Jumat, 23 Desember 2016 | 13:04:21
ADVERTORIAL

Tingkatkan Enkonomi Rakyat, Kepulauan Meranti Fokus Bangun Jalan

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB)
MERANTI – Pembangunan jalan sudah di kerjakan tahun 2016. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB), dalam peninjauannya Bupati berharap kepada pihak kontraktor dapat menuntaskannya segera, sehingga awal tahun 2017 pengoperasian jalan yang dinanti-nantikan warga itu dapat dituntaskan, Rabu (23/11).

Turut serta dalam peninjauan itu, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Eldy Syahputra, Kabag Humas Helfandi, Camat Tebing Tinggi Barat Rizki Hidayat, Camat Pulau Merbau, Kades Alai, Kontraktor dan pengawas lapangan.

Dalam peninjauannya karena tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat, Bupati melanjutkan dengan menggunakan motor. Disitu ia mendapati medan yang dilalui cukup berat, kondisi jalan semakin parah, bergelimang lumpur dan berlubang akibat diguyur hujan, dan kondisi itu diprediksi akan terus berlangsung akibat musim hujan hingga Desember mendatang.

Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dibangun menggunakan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pemerintah Kabupaten Meranti  (DAK IPD) Tahun 2016. Sebesar 9.448 Miliar Rupiah, dengan waktu pengerjaan 95 Hari. Dengan Panjang 2.2 KM dan lebar 5.5 M. Kontruksi sendiri mengggunakan Base B dan Batu.

Menyikapi pembangunan jalan itu sendiri seperti dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka mendukung program "Merangkai Pulau" yang tengah diupayakan oleh Pemda. Yakni dengan membangun jembatan (Selat Rengit.red), namun karena kendalan teknis dan non teknis jembatan tersebut belum bisa diselesaikan, sehingga untuk mempercepatnya Pemda Meranti mengupayakan pembangunan jalan darat dahulu. 

Salah satunya adalah jalan Alai-Mekong yang sedang dalam tahap pengerjaan. Bupati berharap pembangunan jalan benar-benar kuat dan tahan lama, dengan kontruksi yang mumpuni sehingga mampu mengatasi air pasang tinggi. 

"Jalan ini akan dibangun sebaik mungkin dengan kontruksi yang bisa mengatasi air pasang tinggi. Kita berharap proyek ini dapat segera tuntas dan difungsikan, jika jalan ini tuntas, Inshaallah tahun depan mulai dari Simp. Masjid Alai sampai Pelabuhan penyebrangan Semukut akan kita Hot Mix," ujar Bupati.

Seperti dijelaskan Pengawas lapangan Budi, jika melihat kondisi cuaca saat ini kemungkinan pengerjaan proyek tersebut akan molor. kondisi cuaca saat ini, sangat mempengaruhi proses pengiriman material menggunakan Pontong dari Karimun. 

"Jika air pasang maka pengiriman Material dari Karimun tidak memungkinkan, jika melalui jalan darat juga sulit karena kondisi jalan rusak parah," jelas Budi, pengawas proyek.

Baik kontraktor maupun Bupati sedikit pesimis proyek peningkatan jalan Alai-Mekong dapat tuntas sesuai kontrak. (Akhir Desember.red), diprediksi hingga batas kontrak berakhir, penyelesaian proyek baru akan mencapai 50 pesen. "Melihat kondisi ini hingga Per 31  Desember maksimal dapat dituntaskan 50 persen," ungkap Bupati.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, saat melihat secara langsung para pekerja membangunan Brojong (Trotoar Batu Penahan Air Pasang), sepanjang 600 M. Dalam mengatasi sisa waktu pengerjaan yang sempit itu, Bupati Irwan akan mencoba berkoordinasi dengan Kementerian terkait untuk memperoleh penambahan waktu. Penambahan waktu pengerjaan ini menurutnya sangat memungkinkan karena mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. dalam Perpres tersebut terdapat pasal yang memberikan kesempatan penambahan waktu penyelesaian pekerjaan selama 50 hari lagi.

"Saya akan ke Jakarta mencoba untuk berbicara dengan Kementerian terkait, untuk mendapat perpanjangan waktu, jika diberikan waktu sesuai dengan Kepres yang diterbitkan Presiden, saya yakin jalan ini akan selesai. Mudah mudahan Kepres itu bisa kita terapkan di Kabupaten Meranti agar pembangunan ini tidak tergantung," ungkapnya.

Khusus untuk jalan diseberang (Semukut.red), seperti yang diharapkan Anggota DPRD Edy Masyudi, pembangunan dapat disejalankan, artinya ketika jembatan sudah dibangun jalanpun telah siap. Dikatakan Bupati, menyangkut itupulam pembangunan akan dimulai tahun 2017 dan pembangunan sendiri akan dilakukan dengan skala besar.

Sambil menunggu itu, Pemda akan terus mengupayakan pembangunan dalam skala kecil dan menengah ditiap tahun. "Buktinya jalan jalan yang dilunya susah ditempuh kini relatif sudah baik. Tinggal lagi kita menyelesaikan tahapan jalan dari Pulau merbau ke Baran Melintang, jika itu selesai otomatis jalan-jalan masyarakat yang ada di Pulau Merbau semuanya sudah semenisasi, tinggal lagi membangun jalan-jalan poros yang akan kita koneksikan ke jembatan Selat Rengit, yang akan dilanjutkan 2018," terang Bupati.

Pembangunan lanjutan jembatan Selat Rengit, dikatakan Bupati akan dibangun secara Multy Years. Iapun berharap berkaca dari pengalaman pembangunan kedepan tidak terkendala seperti yang sudah-sudah. "Kita sudah berpengalaman berkaca dari kenapa dulu gagal, kedepan kita sudah paham dan Inshaallah dapat diselesaikan sesuai target," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, menyangkut pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dikatakan Budi selaku pengawas lapangan, telah berjalan selama 2 bulan. Sejauh ini pengerjaan baru mencapai 10-15 Persen, keterlambatan pengerjaan diakibatkan oleh sulitnya pengiriman material yang sebelumnya dilakukan lewat jalur darat, kedepan untuk menggesa pengiriman material, pihak kontraktor akan mengupayakan lewat darat dan laut. 

Sejauh ini seperti dijelaskan Kabag Adpem Sekdakab. Meranti Eldi Syahputra didampingi Camat Tebing Tinggi Barat, sesuai penjelasan dari kontraktor, sedang diupayakan penuntasan Brojong terlebih dahulu, sebagai penahan air pasang. Sehingga jika terjadi pasang sekalipun tidak mengganggu pengerjaan badan jalan. (Advertorial/roy)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Senin, 20 Februari 2017 | 20:14:46

Diduga dari Obat Nyamuk, Rumah Nenek Tua di Inhil Ini Hangus Terbakar

BATANGTUAKA - Mesibah kebakaran kembali melanda kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), kali ini menimpa rumah warga di Parit 5 Desa Sungai Raya, Kecamatan Batangtuaka milik Halijah (70) seorang Ibu rumah tangga (IR
Senin, 20 Februari 2017 | 19:39:54

Diprakarsai Sat Lantas Polres Inhil, Komunitas Korban Laka Lantas Hadir di Tembilahan

TEMBILAHAN - Bertempat di Ruangan Sat Lantas Polres Inhil, dilakukan kegiatan pembentukan komunitas korban laka lantas dan pemberian santunan kepada korban laka lantas, Senin (20/02/17) sekira pukul 15.00 Wib.A
Senin, 20 Februari 2017 | 19:35:06

Pembinaan Bola Kaki oleh Babinsa Koramil 03/Tempuling Sekaligus Cari Atlit-Atlit Untuk Inhil

TEMPULING - Koramil 03/Tempuling selalu melakukan pembinaan Karang Taruna di desa Binaanya seperti yang di lakukan Serka Sukijan Babinsa Desa Danau Pulau Indah melaksanakan pembinaan Olah Raga kepada pemuda di
Senin, 20 Februari 2017 | 19:21:56

Datang ke Concong, Bupati Wardan Resmikan Puskesmas dan SD

CONCONG – Bupati Inhil, H. M. Wardan melakukan kunjungan ke wilayah Kecamatan Concong untuk meresmikan dan meninjau langsung  kegiatan, yakni peresmian Kantor Camat senilai 2 M, Gedung Puskesmas Senilai 1.
 
Berita Lainnya
Senin, 20 Februari 2017 | 19:21:56

Datang ke Concong, Bupati Wardan Resmikan Puskesmas dan SD

CONCONG – Bupati Inhil, H. M. Wardan melakukan kunjungan ke wilayah Kecamatan Concong untuk meresmikan dan meninjau langsung  kegiatan, yakni peresmian Kantor Camat senilai 2 M, Gedung Puskesmas Senilai 1.
 
Sabtu, 18 Februari 2017 | 15:26:26

CSR Tak Sebanding, DPRD Rohil Segera Panggil Semua Perusahaan

BAGANSAPIAPI-Anggota DPRD Rohil komisi B segera memanggil 28 Perusahaan PKS dan PT Cevron untuk membahas masalah CSR. Bahkan Komisi B telah melayangkan surat panggilan.Demikian hal itu disampaikan Ketua K
 
Sabtu, 18 Februari 2017 | 14:11:07

Semenjak Adanya Program DMIJ, Desa ke Desa di Inhil Sudah Sambung Menyambung

CONCONG-Bupati Inhil H Muhammad Wardan. MP meresmikan  program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Kecamatan Concong Kabupaten Indragiri Hilir Jumat (17/2), terdiri dari Desa Concong Luar, Desa panglima Raja,
 
Jumat, 17 Februari 2017 | 18:37:33

Tahun Ini Pemkab Inhil Anggarkan 2 M untuk Perbaikan Jalan Penunjang Lintas Pulau Kijang - Sungai Undan

RETEH - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir menganggarkan Rp 2 miliar bagi perbaikan Jalan Penunjang Lintas Pulau Kijang menuju Sungai Undan, Kecamatan Reteh. Penegasan ini disampaikan Bupati I
 
Jumat, 17 Februari 2017 | 15:31:01

Dewan Rohil Sebut, Untuk Mengatasi Karhutla Perlu Sinergitas

PUJUD-Dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, sangat diperlukan perhatian dan sinergitas kerja antara pemerintah dan juga masyarakat tempatan.Demikian hal itu dikatakan oleh Anggota DPRD
 
Jumat, 17 Februari 2017 | 11:12:47

Irup HKN Februari 2017, Ini Amanah Sekda Damri Harun

ROKANHULU-Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) Jumat, (17/2/2017) pagi laksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten.Apel yang dilaksanakan di Halamaman Kantor Bupati Rohul yang ber
 
Kamis, 16 Februari 2017 | 20:48:47

Dalam Sehari Bupati Wardan Kunjungi 8 Desa di Kecamatan Pelangiran

PELANGIRAN - Pengukuhan Asosiasi kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa, sekretaris Desa, Forum RT/RW dan Relawan Panguyuban Pelangi oleh Bupati HM.Wardanturut di hadiri Ketua Komisi I DPRD Inhil HM Yusuf Said
 
Kamis, 16 Februari 2017 | 16:06:03

Wisata Asyik ke Berbagi Tempat dengan Maskapai Sriwijaya

1024x768 Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE
 
Kamis, 16 Februari 2017 | 14:36:28

Masalah Pukat Harimau, Komisi B DPRD Rohil Akan Gelar Hearing

BAGANSIAPIAPI-Terkait permasalahan pukat Harimau yang mengancam pencarian para Nelayan, Komisi B DPRD Rohil sudah menjadwalkan untuk menggelar hearing dengan dinas terkait.Hearing yang dijadwalkan pada Se
 
Rabu, 15 Februari 2017 | 22:01:48

Ada Hal yang Berbeda Pada Kunjungan Bupati Wardan di Kecamatan Pelangiran

TEMBILAHAN – Kunjungan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan dalam rangka peresmian program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Kecamatan Pelangiran dimulai di Desa Simpang, Kateman, Rabu (15/2/2017).Kedatangan Bupa
 
Rabu, 15 Februari 2017 | 10:38:25

Ini Pesan Bupati Wardan untuk Masyarakat Usai Meresmikan Program DMIJ Kecamatan Gaung

GAUNG-Bupati Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) HM Wardan menghimbau masyarakat untuk dapat memelihara apa yang telah dibangun masyarakat, sehingga dapat terus memanfaatkan pembangunan tersebut.Hal tersebu
 
Rabu, 15 Februari 2017 | 10:27:31

Ambil Sumpah 287 Pejabat Eselon III dan IV di Pemkab Rohul, Plt Bupati Sukiman : Layanilah Masyarakat

ROKANHULU - Ditandai dengan pengambilan Sumpah Jabatan Plt Bupati Rohul H Sukiman melantik sebanyak 287 Pejabat Eselon III dan IV di l‎ingkungan Pemerintah Daerah tersebut  Selasa (14/2/2017) d
 
Selasa, 14 Februari 2017 | 14:21:05

Dewan Rohil Minta BPKep dan Tokoh Masyarakat dilibatkan dalam Usulan Pembangunan

BAGANSIAPIAPI-Anggota DPRD Rohil meminta kepada setiap kepenghuluan untuk melibatkan Badan Permusyawaratan Kepenghuluan (BPKep) dan Tokoh Masyarakat dalam menentukan usulan pembangunan.Demikian hal itu di
 
Senin, 13 Februari 2017 | 20:00:59

Bupati Wardan Himbau Masyarakat untuk tidak Menjual Kebun Kelapa, Ada Apa Ya ?

PELANGIRAN -  HM Wardan selaku Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengimbau masyarakat untuk tidak menjual kebun kelapanya, mengingat kondisi perkelapaan yang sudah mulai membaik.Dikatakannya, usaha
 
Senin, 13 Februari 2017 | 16:48:09

Ketua DPRD : Pejabat Harus Kerja Sungguh-sungguh

BAGANSIAPIAPI-Ketua DPRD Rohil meminta kepada para pejabat yang baru dilantik untuk dapat bekerja sungguh - sungguh.Sebab, tidak sedikit pejabat yang masuk dalam daftar antri setelah diberlakukannya OPD bar
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top