Sabtu, 8 September 2018 | 21:15:48

Kepulauan Meranti Raih Baznas Award 2018, Dari Pusat

Laporan : Roy Rudi

Sebarkan:
Istimewa

MERANTI - Tiga Kepala Daerah Tingkat Kabupaten Se-Indonesia Raih Baznas Award Tahun 2018, salah satunya Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, penyerahan Baznas Award Kategori Kepala Daerah atas dukungan yang besar terhadap kebangkitan Zakat didaerahnya itu, diserahkan langsung oleh Plt. Sekretaris Jendral Kementrian Agama RI H. Muhammad Nur Kholis Setiawan didampingi Ketua Baznas Pusat Prof. KH. Bambang Sudibyo kepada Bupati Meranti, bertempat di Aula HM. Rasjidi, Kemenag RI, Thamrin Jakarta Pusat, Jumat malam (7/8/2018).

Hadir dalam acara itu Ketua Baznas Nasional Prof. KH Bambang Sudibyo, Plt. Sekretaris Jenderal Kementrian Agama H. Muhammad Nur Kholis Setiawan, Sekjend Kementrian Pendidikan dan Budaya, Staf Ahli Hukum Politik Menpan-RB, Perwakilan Kementrian Sosial RI, Duta Besar Palestina, Sekjend Bimas Islam Drs. Tarmizi Tohor, Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si.

Turut mendampingi Bupati Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Meranti Drs. Bambang Supriyanto, Kepala Badan Kepegawaian Meranti Alizar S.Sos, Kabag Kesra Sekda Meranti Drs. Husni Gamal, Kabid Kepegawaian BKD Meranti Said Sholahudin.

Seperti diketahui, Bupati Meranti sangat berkomitmen dalam meningkatkan penerimaan Zakat di Meranti yang dikelola oleh Baznas, dukungan ini diwujudkan orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu melalui aspek Regulasi dan pendanaan hibah APBD kepada Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti. Inilah yang menjadi indikator penilaian Baznas Pusat yang mengantarkan Bupati Irwan meraih Baznas Award 2018.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Badan BPKAD Meranti, Bambang Supriyanto, ia menyebutkan sejak tahun 2015 lalu Bupati Meranti secara konsisten memberikan dukungan pendanaan kepada Baznas lewat APBD sebesar 6.3 Miliar Rupiah. Bantuan diberikan dalam bentuk Hibah pengadaan 5 Unit Ambulance Laut (Speedboat) dan 1 Unit Ambulance Darat (Mobil Ambulance). 

Fasilitas itu dapat dimanfaatkan sebagai transportasi laut bagi masyarakat yang sakit menuju Pekanbaru dan Tanjung Balai Karimun. Selain untuk operasional transportasi laut, dana Zakat yang dihimpun Baznas Meranti juga didistribusikan untuk membantu masyarakat miskin dan pendidikan siswa berpestasi kurang mampu.

"Sejak Tahun 2015 hingga saat ini, Bupati secara konsisten dan tanpa henti memberikan dukungan pendanaan dari APBD kepada Baznas Meranti, melalui dana Hibah sebesar 6.3 Miliar Rupiah pertahun," jelas Bambang.

Dukungan tak selesai disitu, Bupati Meranti dikatakan Bambang, juga mendorong penerimaan Zakat melalui kebijakan Regulasi dengan menerbitkan Perda Zakat yang diperuntukan untuk masyarakat. Serta menerbitkan Peraturan Bupati tentang pemotongan Zakat penghasilan bagi seluruh aparatur Pemerintah Daerah.

"Jadi disamping pendanaan APBD dukungan penerimaan Zakat juga diatur Bupati kewat Regulasi dengan menerbitkan Perda dan Peraturan Bupati," jelas Bambang lagi.

Apa yang dilakukan oleh Bupati Meranti itu mendapat apresiasi Ketua Baznas Pusat Bambang Sudibyo, mantan pejabat Kementrian Keuangan RI itu menegaskan pemberian Baznas Award berdasarkan dari penilaian Baznas Pusat sesuai Indeks skala Nasional dan bersifat Independen.

"Selamat kepada Provinsi, Kabupaten/Kota penerima Baznas Award 2018 kategori Kepala Daerah Kabupaten Pendukung Kebangkitan Zakat," ujar Bambang Sudibyo.

Ia berharap dengan diberikannya Baznas Award 2018 ini dapat mendorong kebangkitan Zakat secara Nasional. Seperti diketahui saat ini dari data yang disampaikan Bambang, jumlah Zakat yang berhasil dihimpun Baznas Pusat Tahun 2017 lalu sebesar 6 Triliun Rupiah lebih, dan ditahun 2019 mendatang Baznas Pusat menargetkan penerimaan Zakat lebih besar lagi yakni  8 Triliun Rupiah. 

Untuk mengejar target penerimaan Zakat sebesar 8 Triliun menurut Bambang bukan perkara mudah, diwacanakan kedepan Zakat dapat dikelola seperti halnya pajak yang sifatnya wajib bagi seluruh umat Islam, seperti yang dilaksanakan dizaman Rasulullah.

Untuk itu ia berharap dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dalam mendorong pengumpulan zakat, pendistribusian Zakat hingga Pendayagunaannya sehingga kinerja kebangkitan Zakat dapat ditingkatkan.

Hal senada juga dikatakan oleh Plt. Sekjend Kementrian Agama HM. Nur Kholis Setiawan, menurutnya kebangkitan Zakat dapat dilakukan melalui dukungan regulasi oleh Pemerintah Daerah yang juga harus didukung oleh kesadaran masyarakat, dengan begitu barulah kinerja Zakat dapat ditingkatkan.

Pada kesempatan itu Nur Kholis juga mengingatkan, Baznas sebagai pengelola penerimaan Zakat dapat bekerja secara profesional dengan managemen yang baik, mulai dalam hal pengumpulan Zakat hingga Pendistribusian.

"Baznas sebagai ujung tombak pengelola penerimaan Zakat hendaknya dapat mendistribusikan Zakat kepada orang yang berhak tanpa pilih kasih, peka terhadap masalah kemiskinan dan memberikan solusi pada masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Nur Kholis, kewajiban Zakat bukan saja akan bermanfaat pada diri sendiri tapi lebih dari itu ada misi sosial disana, Ia meyakini kebangkitan Zakat yang fokus pada pendidikan, peningkatan ekonomi dan derajat kesehatan akan mendorong kemajuan bangsa dimana kesadaran umat Islam dalam menunaikan Zakat menjadi penentunya. 

Sekedar informasi, Baznas Award 2018 Ketegori Kepala Daerah Kabupaten selain diberikan kepada Bupati Meranti juga kepada Bupati Siak dan Bupati Enrekang.

Sementara untuk Kepala Daerah Tingkat Provinsi diserah kepada Provinsi Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Banten. Dan Tingkat Kota kepada Kota Bekasi dan Makasar.

Selain diserahkan kepada Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota, Baznas Award 2018 juga diserahkan pada Baznas dan Laznas terbaik Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota. Serta Spesial Award kepada pihak perusahaan dan Instansi mendukung kebangkitan Zakat, serta Ustadz yang mendukung kebangkitan Zakat melalui ceramah yang disampaikan, untuk Ustadz diberikan kepada Al-Ustadz Abdul Solat LC MA dari Riau. (Rls/Hum)

 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Rabu, 26 Juni 2019 | 02:00:41

Grebek Kampung Narkoba di Bagansiapiapi, Bandar Sabu di Amankan

BAGANSIAPIAPI-Personil Satuan Narkoba (Satnarkoba ) Polres Rokan Hilir berhasil menggrebek kampung narkoba di  Kelurahan Bagan Hulu Bagansiapiapi  Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Selasa (25/06)
Rabu, 26 Juni 2019 | 01:15:17

Panipahan Membara, 20 Rumah Ludes Terbakar

ROKAN HILIR-Panipahan Membara, diperkirakan sekitar 20 rumah warga ludes terbakar dilalap sijago merah  Rabu (26/06) sekitar pukul 00 45. Wib. Sedikitnya 20 rumah warga  hagus terbakar tinggal puing-p
Selasa, 25 Juni 2019 | 21:32:25

Disparporabud Inhil Lakukan Pelatihan Manajemen Homestay

TEMBILAHAN - Dinas Pariwisata, Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan pelatihan SDM Bidang Pariwisata tentang Manajemen Homestay Dana Alokasi Khus
Selasa, 25 Juni 2019 | 21:18:52

Beredar Kabar Ada Calon Bupati Dan Wakil Bupati Bengkalis Jalur Independen

BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis sebentar lagi akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati periode 2020-2025. Sejumlah nama- nama mulai bermunculan, karena hal itu  merupakan hak set
 
Berita Lainnya
Selasa, 25 Juni 2019 | 15:23:03

Kemenag Bintan Adakan Kegiatan Pra Manasik Haji Untuk CJH Bintan

Bintan-Kementerian Agama Kabupaten Bintan mengundang seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) yang berjumlah 97 orang di Bintan dalam kegiatan bimbingan Pra Manasik Haji di Gedung Aula Kantor Kemenag Bintan pada Sabtu,
 
Selasa, 25 Juni 2019 | 08:48:09

Ironi Lansia Miskin di Polman, Hidup Memprihatinkan di Gubuk Reyot

Polewali Mandar - Nasib malang dialami Kaco Tenden (54), pria paruh baya asal Lingkungan Pallis, Kelurahan Batupanga, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Di usianya yang tidak la
 
Senin, 24 Juni 2019 | 20:29:28

GP Ansor Rohil Berangkatkan 10 Kader Ikut Pelatihan Kerja di Dumai

UJUNGTANJUNG- Dalam Rangka memberikan keterampilan kerja pada Pemuda Rokan Hilir Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda ansor Rokan Hilir mengirim sepuluh orang pemuda Rohil untuk mengikuti Pelatihan Lifeskill yang dil
 
Senin, 24 Juni 2019 | 18:48:24

Bulan Juli 2019, RSUD Rokan Hulu Buka Layanan Hemodialisa

ROKAN HULU  - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rokan Hulu, Provinsi Riau terus berbenah dengan melakukan terobosan dan inovasi baru dalam memperluas pelayanan kesehatan kepada masyarakat
 
Minggu, 23 Juni 2019 | 19:17:58

Bersama Petani Cabe, Babinsa Koramil 02/Tanah Putih Lakukan Pendampingan Pertanian

ROHIL - Babinsa Koramil 02/Tanah Putih melaksanakan pendampingan pertanian cabe di Desa Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih guna mencapai swasembada pangan yang baik. Minggu 23/06/2019.Seperti yang dilakukan P
 
Sabtu, 22 Juni 2019 | 15:59:09

PWI Riau Terima Calon Anggota Baru

PEKANBARU-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan ujian penerimaan calon anggota baru PWI, pada Juli 2019. Sebelum ujian, akan digelar Orientasi Wartawan bagi calon anggota PWI Ria
 
Jumat, 21 Juni 2019 | 21:40:05

Pub Horizona Kangkangi Perwako, Beroprasi Hingga Subuh

Normal 0 false false false EN-GB X-NONE X-NONE
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 16:11:25

Jalan Pemprov Riau Ujungbatu Banyak Lubang, Warga Perbaiki dibantu Alat PUPR Rohul

ROKANHULU  Jalan lintas Kecamatan  Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu yang masuk program Pemerintah  Provinsi Riau, sudah bertahun rusak parah dan banyak lubang "jebakan bisa jatuh pengguna J
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 12:47:23

Hut Kodam I/BB ke-69, Koramil 02/TP Melaksanakan Karya Bakti Pembersihan Parit

TANAH PUTIH- Anggota  Koramil 02/Tanah Putih (TP) melaksanakan karya Bakti dalam rangka HUT KODAM I/BB ke-69 pembersihan Parit di Kampung Tengah, Desa Ujung Tanjung, Kecamatan  Tanah Putih. Kamis (20/
 
Kamis, 20 Juni 2019 | 11:21:55

Sukseskan HUT Bhayangkari ke-73, Polres Inhu Melaksanakan Kegiatan Donor Darah

INHU-  Sekantong darah anda menyelamatkan 3 Nyawa Mapolres Indragiri Hulu (Inhu) dalam rangka, kepedulian terhadap masyarakat serta menyukseskan donor darah dalam acara HUT Bhayangkari ke-73 pada Rabu (19/
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 21:26:43

Lantik Bapekam 9 Kampung, Bupati Alfedri Titip Fungsi Pengawasan di Tingkat Kampung

SIAK - Bupati Siak Alfedri melantik Badan Permusawaratan Kampung (BAPEKAM) di Sembilan Kampung  se Kecamatan Mandau, kabupaten Siak, Rabu, (19/6/2019) sore.Dalam sambutannya Alfedri  meminta kepa
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 18:14:13

Penghulu Bhayangkara Jaya : Dirgahayu Bhayangkara ke 73, Semoga Semakin Jaya

ROKANHILIR - Datuk Penghulu Bhayangkara Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah, Saiman bersama staf mengucapkan selamat ulang tahun buat Bhayangkara ke 73, ia berharap Polri semakin jaya dalam pengabdiannya kepada masy
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 17:39:01

HUT Bhayangkara ke 73, Ketua MUI Bagan Sinembah : Teruskan Pengabdaian untuk Masyarakat

ROKANHILIR - Menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 73, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bagan Sinembah mengharapkan agar Polri terus melanjutkan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara."Dirgahayu
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 16:31:59

Bakar Tongkang di Bagansiapiapi Tiang Layar Tahun Ini Jatuh Kelaut

BAGANSIAPIAPI- Teriknya sengatan panas matahari serta banyaknya asap dari bakaran Hio (Dupa Sembahyang) tak menyurutkan niat ribuan masyarakat untuk menyaksikan tradisi budaya ritual bakar tongkang yang digelar
 
Rabu, 19 Juni 2019 | 16:16:17

Puncak Bakar Tongkang Pesawat Tempur Hilir Mudik di Udara

BAGANSIAPIAPI- Pesawat tempur hilir mudik diudara  sebelum pelaksanaan Puncak Bakar Tongkang di Bagansiapiapi  Kabupaten Rokan Hilir Rabu (19/06/2019). Pesawat tempur  ini berseliuran di udara&nb
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top