Walikota Dumai Pimpin Musrenbang Tahun 2016

 
Minggu, 26 Juni 2016 | 22:20:09 | Foto oleh: Humas Pemko Dumai
Sebarkan:
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2016 digelar di gedung Pendopo Sri Bungatanjung Dumai Selasa (29/3) kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan daerah tahun 2017.

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi menjelaskan bahwa Musrenbang dengan thema,” Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Poeningkatan Kualitas Pelayanan Publik Kita Wujudkan Masyarakat Dumai yang Makmur dan Madani”  merupakan program yang dianggap penting guna  menampung aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan kota Dumai.

Dalam wadah tersebut masyarakat dapat merumuskan arah serta kebijakan dan corak pembanguan kota Dumai pada tahun 2017 yang akan datang.

“Sejauh ini pula pemerintah kota Dumai dalam Menyusun kegiatan Berpedoman pada RPJMD Dumai dan rencana kerja pembangunan jangka Menengah Provinsi Riau. Selain itu program dan kegiatan yang dirumuskan juga perlu mengakomodir hasil Prioritas Musrenbang Kecamatan dan rencana kerja SKPD tahun 2017,”  jelas Zul As demikian panggilan akrab Walikota Dumai.

Dijelaskan, Musrenbang RKPD tahun 2016 merupakan penajaman dari hasil forum SKPD yang telah dilaksanakan. Tentunya masukan, saran, dan kritikan yang membangun menjadi cambuk SKPD untuk mempertimbangkan kembali rencana kerja tahun 2017 yang lebih memenuhi tuntutan dan aspirasi masyarakat.

Menurutnya, APBD Kota Dumai mengalami penurtunan dari tahun ke tahun. Untuk itu, kepala SKPD di lingkungan Pemko Dumai diminta untuk melakukan ‘jemput bola’ ke Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat untuk meloby kucuran dana untuk pembangunan kota Dumai.

“Para kepala SKPD di lingkungan Pemko Dumai diharapkan melakukan jemput bola ke pemerintah provinsi, DPRD Provinsi maupun pemerintah pusat, karena diprediksi dana APBD Kota Dumai terue mengalami penurunan,” pinta Walikota Dumai.

Mengingat Musrenbang juga sarana untuk, mewujudkan aspirasi masyarakat, secara umum dapat ditangkap bahwa masyarakat mengiginkan peningkatan kesejahtraan dari tahun ketahun menjadi semakin baik pula. Peningkat kesejahteraan tersebut tercermin dari berbagai indikator seperti pemenuhan kebutuhan pokok serta pemenuhan hak atas pendidikan dan kesehatan.

Musrenbang pada tahun 2016 merupakan wahana antar pihak yang langsung maupun tidak langsung, mendapat manfaat atau dampak dari program pembangunan daerah kota Dumai sebagai terwujudnya dari pendekatan partisipasif perencanaan pembanguan yang mulai dari musyawarah RT, Kelurahan, Kecamatan, Forum SKPD, dan Musrenbang RKPD Kota Dumai Tahun 2016.

“Musrenbang pada tahun 2016 sesuai dengan tema, “Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Poeningkatan Kualitas Pelayanan Publik Kita Wujudkan Masyarakat Dumai yang Makmur dan Madani”   tersebut dapat menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah propinsi dan pusat,” ujarnya.

Musrenbang  merupakan wadah yang memberikan ruang bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam menentukan arah pembangunan kota Dumai. Kegiatan diisi dengan paparan Walikota Dumai, Perwakilan Bappeda Riau, Bappeko Dumai serta pokok-pokok pikiran DPRD Kota Dumai. Acara tanya jawab kepada peserta juga dilaksanakandalam kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD Kota Dumai Gusri Efendy dan sejumlah anggota DPRD Dumai, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai Drs H Said Mustafa MSi, anggota Forkopimda Dumai serta kepala SKPD di lingkungan Pemko Dumai(***)

Foto & Teks : Humas Pemko Dumai


 
  • Walikota Dumai berfoto bersama.
  • Walikota Dumai, Zul As menyampaikan laporan
  • Walikota dan wakil, Sekda Dumai beserta pimpinan DPRD pimpin Musrenbang Kota 2016
  • Walikoat Zulkifli As saat menyampaikan sambutan
  • Unsur Forkopimda menghadiri kegiatan musrenbang kota 2016.
  • Walikota Dumai Memberikan kata sambutan kepada para hadirin
  • Komentar
     
    Gallery Foto Lainnya
     
    Jumat, 17 Maret 2017 | 05:17:42
    Usai Buka Musrenbang, Bupati Meranti Kukuhkan Tim Saber Pungli
    Rabu, 8 Maret 2017 | 00:17:06
    Ini Nama Anggota Kelengkapan DPRD Rohul 2.6 Tahun Kedepan Terhitung 1 Maret 2017
    Rabu, 15 Februari 2017 | 00:41:00
    Pelantikan Kades 62 Kades adalah Sejarah Pertama di Rohul, Ini Pesan Plt Bupati dan Ketua DPRD serta PMPD
    Selasa, 14 Februari 2017 | 00:21:17
    Ini Pesan Keluarga Besar H. Safii Lubis Kepada Kades Tingkok, Lubuk Soting dan Rantau Panjang Tambusai
    Senin, 30 Januari 2017 | 21:26:49
    Inilah Momen pada Peresmian dua Jembatan di Rokan IV Koto
    Rabu, 23 November 2016 | 21:36:56
    Rangkaian Paripurna Penanda Tanganan Nota Kesempahaman KUA PPAS Perubahan RAPBD Rohul 2016 di DPRD Rohul
     
    Terpopuler
     
    Senin, 30 Januari 2017 | 21:26:49
    Inilah Momen pada Peresmian dua Jembatan di Rokan IV Koto
    Jumat, 15 November 2013 | 20:52:02
    Pengurus Partai Nasdem Poto Bersama Ketua DPW Partai Nasdem
    Kamis, 18 September 2014 | 05:35:50
    Berbicang dengan Abang Becak di Bagan Batu
    Jumat, 7 Agustus 2015 | 12:45:19
    Sambut HUT Kemerdekaan RI Koramil 07/Tanah Putih Gelar Lomba PBB Tingkat SLTP dan SLTA
    Kamis, 9 April 2015 | 20:48:15
    Pembukaan MTQ ke XV Tingkat Kabupaten Rohul Spetakuler
     
     
     
     
    Top