Jumat, 23 Desember 2016 | 13:04:21
ADVERTORIAL

Tingkatkan Enkonomi Rakyat, Kepulauan Meranti Fokus Bangun Jalan

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB)
MERANTI Pembangunan jalan sudah di kerjakan tahun 2016. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB), dalam peninjauannya Bupati berharap kepada pihak kontraktor dapat menuntaskannya segera, sehingga awal tahun 2017 pengoperasian jalan yang dinanti-nantikan warga itu dapat dituntaskan, Rabu (23/11).

Turut serta dalam peninjauan itu, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Eldy Syahputra, Kabag Humas Helfandi, Camat Tebing Tinggi Barat Rizki Hidayat, Camat Pulau Merbau, Kades Alai, Kontraktor dan pengawas lapangan.

Dalam peninjauannya karena tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat, Bupati melanjutkan dengan menggunakan motor. Disitu ia mendapati medan yang dilalui cukup berat, kondisi jalan semakin parah, bergelimang lumpur dan berlubang akibat diguyur hujan, dan kondisi itu diprediksi akan terus berlangsung akibat musim hujan hingga Desember mendatang.

Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dibangun menggunakan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pemerintah Kabupaten Meranti  (DAK IPD) Tahun 2016. Sebesar 9.448 Miliar Rupiah, dengan waktu pengerjaan 95 Hari. Dengan Panjang 2.2 KM dan lebar 5.5 M. Kontruksi sendiri mengggunakan Base B dan Batu.

Menyikapi pembangunan jalan itu sendiri seperti dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka mendukung program "Merangkai Pulau" yang tengah diupayakan oleh Pemda. Yakni dengan membangun jembatan (Selat Rengit.red), namun karena kendalan teknis dan non teknis jembatan tersebut belum bisa diselesaikan, sehingga untuk mempercepatnya Pemda Meranti mengupayakan pembangunan jalan darat dahulu. 

Salah satunya adalah jalan Alai-Mekong yang sedang dalam tahap pengerjaan. Bupati berharap pembangunan jalan benar-benar kuat dan tahan lama, dengan kontruksi yang mumpuni sehingga mampu mengatasi air pasang tinggi. 

"Jalan ini akan dibangun sebaik mungkin dengan kontruksi yang bisa mengatasi air pasang tinggi. Kita berharap proyek ini dapat segera tuntas dan difungsikan, jika jalan ini tuntas, Inshaallah tahun depan mulai dari Simp. Masjid Alai sampai Pelabuhan penyebrangan Semukut akan kita Hot Mix," ujar Bupati.

Seperti dijelaskan Pengawas lapangan Budi, jika melihat kondisi cuaca saat ini kemungkinan pengerjaan proyek tersebut akan molor. kondisi cuaca saat ini, sangat mempengaruhi proses pengiriman material menggunakan Pontong dari Karimun. 

"Jika air pasang maka pengiriman Material dari Karimun tidak memungkinkan, jika melalui jalan darat juga sulit karena kondisi jalan rusak parah," jelas Budi, pengawas proyek.

Baik kontraktor maupun Bupati sedikit pesimis proyek peningkatan jalan Alai-Mekong dapat tuntas sesuai kontrak. (Akhir Desember.red), diprediksi hingga batas kontrak berakhir, penyelesaian proyek baru akan mencapai 50 pesen. "Melihat kondisi ini hingga Per 31  Desember maksimal dapat dituntaskan 50 persen," ungkap Bupati.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, saat melihat secara langsung para pekerja membangunan Brojong (Trotoar Batu Penahan Air Pasang), sepanjang 600 M. Dalam mengatasi sisa waktu pengerjaan yang sempit itu, Bupati Irwan akan mencoba berkoordinasi dengan Kementerian terkait untuk memperoleh penambahan waktu. Penambahan waktu pengerjaan ini menurutnya sangat memungkinkan karena mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. dalam Perpres tersebut terdapat pasal yang memberikan kesempatan penambahan waktu penyelesaian pekerjaan selama 50 hari lagi.

"Saya akan ke Jakarta mencoba untuk berbicara dengan Kementerian terkait, untuk mendapat perpanjangan waktu, jika diberikan waktu sesuai dengan Kepres yang diterbitkan Presiden, saya yakin jalan ini akan selesai. Mudah mudahan Kepres itu bisa kita terapkan di Kabupaten Meranti agar pembangunan ini tidak tergantung," ungkapnya.

Khusus untuk jalan diseberang (Semukut.red), seperti yang diharapkan Anggota DPRD Edy Masyudi, pembangunan dapat disejalankan, artinya ketika jembatan sudah dibangun jalanpun telah siap. Dikatakan Bupati, menyangkut itupulam pembangunan akan dimulai tahun 2017 dan pembangunan sendiri akan dilakukan dengan skala besar.

Sambil menunggu itu, Pemda akan terus mengupayakan pembangunan dalam skala kecil dan menengah ditiap tahun. "Buktinya jalan jalan yang dilunya susah ditempuh kini relatif sudah baik. Tinggal lagi kita menyelesaikan tahapan jalan dari Pulau merbau ke Baran Melintang, jika itu selesai otomatis jalan-jalan masyarakat yang ada di Pulau Merbau semuanya sudah semenisasi, tinggal lagi membangun jalan-jalan poros yang akan kita koneksikan ke jembatan Selat Rengit, yang akan dilanjutkan 2018," terang Bupati.

Pembangunan lanjutan jembatan Selat Rengit, dikatakan Bupati akan dibangun secara Multy Years. Iapun berharap berkaca dari pengalaman pembangunan kedepan tidak terkendala seperti yang sudah-sudah. "Kita sudah berpengalaman berkaca dari kenapa dulu gagal, kedepan kita sudah paham dan Inshaallah dapat diselesaikan sesuai target," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, menyangkut pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dikatakan Budi selaku pengawas lapangan, telah berjalan selama 2 bulan. Sejauh ini pengerjaan baru mencapai 10-15 Persen, keterlambatan pengerjaan diakibatkan oleh sulitnya pengiriman material yang sebelumnya dilakukan lewat jalur darat, kedepan untuk menggesa pengiriman material, pihak kontraktor akan mengupayakan lewat darat dan laut. 

Sejauh ini seperti dijelaskan Kabag Adpem Sekdakab. Meranti Eldi Syahputra didampingi Camat Tebing Tinggi Barat, sesuai penjelasan dari kontraktor, sedang diupayakan penuntasan Brojong terlebih dahulu, sebagai penahan air pasang. Sehingga jika terjadi pasang sekalipun tidak mengganggu pengerjaan badan jalan. (Advertorial/roy)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Kamis, 30 Maret 2017 | 14:09:34

Tandatangani Nota Kesepakatan TP4D Bersama Kejari, Ini Himbauan Bupati Wardan Untuk OPD

TEMBILAHAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) menandatangani Nota Kesepakatan Tentang Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di a
Kamis, 30 Maret 2017 | 12:45:10

Diduga Hendak Mencuri, Anto Walet Tewas Setelah Terjatuh

TEMBILAHAN - Anto Walet (31) harus kehilangan nyawanya karena diduga terjatuh saat hendak melakukan pencurian sarang burung walet, di dalam sebuah ruko walet, di Jalan H. Said Tembilahan Pada Hari Rabu 29/03/ 1
Rabu, 29 Maret 2017 | 22:57:30

Ini Para Juara Camat Bagan Sinembah Cup V

BAGANBATU-Usai drama adu pinalti dengan skor akhir 3-2 membawa tim kesebelasan Persada FC menjuarai piala Camat Bagan Sinembah Cup kategori dewasa.Usai Laga final yang digelar Rabu 29/3 di lapangan sepakbola Pe
Rabu, 29 Maret 2017 | 21:04:13

Perawatan Lampu Jalan yang Rusak Kini Menjadi Kewenangan Dinas PU

PELALAWAN - Menurut mantan Kabid Kelistrikan Distamben Pelalawan, lampu penerangan jalan yang tidak menyala di sejumlah kecamatan diakibatkan oleh lemahnya Miniature Circuit Breaker (MCB) yang terdapat di panel
 
Berita Lainnya
Kamis, 30 Maret 2017 | 14:09:34

Tandatangani Nota Kesepakatan TP4D Bersama Kejari, Ini Himbauan Bupati Wardan Untuk OPD

TEMBILAHAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) menandatangani Nota Kesepakatan Tentang Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di a
 
Rabu, 29 Maret 2017 | 12:22:21

Bupati Wardan Himbau Makmurkan Mesjid di Negeri Melayu

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengikuti pengajian akbar kitab Anwarul Bahiyyah di Mesjid Al-Islah, Jalan Sederhana, Tembilahan Hulu, Rabu (29/3/2017) pagi.Dalam pengaj
 
Rabu, 29 Maret 2017 | 08:57:04

4 April 2017, Panglima TNI dan Kepala BKKBN RI Kunker ke Rohul, Ini Rangkaian Kegiatannya

ROKAN HULU - Terkait pencanangan kegiatan Bakti Sosial TNI KB Kes tingkat Nasional yang dipusatkan di halaman kantor bupati Rohulyang sebelumnya direncanakan 12 April mendatang. Jadwalnya dipercepat pada
 
Selasa, 28 Maret 2017 | 18:29:35

Mau Tau Agenda PC MNU Inhil dalam Waktu Dekat, Ini Dia

JAKARTA Selesai mengikuti rapat pimpinan nasional (Rapimnas), Ketua Muslimat Naudatul Ulama (MNU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj Zulaikha Wardan, kembali mengikuti puncak peringatan hari lahir Muslimat
 
Senin, 27 Maret 2017 | 20:33:21

Gubernur Riau Teleconference, Bupati Hadiri Silahturrahmi bersama Guru SMA / SMK Se-Inhil

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan bersama Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi bersilahturrahmi d
 
Senin, 27 Maret 2017 | 16:55:29

Sekda Rohul Damri Harun APBD Rohul 2017 Sudah Bisa Digunakan

ROKAN HULU - Seluruh kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul), ditampung dalam APBD Rohul tahun anggaran 2017 sudah bisa dimulai sejak hari ini, Senin (27/3/2017)
 
Senin, 27 Maret 2017 | 11:42:33

Bupati Bumi Hamparan Kelapa Dunia Terima Award Media Relasinship Dari SPS Riau

PEKANBARU - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan, mendapat award dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau dalam katagori relasinship yang ditaja di Mal SKA, Minggu, (26/03/17)Bupati Inhil, HM Wardan&n
 
Minggu, 26 Maret 2017 | 14:27:02

Zulaikha Wardan Ikuti Rapimnas Muslimat NU Tahun 2017

JABAR - Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Indragiri Hilir-Riau Hj.Zulaikhah Wardan mengikuti  Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang di rangkai dengan Pelantikan Pengurus
 
Sabtu, 25 Maret 2017 | 15:26:35

Bupati Wardan : DMIJ Anggaran Terbatas Hasilnya Berkualitas, Ini Sebabnya

TEMBILAHAN-Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meresmikan pelaksanaan Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dan infrastruktur Ibu Kota Kecamatan (IKK) Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) serta
 
Sabtu, 25 Maret 2017 | 14:34:00

Guna Memelihara Silaturahmi, Wawako Turun Gunung

DUMAI - Dalam rangka membina dan menjaga keharmonisan hubungan silaturahim Pemerintah Kota Dumai bersama masyarakat, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, SE bersama Camat Sungai Sembilan Zulkarnaen berkunjun
 
Jumat, 24 Maret 2017 | 15:51:28

Dewan Rohil : Nasib Honorer Tunggu Data BKD

BAGANSIAPIAPI-Nasib honorer pemkab Rohil saat ini masih menunggu data jumlah yang pasti dari pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Demikian hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Rohil, Habib Nur.Pihaknya
 
Jumat, 24 Maret 2017 | 13:55:33

Dihantam Guyuran Hujan yang Lebat Bupati Wardan Hadiri Syukuran dan Istghasah di Teluk Pinang

TEMBILAHAN - Meskipun di bawah guyuran hujan yang cukup lebat, namun tidak menyurutkan niat Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan beserta rombongan untuk datang dan menghadiri syukuran jalan dan istigh
 
Kamis, 23 Maret 2017 | 14:45:27

DPRD Rohil : Kenaikan Biaya Berobat Harus Dilihat dari Kondisi Ekonomi Masyarakat

BAGANSIAPIAPI-Anggota Komisi D bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Rohil Maston mengatakan, rencana menaikkan biaya berobat harus melihat kondisi ekonomi masyarakat. Apalagi, terang Ma
 
Kamis, 23 Maret 2017 | 13:45:23

Bupati Launching PLN 24 Jam di Kecamatan Batang Tuaka

BATANGTUAKA - Bupati Inhil H Muhammad Wardan melakukan Launching PLN 24 Jam di Kecamatan Batang Tuaka, Kamis (23/3/17). Juga peresmian Jalan IKK dan penyerahan bantuan mesin pompa air terapung dari BPBD I
 
Rabu, 22 Maret 2017 | 20:14:59

Mediasi Dipimpin Plt Bupati dan Ketua DPRD Rohul PT PEU Izinkan Lahannya untuk 17 Tapak Tower PLN

ROKANHULU - Untuk tempat pembangunan sebanyak 17 titik tapak tower PLN yang akan dibangun di areal HGU PT. Padasa Enam Utama sudah mendapatkan kesepakatan bersama antara PT. Padasa Enam Utama dengan PT PLN.Kese
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top