsung para pekerja membangunan Brojong (Trotoar Batu Penahan Air Pasang), sepanjang 600 M. Dalam mengatasi sisa waktu pengerjaan yang sempit itu, Bupati Irwan akan mencoba berkoordinasi dengan Kementerian terkait untuk memperoleh penambahan waktu. Penambahan waktu pengerjaan ini menurutnya sangat memungkinkan karena mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. dalam Perpres tersebut terdapat pasal yang memberikan kesempatan penambahan waktu penyelesaian pekerjaan selama 50 hari lagi.

"Saya akan ke Jakarta mencoba untuk berbicara dengan Kementerian terkait, untuk mendapat perpanjangan waktu, jika diberikan waktu sesuai dengan Kepres yang diterbitkan Presiden, saya yakin jalan ini akan selesai. Mudah mudahan Kepres itu bisa kita terapkan di Kabupaten Meranti agar pembangunan ini tidak tergantung," ungkapnya.

Khusus untuk jalan diseberang (Semukut.red), seperti yang diharapkan Anggota DPRD Edy Masyudi, pembangunan dapat disejalankan, artinya ketika jembatan sudah dibangun jalanpun telah siap. Dikatakan Bupati, menyangkut itupulam pembangunan akan dimulai tahun 2017 dan pembangunan sendiri akan dilakukan dengan skala besar.

Sambil menunggu itu, Pemda akan terus mengupayakan pembangunan dalam skala kecil dan menengah ditiap tahun. "Buktinya jalan jalan yang dilunya susah ditempuh kini relatif sudah baik. Tinggal lagi kita menyelesaikan tahapan jalan dari Pulau merbau ke Baran Melintang, jika itu selesai otomatis jalan-jalan masyarakat yang ada di Pulau Merbau semuanya sudah semenisasi, tinggal lagi membangun jalan-jalan poros yang akan kita koneksikan ke jembatan Selat Rengit, yang akan dilanjutkan 2018," terang Bupati.

Pembangunan lanjutan jembatan Selat Rengit, dikatakan Bupati akan dibangun secara Multy Years. Iapun berharap berkaca dari pengalaman pembangunan kedepan tidak terkendala seperti yang sudah-sudah. "Kita sudah berpengalaman berkaca dari kenapa dulu gagal, kedepan kita sudah paham dan Inshaallah dapat diselesaikan sesuai target," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, menyangkut pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dikatakan Budi selaku pengawas lapangan, telah berjalan selama 2 bulan. Sejauh ini pengerjaan baru mencapai 10-15 Persen, keterlambatan pengerjaan diakibatkan oleh sulitnya pengiriman material yang sebelumnya dilakukan lewat jalur darat, kedepan untuk menggesa pengiriman material, pihak kontraktor akan mengupayakan lewat darat dan laut. 

Sejauh ini seperti dijelaskan Kabag Adpem Sekdakab. Meranti Eldi Syahputra didampingi Camat Tebing Tinggi Barat, sesuai penjelasan dari kontraktor, sedang diupayakan penuntasan Brojong terlebih dahulu, sebagai penahan air pasang. Sehingga jika terjadi pasang sekalipun tidak mengganggu pengerjaan badan jalan. (Advertorial/roy)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Senin, 29 Mei 2017 | 10:04:10

Lagi, Kawanan Gajah Rusak Rumah dan Tanaman Warga Tasik Serai

PINGGIR - Puluhan ekor kawanan gajah liar kembali mengobrak-abrik dua unit rumah warga Desa Tasik Serai Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis pada Ahad dini hari (28/05/2017).Yakni milik saudara Basuki dan Br S
Senin, 29 Mei 2017 | 03:53:14

Ini Jawaban Kadiskominfotik Soal Pemecatan Ronny Pratama

BENGKALIS - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Kabupaten Bengkalis DR.M.Nasir, membantah, jika gara-gara Wakil Bupati Bengkalis H Muhammad menjadi saksi pernika
Senin, 29 Mei 2017 | 00:57:36

Besok Senin 29 Mei 2017 Bupati Rohul Mediasi dengan PLN Pasirpengaraian

ROKANHULU - Terkait lampu listrik dari Pembangkit Listrik Negara (PLN) cabang Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau mati dua hari ini, Sabtu, Minggu (27-28/5/2017) dijam yang sama jam 19.00
Senin, 29 Mei 2017 | 00:09:04

Dua Hari Padam di Jam yang Sama, Ini Jawaban Manager PLN Rohul

ROKANHULU -  Terkait lampu listrik dari Pembangkit Listrik Negara (PLN) cabang Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau mati dua hari ini, Sabtu, Minggu (27-28/5/2017) di jam yang sama ja
 
Berita Lainnya
Minggu, 28 Mei 2017 | 12:46:47

Langganan Lonsor, 15 Orang Di Tanah Merah Inhil Jadi Korban Bencana

TANAHMERAH - 15 (lima belas) orang warga Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah menjadi korban bencana tanah longsor yang kembali melanda wilayah tersebut, Minggu (28/5/2017) pagi.Dalam musibah itu, 3 (t
 
Sabtu, 27 Mei 2017 | 17:28:46

Komisi I DPRD Inhil Tinjau Langsung Lokasi Sengketa Lahan Di Kecamatan Kemuning

KEMUNING - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir melakukan peninjauan sengketa lahan antar dua keluarga di Dusun Semaram, Desa Sekayan, Kecamatan Kemuning. Jumat (26/5/2017) s
 
Sabtu, 27 Mei 2017 | 17:01:49

Malam Ke 3 Ramdhan, Bupati Wardan Terawih di Masjid pancasila

TEMBILAHAN-Sholat Tarawih hari pertama Ramadhan 1438 Hijriah Masjid Yayasan Amal Bhakti Muslum Pancasila ( YAMP) , Minggu (27/5) malam dipadati jemaah yang berasal dari Kota Tembilahan dan sekitarnya.Sebelu
 
Sabtu, 27 Mei 2017 | 16:49:42

Bupati Wardan Ajak Seluruh Masyarakat Jaga Hasil Pembangunan

TEMBILAHAN - HM Wardan selaku Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama dan berperan aktif dalam menjaga serta memelihara hasil kegiatan dan pembangunan daerah.Hal
 
Jumat, 26 Mei 2017 | 23:19:55

Awal Ramadhan Bupati Suparman Hadiri Dua Tempat Potang Balimau Bersama Masyarakat

ROKANHULU - Ditepi Sungai Batang Lubuh Kelurahan Pasirpengaraian dan Desa Babusalam Kecamatan Rambah Babussaalam, Kecamatan Rambah, Jumat, (26/5/2017) sore Bupati Rokan Hulu (Rohul) bersama Forkompimda dan bela
 
Jumat, 26 Mei 2017 | 19:31:40

Wabup Inhil Hadiri Haul Sulthon Auliya Syeks Abdul Qadir dan Romo KH. Ahmad Jauhari

KERITANG - Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)  H. Rosman Malomo menghadiri haul Sulthon Auliya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani r.a dan Romo KH. Ahmad Jauhari Umar sekaligus Haul yang Ke-10 Ponpes
 
Kamis, 25 Mei 2017 | 21:18:43

Komisi II DPRD Inhil Lakukan Kunjungan Kerja Ke DKPP DKI Jakarta, Ini Tujuannya

JAKARTA - Beberapa orang Angota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) dari komisi II  kerja ke Dinas Koperasi dan Perdagangan Provinsi (DKPP) DKI Jakarta, Selasa, (2
 
Kamis, 25 Mei 2017 | 20:25:23

164 Pejabat Eslon III dan IV Dilantik Bupati Suparman Minta Bekerja dengan Benar

ROKANHULU - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S,sos.M,si lantik 164 Pejabat Eslon III dan IV Rabu (24/5/2017) malam.Pelantikan ini merealisasikan janjinya untuk melakukan evaluasi terhadap ASN serta jab
 
Kamis, 25 Mei 2017 | 15:57:03

Melalui Perda, Pemda Pelalawan Canangkan Gerakan Maghrib Mengaji

PELALAWAN- Pemerintah Daerah (Pemda) Pelalawan mencanangkan gerakan Maghrib mengaji secara serentak. Gerakan ini diharapkan akan menghidupkan kembali tradisi lama bergairah kembali. Payung hukumpun, berup
 
Kamis, 25 Mei 2017 | 14:02:57

MoU dengan Sejumlah Institusi, Bupati Wardan Akui Masih Terdapat Data PBB-P2 Yang Belum Valid

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan sejumlah institusi, seperti PT Pos Indonesia (Persero
 
Kamis, 25 Mei 2017 | 11:28:15

164 Pejabat Eslon III dan IV Dilantik Bupati Suparman Minta Bekerja dengan Benar

ROKANHULU - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S,sos.M,si lantik 164 Pejabat Eslon III dan IV Rabu (24/5/2017) malam.Pelantikan ini merealisasikan janjinya untuk melakukan evaluasi terhadap ASN serta jab
 
Rabu, 24 Mei 2017 | 15:24:32

Sambut Ramadhan 1438 H, Ini Yang Dilakukan Pemkab Inhil

TEMBILAHAN - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriyah (H), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar acara ramah - tamah dengan masyarakat di halaman kediaman dinas Bupati
 
Selasa, 23 Mei 2017 | 18:39:18

MTQ ke-17 Kecamatan Rambah Ditutup, Bupati Rohul Suparman Ajak Anak-anak Rajin Mengaji

ROKANHULU - Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 17 tingkat Kecamatan Rambah Senin, (22/5/2017) malam bertempat  di Desa Rambah Tengah Barat (Haiti) secara resmi ditutup oleh Bupati Rokan Hulu H.
 
Selasa, 23 Mei 2017 | 16:51:06

Perjuangkan Nasib Warga Tanah Merah, Ini yang Dilakukan Komisi IV DPRD Inhil

JAKARTA -  Hari ini Selasa 23/05/17 Komisi IV DPRD Inhil bersama BPBD Inhil mendatangi kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta guna memperjuangankan nasib masyarakat Desa Tanah
 
Selasa, 23 Mei 2017 | 14:03:22

Zulaikha Wardan Ikuti Seminar Nasional Pendidikan Keluarga Oleh Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI

JAKARTA - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Zulaikha Wardan mengikuti seminar nasional pendidikan keluarga yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Anak
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top