Sabtu, 8 September 2018 | 21:15:48

Kepulauan Meranti Raih Baznas Award 2018, Dari Pusat

Laporan : Roy Rudi

Sebarkan:
Istimewa

MERANTI - Tiga Kepala Daerah Tingkat Kabupaten Se-Indonesia Raih Baznas Award Tahun 2018, salah satunya Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, penyerahan Baznas Award Kategori Kepala Daerah atas dukungan yang besar terhadap kebangkitan Zakat didaerahnya itu, diserahkan langsung oleh Plt. Sekretaris Jendral Kementrian Agama RI H. Muhammad Nur Kholis Setiawan didampingi Ketua Baznas Pusat Prof. KH. Bambang Sudibyo kepada Bupati Meranti, bertempat di Aula HM. Rasjidi, Kemenag RI, Thamrin Jakarta Pusat, Jumat malam (7/8/2018).

Hadir dalam acara itu Ketua Baznas Nasional Prof. KH Bambang Sudibyo, Plt. Sekretaris Jenderal Kementrian Agama H. Muhammad Nur Kholis Setiawan, Sekjend Kementrian Pendidikan dan Budaya, Staf Ahli Hukum Politik Menpan-RB, Perwakilan Kementrian Sosial RI, Duta Besar Palestina, Sekjend Bimas Islam Drs. Tarmizi Tohor, Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si.

Turut mendampingi Bupati Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Meranti Drs. Bambang Supriyanto, Kepala Badan Kepegawaian Meranti Alizar S.Sos, Kabag Kesra Sekda Meranti Drs. Husni Gamal, Kabid Kepegawaian BKD Meranti Said Sholahudin.

Seperti diketahui, Bupati Meranti sangat berkomitmen dalam meningkatkan penerimaan Zakat di Meranti yang dikelola oleh Baznas, dukungan ini diwujudkan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu melalui aspek Regulasi dan pendanaan hibah APBD kepada Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti. Inilah yang menjadi indikator penilaian Baznas Pusat yang mengantarkan Bupati Irwan meraih Baznas Award 2018.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Badan BPKAD Meranti, Bambang Supriyanto, ia menyebutkan sejak tahun 2015 lalu Bupati Meranti secara konsisten memberikan dukungan pendanaan kepada Baznas lewat APBD sebesar 6.3 Miliar Rupiah. Bantuan diberikan dalam bentuk Hibah pengadaan 5 Unit Ambulance Laut (Speedboat) dan 1 Unit Ambulance Darat (Mobil Ambulance). 

Fasilitas itu dapat dimanfaatkan sebagai transportasi laut bagi masyarakat yang sakit menuju Pekanbaru dan Tanjung Balai Karimun. Selain untuk operasional transportasi laut, dana Zakat yang dihimpun Baznas Meranti juga didistribusikan untuk membantu masyarakat miskin dan pendidikan siswa berpestasi kurang mampu.

"Sejak Tahun 2015 hingga saat ini, Bupati secara konsisten dan tanpa henti memberikan dukungan pendanaan dari APBD kepada Baznas Meranti, melalui dana Hibah sebesar 6.3 Miliar Rupiah pertahun," jelas Bambang.

Dukungan tak selesai disitu, Bupati Meranti dikatakan Bambang, juga mendorong penerimaan Zakat melalui kebijakan Regulasi dengan menerbitkan Perda Zakat yang diperuntukan untuk masyarakat. Serta menerbitkan Peraturan Bupati tentang pemotongan Zakat penghasilan bagi seluruh aparatur Pemerintah Daerah.

"Jadi disamping pendanaan APBD dukungan penerimaan Zakat juga diatur Bupati kewat Regulasi dengan menerbitkan Perda dan Peraturan Bupati," jelas Bambang lagi.

Apa yang dilakukan oleh Bupati Meranti itu mendapat apresiasi Ketua Baznas Pusat Bambang Sudibyo, mantan pejabat Kementrian Keuangan RI itu menegaskan pemberian Baznas Award berdasarkan dari penilaian Baznas Pusat sesuai Indeks skala Nasional dan bersifat Independen.

"Selamat kepada Provinsi, Kabupaten/Kota penerima Baznas Award 2018 kategori Kepala Daerah Kabupaten Pendukung Kebangkitan Zakat," ujar Bambang Sudibyo.

Ia berharap dengan diberikannya Baznas Award 2018 ini dapat mendorong kebangkitan Zakat secara Nasional. Seperti diketahui saat ini dari data yang disampaikan Bambang, jumlah Zakat yang berhasil dihimpun Baznas Pusat Tahun 2017 lalu sebesar 6 Triliun Rupiah lebih, dan ditahun 2019 mendatang Baznas Pusat menargetkan penerimaan Zakat lebih besar lagi yakni  8 Triliun Rupiah. 

Untuk mengejar target penerimaan Zakat sebesar 8 Triliun menurut Bambang bukan perkara mudah, diwacanakan kedepan Zakat dapat dikelola seperti halnya pajak yang sifatnya wajib bagi seluruh umat Islam, seperti yang dilaksanakan dizaman Rasulullah.

Untuk itu ia berharap dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dalam mendorong pengumpulan zakat, pendistribusian Zakat hingga Pendayagunaannya sehingga kinerja kebangkitan Zakat dapat ditingkatkan.

Hal senada juga dikatakan oleh Plt. Sekjend Kementrian Agama HM. Nur Kholis Setiawan, menurutnya kebangkitan Zakat dapat dilakukan melalui dukungan regulasi oleh Pemerintah Daerah yang juga harus didukung oleh kesadaran masyarakat, dengan begitu barulah kinerja Zakat dapat ditingkatkan.

Pada kesempatan itu Nur Kholis juga mengingatkan, Baznas sebagai pengelola penerimaan Zakat dapat bekerja secara profesional dengan managemen yang baik, mulai dalam hal pengumpulan Zakat hingga Pendistribusian.

"Baznas sebagai ujung tombak pengelola penerimaan Zakat hendaknya dapat mendistribusikan Zakat kepada orang yang berhak tanpa pilih kasih, peka terhadap masalah kemiskinan dan memberikan solusi pada masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Nur Kholis, kewajiban Zakat bukan saja akan bermanfaat pada diri sendiri tapi lebih dari itu ada misi sosial disana, Ia meyakini kebangkitan Zakat yang fokus pada pendidikan, peningkatan ekonomi dan derajat kesehatan akan mendorong kemajuan bangsa dimana kesadaran umat Islam dalam menunaikan Zakat menjadi penentunya. 

Sekedar informasi, Baznas Award 2018 Ketegori Kepala Daerah Kabupaten selain diberikan kepada Bupati Meranti juga kepada Bupati Siak dan Bupati Enrekang.

Sementara untuk Kepala Daerah Tingkat Provinsi diserah kepada Provinsi Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Banten. Dan Tingkat Kota kepada Kota Bekasi dan Makasar.

Selain diserahkan kepada Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Baznas Award 2018 juga diserahkan pada Baznas dan Laznas terbaik Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota. Serta Spesial Award kepada pihak perusahaan dan Instansi mendukung kebangkitan Zakat, serta Ustadz yang mendukung kebangkitan Zakat melalui ceramah yang disampaikan, untuk Ustadz diberikan kepada Al-Ustadz Abdul Solat LC MA dari Riau. (Rls/Hum)

 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Senin, 10 Desember 2018 | 17:42:01

Syamsuar Sosialisasikan Program KUR Kepada Petani Sawit Kabupaten Siak

SIAK - Bupati Siak Syamsuar menyampaikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI, menyediakan dana sebesar Rp 5 triliun dana tersebut diperuntukan peremajaan (replanting) kebun kelapa sawit masyarakat
Senin, 10 Desember 2018 | 17:00:11

Siasat Belanja saat Harbolnas, agar Tidak Jadi Korban Perang Harga Toko Online

SAH saja jika berbelanja online saat Harbolnas apalagi harganya terbilang 'gila' daripada saat hari biasa atau di supermarket. Terlepas dari itu, kalangan muda hingga dewasa kegirangan akibat promo
Senin, 10 Desember 2018 | 16:56:59

Beri Kesempatan Ketiga, ITB Buka Jalur Seleksi Mandiri 2019

Bandung - Institut Teknologi Bandung untuk pertama kalinya akan melaksanakan seleksi mandiri (SM) di tahun 2019. Kesempatan ketiga ini diberikan untuk lulusan SMA sederajat berprestasi yang tida
Senin, 10 Desember 2018 | 16:54:15

Hobi Pelihara Ikan Hias, Bisa Tingkatkan Energi Positif dalam Rumah

HOBI memelihara ikan adalah salah satu kesenangan pribadi yang sering diasosiasikan dengan pengeluaran besar. Selain harga ikan peliharaan yang bisa berjuta-juta, masih ada juga aspek pemeliharaan yang ruti
 
Berita Lainnya
Senin, 10 Desember 2018 | 17:42:01

Syamsuar Sosialisasikan Program KUR Kepada Petani Sawit Kabupaten Siak

SIAK - Bupati Siak Syamsuar menyampaikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI, menyediakan dana sebesar Rp 5 triliun dana tersebut diperuntukan peremajaan (replanting) kebun kelapa sawit masyarakat
 
Senin, 10 Desember 2018 | 16:49:35

Masyarakat Kunto Darussalam Demo, Minta PT SJI Coy Kembalikan Lahan Mereka

ROKANHULU - Ribuan masyarakat adat suku Caniago Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) demo Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Sumber Jaya Indahnusa Coy (SJI) Kotalama,
 
Senin, 10 Desember 2018 | 11:17:05

Asmar : Akses Jalan Menuju Lubuk Miam Perlu Perhatian Serius

SIAK - Akses jalan menuju Dusun Lubuk Miam Kampung Kuala Gasib, Kecamatan Koto Gasib, Siak perlu perhatian yang serius. Hal Ini dikatakan Sekretaris komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten
 
Senin, 10 Desember 2018 | 11:12:38

Sekretaris Komisi 1 DPRD Siak Ini Mengaku Miris Melihat Kondisi SD 01 Lokal Jauh

SIAK - Sekretaris komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak H. Hasmar mengaku miris melihat kondisi Sekolah Dasar (SD) 01 lokal jauh yang ada di Kampung Kuala Gasib Dusun Lubuk Miam Ke
 
Jumat, 7 Desember 2018 | 18:17:17

Jaga Keutuhan dan Kedaulatan NKRI, Koramil 01/Bangko Gelar Doa Bersama

ROKANHILIR-Koramil 01/Bangko menggelar doa bersama di Masjid An Nur Kepenghuluan Sei Bakau Kecamatan Sinaboi. Jumat 7/12.Dalam kesempatan itu, jajaran Koramil 01/Bangko dipimpin oleh Wadanramil Lettu Inf Tayung
 
Jumat, 7 Desember 2018 | 16:43:34

Sedekah Jumat, Polsek Batu Hampar Bantu Keluarga Kakek Bakir

ROKANHILIR - Sedekah Jumat yang sudah menjadi agenda Bhakti Sosial rutin terus dilakukan oleh jajaran Polsek Batu Hampar, kali ini, Jumat 7/12 jajaran Polsek Batu Hampar memberikan bantuan kepada Kakek Baki
 
Rabu, 5 Desember 2018 | 15:41:45

Kontes Ternak Tingkat Kabupaten Siak Diikuti Kontestan dari 12 Kecamatan

SIAK - Untuk pertama kalinya, gelaran kontes ternak Kabupaten Siak 2018 diikuti sebanyak 46 kontestan dari 12 Kecamatan Se-Kabupaten Siak yang dilaksanakan di pasar hewan Seminai Jaya Kecamatan Kerinci Ka
 
Rabu, 5 Desember 2018 | 15:40:33

Syamsuar buka Seminar Tentang Penanganan Anak Berhadapan Dengan Hukum

SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Siak (DP3AP2KB), menggelar acara seminar sehari tentang Pena
 
Rabu, 5 Desember 2018 | 13:59:37

Awaludin Siregar Nakhodai IPK DPD II Rokan Hulu

ROKANHULU - Melalui musyawarah Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II  dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Selasa, (4/12/2018) Awaludin Siregar terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Defenitif IPK DPD II R
 
Selasa, 4 Desember 2018 | 19:38:02

PT. ETP Gelar Workshop Terrhadap Bendahara Desa Dan BUMdes Se Rohil

UJUNGTANJUNG-Untuk menjamin tata kelola Keuangan dan perpajakan Desa yang baik dan akuntabel , PT. Elang Tunggal Perkasa ( PT. ETP) salah satu Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Akuntan Pajak bersama Dinas
 
Selasa, 4 Desember 2018 | 13:35:06

Memperingati Hari Armada 2018, Lanal Dumai Gelar Lomba Mancing

DUMAI - Dalam rangka memperingati Hari Armada tahun 2018, Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai melaksanakan beragam kegiatan salah satunya ialah lomba mancing di laut dumai, pada Minggu (2/12/2018).Kegiatan yang
 
Senin, 3 Desember 2018 | 16:54:20

Dinas Perpustakaan Siak jadi Rujukan Daerah Lain

SIAK - Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak terus berbenah hal ini ditandai dengan sudah memperoleh sertifikasi akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia."Iya, kami sudah terima sertifikat t
 
Sabtu, 1 Desember 2018 | 16:55:45

Iklan Kampanye Jokowi Raih Piala Citra Pariwara

JAKARTA - Iklan Keluarga Biskuit yang disutradarai oleh Dedy Vansophi dari reKreasi Creative Playground meraih penghargaan Citra Pariwara 2018 yang digelar di The Oval Epiwalk Kuningan pada Jumat (30/11).
 
Sabtu, 1 Desember 2018 | 16:51:11

Bamsoet Dorong Pemuda Zaman Now Jadi Motor Pembangunan

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan para pemuda zaman now harus mampu menjadi motor pembangunan. Dia mengatakan pemuda tidak boleh kalah dengan para pemuda di era kemerdekaan yang
 
Sabtu, 1 Desember 2018 | 15:13:36

Antisipasi Kamtib, Lapas Kelas II B Pasirpengaraian Apel Tinggkatkan SDM Pengamanan

ROKANHULU - Lembaga Permasayarakatan (Lapas) Kelas II B Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu wilayah Riau terus lakukan kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) petugas pengamanan dalam rangka langk
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top