Ini Dia Berbagai Kegiatan Perdana Bupati dan Wakil Bupati Rohul

 
Kamis, 28 April 2016 | 21:35:20 | Foto oleh: Fahrin Waruwu
Sebarkan:
Usai dilantik pada Jumat 22 Apri 2016 oleh Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di gedung Kementrian Dalam Negeri Jakarta yang disaksikan langsung Mentri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dan para pejabat lainya, beberapa kegiatan pun mulai dilaksanakan Bupati Rokan Hulu, H. Suparman dan wakilnya H. Sukiman.

Diawali serahterima jabatan yang digelar oleh DPRD Rohul dari terima jabatan Plh Bupati Rokan Hulu Ir Damri Harun kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih H Suparman dan H Sukiman yang dilaksanakan di Aula Kantor DPRD Rokan Hulu Pasir Pengaraian, Senin (25/4/2016), meski Plh Bupati sesuai surat telegram sebelumnya dari Mendagri yang selanjutnya surat resmi dari Plt Gubri.

"Tugas Plh Bupati Rokan Hulu yang diamanatkan oleh Mendagri kepada  kita sudah selesai, selanjutnya akan kita serahkan kepada Bupati yang sudah dilantik untuk menjalankan roda pemerintahan ini," ujar Plh Bupati Rokan Hulu Damri
Sementara itu, Bupati Rohul, H. Suparman dalam pidatonya mengatakan bahwa proses pelantikan dirinya sebagai Bupati Rokan Hulu berbelit-belit  bahkan sempat tertunda dua hari dengan  keluarnya surat penundaan dari Mendagri dan hal itu merupakan suatu dinamika politik yang harus dijalani dan  sudah merupakan ketentuan dari Allah SWT.

"Ketika sudah dilantik tidak ada lagi tim-tim pemenangan, namun harus berkonsentrasi terhadap pembangunan Kabupaten Rokan Hulu karena Suparman bukan hanya Bupati milik  orang Golkar atau Susuki namun Bupati seluruh  masyarakat Kabupaten Rokan Hulu," jelasnya.

Dan pada Senin 25 /4, Bupati Rohul Suparman langsung memimpin upacara Hari Otonomi Daerah ke 20 Tahun itu dan menjadi Inspektur Upacara (Irup), yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Rohul Senin, (25/4/2016), dalam kesempatan itu, Bupati Rohul ini,  selain membaca pidato Mendagri makna hari Otomomi Daerah, Dia mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Stake Holder dan seluruh elemen masyarakat, untuk secara bersama-sama membangun Rokan Hulu kedepan "Mari Membangun Desa dengan Menata Kota,".

Perdananya Irup upacara dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.SI  membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri TjahJo Kumolo, dengan tema "Kita Tingkatkan Kualitas dan Memantapkan Otonomi Daerah, Untuk Menuju Kesejateraan  Masyarakat Ekonomi Asean" diharapkan semua elemen bisa memaknai otonomi untuk kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.

Kemudian, Bupati yang baru menjabat itu, menegaskan dengan semangat otonomi daerah, perlu komitmen bersama untuk Rohul yang lebih baik kedepannya, proses Pilkada 9 Desember 2015 lalu sudah usai. "Tidak ada lagi kedepan, Tim nomor 1, 2 dan 3, kita perlu adanya kerja sama dengan baik, kemudian bisa saling bahu-membahu, untuk membangun Negeri Seribu Suluk ke depan," pintanya.

"Saya dengan pak Sukiman tidak punya kemampuan bila kami kerja sendiri, tentu  mari kita tunjukan  tanggung jawab kita bersama, jadi saya harap tidak ada lagi yang menjadi tim nomor, 1 nomor 2 dan nomor 3, semuanya menjadi tim pembangunan Rohul," urainya di hadapan peserta apel.

Hari kedua kedua menjabat Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Suparman S.Sos,M.Si dan H. Sukiman menyalurkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Rohul kepada 100 pasien miskin di Rumah Sakit Umum daerah (RS‎UD) Pasirpangaraian, Selasa (26/4/16).

Dalam kesempatan itu, Bupati Suparman mengatakan bantuan disalurkan merupakan infaq dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat, disalurkan melalui BAZNas Rohul.

"Tidak harus kaya dulu kalau mau membantu. Yang jelas ada kemauan mengeluarkan sedikit harta yang kita punya. Kalau nggak ada kemauan, berapapun jumlah harta kita, kalau nggak mau dikeluarkan infaqnya, maka tetap saja tidak mau," ujar Bupati Suparman, didampingi wakilnya Sukiman, di sela acaranya di RSUD Pasirpangaraian.

Total yang disalurkan sebesar Rp 50 juta dari BAZnas Kabupaten Rohul tersebut, diberikan kepada pasien yang kurang mampu dirawat di ruang inap klas 3 dan bantuan ini untuk satu tahun.

Dan pada Selasa 26/4, Bupati Rohul, H. Suparman dan Wakilnya Sukiman menggelar rapat paripurna bersama DPRD untuk melakukan Penanda Tanganan Kesepakatan Nota KUA-PPAS dengan Pemkab Rohul

Melalui Rapat Paripurna  penanda tanganan nota Kesepakatan Umum Anggaran dan prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) baik Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH Wakil Ketua H. Zulkarnain S.Sos, Abdul Muas, Hardi Chanda, dalam kesempatan itu  Bupati Suparman ucapkan terimakasih kepada Banggar Anggota DPRD  dan berharap APBD murni 2016 cepat di sahkan.

Penandatanganan yang digelar di Ruang Paripurna DPRD Rohul tersebut, disaksikan oleh anggota DPRD Rohul, kepala dinas dan badan. Pada rapat paripurna tentang laporan badan anggaran (Banggar) ‎disepakati Jumlah PPAS yang disepakati yakni sekira 1,4 triliun.

"Dengan sudah ditandatanganinya KUA-PPAS ini, berharap APBD murni Rohul 2016 cepat di sahkan, sehingga program yang sudah dirancang akan segera berjalan di 2016," kata Bupati Rohul yang baru ini

Lanjutnya, ‎pada Selasa (26/6) Pemerintah Daerah dan DPRD telah berhasil merumuskan dan menyepakati secara bersama yang dituangkan dalam nota KUA -PPAS anggaran 2016, dengan begitu APBD nya Akan segera di sahkan.

Ditambahkannya KUA dan PPAS telah diupayakan se optimal ‎mungkin untuk dapat menampung berbagai  program yang bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan  keberpihakan pemerintah daerah pada peningkatan.

Dimana, kesejahteraan masyarakat, merupakan cerminan  pemerataan pembangunan kewilayahan. Namun  demikian, belum semua usulan dan kebutuhan  dapat terakomodir, hal tersebut lebih disebabkan  karena kemampuan anggaran masih terbatas  dibandingkan dengan banyaknya program yang  harus dilaksanakan di tahun anggaran 2016,  hal ini disebabkan karena kondisi penerimaan  daerah mengalami penurunan

‎Lebih lanjut dijelaskan, KUA dan PPAS  ini juga telah diupayakan seoptimal  mungkin untuk dapat menampung berbagai  program yang manfaat capaian kinerjanya dapat  dirasakan langsung oleh masyarakat, dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberpihakan pemerintah daerah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penurunan pendapatan daerah yang signifikan khususnya pada penerimaan dana  transfer pusat ke daerah,  bersifat dinamis dalam  menyikapi kebijakan maupun aspirasi yang  berkembang.

Secara umum struktur yang tertuang pada KUA-PPAS terdiri dari pendapatan daerah yang jumlahsekira  Rp. 1.4  triliun, ‎ belanja daerah sebesar 1.4 triliun.‎ Serta  pembiayaan daerah sebesar Rp. 3.6 Milyar.

Diterangkan Bupati Rohul kesepakatan kebijakan KUA-PPAS  dituangkan dalam  bentuk nota kesepakatan ini yang akan menjadi dasar penyusunan rancangan APBD  tahun anggaran 2016.

"Ya angka ini dirasa sangat kurang untukmemenuhi kebutuhan pembangunan yang  diusulkan masyarakat, namun kedepan kita berharap, legislatif dan Eksekutif bisa berkoordinasi dengan pihak provinsi dan Pusat untuk penambahan dana," jelasnya.

‎Ditempat yang sama, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, MH mengakui pihaknya akan segera melakukan pembahasan RAPBD 2016. Sehingga dapat segera dilakukan pengesahan APBD.

"Kita perkirakan paling lama 4 Mei 2016 APBD Rohul bisa disahkan," pungkasnya. (***)

Foto & Teks : Fahrin Waruwu

 
  • Memori Serah Terima Jabatan Bupati Rohul dari Plh Bupati Ir.Damri Harun kepada Bupati-Wakil Bupati Priode Tahun April 2016-2021 melalui Rapat Paripurna di DPRD Rohul Senin, (25/4/2016)
  • Wakili Plt Gubri Ardyad Juliandri Rahman Asisten I Pemerintahan dan Kemasyarakatan tanda tangan Berita Acara sertijab Plh Bupati kepada Bupati H.Suparman, S.Sos, M.Si disaksikan Pimpinan DPRD Rohul.
  • Usai sertijab Bupati dan Wakil Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si-H.Sukimam poto bersama Asisten I Pemerintahan dan Kemasyakatan Pemprov. Riau dan Pinpinan DPRD Rohul
  • Bupati-Wakil Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si-H.Sukiman bersama rombongan saat memasuki RSUD Pasirpengaraian untuk menyerahkan bantuan dari BAZNas Rohul untuk pasien kurang mampu
  • Bupati dan Wakil Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si-H.Sukiman bersama Wakil Ketua BAZNas Drs H. Ahmad Supardi Hasibuan MA serahkan bantuan BAZNas ke Pasien fakir miskin di RSUD Pasirpengaraian Selasa,(26/4/2016)
  • Bupati dan Wakil Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si-H.Sukiman kunjungi sekaligus serahkan bantuan dari BAZNas ke pasien kurang mampu RSUD Pasirpengaraian
  • Wakil Bupati Rohul H.Sukiman saat memberikan Bantuan dari BAZNas kepada pasien kurang mampu di ruang Kls III RSUD Pasirpengaraian
  • Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si bersama Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH Wakil Ketua DPRD H.Zulkarnain S.Sos, M.Si, Abdul Muas dan Hardi Chandra tanda tangan Nota KUA-PPAS Tahun 2016
  • Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si bersama Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH Wakil Ketua DPRD H.Zulkarnain S.Sos, M.Si, Abdul Muas dan Hardi Chandra tanda tangan Nota KUA-PPAS Tahun 2016
  • Hari pertama kerja pasca pelantikan, Bupati Rohul H.Suparman S Sos M.Si Irup Upacara Hari Otonomi Daerah ke-20 Senin, (25/4/2016) dihalama Kantor Bupati Rokan Hulu
  • Wakil Bupati Rohul H.Sukiman hadir bersama Forkompinda dan Kepala Dinas, Badan dan Kantor Kabupaten Rohul saat Upacara peringatan hari Otonomi Daerah ke -20 Tahun 2016.
  • Masyarakat Rohul salaman dan ucapkan selamat bertugas kepada Bupati dan Wakil Bupati Rohul H.Suparman S.Sos, M.Si-Sukiman usai sertijab di DPRD Rohul
  • Komentar
     
    Gallery Foto Lainnya
     
    Rabu, 15 Februari 2017 | 00:41:00
    Pelantikan Kades 62 Kades adalah Sejarah Pertama di Rohul, Ini Pesan Plt Bupati dan Ketua DPRD serta PMPD
    Selasa, 14 Februari 2017 | 00:21:17
    Ini Pesan Keluarga Besar H. Safii Lubis Kepada Kades Tingkok, Lubuk Soting dan Rantau Panjang Tambusai
    Senin, 30 Januari 2017 | 21:26:49
    Inilah Momen pada Peresmian dua Jembatan di Rokan IV Koto
    Rabu, 23 November 2016 | 21:36:56
    Rangkaian Paripurna Penanda Tanganan Nota Kesempahaman KUA PPAS Perubahan RAPBD Rohul 2016 di DPRD Rohul
    Selasa, 23 Agustus 2016 | 22:40:16
    Porseni PGRI Nasional Tahun 2016 di Kabupaten Siak
    Kamis, 7 Juli 2016 | 22:30:48
    Rangkaian Kemeriahan Hari Raya Idul Fitri 1437 H Bersama Wabup H. Sukiman dan Masyarakat Rohul
     
    Terpopuler
     
    Kamis, 12 Mei 2016 | 06:50:46
    Bupati Siak Ikuti Rakernas JKPI di Banda Aceh
    Kamis, 22 Mei 2014 | 03:38:08
    Kapolres Rokan Hilir poto bersama Unsur Upika Kecamatan Bagan Sinembah
    Minggu, 1 November 2015 | 09:57:33
    Kampanye Suyatno Pulau Halang di Banjir Massa Pendukung
    Jumat, 15 November 2013 | 20:52:02
    Pengurus Partai Nasdem Poto Bersama Ketua DPW Partai Nasdem
    Senin, 30 Januari 2017 | 21:26:49
    Inilah Momen pada Peresmian dua Jembatan di Rokan IV Koto
     
     
     
     
    Top