Kamis, 12 Juli 2018 | 09:01:42
Advertorial

Perangkat Desa Kecamatan Gaung Ikuti Sosialisasi Program dan Pelatihan Penyusunan Proposal Perhutanan Sosial

Laporan : Aditya Prahara

Sebarkan:
Aditya Prahara
Sosialisasi Program dan Pelatihan Penyusunan Proposal Perhutanan Sosial
GAUNG - Sejumlah Perangkat Desa Kecamatan Gaung mengikuti Sosialisasi Program dan Pelatihan Penyusunan Proposal Perhutanan Sosial, Rabu (11/7/2018).

Menurut Yandri, perangkat desa Simpang Gaung, kegiatan sosialisasi tersebut telah memberikan banyak manfaat bagi Dirinya, terutama dalam memahami tentang hal - hal seputar perhutanan sosial.

"Kami mendapatkan ilmu dari kegiatan sosialisasi ini. Kami tahu apa yang dimaksud dengan perhutanan sosial," ungkap Yandri.

Yandri berjanji, akan menyalurkan ilmu  pengetahuan serta pengalaman yang diperolehnya dari kegiatan sosialisasi tersebut kepada segenap masyarakat Desa Simpang Gaung.

"Ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan hari ini akan saya informasikan kepada masyarakat. Ya, paling tidak masyarakat yang berada di sekitar Saya," pungkas Yandri.

Untuk diketahui, terdapat 5 Desa di Kecamatan Gaung yang memperoleh ilmu dan pengetahuan dari penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Program dan Pelatihan Penyusunan Proposal Perhutanan Sosial ini.

Kedepan, Lili, salah satu perangkat desa yang turut menjadi peserta berharap, agar sosialisasi tidak hanya dilaksanakan bagi 5 Desa di Kecamatan Gaung saja, melainkan dapat diperluas ke Desa - Desa lainnya di Kabupaten Inhil.

"Dalam prosesnya, Saya juga mengharapkan, baik pria maupun wanita peserta sosialisasi dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan yang berimbang dari kegiatan ini," tukas Lili.

Perhutanan Sosial

Sebagaimana diketahui, Perhutanan Sosial merupakan sebuah program nasional yang bertujuan untuk melakukan pemerataan ekonomi dan mengurangi ketimpangan ekonomi melalui tiga pilar, yaitu: lahan, kesempatan usaha dan sumberdaya manusia.

Perhutanan Sosial juga menjadi benda legal bagi masyarakat disekitar kawasan hutan untuk mengelola kawasan hutan negara. Program Perhutanan Sosial sendiri telah mulai didengungkan sejak tahun 1999.

Akses legal pengelolaan kawasan hutan ini, dibuat dalam lima skema pengelolaan, yaitu Skema Hutan Desa (HD) hutan negara yang hak pengelolaannya diberikan kepada lembaga desa untuk kesejahteraan desa. Hutan Kemasyarakatan (HKm), yaitu hutan negara yang pemanfaatan utamanya ditujukan untuk memberdayakan masyarakat setempat.

Hutan Tanaman Rakyat (HTR/IPHPS) sendiri adalah hutan tanaman pada hutan produksi yang dibangun oleh kelompok masyarakat untuk meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi dengan menerapkan silvikultur dalm rangka menjamin kelestarian sumber daya hutan. Hutan Adat (HA), dimana hutan ini adalah hutan yang berada di dalam wilayah masyarakat hutan adat.

Skema terakhir adalah Kemitraan Kehutanan, dimana adanya kerjasama antara masyarakat setempat dengan pengelola hutan, pemegang Izin Usaha Pemanfaatan (IUP) hutan, jasa hutan, izin pinjam pakai kawasan hutan atau pemegang izin usaha industri primer hasil hutan.

Menurut pengakuan Syamsul, Kepala Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, pada sejumlah Desa di Kecamatan Gaung, terdapat beberapa hektare kawasan hutan yang berstatus ditinggalkan oleh pengelola hutan atau pemegang izin usaha pemanfaatan hutan sejak tahun 2006.

Maka itu, diungkapkan Syamsul, demi menghindari adanya lahan yang "nganggur", masyarakat sekitar kawasan hutan pun berinisiatif untuk merambah kawasan hutan yang ditinggalkan oleh pemegang IUP Hutan tersebut.

"Kawasan hutan yang kembali dikelola masyarakat ini, dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan. Hasil - hasil hutan juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat," jelas Syamsul.

Pemanfaatan kawasan hutan sebagai lahan perkebunan oleh masyarakat ini, dikatakan Syamsul sudah mencapai 40 persen dari total luas kepemilikan lahan perkebunan di Desa Simpang Gaung.

Melalui program perhutanan sosial, Syamsul berharap, solusi terkait legalitas kepemilikan lahan ini dapat ditemukan dengan adanya pola kemitraan antara masyarakat dengan perusahaan pemegang IUP Hutan yang sah di mata hukum.

"Ketika perusahaan pemegang IUP Hutan kembali untuk memanfaatkan kawasan hutan yang telah dipegang izinnya, maka masyarakat yang menggarap kawasan tersebut sejak beberapa tahun lalu dapat menjalin kemitraan dan tidak mengalami kerugian serta menghilangkan potensi munculnya konflik," tandas Syamsul. (Advertorial)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Senin, 19 November 2018 | 16:57:13

Gedung Granadi Disita, Nilainya Masih Ditaksir

Jakarta - Gedung Granadi disita negara. Gedung yang masuk dalam aset yayasan Supersemar ini masih ditaksir nilainya untuk dilelang. "Sudah lama (disita)," kata pejabat Humas PN Jaksel Achmad Guntu
Senin, 19 November 2018 | 16:53:31

Selang Beberapa Menit, Gempa 4 SR Kembali Guncang Mamasa

TANA TORAJA - Gempa bumi berkekuatan 4,0 skala richter (SR) kembali mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Senin (19/11/2018) pukul 15.23 Wita selang gempa 3,0 SR mengguncang beberapa menit lalu
Senin, 19 November 2018 | 16:47:14

Petani di Ngawi Tewas Setelah Dibacok Kerabat Sendiri

Ngawi - Seorang petani warga Dusun Sepreh Desa Selopuro Kecamatan Pitu, Ngawi, ditemukan tewas bersimbah darah di rumahnya. Korban Sutarno (40) kondisinya penuh luka bacokan pada leher belakang.
Senin, 19 November 2018 | 16:44:04

Kabur dari Sirkus, Tujuh Unta Datangi Supermarket di Jerman

BERGEN  Sebuah foto aneh yang memperlihatkan beberapa unta berkeliaran di bawah terang bulan di dekat sebuah supermarket di Bergen, Jerman. Kejadian membuat warga yang kebingungan menghubungi polisi.
 
Berita Lainnya
Senin, 19 November 2018 | 11:25:52

Sekda dan Bupati Rohul Senam Kebugaran Tubuh di Taman Kota

ROKANHULU - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman didampingi Sekda H.Abdul Haris S.Sos, M.Si senam bersama di Taman Kota Ibu Kota Kabupaten Negeri Seribu Suluk itu yang terletak di Kelurahan Pasirpengaraian
 
Kamis, 8 November 2018 | 16:43:24

Bupati Rohul H.Sukiman, Resmikan Dua Madrasah Jadi Sekolah Negeri di Desa Tanjung Medan

ROKANHULU - Meski sudah ditungggu lama sejak tahun 2005 didirikan, Kamis, (8/11/20118) dua  sekolah  Madrasah Tsanawiyahyang beralamat di Desa Tanjung Medan Kecamatan Tambisai Utara diresmikan j
 
Kamis, 8 November 2018 | 10:15:07

MTQ ke 18 Tingkat Kabupaten Rohul Sudah Ditutup, Lagi Kafilah Rambah Juara Umum

ROKANHULU  ? Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-18 Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ‎tahun 2018 yang dilaksanakan di Astaqa MTQ Riau Dataran Tinggi Pematang Baih Desa Pematang Be
 
Kamis, 1 November 2018 | 14:58:10

MTQ ke 18 Dilaksanakan, Pengukuhan Dewan Hakim MTQ 18 di Islamic Centre Rokan Hulu

ROKANHULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melaksakan Musabakah Tilawatil Alquran ke - 18. Sebelum berbagai perlombaan dilaksanakan dilakukan pengukuhan Dewa Hakim selaku tim juri pada acara setiap tahun
 
Minggu, 28 Oktober 2018 | 22:02:17

Ikarnas Pekanbaru Nobatkan Bupati Rohul H.Sukiman Marga Nasution

ROKANHULU - Luar biasa, kini Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman sudah bermarga Nasution setelah  diberi gelar oleh Adat Ikatan Keluarga Nasution (Ikarnas) Kota Pekanbaru Minggu, (28/10/2018) siang di kedi
 
Jumat, 19 Oktober 2018 | 15:30:12

Bantu Warga yang Tergenang Banjir di Bonai Darusslam, Bupati dan Ketua TP PKK Rohul Dayung Perahu

ROKANHULU - Bupati Rohul H.Sukiman dan Ketua TP. PKK Hj.Peni Herawati Sukiman langsung turun gunung melihat sekaligus memberikan bantuan kepada ratusan Kepala Keluarga yang mengalami musibah dampak meluapny
 
Jumat, 12 Oktober 2018 | 19:28:09

HUT Kabupaten Rohul ke-19, Bupati Sukiman Ajak Masyarakat Kerja Sama Mensukseskan Pembangunan

ROKANHULU - Bupati H. Sukiman menjadi Inspektur Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) atau Hari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ke-19 di halaman Kantor Bupati Jumat (12/10/2018). Upacara HUT Kabupaten R
 
Kamis, 4 Oktober 2018 | 13:45:46

Tiga PAW Anggota DPRD Pelalawan Resmi Dilantik

PELALAWAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan kembali menggelar sidang Rapat Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengucapan Sumpah dan Janji Pergantian Antar Waktu (PAW), pada Selasa (2/10/
 
Kamis, 4 Oktober 2018 | 13:44:35

Bupati H.Sukiman, Minta Perusahaan Yang Ada di Rohul Taat Bayar Pajak Untuk Pembangunan

PEKANBARU  - Bupati H.Sukiman meminta seluruh perusahaan yang ada di Wilayah Kabupaten Rokan Hulu Riau, untuk taat membayar pajak perusahaaannya sesuai undang-undang dan peraturan pemerintah baik pusat
 
Selasa, 2 Oktober 2018 | 08:41:19

Irup Hari Kesaktian Pancasila, Bupati Rohul : Mari Terus Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan Indonesia

ROKANHULU  ‎- Bupati Rokan Hulu H.Sukiman menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Komplek mantap praja Senin (01/10/2018) pagi.D
 
Senin, 24 September 2018 | 21:04:45

Dilantik Bupati H.Sukiman, H Abdul Haris, S.Sos MSi Resmi Jabat Sekda Rokan Hulu

ROKANHULU - Bupati H. Sukiman akhirnya resmi melantik H. Abdul Haris S.Sos, M.Si sebagai sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, defenitif Senin, (24/9/2018) sekira Jam 1
 
Kamis, 20 September 2018 | 20:51:12

Dibuka Menkeu, Bupati Rohul Hadiri Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Negara Tahun 2018

JAKARTA - Pemerintah Pusat Republik Indonesia, melaksanakan Rapat Rerja Nasional (Rakernas) Akutansi dan Pelaporan Keuangan Negara tahun 2018 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta Kamis, (20/9/2018)
 
Rabu, 19 September 2018 | 09:58:03

Kemendagri Sudah Serahkan Kepada Pemkab Rohul Permendagri Tapal Batas Riau-Sumatera Utara

ROKANHULU - Setelah sekitar 20 tahun permasalahan tapal batas antara Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau dengan Kabupaten Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta) Provinsi Sumatera Utara (
 
Kamis, 13 September 2018 | 18:38:35

Rektor UGM Yogyakarta MoU Bersama Pemkab Rohul, Untuk Kemajuan Negeri Seribu Suluk Kedepan

YOGYAKARTA -  Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab - Rohul melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman tentang penelitian pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat di wilaya
 
Senin, 10 September 2018 | 15:51:00

Pemkab dan Seluruh Elemen di Rokan Hulu Deklarasi Pemilu Aman, Damai dan Sejuk

ROKANHULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Forkopimda, penyelenggara pemilu, partai politik dan sejumlah komponen masyarakat gelar apel bersama sekaligus deklasi pada pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Legisla
 
 
 
Terpopuler
 
 
 
 
Top