Rabu, 21 Desember 2016 | 16:23:16
Politik

Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengentaskan Kemiskinan Target Utama Berdirinya Kabupaten Kepulauan Meranti

Laporan: Roy Rudi

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
MERANTI - Kabupaten Kepulauan Meranti resmi berdiri pada 19 Desember 2008, berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2009. Memisahkan diri dari kabupaten induk, Bengkalis menjadi perjuangan masyarakat daerah berjuluk Tanah Jantan ini sejak 1957.

Tujuannya hanya satu, yakni meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan sesuai cita-cita pemekaran.

Tahun 2016 ini menjadi tahun kedelapan Kepulauan Meranti mengurus rumah tangganya sendiri. Berbagai upaya pembangunan terus dilakukan untuk mengejar berbagai ketertinggalan. Baik dari segi infrastruktur dasar, jalan, listrik dan air bersih, maupun sektor penting lainnya, seperti kesehatan dan pendidikan.

Perlahan namun pasti, seiring berjalannya waktu apa yang menjadi cita-cita bersama tersebut mulai terwujud meskipun belum maksimal dan masih terdapat kekurangan di sana-sini. Meski begitu, semua pihak menyadari untuk melaksanakan pembangunan tentunya tidak semudah membalikkan telapan tangan.

Apalagi kabupaten yang berada di pesisir Selatmalaka ini merupakan kawasan dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi Riau.

Berdasarkan catatan statistik, tahun awal pemekaran angka kemiskinan di Meranti mencapai 43 persen dengan angka penduduk lebih kurang 180 ribu jiwa. Dibawah kepemimpinan Irwan Nasir sebagai bupati angka itu perlahan dapat ditekan. Kini tercatat angka kemiskinan menurun menjadi 33,4 persen dnegan pertambahan populasi penduduk menjadi 230 ribu jiwa.

"Dulu dengan angka kemiskinan yang tinggi menjadikan Meranti ini sarang premanisme sehingga menyebabkan kondisi yang tidak kondusif. Namun kini kondisi itu sudah jauh berubah berkat perjuangan kita bersama," tutur Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, saat menjadi inspektur upacara Hari Jadi Kepulauan Meranti ke 8 Tahun 2016 di Halaman Kantor Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Senin (19/12).

Target meningkatkan elektrifkasi atau pasokan listrik ke pemukiman masyarakat di berbagai pelosok desa juga mengembirakan. Jika awal pemekaran tingkat elektrifikasi di Meranti hanya sekitar 32 persen kini telah naik menjadi 87 persen.

"Sejak pemekaran, Pemkab Meranti telah merekrut lebih kurang 5000 pegawai aparatur sipil negara dan juga honorer," jelas Irwan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan saat ini sedang ada tren baru di jajaran Pemkab Meranti. Dimana banyak pegawai negeri yang mengurus pindah tugas ke daerah lain dampak dari penurunan ekonomi daerah akibat rasionalisasi anggaran oleh pemerintah pusat. Kondisi itu sangat melukai hati masyarakat Kepulauan Meranti yang telah mempercayakan penyelenggaraan pemerintahan kepada para ASN yang lulus seleksi CPNS.

"Banyak orang luar yang jadi PNS di Meranti. Harus disadari bahwa anda sudah mengambil peluang kerja dari putra-putri tempatan yang notabene juga berkeinginan menjadi PNS. Jadi saya ingatkan, anda sudah berjanji untuk mengabdi dan tidak ada yang memaksa. Tolong pahami itu, tunjukkan kesetiaan dan loyalitas sebagaimana susahnya anda untuk menjadi pegawai di daerah ini," tukas bupati.

Di periode kedua ini, Irwan terus melanjutkan visi dan misi yang sudah menjadi kerangka kerja pemerintahannya. Dengan visi Menjadikan Kepulauan Meranti sebagai Kawasan Niaga yang Maju dan Unggul Menuju Masyarakat Madani. Untuk mewujudkan itu pula telah ditetapkan misi untuk 2016-2021, yakni Meningkatkan mental dan spritual masyarakat menuju masyarakat beraklakul kharimah, Meningkatkan infrastruktur dasar dalam rangka merangkai pulau, membuka isolasi daerah, termasuk revitalisasi air bersih dan peningkatan elektrifikasi. Kemudian meningkatkan kwalitas pendidikan sesuai kasanah dan kearifan lokal, meningkatkan kwalitas SDM dan produktifitas, meningkatkan hasil pertanian dan peternakan maayarakat, mendorong investasi dan kemudahan usaha. Misi selanjutnta mendorong upaya pembangunan berbasis lingkungan, birokrasi yang bersih bebas KKN serta mengembangkan kebudayaan sanggar dan olahraga berbasis kearifan lokal dan kasanah Melayu.

Salah seorang tokoh pemekaran Meranti yang menjabat Plt Gubernur Riau pada tahun 2008, Wan Abu Bakar, mengkritik beberapa hal yang harus menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah kabupaten dalam menjaga cita-cita awal pemekaran. Diantaranya pembangunan yang masih kurang merata dan terkesan fokus di ibukota Selatpanjang saja.

"Memang kita sudah menuju ke arah yang benar seperti yang dicita-citakan pada awal pemekaran. Namun perlu juga diingatkan agar pemerintah daerah harus tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar sehingga membuka wilayah pemukiman baru karena saat ini penduduk menumpuk di wilayah perkotaan.
Perbaikan infrastrukut pasti akan otomatis meningkatkan perkonomian dan taraf hidup masyarakat," kata anak watan Kepulauan Meranti itu.

Harapan yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat Meranti lainnya, Tarmizi Tohor. Direktur Pemberdayaan Zakat di Kementerian Agama ini mengaku dibanding awal pemekaran dengan kondisi sekarang sudah banyak terjadi perubahan meskipun belum maksimal. Untuk itu dia berharap Pemkab Kepulauan Meranti terus meningkatkan kordinsi dengan berbagai pihak serta memprioritaskan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan juga pembangunan yang menyentuh langsung masyarakat.

"Kita pahami membangun itu harus bertahap, tidak bisa bimsalabim. Yang harus dipegang, cita-cita awal mengentaskan kemuskinan. Dan kita (Meranti) sudah mulai ke arah sana," jelas mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau itu.

Memperingati hari jadi kedelapan tahun 2016 ini, Pemkab Meranti menyelenggarakan berbagai kegiatan dan perlombaan bagi masyarakat. Diantaranya, jalan santai berhadiah, lomba pidato dan memasak, becak hias, tabligh akbar hingga kenduri sekampung. Apel peringatan hari jadi juga dilanjutkan dengan Rapat Paripurna di Balai Sidang DPRD Kepulauan Meranti.

Sejumlah tamu undangan dan para tokoh juga terlihat hadir dalam peringatan hari bersejarah Kepulauan Metanti itu. Diantaranya, tokoh pemekaran Meranti, Sofyan Hamzah dan Jahlela Waty. Ketua DPRD Meranti, Fauzi Hasan, Wakil Bupati Said Hasyim, Kapolres AKBP Barliansyah, Sekda Yulian Norwis serta pimpinan instansi lainnya dan juga ratusan peserta upacara. (roy/adv/hms)

 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Senin, 27 Maret 2017 | 09:48:36

Komisi II DPRD Pelalawan Minta PT MAS Prioritaskan Naker Lokal

PELALAWAN - Komisi II DPRD Pelalawan meminta kepada perusahaan Pabrik Kelapa Sawit PT Mitra Andalan Sawit (MAS) yang beroperasi di desa Dusun Tua, Kecamatan Pangkalan Lesung, untuk memprioritaskan tenaga
Senin, 27 Maret 2017 | 09:37:56

Hilangkan Komedo di Wajah dengan Ramuan Kayu Manis

KOMEDO merupakan masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang, khususnya para wanita. Kehadiran komedo pun bisa mengurangi kepercayaan diri dan nilai penampilan.Namun, komedo bisa diatasi dengan menggunakan
Senin, 27 Maret 2017 | 09:36:28

Sakit Gigi Mendadak? Segera Cari Lemon Saja!

ADUH, sakit gigi yang datang mendadak pasti enggak enak banget, terutama di kantor. Jadi enggak bisa konsentrasi dan fokus, akhirnya pekerjaan terbengkalai.Karena itu, Anda butuh solusi yang cepat untuk meredak
Senin, 27 Maret 2017 | 09:31:38

RESEP NENEK: Jajal Bikin Konro Bakar Khas Makassar, Ini Resepnya

MASAKAN khas Makassar yang paling sering kita dengar adalah coto. Namun ternyata, masih banyak kuliner-kuliner lezat lainnya yang mungkin belum pernah Anda cicipi sebelumnya, seperti konro bakar.Jika belum ada
 
Berita Lainnya
Minggu, 26 Maret 2017 | 14:27:02

Zulaikha Wardan Ikuti Rapimnas Muslimat NU Tahun 2017

JABAR - Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Indragiri Hilir-Riau Hj.Zulaikhah Wardan mengikuti  Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang di rangkai dengan Pelantikan Pengurus
 
Sabtu, 25 Maret 2017 | 15:26:35

Bupati Wardan : DMIJ Anggaran Terbatas Hasilnya Berkualitas, Ini Sebabnya

TEMBILAHAN-Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meresmikan pelaksanaan Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dan infrastruktur Ibu Kota Kecamatan (IKK) Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) serta
 
Sabtu, 25 Maret 2017 | 14:34:00

Guna Memelihara Silaturahmi, Wawako Turun Gunung

DUMAI - Dalam rangka membina dan menjaga keharmonisan hubungan silaturahim Pemerintah Kota Dumai bersama masyarakat, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, SE bersama Camat Sungai Sembilan Zulkarnaen berkunjun
 
Jumat, 24 Maret 2017 | 15:51:28

Dewan Rohil : Nasib Honorer Tunggu Data BKD

BAGANSIAPIAPI-Nasib honorer pemkab Rohil saat ini masih menunggu data jumlah yang pasti dari pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Demikian hal itu disampaikan oleh Anggota DPRD Rohil, Habib Nur.Pihaknya
 
Jumat, 24 Maret 2017 | 13:55:33

Dihantam Guyuran Hujan yang Lebat Bupati Wardan Hadiri Syukuran dan Istghasah di Teluk Pinang

TEMBILAHAN - Meskipun di bawah guyuran hujan yang cukup lebat, namun tidak menyurutkan niat Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan beserta rombongan untuk datang dan menghadiri syukuran jalan dan istigh
 
Kamis, 23 Maret 2017 | 14:45:27

DPRD Rohil : Kenaikan Biaya Berobat Harus Dilihat dari Kondisi Ekonomi Masyarakat

BAGANSIAPIAPI-Anggota Komisi D bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Rohil Maston mengatakan, rencana menaikkan biaya berobat harus melihat kondisi ekonomi masyarakat. Apalagi, terang Ma
 
Kamis, 23 Maret 2017 | 13:45:23

Bupati Launching PLN 24 Jam di Kecamatan Batang Tuaka

BATANGTUAKA - Bupati Inhil H Muhammad Wardan melakukan Launching PLN 24 Jam di Kecamatan Batang Tuaka, Kamis (23/3/17). Juga peresmian Jalan IKK dan penyerahan bantuan mesin pompa air terapung dari BPBD I
 
Rabu, 22 Maret 2017 | 20:14:59

Mediasi Dipimpin Plt Bupati dan Ketua DPRD Rohul PT PEU Izinkan Lahannya untuk 17 Tapak Tower PLN

ROKANHULU - Untuk tempat pembangunan sebanyak 17 titik tapak tower PLN yang akan dibangun di areal HGU PT. Padasa Enam Utama sudah mendapatkan kesepakatan bersama antara PT. Padasa Enam Utama dengan PT PLN.Kese
 
Rabu, 22 Maret 2017 | 15:12:21

Soal DMIJ, Bupati Wardan Mengaku Pernah Dipanggil Oleh Pandam, Wah Ada Apa Ya?

TEMPULING - Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, didampingi Bunda Paud, Hj Zulaikha, Rabu (22/3/2017), meresmikan Pos Terpadu, Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tempuling.Selain peresmian Pos Terpadu, HM Warda
 
Rabu, 22 Maret 2017 | 11:37:38

Kota Dumai terima Anugerah Pangripta Nusantara ke-1

DUMAI - Dalam memantapkan pembangunan Infrastruktur, iklim investasi dan pariwisata Pemprov Riau mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau Tahun 2017. Pada Selasa (21/3/17)
 
Selasa, 21 Maret 2017 | 16:53:02

Pemkab Inhil Terima Anugrah Pangripta Nusantara Pada Musrembang Provinsi Tahun 2017

TEMBILAHAN - Cara berfikir Aparatur Sipil Negara (ASN) harus di rubah dengan Revolusi mental, demikian di katakan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI Dr.Asman Abnur, SE. M.Si, saat me
 
Senin, 20 Maret 2017 | 20:06:47

Sekda Inhil, Bencana Adalah Urusan Semua Pihak

TEMBILAHAN - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Indragiri Hilir (Inhil) Said Syarifuddin memimpin Apel Akbar dan Gladi Penanggulangan bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Senin (20/03/ 17).Bertempa
 
Senin, 20 Maret 2017 | 15:59:22

Dewan Rohil ini Sebut, Anggaran Perbaikan 8 Km Jalan Sidorejo Sudah Diajukan

SEKELADIHILIR-Terkait dikeluhkannya kondisi jalan di dusun Sidorejo Kepenghuluan Sekeladi Hilir, Kecamatan Tanah Putih serta belum masuknya arus PLN. Anggota DPRD Rohil Dapil 3 Afrizal alias Epi Sintong m
 
Senin, 20 Maret 2017 | 14:06:40

Upacara HKN, Plt Bupati Rohul Minta Seluruh Peserta Nyanyikan Lagu Indonesia Pusaka

ROKANHULU - Peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang terus dilaksanakan setiap bulan diseluruh Indonesia, khususnya di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati setempat
 
Sabtu, 18 Maret 2017 | 15:55:00

Bupati Wardan : Berita Hoax Berpotensi Besar Menimbulkan Kegaduhan

TEMBILAHAN - Pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) masa bhakti 2016 - 2019 dihadiri Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan, Jumat (17/3/2017) sore.Kehadiran
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top