Rabu, 21 Desember 2016 | 16:23:16
Politik

Meningkatkan Kesejahteraan dan Mengentaskan Kemiskinan Target Utama Berdirinya Kabupaten Kepulauan Meranti

Laporan: Roy Rudi

Sebarkan:
Humas Pemkab Kepulauan Meranti
MERANTI - Kabupaten Kepulauan Meranti resmi berdiri pada 19 Desember 2008, berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2009. Memisahkan diri dari kabupaten induk, Bengkalis menjadi perjuangan masyarakat daerah berjuluk Tanah Jantan ini sejak 1957.

Tujuannya hanya satu, yakni meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan sesuai cita-cita pemekaran.

Tahun 2016 ini menjadi tahun kedelapan Kepulauan Meranti mengurus rumah tangganya sendiri. Berbagai upaya pembangunan terus dilakukan untuk mengejar berbagai ketertinggalan. Baik dari segi infrastruktur dasar, jalan, listrik dan air bersih, maupun sektor penting lainnya, seperti kesehatan dan pendidikan.

Perlahan namun pasti, seiring berjalannya waktu apa yang menjadi cita-cita bersama tersebut mulai terwujud meskipun belum maksimal dan masih terdapat kekurangan di sana-sini. Meski begitu, semua pihak menyadari untuk melaksanakan pembangunan tentunya tidak semudah membalikkan telapan tangan.

Apalagi kabupaten yang berada di pesisir Selatmalaka ini merupakan kawasan dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Provinsi Riau.

Berdasarkan catatan statistik, tahun awal pemekaran angka kemiskinan di Meranti mencapai 43 persen dengan angka penduduk lebih kurang 180 ribu jiwa. Dibawah kepemimpinan Irwan Nasir sebagai bupati angka itu perlahan dapat ditekan. Kini tercatat angka kemiskinan menurun menjadi 33,4 persen dnegan pertambahan populasi penduduk menjadi 230 ribu jiwa.

"Dulu dengan angka kemiskinan yang tinggi menjadikan Meranti ini sarang premanisme sehingga menyebabkan kondisi yang tidak kondusif. Namun kini kondisi itu sudah jauh berubah berkat perjuangan kita bersama," tutur Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, saat menjadi inspektur upacara Hari Jadi Kepulauan Meranti ke 8 Tahun 2016 di Halaman Kantor Bupati, Jalan Dorak, Selatpanjang, Senin (19/12).

Target meningkatkan elektrifkasi atau pasokan listrik ke pemukiman masyarakat di berbagai pelosok desa juga mengembirakan. Jika awal pemekaran tingkat elektrifikasi di Meranti hanya sekitar 32 persen kini telah naik menjadi 87 persen.

"Sejak pemekaran, Pemkab Meranti telah merekrut lebih kurang 5000 pegawai aparatur sipil negara dan juga honorer," jelas Irwan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan saat ini sedang ada tren baru di jajaran Pemkab Meranti. Dimana banyak pegawai negeri yang mengurus pindah tugas ke daerah lain dampak dari penurunan ekonomi daerah akibat rasionalisasi anggaran oleh pemerintah pusat. Kondisi itu sangat melukai hati masyarakat Kepulauan Meranti yang telah mempercayakan penyelenggaraan pemerintahan kepada para ASN yang lulus seleksi CPNS.

"Banyak orang luar yang jadi PNS di Meranti. Harus disadari bahwa anda sudah mengambil peluang kerja dari putra-putri tempatan yang notabene juga berkeinginan menjadi PNS. Jadi saya ingatkan, anda sudah berjanji untuk mengabdi dan tidak ada yang memaksa. Tolong pahami itu, tunjukkan kesetiaan dan loyalitas sebagaimana susahnya anda untuk menjadi pegawai di daerah ini," tukas bupati.

Di periode kedua ini, Irwan terus melanjutkan visi dan misi yang sudah menjadi kerangka kerja pemerintahannya. Dengan visi Menjadikan Kepulauan Meranti sebagai Kawasan Niaga yang Maju dan Unggul Menuju Masyarakat Madani. Untuk mewujudkan itu pula telah ditetapkan misi untuk 2016-2021, yakni Meningkatkan mental dan spritual masyarakat menuju masyarakat beraklakul kharimah, Meningkatkan infrastruktur dasar dalam rangka merangkai pulau, membuka isolasi daerah, termasuk revitalisasi air bersih dan peningkatan elektrifikasi. Kemudian meningkatkan kwalitas pendidikan sesuai kasanah dan kearifan lokal, meningkatkan kwalitas SDM dan produktifitas, meningkatkan hasil pertanian dan peternakan maayarakat, mendorong investasi dan kemudahan usaha. Misi selanjutnta mendorong upaya pembangunan berbasis lingkungan, birokrasi yang bersih bebas KKN serta mengembangkan kebudayaan sanggar dan olahraga berbasis kearifan lokal dan kasanah Melayu.

Salah seorang tokoh pemekaran Meranti yang menjabat Plt Gubernur Riau pada tahun 2008, Wan Abu Bakar, mengkritik beberapa hal yang harus menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah kabupaten dalam menjaga cita-cita awal pemekaran. Diantaranya pembangunan yang masih kurang merata dan terkesan fokus di ibukota Selatpanjang saja.

"Memang kita sudah menuju ke arah yang benar seperti yang dicita-citakan pada awal pemekaran. Namun perlu juga diingatkan agar pemerintah daerah harus tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur dasar sehingga membuka wilayah pemukiman baru karena saat ini penduduk menumpuk di wilayah perkotaan.
Perbaikan infrastrukut pasti akan otomatis meningkatkan perkonomian dan taraf hidup masyarakat," kata anak watan Kepulauan Meranti itu.

Harapan yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat Meranti lainnya, Tarmizi Tohor. Direktur Pemberdayaan Zakat di Kementerian Agama ini mengaku dibanding awal pemekaran dengan kondisi sekarang sudah banyak terjadi perubahan meskipun belum maksimal. Untuk itu dia berharap Pemkab Kepulauan Meranti terus meningkatkan kordinsi dengan berbagai pihak serta memprioritaskan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan juga pembangunan yang menyentuh langsung masyarakat.

"Kita pahami membangun itu harus bertahap, tidak bisa bimsalabim. Yang harus dipegang, cita-cita awal mengentaskan kemuskinan. Dan kita (Meranti) sudah mulai ke arah sana," jelas mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau itu.

Memperingati hari jadi kedelapan tahun 2016 ini, Pemkab Meranti menyelenggarakan berbagai kegiatan dan perlombaan bagi masyarakat. Diantaranya, jalan santai berhadiah, lomba pidato dan memasak, becak hias, tabligh akbar hingga kenduri sekampung. Apel peringatan hari jadi juga dilanjutkan dengan Rapat Paripurna di Balai Sidang DPRD Kepulauan Meranti.

Sejumlah tamu undangan dan para tokoh juga terlihat hadir dalam peringatan hari bersejarah Kepulauan Metanti itu. Diantaranya, tokoh pemekaran Meranti, Sofyan Hamzah dan Jahlela Waty. Ketua DPRD Meranti, Fauzi Hasan, Wakil Bupati Said Hasyim, Kapolres AKBP Barliansyah, Sekda Yulian Norwis serta pimpinan instansi lainnya dan juga ratusan peserta upacara. (roy/adv/hms)

 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Rabu, 26 April 2017 | 21:28:26

Selesai Muscab, Kepengurusan BPC Gapensi Inhil Resmi Dilantik

TEMBILAHAN - Usai menggelar Musyawarah cabang (Muscab) ke VIII Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pengukuhan kepen
Rabu, 26 April 2017 | 19:51:25

PT Arara Abadi Didesak Realisasikan Normalisasi Sungai Merawang

PANGKALANKERINCI- Menindaklanjuti  tuntutan masyarakat setempat beberapa waktu, warga kembali  mendesak PT Arara Abadi didesak melakukan normalisasi sungai Merawang di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk
Rabu, 26 April 2017 | 19:47:09

Panglima TNI : Aparat Penegak Hukum TNI Perang Terhadap Korupsi

JAKARTA-Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memerintahkan aparat penegak hukum, untuk bergerak melaksanakan perang terhadap korupsi di lingkungan TNI. Hal ini sangat penting karena diduga masih terjadi ko
Rabu, 26 April 2017 | 19:42:23

Tak Dihadiri PT Safari Riau, Mediasi Warga Tidak Buahkan Hasil

PANGKALANKERINCI- Mediasi yang diprakarsai Pemda Pelalawan melibatkan instansi terkait, Rabu (26/4/17) di ruangan asisten I Pemkab Pelalawan justru tidak dihadiri pihak manajemen PT Safari Riau, bahkan ti
 
Berita Lainnya
Selasa, 25 April 2017 | 21:03:18

Harapan Wardan, Bupati Cup Melahirkan Atlet untuk Porprov

ENOK - Besar harapan Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan, turnamen bola kaki Bupati Cup melahirkan pemain yang berbakat yang nantinya bisa membawa nama negeri hamparan kelapa dunia ini menjadi yang terbai
 
Selasa, 25 April 2017 | 20:51:53

Peringatan Israk Mikraj Desa Sialang Rindang, Staf Ahli Bupati Rohul Ajak Masyarakat Tingkatkan Iman

ROKANHULU - Ratusan masyarakat Desa Sialang Rindang Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau hadiri pelaksanaan Peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad Saw.1438 H /2017 M dengan tema  "m
 
Senin, 24 April 2017 | 20:00:26

Wabup Inhil : Program Tanpa Dukungan Masyarakat Akan Tinggal Konsep

TEMBILAHAN - Program tanpa dukungan masyarakat akan tinggal konsep, demikian disampaikan Wakil Bupati H.Rosman Malomo saat menghadiri peringatan Israk Mikraj 1438 H di Mesjid Baiturrahman Desa Teluk Jira, Anggo
 
Sabtu, 22 April 2017 | 14:03:40

Plt Bupati Rohul : Prioritaskan Anggaran Untuk Mewujudkan Wisata Sehat

ROKANHULU - Untuk mewujudkan wisata sehat, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul), Sukiman meminta kepada dinas terkait agar memprioritaskan penggunaan anggaran untuk memajukan wisata yang ada di
 
Sabtu, 22 April 2017 | 13:58:50

Dewan Ini Prihatin, Tiga Kali Hearing, Data Pegawai Honor di Rohil Masih Belum Valid

BAGANSIAPIAPI-Hingga tiga kali menggelar heraing, namun data pegawai honor di lingkup Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir tidak juga valid. Hal ini membuat anggota DPRD Rohil HM Bachid Madjid sangat prihat
 
Jumat, 21 April 2017 | 11:33:00

Bupati Bumi Hamparan Kelapa Dunia : Keberadaan Mushalla Penting Bagi Kemajuan Daerah

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyebut, keberadaan Mushalla sangat penting dalam memajukan daerah, terutama daerah Kabupaten Inhil.Pernyataan tersebut disampaikan Bupati
 
Jumat, 21 April 2017 | 09:54:17

Bupati Wardan : Pemkab Tidak Akan Terbitkan Izin Baru untuk Perkebunan Kelapa Sawit

TEMBILAHAN - Merespons pernyataan tentang adanya pendirian Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit (PPKS) baru, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menegaskan, tidak pernah menerbitkan konsesi
 
Jumat, 21 April 2017 | 09:27:31

O2SN dan FLS2N Dilaksanakan, Plt Bupati Sukiman : Utamakan Sikap Berjuang Pantang Menyerah

ROKANHULU - Plt Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman Kamis, (20//4/2017) resmi membuka pelaksanaan  Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Seni Siswa Nsional (FLS2N) yang diikuti utusan
 
Kamis, 20 April 2017 | 16:46:40

Dewan Pendidikan Rohul Dilantik, Plt Bupati Rohul Harapkan Pendidikan Lebih Maju Lagi

ROKANHULU -  Plt Bupati Rohul H Sukiman secara resmi melantik  11 Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau priode 2017-2021 Kamis, (20/4/2017) setelah ditetapkan belu
 
Rabu, 19 April 2017 | 23:28:57

Plt.Bupati Sukiman Ziarah di Makam Boru Namora Suri Andung Jati Huta Haiti, Ini Perintahnya

ROKANHULU - Plt. Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman melaksanakan kunjungan kerja (Kunker)  sekaligus menghadiri jamuan makan masyarakat Napitu Huta pada acara Mandai Ulutaon Bagas Rarangan Boru Namora Sur
 
Rabu, 19 April 2017 | 21:04:03

Bupati Inhil Terus Berupaya Makmurkan Mesjid dan Semarakkan Syiar Islam

TEMBILAHAN-Melalui pelaksanaan program Shalat Subuh Berjamaah dan Maghrib Mengaji, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil terus berupaya memakmurkan me
 
Selasa, 18 April 2017 | 15:07:45

Bupati Wardan Soroti Persoalan Sarana Perhubungan Darat di Bumi Hamparan Kelapa Dunia

TEMBILAHAN - Saat ini, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyoroti persoalan perhubungan darat dan lalu lintas darat yang terdapat di beberapa titik di Kabupaten Inhil.Hal ini diungkap
 
Selasa, 18 April 2017 | 09:49:46

HKN April 2017, Pemkab Rohul Serahkan 631 SK Kenaikan Pangkat Kepada ASN

ROKANHULU - Melalui upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) sebanyak 631 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di berbagai Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ro
 
Senin, 17 April 2017 | 20:38:11

Pimpin Upacara HKN, Ini Penegasan Bupati Wardan Terhadap Satpol PP

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memimpin upacara bendera Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang disejalankan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Ke - 98, HUT Po
 
Sabtu, 15 April 2017 | 16:23:58

Bupati Wardan Buka O2SN dan FLS2N SD, SMP Tahun 2017

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan buka kegiatan Oliampiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Nasional (FLS2N) tingkat SD dan SMP Tahun 2017 di lapangan
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top