Rabu, 21 Desember 2016 | 16:23:16
Politik

Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengentaskan Kemiskinan Target Utama Berdirinya Kabupaten Kepulauan Meranti

Laporan: Roy Rudi

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
MERANTI - Kabupaten Kepulauan Meranti resmi berdiri pada 19 Desember 2008, berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2009. Memisahkan diri dari kabupaten induk, Bengkalis menjadi perjuangan masyarakat daerah berjuluk Tanah Jantan ini sejak 1957.

Tujuannya hanya satu, yakni meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan sesuai cita-cita pemekaran.

Tahun 2016 ini menjadi tahun kedelapan Kepulauan Meranti mengurus rumah tangganya sendiri. Berbagai upaya pembangunan terus dilakukan untuk mengejar berbagai ketertinggalan. Baik dari segi infrastruktur dasar, jalan, listrik dan air bersih, maupun sektor penting lainnya, seperti kesehatan dan pendidikan.

Perlahan namun pasti, seiring berjalannya waktu apa yang menjadi cita-cita bersama tersebut mulai terwujud meskipun belum maksimal dan masih terdapat kekurangan di sana-sini. Meski begitu, semua pihak menyadari untuk melaksanakan pembangunan tentunya tidak semudah membalikkan telapan tangan.

Apalagi kabupaten yang berada di pesisir Selatmalaka ini merupakan kawasan dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi Riau.

Berdasarkan catatan statistik, tahun awal pemekaran angka kemiskinan di Meranti mencapai 43 persen dengan angka penduduk lebih kurang 180 ribu jiwa. Dibawah kepemimpinan Irwan Nasir sebagai bupati angka itu perlahan dapat ditekan. Kini tercatat angka kemiskinan menurun menjadi 33,4 persen dnegan pertambahan populasi penduduk menjadi 230 ribu jiwa.

"Dulu dengan angka kemiskinan yang tinggi menjadikan Meranti ini sarang premanisme sehingga menyebabkan kondisi yang tidak kondusif. Namun kini kondisi itu sudah jauh berubah berkat perjuangan kita bersama," tutur Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, saat menjadi inspektur upacara Hari Jadi Kepulauan Meranti ke 8 Tahun 2016 di Halaman Kantor Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Senin (19/12).

Target meningkatkan elektrifkasi atau pasokan listrik ke pemukiman masyarakat di berbagai pelosok desa juga mengembirakan. Jika awal pemekaran tingkat elektrifikasi di Meranti hanya sekitar 32 persen kini telah naik menjadi 87 persen.

"Sejak pemekaran, Pemkab Meranti telah merekrut lebih kurang 5000 pegawai aparatur sipil negara dan juga honorer," jelas Irwan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan saat ini sedang ada tren baru di jajaran Pemkab Meranti. Dimana banyak pegawai negeri yang mengurus pindah tugas ke daerah lain dampak dari penurunan ekonomi daerah akibat rasionalisasi anggaran oleh pemerintah pusat. Kondisi itu sangat melukai hati masyarakat Kepulauan Meranti yang telah mempercayakan penyelenggaraan pemerintahan kepada para ASN yang lulus seleksi CPNS.

"Banyak orang luar yang jadi PNS di Meranti. Harus disadari bahwa anda sudah mengambil peluang kerja dari putra-putri tempatan yang notabene juga berkeinginan menjadi PNS. Jadi saya ingatkan, anda sudah berjanji untuk mengabdi dan tidak ada yang memaksa. Tolong pahami itu, tunjukkan kesetiaan dan loyalitas sebagaimana susahnya anda untuk menjadi pegawai di daerah ini," tukas bupati.

Di periode kedua ini, Irwan terus melanjutkan visi dan misi yang sudah menjadi kerangka kerja pemerintahannya. Dengan visi Menjadikan Kepulauan Meranti sebagai Kawasan Niaga yang Maju dan Unggul Menuju Masyarakat Madani. Untuk mewujudkan itu pula telah ditetapkan misi untuk 2016-2021, yakni Meningkatkan mental dan spritual masyarakat menuju masyarakat beraklakul kharimah, Meningkatkan infrastruktur dasar dalam rangka merangkai pulau, membuka isolasi daerah, termasuk revitalisasi air bersih dan peningkatan elektrifikasi. Kemudian meningkatkan kwalitas pendidikan sesuai kasanah dan kearifan lokal, meningkatkan kwalitas SDM dan produktifitas, meningkatkan hasil pertanian dan peternakan maayarakat, mendorong investasi dan kemudahan usaha. Misi selanjutnta mendorong upaya pembangunan berbasis lingkungan, birokrasi yang bersih bebas KKN serta mengembangkan kebudayaan sanggar dan olahraga berbasis kearifan lokal dan kasanah Melayu.

Salah seorang tokoh pemekaran Meranti yang menjabat Plt Gubernur Riau pada tahun 2008, Wan Abu Bakar, mengkritik beberapa hal yang harus menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah kabupaten dalam menjaga cita-cita awal pemekaran. Diantaranya pembangunan yang masih kurang merata dan terkesan fokus di ibukota Selatpanjang saja.

"Memang kita sudah menuju ke arah yang benar seperti yang dicita-citakan pada awal pemekaran. Namun perlu juga diingatkan agar pemerintah daerah harus tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar sehingga membuka wilayah pemukiman baru karena saat ini penduduk menumpuk di wilayah perkotaan.
Perbaikan infrastrukut pasti akan otomatis meningkatkan perkonomian dan taraf hidup masyarakat," kata anak watan Kepulauan Meranti itu.

Harapan yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat Meranti lainnya, Tarmizi Tohor. Direktur Pemberdayaan Zakat di Kementerian Agama ini mengaku dibanding awal pemekaran dengan kondisi sekarang sudah banyak terjadi perubahan meskipun belum maksimal. Untuk itu dia berharap Pemkab Kepulauan Meranti terus meningkatkan kordinsi dengan berbagai pihak serta memprioritaskan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan juga pembangunan yang menyentuh langsung masyarakat.

"Kita pahami membangun itu harus bertahap, tidak bisa bimsalabim. Yang harus dipegang, cita-cita awal mengentaskan kemuskinan. Dan kita (Meranti) sudah mulai ke arah sana," jelas mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau itu.

Memperingati hari jadi kedelapan tahun 2016 ini, Pemkab Meranti menyelenggarakan berbagai kegiatan dan perlombaan bagi masyarakat. Diantaranya, jalan santai berhadiah, lomba pidato dan memasak, becak hias, tabligh akbar hingga kenduri sekampung. Apel peringatan hari jadi juga dilanjutkan dengan Rapat Paripurna di Balai Sidang DPRD Kepulauan Meranti.

Sejumlah tamu undangan dan para tokoh juga terlihat hadir dalam peringatan hari bersejarah Kepulauan Metanti itu. Diantaranya, tokoh pemekaran Meranti, Sofyan Hamzah dan Jahlela Waty. Ketua DPRD Meranti, Fauzi Hasan, Wakil Bupati Said Hasyim, Kapolres AKBP Barliansyah, Sekda Yulian Norwis serta pimpinan instansi lainnya dan juga ratusan peserta upacara. (roy/adv/hms)

 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Selasa, 24 Januari 2017 | 09:51:49

Dua PSK di Jakarta Undercover: Tiara Eve dan Nikita Mirzani

Jakarta-Film Jakarta Undercover menampilkan kehidupan malam kota Jakarta yang tak banyak diketahui oleh publik. Salah satunya adalah prostitusi kelas atas. Tiara Eve dan Nikita Mirzani didapuk menjadi PSK di fi
Selasa, 24 Januari 2017 | 09:39:05

Usia Jelang 30 Tahun, Lakukan Perawatan Kulit Rutin Ini

30 is the new 20, namun bukan berarti saat sudah menginjak atau hampir memasuki usia the big 3 ini kita khususnya para wanita bisa acuh terhadap perawatan kulit wajah dan tubuh layaknya saat usia 20 dahulu.Deng
Selasa, 24 Januari 2017 | 09:29:29

Ingin Bibir Lebih Pink Secara Alami? Selain Pakai Madu, Coba Resep Lain Ini

TIDAK perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat bibir Anda lebih lembut dan pink. Berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan.Setiap wanita ingin bibirnya terlihat lembut, penuh, dan merona. Warna bibir Anda
Selasa, 24 Januari 2017 | 09:20:23

Marshanda Malas Bahas soal Ayahnya

TANGERANG-Marshanda membantah kabar yang menyebutkan dirinya tidak pernah menjenguk sang ayah, Irwan Yusuf di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Malang, Jawa Timur.Sebelumnya, pimpinan pesantren tersebut, KH Uk
 
Berita Lainnya
Senin, 23 Januari 2017 | 19:14:22

Lantik 22 Pejabat Administrator dan 37 pejabat Pengawas, Ini Pesan Bupati Wardan 

TEMBILAHAN - Bupati HM Wardan kembali mengukuhkan dan melantik 22 pejabat administrator dan 37 pejabat pengawas, Senin (23/01/17).Pejabat administrator yang dikukuhkan dan dilantik yakni dr Irianto, Direktur RS
 
Sabtu, 21 Januari 2017 | 23:32:28

Kukuhkan Forum Kades dan Relawan Kecamatan Gas, Bupati Wardan dapat Gelar Bapak Pembangunan yang Religi

GAUNG ANAK SERKA - Bertempat di Gedung Serbaguna kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka, Bupati Kabuoaten Indragiri hilir (Inhil) H Muhammad Wardan mengukuhkan Forum Kepala Desa dan Relawan GAS se K
 
Sabtu, 21 Januari 2017 | 16:47:20

Gantikan Ketua Sebelumnya, Engki Prima Putra Resmi Nahkodai PWI Rohul

ROKANHULU-Melalui rapat pleno PAW, yang ditandai dengan pengukuhan serta penyerahan bendera petaka PWI, Engki Prima Putra Resmi menjabat sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rokan Hulu
 
Sabtu, 21 Januari 2017 | 15:00:57

DPRD Bersama Pemkab Rohil Sudah Serahkan Database Guru Honor yang ada di Rohil

BAGANSIAPIAPI-Terkait diambil alihnya tanggungjawab untuk sekolah tingkat SMA sederajat oleh Propinsi Riau, Anggota DPRD bersama Pemkab Rohil sudah menyerahkan database Guru Honorer yang ada di Rohil ke P
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 16:28:07

Antisipasi Karhutla, Anggota DPRD Rohil Minta Pemkab Lakukan Langkah Antisipasi

BAGANSIAPIAPI-Anggota Komisi A DPRD Rohil Bakthiar meminta agar Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir segera laksanakan rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 15:08:27

DPRD Rohul, Imbau Perusahaan Jangan Asal Berhentikan Pekerja

ROKANHULU-Diharapkan setiap perusahaan yang beroperasi dikabupaten Rokan Hulu (Rohul) diwajibkan untuk mengusahakan dan mengupayakan secara maksimal agar bursa lowongan kerja (Loker) di perusahaannya dapat
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 14:40:18

DPRD Rohil Nilai Assessment Terlambat

BAGANSIAPIAPI-Ketua Komisi A DPRD Rokan Hilir Abu Khoiri menegaskan harus ada pelaksanaan tugas (Plt) untuk mengisi sembilan jabatan yang kosong."Apalagi beberapa jabatan yang kosong tersebut merupakan di
 
Jumat, 20 Januari 2017 | 14:04:07

Bupati Wardan Harapkan Magrib Mengaji Terus Diaktifkan

GAUNG ANAK SERKA-Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merupakan Kabupaten terluas dan memiliki jumlah penduduk yang besar di Provinsi Riau, maka dari itu untuk mengatasi dan membantu masyarakat Inhil yang ba
 
Kamis, 19 Januari 2017 | 21:38:20

Pimpin Rakoor TIPD, Sekda Bangga Tingkat Inflasi Inhil Terbaik di Provinsi Riau Pada Tahun 2016

TEMBILAHAN - Bertempat di ruang rapat lantai 5 Kantor Bupati, Sekda H.Said Syarifuddin memimpin rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), turut di hadiri Wakil Ketua DPRD, Kepala Perwakilan Bank
 
Kamis, 19 Januari 2017 | 10:19:25

Didampingi Plt Bupati Rohul, Gubri Resmikan Dua Jembatan di Rokan IV Koto

ROKANHULU-Jembatan Gantung Sungai Rokan penghubung Desa Ruang Koto  dan Kecamatan setempat dan Jembatan Sungai Sumpur penghubung Jalan Lintas Provinsi (Jalintasprov) antara Kabupaten Rokan Hulu Provins
 
Rabu, 18 Januari 2017 | 22:43:03

Hadiri Milad Ke-3 Pusdatin Puanri Cabang Inhil, Ini Harapan Bupati

TEMBILAHAN - Bupati HM Wardan mengharapkan Keberadaan kaum perempuan dapat terus berkiprah dalam mendukung dan menyukseskan berbagai program pembangunan daerah, guna mewujudkan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)
 
Selasa, 17 Januari 2017 | 20:51:00

Berhasil Kelola Dana Simpan Pinjam, Plt Bupati Rohul Apresiasi BUMDes Sumber Makmur Kota Baru

ROKANHULU - Berhasilan dalam mengembangkan dana Simpan Pinjam (SP) sejak tahun 2011 Rp2,85 miliar tahun 2011 hingga akhir tahun 2016 dana simpanan masyarakat yang dikelola berkembang menjadi Rp14,36 Miliar.&nbs
 
Selasa, 17 Januari 2017 | 20:41:41

Bupati HM Wardan Hadiri HAB Ke-71 dan Peresiman Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji

TEMBILAHAN -  Bertempat di jalan Bunga Tembilahan di laksanakan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-71 Kementrian Agama di rangkai dengan peresmian Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Tembilahan
 
Selasa, 17 Januari 2017 | 14:23:11

Peoyek Mandek, Dewan Minta Pemkab Rohil Cairkan Anggaran

SINTONG-Anggota DPRD Rohil meminta pemkab Rohil untuk mencairkan anggaran proyek pembangunan jalan jalur dua pada jalan Putri Hijau di Kepenghuluan Sintong, Kecamatan Tanah Putih yang saat ini terhenti ak
 
Selasa, 17 Januari 2017 | 10:54:25

Dewan Rohil Minta Pejabat yang Baru Dilantik Bekerja dengan Baik

PUJUD-Pasca pelantikan pejabat eselon II dan III, Anggota DPRD Rohil meminta kepada pejabat yang dilantik untuk dapat bekerja dengan baik sesuai tugas serta fungsinya sebagai pejabat yang diberi amanah untu
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top