Jumat, 23 Desember 2016 | 13:04:21
ADVERTORIAL

Tingkatkan Enkonomi Rakyat, Kepulauan Meranti Fokus Bangun Jalan

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB)
MERANTI – Pembangunan jalan sudah di kerjakan tahun 2016. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si didampingi Anggota DPRD Meranti Edy Masyudi dan Jack Ardiansyah, melakukan peninjauan proyek peningkatan jalan Alai-Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat (TTB), dalam peninjauannya Bupati berharap kepada pihak kontraktor dapat menuntaskannya segera, sehingga awal tahun 2017 pengoperasian jalan yang dinanti-nantikan warga itu dapat dituntaskan, Rabu (23/11).

Turut serta dalam peninjauan itu, Kepala Bagian Administrasi Ekonomi Eldy Syahputra, Kabag Humas Helfandi, Camat Tebing Tinggi Barat Rizki Hidayat, Camat Pulau Merbau, Kades Alai, Kontraktor dan pengawas lapangan.

Dalam peninjauannya karena tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat, Bupati melanjutkan dengan menggunakan motor. Disitu ia mendapati medan yang dilalui cukup berat, kondisi jalan semakin parah, bergelimang lumpur dan berlubang akibat diguyur hujan, dan kondisi itu diprediksi akan terus berlangsung akibat musim hujan hingga Desember mendatang.

Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dibangun menggunakan Anggaran Dana Alokasi Khusus Pemerintah Kabupaten Meranti  (DAK IPD) Tahun 2016. Sebesar 9.448 Miliar Rupiah, dengan waktu pengerjaan 95 Hari. Dengan Panjang 2.2 KM dan lebar 5.5 M. Kontruksi sendiri mengggunakan Base B dan Batu.

Menyikapi pembangunan jalan itu sendiri seperti dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka mendukung program "Merangkai Pulau" yang tengah diupayakan oleh Pemda. Yakni dengan membangun jembatan (Selat Rengit.red), namun karena kendalan teknis dan non teknis jembatan tersebut belum bisa diselesaikan, sehingga untuk mempercepatnya Pemda Meranti mengupayakan pembangunan jalan darat dahulu. 

Salah satunya adalah jalan Alai-Mekong yang sedang dalam tahap pengerjaan. Bupati berharap pembangunan jalan benar-benar kuat dan tahan lama, dengan kontruksi yang mumpuni sehingga mampu mengatasi air pasang tinggi. 

"Jalan ini akan dibangun sebaik mungkin dengan kontruksi yang bisa mengatasi air pasang tinggi. Kita berharap proyek ini dapat segera tuntas dan difungsikan, jika jalan ini tuntas, Inshaallah tahun depan mulai dari Simp. Masjid Alai sampai Pelabuhan penyebrangan Semukut akan kita Hot Mix," ujar Bupati.

Seperti dijelaskan Pengawas lapangan Budi, jika melihat kondisi cuaca saat ini kemungkinan pengerjaan proyek tersebut akan molor. kondisi cuaca saat ini, sangat mempengaruhi proses pengiriman material menggunakan Pontong dari Karimun. 

"Jika air pasang maka pengiriman Material dari Karimun tidak memungkinkan, jika melalui jalan darat juga sulit karena kondisi jalan rusak parah," jelas Budi, pengawas proyek.

Baik kontraktor maupun Bupati sedikit pesimis proyek peningkatan jalan Alai-Mekong dapat tuntas sesuai kontrak. (Akhir Desember.red), diprediksi hingga batas kontrak berakhir, penyelesaian proyek baru akan mencapai 50 pesen. "Melihat kondisi ini hingga Per 31  Desember maksimal dapat dituntaskan 50 persen," ungkap Bupati.

Lebih jauh dijelaskan Bupati, saat melihat secara langsung para pekerja membangunan Brojong (Trotoar Batu Penahan Air Pasang), sepanjang 600 M. Dalam mengatasi sisa waktu pengerjaan yang sempit itu, Bupati Irwan akan mencoba berkoordinasi dengan Kementerian terkait untuk memperoleh penambahan waktu. Penambahan waktu pengerjaan ini menurutnya sangat memungkinkan karena mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. dalam Perpres tersebut terdapat pasal yang memberikan kesempatan penambahan waktu penyelesaian pekerjaan selama 50 hari lagi.

"Saya akan ke Jakarta mencoba untuk berbicara dengan Kementerian terkait, untuk mendapat perpanjangan waktu, jika diberikan waktu sesuai dengan Kepres yang diterbitkan Presiden, saya yakin jalan ini akan selesai. Mudah mudahan Kepres itu bisa kita terapkan di Kabupaten Meranti agar pembangunan ini tidak tergantung," ungkapnya.

Khusus untuk jalan diseberang (Semukut.red), seperti yang diharapkan Anggota DPRD Edy Masyudi, pembangunan dapat disejalankan, artinya ketika jembatan sudah dibangun jalanpun telah siap. Dikatakan Bupati, menyangkut itupulam pembangunan akan dimulai tahun 2017 dan pembangunan sendiri akan dilakukan dengan skala besar.

Sambil menunggu itu, Pemda akan terus mengupayakan pembangunan dalam skala kecil dan menengah ditiap tahun. "Buktinya jalan jalan yang dilunya susah ditempuh kini relatif sudah baik. Tinggal lagi kita menyelesaikan tahapan jalan dari Pulau merbau ke Baran Melintang, jika itu selesai otomatis jalan-jalan masyarakat yang ada di Pulau Merbau semuanya sudah semenisasi, tinggal lagi membangun jalan-jalan poros yang akan kita koneksikan ke jembatan Selat Rengit, yang akan dilanjutkan 2018," terang Bupati.

Pembangunan lanjutan jembatan Selat Rengit, dikatakan Bupati akan dibangun secara Multy Years. Iapun berharap berkaca dari pengalaman pembangunan kedepan tidak terkendala seperti yang sudah-sudah. "Kita sudah berpengalaman berkaca dari kenapa dulu gagal, kedepan kita sudah paham dan Inshaallah dapat diselesaikan sesuai target," pungkas Bupati.

Sekedar informasi, menyangkut pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Alai-Mekong dikatakan Budi selaku pengawas lapangan, telah berjalan selama 2 bulan. Sejauh ini pengerjaan baru mencapai 10-15 Persen, keterlambatan pengerjaan diakibatkan oleh sulitnya pengiriman material yang sebelumnya dilakukan lewat jalur darat, kedepan untuk menggesa pengiriman material, pihak kontraktor akan mengupayakan lewat darat dan laut. 

Sejauh ini seperti dijelaskan Kabag Adpem Sekdakab. Meranti Eldi Syahputra didampingi Camat Tebing Tinggi Barat, sesuai penjelasan dari kontraktor, sedang diupayakan penuntasan Brojong terlebih dahulu, sebagai penahan air pasang. Sehingga jika terjadi pasang sekalipun tidak mengganggu pengerjaan badan jalan. (Advertorial/roy)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 19 September 2017 | 18:02:21

Kapolres Inhil Buka Sosialisasi In House Training

TEMBILAHAN - Kepala Polisi Resor (Kapolres) Indragiri Hilir (Inhil) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dolifar Manurung, S.IK, M.Si, membuka sosialisasi In House Training bagi Bhabinkamtibmas se Jajaran Polres
Selasa, 19 September 2017 | 15:44:32

Pemkab Inhil Gelar Sayembara Berhadiah Penamaan Masjid Islamic Center

TEMBILAHAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar sayembara  berhadiah penamaan gedung atau Masjid Islamic Center yang terletak di Jalan Pendidikan, Tembilahan.Menurut penuturan
Selasa, 19 September 2017 | 15:07:23

Cerita Tuslam Didatangi Arwah Suprianto Korban Terkaman Buaya

ROKANHILIR - Pasca ditemukannya potongan potongan tubuh Suprianto (46) yang diduga kuat tewas diterkam buaya di rawa  pinggiran kanal Dusun I Kampung Baru, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Rohil ternyata mem
Selasa, 19 September 2017 | 14:38:40

Wakili Bupati, Asisten I Buka Rakercab I MPC PP Rohil

BAGANBATU-Mewakili Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, Asisten I Sekretariat daerah (Setda) bidang Pemerintahan, Feri H Parya membuka Rapat kerja cabang I Mejelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (Rakerjab I
 
Berita Lainnya
Selasa, 19 September 2017 | 09:58:03

DPRD Inhil Bingung Dengan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2016 Milik Pemkab

TEMBILAHAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir (Inhil), Riau, khususnya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merasa bingung dengan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016 milik Pe
 
Senin, 18 September 2017 | 17:07:25

Pimpin Upacara HKN, Ini Harapan Bupati Suparman Kepada ASN Rokan Hulu

ROKANHULU - Bupati H. Suparman, S. Sos inspektur Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Senin (18/09/17 ) di halaman kantor bupati setempat berlangsung lancar
 
Senin, 18 September 2017 | 14:01:50

Bupati Inhil, Kita Sangat Komitmen Untuk Mempertahankan Luas Perkebunan Kelapa

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan salah satu kepala daerah di Indonesia yang memiliki semangat untuk memperjuangkan program penyelamatan kebun kelapa milik masyarakat.Semangat ini
 
Minggu, 17 September 2017 | 16:42:34

Akhir Triwulan ke III, Realisasi Fisik Pada ABPD Inhil Capai 37,82 Persen

TEMBILAHAN- Mendekati akhir dari triwulan ke III, serapan anggaran dari realisasi fisik pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Indragiri Hilir (Inhil), Riau tahun 2017 mencapai 37,82 persen.Hal ters
 
Sabtu, 16 September 2017 | 12:04:17

Sambut Kedatangan Jamaah Haji di Batam, Ini Kata Bupati Wardan

TEMBILAHAN- Jamaah haji asal Indragiri Hilir (Inhil), Riau yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 8 akhirnya tiba di tanah air, Sabtu (16/9/2017) dini hari.Disambut langsung Bupati Inhil, HM
 
Jumat, 15 September 2017 | 19:39:11

Sukses Dengan FKI, Bupati Wardan diundang Menjadi Narasumber Diskusi Nasional

JAKARTA -  Dinilai sukses dalam penyelenggaraan festival kelapa internasional (FKI), Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, diundang oleh Kementrian Pertanian RI untuk menjadi Narasumber disku
 
Jumat, 15 September 2017 | 19:24:33

Fraksi Demokrat DPRD Inhil Duga Banyak Perusahaan Besar yang Tak Bayar Pajak

TEMBILAHAN - Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, menduga banyak pengusaha dari perusahaan besar yang beroperasi di Negeri Seribu Parit ini ti
 
Kamis, 14 September 2017 | 19:56:52

Pasca FKI, Bupati Inhil Harapkan Pusat Terbitkan Regulasi Penetapan Harga Terendah Komoditas Kelapa

TEMBILAHAN - Setelah selesai sukses menggelar event Internasional yakni Festival Kelapa Internasional (FKI) tahun 2017 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan selaku orang nomor satu di Bumi Hamparan Ke
 
Rabu, 13 September 2017 | 18:56:28

Selain Kerusakan Kebun Kelapa, Fraksi Partai Golkar DPRD Inhil Juga Soroti Ini

TEMBILAHAN-  Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau mengamati bahwa upaya-upaya penanggulangan kerusakan lingkungan yang mengak
 
Rabu, 13 September 2017 | 18:39:21

Dukung Penyelenggaraan Pilkada 2018, Bupati Inhil Hadiri Rakor Bupati / Walikota Se - Riau

PEKANBARU - Selain memiliki sasaran pemutakhiran data, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyebut Rapat Koordinasi Bupati / Walikota se - Provinsi Riau juga menyasar tentang penyediaan databas
 
Rabu, 13 September 2017 | 08:17:21

Bupati Suparman Ikut Menyapu Serta Pangkas Pohon dan Main Olahraga

ROKANHULU - Sebagai bentuk upaya berikan motivasi kepada petugas kebersihan dan petugas taman, guna menciptakan kebersihan kota, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S.Sos, M.Si, langsung ikut menyapu dan mema
 
Selasa, 12 September 2017 | 14:54:46

Bupati Wardan Kukuhkan Forum Silahturrahmi Ulama / Umara Inhil

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengukuhkan Forum Ulama / Umara Kabupaten Inhil di Gedung Engku Kelana, Jalan Baharuddin Jusuf, Tembilahan, Minnggu (12/9/2017) malam.Pengukuhan
 
Selasa, 12 September 2017 | 12:59:07

H. Rosman Malomo Sambut Kedatangan Jamaah Haji Asal Inhil di Batam

BATAM - Kelompok terbang (Kloter) 1 (satu) Jamaah Haji asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebanyak 172 orang bersama dengan jamaah Haji asal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang tergabung di kloter 4 (empat
 
Minggu, 10 September 2017 | 20:33:41

Business Meeting FKI 2017, HM Wardan Harapkan Kontribusi Konstruktif Pelaku Usaha

TEMBILAHAN - Pada Business Meeting yang digelar dalam semarak Festival Kelapa Internasional (FKI) Tahun 2017 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengharapkan kontribusi konst
 
Minggu, 10 September 2017 | 15:43:49

FKI 2017, Bupati Wardan Bersama Gubri Saksikan Gelar Seni Melayu Serumpun

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan bersama Gubernur Riau (Gubri), Arsyadjuliandi Rachman menyaksikan Gelar Seni Melayu Serumpun dalam rangkaian Festival Kelapa Internasional Tahun
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top