Jumat, 23 Desember 2016 | 13:04:21
ADVERTORIAL

Tingkatkan Enkonomi Rakyat, Kepulauan Meranti Fokus Bangun Jalan

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB)
MERANTI – Pembangunan jalan sudah di kerjakan tahun 2016. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB), dalam peninjauannya Bupati berharap kepada pihak kontraktor dapat menuntaskannya segera, sehingga awal tahun 2017 pengoperasian jalan yang dinanti-nantikan warga itu dapat dituntaskan, Rabu (23/11).

Turut serta dalam peninjauan itu, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Eldy Syahputra, Kabag Humas Helfandi, Camat Tebing Tinggi Barat Rizki Hidayat, Camat Pulau Merbau, Kades Alai, Kontraktor dan pengawas lapangan.

Dalam peninjauannya karena tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat, Bupati melanjutkan dengan menggunakan motor. Disitu ia mendapati medan yang dilalui cukup berat, kondisi jalan semakin parah, bergelimang lumpur dan berlubang akibat diguyur hujan, dan kondisi itu diprediksi akan terus berlangsung akibat musim hujan hingga Desember mendatang.

Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dibangun menggunakan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pemerintah Kabupaten Meranti  (DAK IPD) Tahun 2016. Sebesar 9.448 Miliar Rupiah, dengan waktu pengerjaan 95 Hari. Dengan Panjang 2.2 KM dan lebar 5.5 M. Kontruksi sendiri mengggunakan Base B dan Batu.

Menyikapi pembangunan jalan itu sendiri seperti dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka mendukung program "Merangkai Pulau" yang tengah diupayakan oleh Pemda. Yakni dengan membangun jembatan (Selat Rengit.red), namun karena kendalan teknis dan non teknis jembatan tersebut belum bisa diselesaikan, sehingga untuk mempercepatnya Pemda Meranti mengupayakan pembangunan jalan darat dahulu. 

Salah satunya adalah jalan Alai-Mekong yang sedang dalam tahap pengerjaan. Bupati berharap pembangunan jalan benar-benar kuat dan tahan lama, dengan kontruksi yang mumpuni sehingga mampu mengatasi air pasang tinggi. 

"Jalan ini akan dibangun sebaik mungkin dengan kontruksi yang bisa mengatasi air pasang tinggi. Kita berharap proyek ini dapat segera tuntas dan difungsikan, jika jalan ini tuntas, Inshaallah tahun depan mulai dari Simp. Masjid Alai sampai Pelabuhan penyebrangan Semukut akan kita Hot Mix," ujar Bupati.

Seperti dijelaskan Pengawas lapangan Budi, jika melihat kondisi cuaca saat ini kemungkinan pengerjaan proyek tersebut akan molor. kondisi cuaca saat ini, sangat mempengaruhi proses pengiriman material menggunakan Pontong dari Karimun. 

"Jika air pasang maka pengiriman Material dari Karimun tidak memungkinkan, jika melalui jalan darat juga sulit karena kondisi jalan rusak parah," jelas Budi, pengawas proyek.

Baik kontraktor maupun Bupati sedikit pesimis proyek peningkatan jalan Alai-Mekong dapat tuntas sesuai kontrak. (Akhir Desember.red), diprediksi hingga batas kontrak berakhir, penyelesaian proyek baru akan mencapai 50 pesen. "Melihat kondisi ini hingga Per 31  Desember maksimal dapat dituntaskan 50 persen," ungkap Bupati.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, saat melihat secara langsung para pekerja membangunan Brojong (Trotoar Batu Penahan Air Pasang), sepanjang 600 M. Dalam mengatasi sisa waktu pengerjaan yang sempit itu, Bupati Irwan akan mencoba berkoordinasi dengan Kementerian terkait untuk memperoleh penambahan waktu. Penambahan waktu pengerjaan ini menurutnya sangat memungkinkan karena mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. dalam Perpres tersebut terdapat pasal yang memberikan kesempatan penambahan waktu penyelesaian pekerjaan selama 50 hari lagi.

"Saya akan ke Jakarta mencoba untuk berbicara dengan Kementerian terkait, untuk mendapat perpanjangan waktu, jika diberikan waktu sesuai dengan Kepres yang diterbitkan Presiden, saya yakin jalan ini akan selesai. Mudah mudahan Kepres itu bisa kita terapkan di Kabupaten Meranti agar pembangunan ini tidak tergantung," ungkapnya.

Khusus untuk jalan diseberang (Semukut.red), seperti yang diharapkan Anggota DPRD Edy Masyudi, pembangunan dapat disejalankan, artinya ketika jembatan sudah dibangun jalanpun telah siap. Dikatakan Bupati, menyangkut itupulam pembangunan akan dimulai tahun 2017 dan pembangunan sendiri akan dilakukan dengan skala besar.

Sambil menunggu itu, Pemda akan terus mengupayakan pembangunan dalam skala kecil dan menengah ditiap tahun. "Buktinya jalan jalan yang dilunya susah ditempuh kini relatif sudah baik. Tinggal lagi kita menyelesaikan tahapan jalan dari Pulau merbau ke Baran Melintang, jika itu selesai otomatis jalan-jalan masyarakat yang ada di Pulau Merbau semuanya sudah semenisasi, tinggal lagi membangun jalan-jalan poros yang akan kita koneksikan ke jembatan Selat Rengit, yang akan dilanjutkan 2018," terang Bupati.

Pembangunan lanjutan jembatan Selat Rengit, dikatakan Bupati akan dibangun secara Multy Years. Iapun berharap berkaca dari pengalaman pembangunan kedepan tidak terkendala seperti yang sudah-sudah. "Kita sudah berpengalaman berkaca dari kenapa dulu gagal, kedepan kita sudah paham dan Inshaallah dapat diselesaikan sesuai target," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, menyangkut pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dikatakan Budi selaku pengawas lapangan, telah berjalan selama 2 bulan. Sejauh ini pengerjaan baru mencapai 10-15 Persen, keterlambatan pengerjaan diakibatkan oleh sulitnya pengiriman material yang sebelumnya dilakukan lewat jalur darat, kedepan untuk menggesa pengiriman material, pihak kontraktor akan mengupayakan lewat darat dan laut. 

Sejauh ini seperti dijelaskan Kabag Adpem Sekdakab. Meranti Eldi Syahputra didampingi Camat Tebing Tinggi Barat, sesuai penjelasan dari kontraktor, sedang diupayakan penuntasan Brojong terlebih dahulu, sebagai penahan air pasang. Sehingga jika terjadi pasang sekalipun tidak mengganggu pengerjaan badan jalan. (Advertorial/roy)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Jumat, 19 Januari 2018 | 15:24:13

Bupati Ikut Shalat Jenazah dan Pemakaman H Ali Nafarin di Kecamatan Gaung Anak Serka

TELUKPINANG - Bupati Inhil HM Wardan menghadiri pemakaman tokoh agama dan tokoh pendidikan di Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) H Ali Nafarin, Kamis (18/1/18).Bupati Inhil HM Wardan menya
Jumat, 19 Januari 2018 | 14:41:08

Ungkap Suap Mantan Gubernur Gatot Pujo, KPK Akan Periksa 46 Anggota DPRD Sumut

MEDAN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memanggil sebanyak 46 anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009–2014 untuk dimintai keterangan dalam kasus suap yang menyeret mantan Gubernur Sumut, Gat
Jumat, 19 Januari 2018 | 14:36:56

OSO dituding minta mahar ke calon kepala daerah

Wasekjen Hanura versi Munaslub Jaktim, Dadang Rusdiana mengatakan, ketidakpuasan para kader terhadap kepemimpinan Osman Sapta Odang telah sejak lama. Pilkada 2018 merupakan puncak mereka untuk menyatakan mo
Jumat, 19 Januari 2018 | 14:34:39

Menolak Mundur, OSO Dinilai Rugikan Hanura di Tahun Politik

Jakarta - Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun menilai musyawarah nasional luar biasa (munaslub) yang dilaksanakan Partai Hanura kubu Sarifuddin Sudding di Bambu Apus, Jakarta Timur, merupakan langkah tepat.
 
Berita Lainnya
Jumat, 19 Januari 2018 | 15:24:13

Bupati Ikut Shalat Jenazah dan Pemakaman H Ali Nafarin di Kecamatan Gaung Anak Serka

TELUKPINANG - Bupati Inhil HM Wardan menghadiri pemakaman tokoh agama dan tokoh pendidikan di Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) H Ali Nafarin, Kamis (18/1/18).Bupati Inhil HM Wardan menya
 
Rabu, 17 Januari 2018 | 13:03:57

Bupati Inhil Ingatkan ASN Agar Pahami Peraturan Perundang-undangan

TEMBILAHAN - Bupati Inhil HM Wardan mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan yang berlaku. Penegasan ini disampaikan beliau dalam Upacara Har
 
Selasa, 16 Januari 2018 | 18:26:13

Bupati Inhil Harapkan Kontribusi IKA UR Dalam Pembangunan Sampai ke Desa-Desa

TEMBILAHAN-Bupati Inhil HM Wardan sebagai Ketua Dewan Kehormatan mengharapkan keberadaan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UR) memberikan kontribusi positif bagi pembangunan sampai ke desa-desa.Perny
 
Senin, 15 Januari 2018 | 20:39:58

Bupati Amril Himbau ASN Jaga Netralitas Selama Proses Pilgubri

BENGKALIS - Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 mendatang, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis diimbau untuk menjaga netralitasny
 
Senin, 15 Januari 2018 | 18:06:52

Bupati Inhil Sampaikan Pidato Pengantar Delapan Ranperda

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H Said Syarifuddin menyampaikan pidato pengantar terhadap Delapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada D
 
Minggu, 14 Januari 2018 | 07:53:10

Sudah Mengudara, Komisi I DPRD Inhil Sarankan GGTV Bergabung dengan TV Kabel

TEMBILAHAN - Komisi I DPRD Inhil, Riau meminta kepada Dinas Komunikasi Informasi dan Persantik agar bekerjasama dengan TV kabel sehingga Gemilang Televisi (GGTV) lebih mudah disaksikan oleh masyarakat.Ketua Kom
 
Minggu, 14 Januari 2018 | 07:35:13

Tim ekspedisi STAPALA STAN capai Puncak Aconcagua

Tim Ekspedisi Aconcagua STAPALA Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) berhasil mencapai puncak gunung Aconcagua di Argentina, Amerika Selatan, pada 7 Januari 2018. Gunung tertinggi di Amerika Selata
 
Sabtu, 13 Januari 2018 | 21:47:32

Tahun ini Pemkab Inhil Batal Gunakan Gedung Unisi

TEMBILAHAN - Jika sebelumnya di awal tahun 2018 ini lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil, Riau akan menempati gedung baru yaitu gedung Unisi, hingga hari ini r
 
Jumat, 12 Januari 2018 | 22:00:04

Disdukpencapil Rekam E - KTP Di Pasar Kembang, Bupati Inhil Apresiasi Upaya Jemput Bola

TEMBILAHAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Inhil melakukan perekaman E - KTP di Desa Pasar Kembang, Keritang. Atas langkah tersebut, Bupati Inhil, HM Wardan mengapresiasi up
 
Kamis, 11 Januari 2018 | 11:27:10

Lihat Pengelolaan Keuangan dan Serahkan Sertifikat, Presiden Jokowi Berencana ke Rohul

ROKANHULU - Sesuai informasi, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau pada bulan Februari 2018.Kedatangan orang nomor satu di
 
Kamis, 11 Januari 2018 | 10:31:21

Jelang Cuti, Bupati Inhil Harapkan Semua Urusan yang Harus Ditanganinya Sudah Rampung

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mengharapkan sebelum beliau menjalani cuti, maka semua urusan dan administrasi yang memerlukan tanda-tangannya harus sudah rampung.Terhitung mulai
 
Rabu, 10 Januari 2018 | 20:32:38

Bersama Gubri, Bupati Inhil Hadiri Haul Syekh Abdul Qadir Jailani

KEMUNING - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menghadiri haul Syekh Abdul Qadir Jailani bersama Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman di  Jalan Datuk Boge, Desa Pengalihan, Keritan
 
Selasa, 9 Januari 2018 | 19:28:20

OPD Dilingkungan Pemkab Inhil Diminta Segera Tindak Lanjuti Hasil Penandatanganan Bantuan Hukum

TEMBILAHAN - Penandatanganan Naskah Kesepakatan Tentang Bantuan Hukum dan Pertimbangan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara sudah dilakukan Senin (8/1/2017), Dewan Inhil pun meminta OPD menindaklanjuti ha
 
Senin, 8 Januari 2018 | 21:09:52

Bupati Inhil Tandatangani NPHD Dan Nota Kesepakatan dengan Sejumlah Institusi Negara

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Nota Kesepakatan dengan sejumlah instistusi negara di Gedung Engku Kelana, Jalan Baharud
 
Senin, 8 Januari 2018 | 12:34:34

Lantik 13 BPD, Wakil Bupati Sukiman : Bekerja Sesuai Aturan

ROKANHULU - Sebanyak 13 Ketua dan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa di 8 Kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau resmi dilantik Pengganti Antar Waktu (PAW) Senin, (8/1/2018) oleh Wakil Bupati
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top